Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang

Pernah kah anda menerbangkan drone, khususnya drone yang belum memiliki GPS untuk locking position dan tracking ketika anda terbang diudara. Biarpun anda sudah melakukan serangkaian persiapan sebelum menerbangkan drone, namun kadang yang awalnya terlihat sangat baik untuk terbang di pertengahan ketika anda sedang terbang sering juga terjadi hal – hal yang sebenarnya tidak diinginkan oleh pilot. Sebut saja faktor alam. Alam memang tidak bisa ditebak biarpun sekarang banyak ramalan cuaca dan sebagainya. Ketika sebelum terbang, kondisi angin masih terbilang tidak berhembus sehingga nyaman sekali untuk terbang. Tapi ketika sudah enjoy terbang kesana kemari, tiba – tiba ada angin datang dengan kecepatan yang terbilang tinggi, belum lagi anda terbangnya juga tingi, alhasil drone terbawa angin, anda panik dan sentak tidak bisa control drone, akhirnya drone terbawa angina dan pasti akan jatuh di suatu tempat alias hilang.


Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones

Bagi banyak pilot, angin memang menjadi factor yang selalu menjadi factor utama ketika terbang, banyak yang tidak suka terbang di cuaca yang berangin, karena selain lebih susah dikendalikan, nanti motor juga bekerja terlalu keras bahkan untuk drone yang memiliki fitur serba auto kelas drone professional. Meski sudah bisa locking position dan kecil kemungkinan akan hilang, tapi banyak pilot yang lebih memilih menunggu kondisi angin menjadi setidaknya lebih ramah dulu. Maka dari itu, drone professional aja mempertimbangkan factor angin. Anda yang menerbangkan kelas toys pun juga harus mempertimbangkan factor angin juga.



Lalu sesuai judul diatas, bagaimana kita bisa mengantisipasi drone yang hilang? Sebenarnya ada cara – cara yang mudah anda terapkan untuk bisa mengantisipasi drone supaya tidak hilang terbawa angin. Nah, sebenarnya omahdrones sudah menyediakan artikel apa yang harus diperhatikan sebelum menerbangkan drone. Namun berdasarkan masalah ini, khususnya bagi anda yang menerbangkan drone kelas toys, maka akan admin tambah beberapa poin lagi. Setidaknya ini bisa menjadi cara terakhir sekaligus harapan terakhir apabila anda terlanjur mengalami kehilangan drone, entah karena transmitter yang malfungsi karena baterai sudah melemah, atau drone yang fly away terkena terpaan angin.



Nah, inilah yang bisa anda lakukan sebelum menerbangkan drone kelas toys, atau drone yang sudah bagus namun belum memiliki GPS untuk locking dan tracking posisi drone. Caranya akan admin urutkan dari cara yang termurah hingga yang termahal apabila dilihat dari segi budget.



1. Tambahkan Label
Label akan sangat membantu untuk memberitahu identitas dari si pemilik drone. Identitas yang baiknya di masukkan kedalam label juga ada beberapa macam diantaranya:
-    Nomor HP
Nomor HP saja? Yap. Pada dasarnya nomor hp saja juga sudah cukup. Logikanya adalah ketika ada orang yang menemukan drone anda, lalu melihat nomor hp nya, dan apabila itu orang baik, maka akan langsung menghubungi nomor yang tertera di label drone.

-          Kalimat Penjelas
Disini maksudnya, label nya selain diberi tulisan nomor hp, juga diberi kalimat penjelas seperti “Bagi yang menemukan drone ini, harap hub: 0812345678”

-          Tambah Alamat
Kalau anda ingin lebih lengkap lagi bisa anda tambahkan alamat rumah anda, sukur – sukur si penemu adalah tetangga satu kawasan, sehingga apabila dia baik hati tentu akan langsung di antarkan kerumah anda.

