Spesifikasi Drone FQ777 FQ35

Masyarakat yang ingin coba punya sebuah drone, biasanya akan tertarik dengan drone yang kekinian mengikuti trend. Misalkan ketika sedang trend drone foldable atau bisa dilipat, banyak orang yang ingin punya. Entah itu merk yang belum terkenal atau sudah terkenal. Kadang situasi seperti ini bisa dimanfaatkan oleh penjual yang dagangannya tidak selalu bermerk seperti eachine, jjrc, syma dan lain – lain. Banyak produk yang bahkan tidak memiliki merk yang jelas, namun tetap laku di pasaran. Disitu pasti ada harga yang bersaing. Karena bahkan merk yang mungkin belum terlalu familiar di telinga, padahal merk ini sudah punya banyak produk RC. Seperti FQ777 misalnya, mereka memiliki rentang harga yang mirip seperti dengan brand yang sudah terkenal.



Yang akan coba admin ulas kali ini memang drone buatan FQ777, lebih tepatnya FQ777 FQ35. Kalau dilihat sekilas, drone ini memang seperti DJI Mavic Pro. Sekali lagi kita dapatkan drone yang desainnya mirip dengan drone professional. Tapi kalau dilihat lebih seksama, FQ777 FQ35 ini dia memiliki sudut lipatan yang berbeda dengan Mavic Pro yang sebenarnya. FQ777 FQ35 ini menggunakan sudut foldable arm yang mirip dengan drone kloningan Mavic Pro lainnya, misalnya Eachine E58. Drone ini masih menggunakan motor brushed, meski untuk sekilas “menipu mata” bagian gearbox atasnya dibuat aksesori mirip motor brushless.


FQ777 FQ35 ini juga belum memiliki sensor tambahan seperti optical flow, jadi ketika terbang outdoor, ketika ada angin berhembus dia otomatis akan terbawa atau terseret angin tersebut. Jadi kalau mau terbang nyaman ya tunggu cuaca kalau tidak berangin. Dan untuk propellernya, meskipun lengan drone sudah foldable, tapi propellernya belum foldable props. Ukurannya sama seperti propeller untuk Syma X5HW, jadi kalau mau nyari propeller atau motor cadangannya, mungkin bisa pakai keyword Syma X5HW ketika mencari di toko online atau marketplace online. Untuk fitur bawaannya sih, FQ777 FQ35 sudah memiliki fitur seperti altitude hold, headless mode, one key return, one key take-off/landing, dan juga speed switch. Untuk fitur lebih lengkap sesuai info dari marketing FQ777, bisa dilihat pada daftar dibawah ini:
- With foldable arms, small size, easy to carry.
- With Altitude Hold Mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- There have 2 cameras can be choose. With 2.0MP 720P wide angle camera  give wide range high denfinition pictures and video.
- Trajectory Flight. Under the control of the mobile phone, you can draw the trajectory, and then the drone can flight according to it.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- With low power protection overcurrent protection.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics, lightweight and durable resistance.





Spesifikasi Drone FQ777 FQ35



Brand: FQ777
Item No.: FQ35
Material: ABS, PEO
Color: Black
Frequency: 2.4G 
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
FPV: WiFi
FPV Distance: 30-50m
Camera: 0.3MP 480P / 2.0MP 720P (Optional)
Camera Resolution: 640*480 / 1280*720
Camera Frames: 25FPS
Quadcopter Battery: 3.7V 1000mAh 25C Lipo (Included)
Flight Time: 8-10mins
Charging Time: About 90mins
Remote Control: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Transmitter Battery: 3*AA (NOT Included)
R/C Distance: About 100m
Quadcopter Size: 36*36*5.8cm (Unfolded with Props Guard)
                             18.8*13.2*5.8cm (Foldable)
Quadcopter Weight: 175g with Battery / 137g without Battery
Package Size: 28.8x19.5x7.3cm
Package Weight: 620g





baterai yang digunakan oleh FQ777 FQ35 memiliki bentuk proprietary, alias paten hanya bisa digunakan untuk FQ777 FQ35 saja. Meski begitu bagian dalam dari baterai ini, memiliki interface yang sama seperti baterai untuk Eachine E58. Baterai ini memiliki internal charger, jadi tiap baterai punya rangkaian charger didalamnya. Sehingga ketika mau charging kita tinggal colokkan kabel micro USB pada port Micro USB pada baterai. Nanti akan ada lampu indikator di baterainya yang akan menandakan kalau baterai sedang di recharge atau sudah penuh.

