Spesifikasi Drone XK X251 - Brushless with professional look

XK mungkin selama ini tidak anda sadari, bahwa sebenarnya XK memiliki cukup banyak varian drone yang memiliki spesialisasi sendiri – sendiri yang ditujukan tentu untuk memenuhi keinginan konsumen, yakni targetnya seluruh pilot drone di dunia. Ya, memang yang dipasarkan di Indonesia tidaklah banyak jenisnya, itu mungkin karena seller lebih suka import drone yang laris dan laku pasti di Indonesia saja, maka dari itu produk XK bisa dibilang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Itu berarti anda yang memiliki drone XK juga mungkin akan kesulitan mencari sparepart original XK karena drone nya saja sudah langka, terlebih sparepartnya. Kecuali anda bisa modifikasi sehingga jadi menggunakan sparepart dari drone merk lain, dan admin yakin disini banyak yang kreatif dalam modifikasi drone dan mengakalinya supaya tetep bisa terbang.


Spesifikasi Drone XK X251 - OmahDrones


Apabila MJX memiliki drone MJX Bugs, si drone yang belum termasuk kedalam jenis professional drone, namun sudah memakai motor brushless, nah, XK juga memiliki drone yang sudah memakai motor brushless nih. Namanya adalah XK X251. Drone ini dari segi ukuran, besarnya sama dengan kebanyakan drone sekelas yakni dengan ukuran 17 x 17 cm. memang tergolong kecil untuk sebuah drone dengan motor brushless, namun dengan motor brushless buatan XK sendiri, jangan menyepelekan kemampuan terbang XK X251. Disini juga akan admin beritahu bahwa sebenarnya XK X251 ini kurang cocok apabila digunakan oleh pemula. Mengapa? Karena dengan motor brushless yang lebih powerfull daripada motor brushed ini, XK X251 jadi mampu terbang dengan gesit, dan super responsive, sehingga untuk menerbangkannya pun tergolong butuh experience dulu. Maka dari itu, XK X251 tidak disarankan untuk para pemula.

Spesifikasi Drone XK X251 - OmahDrones


Frame XK X251 menggunakan carbon fiber yang berbentuk pipa, mengusung frame yang juga membentuk huruf X. dan memiliki kaki untuk menopangnya sehingga bisa berdiri diatas permukaan tanah. Desain tubuh yang ramping ini pula yang membuat XK X251 menjadi lebih gesit dan lebih mantap apabila untuk terbang dengan maneuver maupun acrobat, terlebih dengan motor brushless ini, XK X251 bisa terbang hingga kecepatan 21 meter per detik. Tak Cuma itu untuk fitur lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
-          Patent appearance, distinctive.
-          With brushless motor, provides strong power to the quadcopter. High-speed flight can reach 21m/s.
-          With 3K carbon fiber arm and landing gear, better intensity and lighter weight.
-          Can be mounted 5.8GHz 720P HD miniature camera, video and real-time image transmission (without camera)
-          It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
-          4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.
-          With highlight LED lights, make it more dazzle beautiful and colorful night light.
-          3D mode can easily roll and it can be changed to 6G Mode.
-          Low-voltage alarm function


XK X251 memiliki baterai bawaan dari XK, dan memang buatan dari XK apabila dilihat dari labelnya. Dia memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 950 mAh saja, namun dengan tegangan sebesar 7.4 volt. Umumnya drone dengan motor brushless dan belum termasuk professional setidaknya membutuhkan baterai 1000 mAh dengan tegangan juga 7.4 volt, namun XK memantapkan kalau XK X251 ini bisa terbang hingga 12 menit lamanya. Memang waktu terbang itu relative, karena tergantung oleh banyak factor juga. Dan untuk baterainya, mungkin juga sedikit susah dicari karena wadah baterainya seperti sudah didesain khusus dari XK. Untuk lama pengisian ulangnya, kira – kira selama 60 – 80 menit. Ingat, setelah baterai mulai menipis dan terdengar suara low voltage beep, langsung landingkan drone lalu diamkan baterai kira – kira 15 menit supaya normal dulu, baru anda bisa charge dengan tenang.


