Spesifikasi Drone XK STUNT X350

Kalau dalam satu trend terdapat peluang yang besar. Tentu para produsen drone berlomba – lomba ikut andil dalam trend tersebut, atau justru ingin mengubah trend dengan drone baru buatan mereka. Bagi yang suka drone acro misalnya. Sekarang ada banyak sekali pilihan drone acro maupun semi acro yang ditawarkan oleh berbagai brand penyedia Radio Control. Mulai dari harga yang murah hingga yang mahal, dari yang untuk pemula hingga untuk yang sudah professional. Untuk jenisnya pun ada yang sudah RTF, ada juga yang BNF, sehingga lebih fleksibel dan dari sisi pembeli, mereka bisa memilih produk yang benar – benar mereka inginkan atau mereka butuhkan. Seperti judulnya, kita hari ini akan membahas drone buatan XK yaitu XK Stunt X350.
Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones




Drone ini adalah drone acro sebenarnya. Dan XK Stunt X350 juga punya beberapa kelebihan serta banyak opsi – opsi yang bisa kita tentukan sendiri nanti ketika pembelian. Untuk mesinnya, XK Stunt X350 sudah menggunakan motor Brushless 2212 dengan kekuatan 1400KV. Meski sudah menggunakan motor brushless, XK Stunt X350 tidak dilengkapi dengan komponen penunjang navigasi seperti GPS atau optical Flow. Jadi, bisa dikatakan kalau XK Stunt X350 ini mirip – mirip seperti MJX Bugs 3. memiliki postur yang besar, pakai motor brushless, tapi masih serba manual dan tanpa komponen navigasi.


Lalu apa saja fitur yang ditawarkan XK Stunt X350 kalau dia saja belum punya GPS dan sensor penunjang lainnya yang dapat membuat drone lebih aman dan nyaman ketika dimainkan. Nah, karena XK Stunt X350 ini sejatinya adalah drone acro. Seperti yang tertulis dalam iklannya juga bahwa XK Stunt X350 ini juga dijuluki dengan Air Dancer. Artinya dia bisa menari – nari diudara, tentu sebagus apa juga tergantung kemampuan si pilot. Fitur yang mungkin menjadi key feature nya si XK Stunt X350 adalah 3D mode nya, dimana dia bisa terbang secara inverted menghadap ke bawah, teknisnya adalah ketika sesudah flipping, motor akan berputar secara berlawanan arah. Sehingga drone bisa terbang secara terbalik. Untuk drone acro sih bagus, karena namanya saja acrobatic. Untuk daftar fitur selengkapnya anda bisa simak dibawah ini:
    • Patent appearance, distinctive, anti-crash, protocol compatible with FUTABA,S-FHSS
    • Delicate body design is very convenient for taking and maintenance.
    • 3D 6G mode can be converted easily
    • 3D lock mode is to improve posture and increase stability.Even primary level can fly it as an erpert.6G mode keep stabilization, which keep the airplane stable flying pose when you loosen the transmitter in any case.
    • Hang FPV(not included)
    • It can hand FPV to make you enjoy beautiful landscape during flying.
    • 3D aerobatic flight
    • Bi-directional brusheless motor and quick response ESC can help you to do extreme 3D aerobatic flights.
    • Integrated molding, only 770g
    • PC+ABS material and integrated molding tech make it smooth appearance and impact resistance
    • Specialized transmitter, much safer and reliable
    • With 2.4Ghz communication technology to make 1000m control distance and no interference ny any other transmitters during fly.
    • High efficient brushless motor
    • 2212 1400KV brusheless motor provides strong power.
    • High discharge rate battery
    • X350 is equiped with 11.1V 2200mAh high discharge rate battery, powered flight time is about 10mins, normal flight time is more than 15 mins.
    • Special balance charger
    • Li-po special balance charger and adapter charging time is 1.5-2 hours.





Spesifikasi Drone XK Stunt X350


Item NO.:X350
Item Name: Air Dancer
Channel:4CH
Gyro:6 Axis Gyro
Material: Special PC+ABS
Wheelbase:37.6cm
Flying Time: More Than 12-18 minutes
Motor:2212 1400/KV Brushless Main Motor
Battery:11.1V 2200mAh 40C Li-po Battery
Recharging Time:1.5-2 hours
Remote Control Mode:2.4G
Remote Control Distance:1000 Meters
Flying Weight:770g
Product Size: 305 x 305 x 210mm


Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones

Drone ini memiliki baterai yang cukup besar. Meski tanpa GPS jadi sebenarnya kebutuhan supply tenaganya tidak terlalu besar. Namun mengingat kalau XK Stunt X350 digunakan acro, maka dia juga butuh tenaga yang besar terutama ketika “punching” yang akan menyedot tenaga lebih cepat dari baterai. Dari paketnya, anda akan mendapat baterai Li-Po 3S dengan tegangan total 11.1Volt 40C yang kapasitasnya sebesar 2200mAh. Dengan baterai ini anda bisa menerbangkan XK Stunt X350 hingga 18 menit dengan satu baterai. Meski tidak serta merta 18 menit beneran karena lama terbang juga dipengaruhi oleh cara terbang anda kan. Untuk bisa terbang lebih lama, anda tentu bisa membeli baterai cadangan karena XK Stunt X350 menggunakan baterai universal, sehingga anda harusnya mudah mencari baterai cadangannya.


Untuk pengisian ulangnya, anda akan mendapatkan balance charger bawaan juga dari paket drone ini, namun kalau anda punya balance charger favorit, anda harusnya bisa juga charge dengan balance charger favorit anda. Terlebih kalau anda punya banyak baterai, jadi anda bisa pakai semua chargernya untuk bisa charge banyak baterai dalam satu waktu.

Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones

Di bagian transmitter, XK Stunt X350 ini memiliki transmitter yang bisa dilihat pada gambar diatas. Dia tidak cocok untuk pemula karena selain banyak switch, di interfacenya juga tidak ada label atau indiaktor untuk tiap switchnya. Jadi mungkin anda harus melabelinya secara manual untuk mempermudah identifikasi fungsi dari switch yang ada. Dalam tabel spesifikasi, remote ini memiliki jangkauan yang cukup jauh, yaitu 1000meter atau 1Km. Namun kalau mengingat XK Stunt X350 digunakan untuk acrobatic, sebenarnya kita tidak terbang lebih dari 100 meteran saja. Lalu dibagian bawah juga terdapat LCD monochrome yang ukurannya sedikit lebih besar dari LCD beberapa remote drone. Disitu akan ditampilkan berbagai informasi seputar kondisi drone secara realtime. Selain menggunakan transmitter bawaan ini, anda juga bisa jumper ke transmitter favorit anda selama transmitter anda support di protocol FUTABA atau S-FHSS.

Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones

Untuk kameranya, ketika pembelian anda akan mendapatkan opsi beli dengan kamera atau tidak, karena desain dasar dari XK Stunt X350 tidak support untuk dipasang kamera onboard. Jadi ketika beli versi kamera pastikan juga dalam pembelian anda juga beli camera holdernya. Kamera holder ini nanti dipasang di bagian depan drone yang fungsinya tentu menjadi dudukan kamera dari XK Stunt X350.

Kamera dari XK Stunt X350 juga tidak terlalu bagus sih, menggunakan sensor 2MP dan anda tentu sudah bisa bayangkan bagaimana gambarnya. Tapi setidaknya dengan kamera ini anda bisa rekam footage ketika anda acrobatic dengan XK Stunt X350.

Lalu bagaiman dengan FPV? Kalau dari XK sendiri tidak menyebutkan tentang FPV baik itu Wifi-FPV atau Analog FPV. Tapi kalau anda suka modif, tentu anda bisa pasang sendiri sesuai keinginan anda. Utamanya biasanya kalau drone acro menggunakan Analog FPV supaya tidak terjadi interferensi sinyal antara transmitter dan FPV.


Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones

Ketika pembelian XK Stunt X350, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1x Aircraft
1x Remote Control
1x Charger
4x Blade
1x Lithium Battery
1x Boxed
1x Manual
1x FPV Cam Holder (optional)
1x FPV Cam (optional)



kesimpulan admin untuk XK Stunt X350. Ya, ini drone untuk pilot kelas menengah, yang paling tidak sudah tau betul bagian – bagian drone dan cara problem solving untuk masalah – masalah sederhana pada drone mereka. Karena drone ini sebenarnya memiliki peforma yang bagus. Cuma di beberapa aspek seperti ketika punching masih terasa choppy, lalu untuk mengambil baterai karena pintu baterainya di bagian bawah, agak kesulitan karena kita harus keluarkan dulu kabelnya baru tarik baterainya.

Spesifikasi Drone XK STUNT X350 - OmahDrones


Harganya berapa? Baiklah, untuk mencari harga kisaran tentu admin bandingkan di beberapa online marketplace yang jualnya secara global ya. Terakhir admin lihat dia dibandrol sebesar 130 USD saja, alias sekitar 2 jutaan. Ya harga sebesar itu masih terbilang sepadan dengan apa yang akan kita dapatkan.