Spesifikasi Drone Syma X20: Mini Altitude Hold QuadCopter

Syma kembali merilis satu drone baru buatan mereka. Drone buatan Syma kali ini dinilai juga memiliki bagian yang “berbeda” dari drone lainnya. Sama seperti ketika Syma mengeluarkan seri X8SW dan juga X5UW, dimana desain drone dan juga remote controlnya terasa 180 derajat berbeda dengan Syma yang dikenal sebelumnya. Dan tak Cuma untuk drone syma seri X5 dan X8 saja yang memiliki bentuk desain baru, karena ternyata syma juga masih mengeluarkan produk minidrone dengan desain yang baru, lebih terkini dan tentunya memiliki beberapa keunggulan daripada drone sekelasnya bahkan drone syma sendiri di versi yang dahulu. Dan di kesempatan yang ada saat ini, kita akan mengulas sebuah mini drone syma yang memiliki nama pasar Syma X20. Bagaimana kemampuan si kecil stylish ini akan coba kita ulas hari ini.


Spesifikasi Drone Syma X20 - OmahDrones

Syma X20 adalah drone yang memiliki ukuran cukup kecil, dimensinya hanya 10 x 10 cm saja, dia termasuk ke dalam jenis toys, mini drone dan termasuk level beginner. Bentuknya Syma X20 ini mengedepankan bentuk body tengah yang dibuat pipih sehingga untuk lengan dronenya jadi pendek. Dia memiliki protector di tiap sisinya yang berfungsi tentu untuk melindungi propeller sehingga meminimalisir kerusakan apabila drone menabrak benda padat. Untuk kakinya, memang Syma X20 tidak memiliki kaki layaknya mini drone lainnya. Namun, Syma X20 memiliki penahan dibagian bawah yang terbuat dari bahan karet, sehingga ketika landing akan bisa mengurangi guncangan pada komponen.



Ketika membuka drone, semuanya sudah terpasang rapi seperti pada gambar, sehingga yang perlu anda lakukan hanya recharge baterai drone, lalu memasang baterai pada  transmitter, dan anda siap terbang. Syma X20 ini pun juga disebut sebagai mini drone hebat karena beberapa fitur bawaannya juga, untuk fiturnya Syma X20 ini memiliki fitur seperti dibawah:
-          With Altitude hold mode can set hight.
-          With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying
-          6-Axis gyro quad-rotorcraft flight, strong stability,can easily implement various flight movements, stronger wind resistance, easier to control.
-          4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°
-          Lightweight airframe with nice durability
-          One Key Take off & Landing, one press automatically taking off or landing, rc quadcopter will take off or go back to the position where it took off.
-          The creatively designed LED lights are fitted for night flight possibilities, leaving a beautiful landscape in the night sky.


Poin ke 3 sampai terakhir mungkin sudah sangat mainstream, namun di poin pertama dan kedua, Syma X20 menjadi daya Tarik tersendiri karena kemampuannya tersebut. Yap, drone kecil ini sudah Altitude Hold, yang artinya dia bisa mempertahankan ketinggian dia ketika terbang, selain itu Syma X20 juga memiliki fitur Headless Mode yang disukai banyak pilot, dengan mode ini, arah depan anda akan selalu menjadi arah depan drone.



Syma X20 ini termasuk drone yang cukup mudah perawatannya, selain semua komponen dan baterai sudah include didalam body, interface yang ada di badan drone hanyalah tombol on/off dan juga port untuk charging. Chargingnya juga sudah lebih praktis, anda tidak perlu konektor khusus untuk bisa charging karena sekarang di Syma X20 anda bisa charging drone menggunakan kabel micro USB, anda juga akan mendapatkan kabel micro USB ketika pembelian, dengan kata lain apabila anda menggunakan charger micro USB smartphone untuk charge drone, anda tinggal mencolokkannya saja lalu charge. Tapi perhatikan arusnya, me recharge drone kecil seperti ini idealnya menggunakan charger USB yang memiliki arus 300 – 500 mAh saja. Untuk baterai Syma X20 sendiri, dia memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 180 mAh saja, dengan baterai bawaan sebesar itu, Syma X20 bisa terbang dengan waktu rata – rata 5 menit.


Spesifikasi Drone Syma X20 - OmahDrones


Nah, di bagian controller atau transmitter ini yang membuat Syma X20 beda dari yang lain selain fitur headless mode dan altitude holdnya. Bisa dilihat pada gambar diatas, bentuk controller Syma X20 saja sudah terlihat beda. Transmitter ini lebih terlihat seperti dompet, mungkin maksud syma hendak membuat controller yang mudah dibawa tanpa tas, wkwk. Nah lalu yang beda lainnya adalah bagian throttle dan directionnya dibuat flat. Tidak seperti kebanyakan remote yang memiliki stick untuk throttle dan juga direction. ini menimbulkan sensasi yang berbeda apabila anda sering menggunakan remote dengan kendali biasa. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan drone Syma X20 hingga kurang lebih 20 meter. Remote ini menggunakan 4 buah baterai AAA untuk bisa beroperasi.

Spesifikasi Drone Syma X20 - OmahDrones


Untuk unit kamera, mungkin ada yang mengira bahwa di bagian depan drone Syma X20 ini adalah kamera, sebenarnya ini ambigu, karena di seri Syma X20, bagian depan yang seperti kamera ini adalah seperti kaca cembung yang akan meneruskan cahaya LED drone. Mungkin kedepannya, bulatan dibagian depan ini akan benar – benar diberi kamera oleh syma untuk drone generasi penerus Syma X20.



Spesifikasi detailnya bisa anda lihat dibawah ini:
Brand Name: Syma
Item NO.: X20
Color: White, Black
Frequency : 2.4G
Channel : 4CH
Gyro:6 Axis
Battery for Quadcopter: 3.7V 180mAh Li-poly(Included)
Transmitter Battery: 4 x AA battery(Not included)
Charging Time : About 50 mins(USB charging)
Flying time : About 5 minutes
Controlling distance:About 20 meters
Product size:10.5*10.5*2.5cm
Box Size:25*15*5cm


Spesifikasi Drone Syma X20 - OmahDrones


Tentu drone sekecil ini sangat cocok pula untuk anda yang sedang belajar menerbangkan drone, meskipun controllernya terasa berbeda, namun siapa tau anda justru malah lebih nyaman menggunakan controller seperti ini. Selain itu, setiap pembelian dari drone Syma X20 ini, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x SYMA X20 Quadcopter
4 x Propeller
1 x Transmitter
1 x Screwdriver
1 x USB cable
1 x Manual

Spesifikasi Drone Syma X20 - OmahDrones



Untuk sebuah drone yang belum memiliki kamera, tentu anda pasti sudah bisa mengira, bahwa drone ini memiliki harga dibawah 1 juta. Dan memang benar, mini drone Syma X20 ini bisa anda dapatkan dengan harga $ USD atau setara dengan Rp.  ,. Dengan drone sekecil dan RTF seperti Syma X20 ini, anda bisa bermain drone dimanapun dan kapanpun anda menginginkannya, karena si kecil ini memang layak untuk menjadi rekomendasi drone yang harus dibeli apabila anda memang menyukainya.