Spesifikasi Drone XK X251 - OmahDrones


Lanjut di bagian transmitter, atau remotenya. XK X251 memiliki desain remote yang gagah, elegan dan juga kompleks. Mulai dari kendali inti untuk terbang, dan juga tombol – tombol lain untuk mengaktifkan fungsi – fungsi bawaannya. Juga dibagian bawah remote terdapat LCD Monochrome yang akan sangat membantu anda untuk bisa mengetahui status drone terkini seperti kekuatan sinyal, status trim, mode, dan lainnya. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan XK X251 hingga 300 meter, meski jauh, kenyataannya, ketika anda menerbangkan hingga jarak 100 meter saja mungkin anda sudah kesulitan melihat unit dronenya sendiri, jadi nanti anda bisa menyimpulkan sendiri ketika anda menerbangkan XK X251 secara langsung.

Spesifikasi Drone XK X251 - OmahDrones


Apabila bicara soal kamera, XK X251 ini dalam paket pembeliannya tidak menyertakan kamera, namun anda bisa menggunakan kamera fpv 5.8G juga untuk drone ini sehingga anda bisa menikmati FPV dengan XK X251. Apabila tidak, anda masih bisa memodifikasi XK X251 dengan dipasang kamera pilihan anda sendiri, karena XK X251 memang aslinya bisa dipasangi kamera juga. Anda bisa memasang kamera dari drone lain juga di XK X251 asalkan anda tau protocol, juga tau caranya yang pasti, sehingga anda bisa mengambil gambar dari drone XK X251. Apabila tidak, anda juga bisa menempelkan kamera portable yang bentuknya seperti gantungan kunci, dibagian bawah drone sehingga seperti gambar yang ada di pojok kanan bawah dibawah ini.



Spesifikasi ringkasnya bisa anda lihat dibawah ini:
Brand name: XK
Item name: INNOVATIONS X251 RC Quadcopter
Material: Carbon fiber, composite materials engineering
Frequence: 2.4G
Gyro: 6 axis
Battery: 7.4V 950mAh lipo battery
Flight time: about 12 mins
Charging time: about 60-80 mins
Control distance: 300m
Flight weight: 205g
Quadcopter size: 177 * 177 * 83 mm


Spesifikasi Drone XK X251 - OmahDrones


Lalu untuk paket tiap pembeliannya, anda akan mendapatkan item:
1 x X251 RC Quadcopter,
1 x X7 Transmitter,
1 x 7.4V 950mAh Lipo Battery,
4 x Propeller,
1 x Charger,
1 x Adapter,
1 x 1.5mm Hex Wrench (Kunci L)
1 x Screwdriver,
1 x User Manual



Ketika artikel ini ditulis, banyak pilot dari luar negeri yang juga merasa kesulitan untuk mencari sparepart untuk drone XK X251 ini. Itu dikarenakan drone ini memang masih baru keluar. Sparepartnya kalau mau beli harus pesan dulu ke XK, sedangkan XK sendiri juga belum tau akan memperjualkan sparepart untuk XK X251 atau tidak. Namun kedepannya tentu semua berharap XK perhatian kepada konsumen dan segera memperjualkan seluruh sparepart untuk XK X251.




Nah, untuk anda yang tertarik terhadap XK X251, seperti drone brushless lainnya, dia dibandrol dengan harga yang tidak murah namun juga tidak mahal untuk kelasnya. XK X251 diberi harga sebesar $109 USD atau apabila di rupiahkan menjadi sekitar Rp. 1.450.000,- namun karena sampai artikel ini ditulis juga yang menjual drone ini di Indonesia terbilang cukup sulit, apabila anda ingin segera menginginkan drone ini, anda bisa langsung beli online dari luar negeri saja.