-          Super Lengkap
Super lengkap disini adalah labelnya anda isikan semua data barusan, seperti nomor hp, kalimat penjelas, dan juga alamat anda. Sehingga kira – kira nanti labelnya akan jadi

Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones

Caranya ada beberapa metode, bisa membuat sticker khusus body, atau yang paling murah ya kertas yang ditulis tangan, lalu ditempelkan pada badan drone dengan plester yang transparan, bisa menggunakan tape yang besar supaya bisa mengisolasi kertas lebih besar. Kenapa digunakan tape untuk mengisolasi, karena ini untuk antisipasi ketika turun hujan, sehingga tulisan di kertas tidak kena air dan apa yang anda tulis masih bisa dibaca. Cara ini bisa menjadi cara terakhir, terlebih ketika drone anda sudah terlanjur hilang. Jadi ada seprecik harapan bahwa drone anda nanti bisa kembali apabila ditemukan oleh orang yang baik.



2. Dengan Modul GPS Tracker
Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones

Ini adalah sebuah alat, yang sebenarnya sudah dijual secara bebas. Alat ini memang harganya bisa dibilang mahal, dan ada juga alat yang sejenis, mirip, seakan – akan berfungsi sama bagusnya. Tapi aslinya hanya barang tiruan yang masih banyak bug seperti data gps yang tidak akurat, dan sebagainya. Jadi sebelum membeli GPS Tracker yang bagus, anda harus lihat dulu beberapa review yang mungkin ada di youtube. Prinsip kerjanya, ketika terbang anda harus mengaktifkan tombol SOS dulu sehingga gpsnya akan mengambil data dari GPS dan tower seluler terdekat, sehingga bisa ketahuan posisi drone sekarang ada dimana. untuk melihat lokasinya, anda bisa menggunakan smartphone anda, baik android ataupun IOS.



3. TrackR
Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones

TrackR adalah alat yang berfungsi sama seperti GPS tracker, ukurannya sangatlah kecil, hanya sebesar uang koin saja. Alat ini adalah hasil dari pengembangan inovasi yang telah mendapatkan respon positif dari dunia yang mengetahuinya. Prinsip TrackR berbeda dengan GPS Tracker. Alat TrackR hanya sebesar gantungan kunci, yang bisa anda sematkan didalam badan drone. TrackR akan secara diam2 mengakses via Bluetooth smartphone terdekat yang juga sudah menginstal aplikasi TrackR. Jadi semakin banyak orang yang menginstal aplikasi TrackR, maka lokasi barang yang dicari bisa lebih akurat. Perbedaan dari GPS Tracker tadi adalah jalurnya. Bila GPS Tracker langsung hardware(GPS) -> Satelit GPS -> Client. Kalau TrackR pertama Hardware(Bluetooth) -> Smartphone(GPS) -> Satelit GPS -> Client. Hanya saja, TrackR belum begitu popular di Indonesia.



Nah, bagaimana kalau saran terbaik dari admin? Jujur kalau admin pasti memilih cara yang simple saja. Yap, cara pertama sudah cukup bagi admin. Dengan menambahkan identitas yang tertempel dan terisolasi di bagian badan drone. Maka, ketika drone sudah fly away dan terjatuh entah dimana, anda hanya perlu berharap bahwa drone tersebut akan ditemukan oleh orang baik, yang nanti pasti akan langsung menghubungi anda ketika melihat identitas di badan drone.

ini beberapa contoh pemberian label versi admin untuk drone kelas toys:

Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones
Untuk drone ukuran medium


Cara Mengantisipasi Drone Hilang ketika Terbang - OmahDrones
Untuk drone ukuran micro

Intinya adalah tutup semua bagian kertas menggunakan plester atau apapun namanya di wilayah anda, supaya apabila terkena hujan, identitas yang tertempel tidak akan luntur karena air.


Setidaknya begitulah cara mengantisipasi drone ketika drone sudah terlanjur terbawa angin dan hilang entah kemana jatuhnya. Namun positif thinking saja, apabila ada yang mengembalikan drone anda, anda beruntung mendapatkan orang baik yang menemukan drone anda. Namun apabila tidak, anggap saja itu bukan rejeki anda, yang artinya besok anda akan mendapatkan drone yang lebih bagus lagi selama anda ikhlas. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda semua supaya bisa mengantisipasi untuk keadaan terburuk ketika terbang dalam hal ini drone hilang entah kemana.