Baterai ini masih 1S, menggunakan cell Li-Po biasa sehingga tegangannya 3.6Volt. Kapasitasnya sebesar 1000mAh kalau menurut tabel spesifikasi. Dengan satu baterai, anda bisa terbang kira - kira 8 – 10 menit. Untuk mencari baterai cadangannya, mungkin tidak akan mudah mengingat dia menggunakan baterai proprietary. Mungkin kalau anda bisa modifikasi dikit, bisa pakai baterai Eachine e58 karena bentuknya mirip.



Di bagian controllernya, dia juga mereplika controller atau remote dari DJI Mavic, antenna yang ada di remote ini juga hanya berfungsi sebagai aksesori saja, jadi remote ini masih menggunakan antenna internal. Nah dengan antenna tersebut, maka jarak jangkauan yang didapat juga tidak terlalu jauh. Kalau menurut tabel spesifikasi dia bisa dikendalikan hingga 100 meter, namun jarak jangkauan juga tetap dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang juga, apa disitu banyak interferensi sinyal atau tidak. Untuk tombol – tombolnya, disini untungnya dari FQ777 sudah memberikan icon dan label di tiap tombol, sehingga untuk yang masih pemula menerbangkan drone ini bisa lebih mudah memahami dan mengingat fungsi tiap tombol pada remote ini.



Lanjut dibagian kameranya, FQ777 FQ35 ini sebenarnya memiliki 2 opsional kamera. Yakni 0.3MP dan 2MP. Tentu admin sarankan untuk beli versi 2MP sekalian, karena yang versi 2MP aja juga belum menghasilkan gambar yang setidaknya sedap dipandang. Jadi jangan terlalu berharap anda mendapatkan hasil gambar yang jelas dan jernih. Karena sejatinya FQ777 FQ35 masih tergolong drone mainan. Jadi kamera yang ditambahkan juga hanya berupa pelengkap dan fitur tambahan saja. Di tabel spesifikasi pun juga tidak dicantumkan bahwa FQ777 FQ35 bisa dipasang MicroSD untuk menyimpan gambar dan video yang sudah anda ambil selama terbang. Jadi gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV.


Wifi-FPV nya juga masih yang basic, menggunakan frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan FQ777 FQ35. Jangan kaget apabila hasil video di smartphone anda akan ada gangguan seperti lag akibat frame dropping atau bahkan freezing frame. Karena kalau Wifi-FPV sekaligus pakai remote, kan sama – sama menggunakan frekuensi 2.4GHz, nah itu pasti ada interferensi. Apalagi kalau anda terbangnya lebih dari 20 meter.



Ketika pembelian drone FQ777 FQ35, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x FQ777 FQ35 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 1000mAh Lipo Battery
1 x USB Cable
4 x Propellers
4 x Propeller Nut
4 x Propeller Guard
1 x Screwdriver
1 x Manual




kesimpulan admin untuk drone FQ777 FQ35. Drone ini kalau untuk coba – coba sih tidak masalah. Tapi kalau anda ingin drone yang lebih canggih, bisa record video di microSD, mungkin bisa lebih milih Eachine E58. Tapi tetap saja semua pilihan dan keputusan masih di tangan anda.


Untuk harga dari FQ777 FQ35 ini, ketika admin terakhir lihat di marketplace internasional, dia dibandrol sebesar 55 USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 700 Ribuan. Untuk drone Wifi-FPV, tanpa DVR dan optical flow, harga sebesar itu masih bisa dibilang sepadan dengan apa yang akan didapat.