Spesifikasi Drone Wingsland X1

Memiliki drone yang dapat dikendalikan dengan smartphone. Biasanya yang memiliki kemampuan Wifi-FPV sudah bisa dikendalikan langsung menggunakan smartphone jadi tidak harus menggunakan remote fisik. Ya memang terlihat keren karena seolah kita punya mainan yang canggih, dan terintegrasi dengan smartphone kita. Ini masalah selera, ada juga yang menyukai drone menggunakan remote fisik dengan alasan lebih sensitif menggunakan remote. Itulah mengapa hingga saat ini masih saja ada drone yang dijual tanpa remote. Dan kalau ada drone RTF tapi tanpa remote, itu bisa dipastikan kemungkinan besar menggunakan smartphone anda sebagai remote nantinya. Jadi jangan kaget tiba – tiba paket datang tapi tidak ada remotenya, sering terjadi pada orang yang kurang memperhatikan bagian deskripsi utamanya ketika beli secara online.


Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones

Kita ngomongin drone tanpa remote tentu bukan tanpa alasan, kita kali ini akan membahas satu buah drone yang unik. Karena dia didesain sebagai drone racing, namun dalam pengendaliannya dia tidak memiliki transmitter atau remote bawaan. Meski begitu dia sudah RTF, anda tidak perlu beli transmitter yang mahal lalu anda setting sendiri seperti drone BNF. Yap, karena ini drone sudah di labeli RTF bisa dipastikan nanti drone ini akan menggunakan smartphone anda sebagai controllernya. Kali ini drone yang akan kita bahas adalah drone dari Wingsland dengan nama pasar Wingsland X1.


Drone ini memiliki desain sebagai drone racing, dan ketika mendengar drone racing tapi tidak punya transmitter bawaan. Kita tentu banyak yang tadinya tertarik, jadi tidak tertarik. Ya sekarang kalau di logika, drone racing meskipun itu kelas mainan, kalau tidak memakai transmitter fisik bagaimana, kita bisa bermanuver secara cepat, mengingat kontrol menggunakan smartphone memiliki beberapa kekurangan seperti delay dan jarak jangkauan. Untungnya, Wingsland X1 sebelum dia menjadi barang yang tidak laku, tidak berselang lama muncul versi Wingsland X1 dengan transmitter bawaan. Langkah yang tepat untuk membuat drone ini tidak menjadi useless drone.


Sangat disayangkan kalau dia menjadi tidak laku gara – gara tidak memiliki transmitter fisik, dimana itulah cockpit dari drone racing. Selain itu, Wingsland X1 juga memiliki beberapa fitur yang lebih advance seperti dia sudah memiliki optical flow sensor dibagian bawahnya. Sehingga ketika dia hovering, dia akan mempertahankan posisinya dengan cara melihat citra dibawahnya. Maka dari itu, untuk mendapatkan citra optical flow yang baik, jangan terbang terlalu tinggi. Selain itu berikut fitur yang ditawarkan pada si kecil Wingsland X1:
-Experience the racing speed:  WINGSLAND X1 FPV racing drone arms to make drone racing popular, just for everyone.
-Indoor Hovering: The X1 is able to hover indoor accurately with the optical flow positioning system.
-Cross Through, 15°: Adjustable Camera Angle: Up 15° , be a racing FPV pro. Down 15°, capture the shining moment in life.
-Intelligent Functions: 360°flipping fancy aerobatics.
-Professional Flight Control System: The accurate and professional flight control system was based on years of research and development by WINGSLAND
-Magnificent Moment: The HD digital transmission helps you to seize the moment.
-Infinity of Fun: Accessories can be added to extend the playability of the aircraft through the extension port,
-Small and Portable: The aircraft is only 70g, easy to carry.
-Safe and Durable: The propeller guards and the composite aircraft body material ensure you an ultra safe fight.
-Simple Maintenance: The modular body design simplifies the repair and maintenance
-Unique & Colorful: Find your own style among the unique multiple color options and DIY stickers
-Controlled by cellphone's devices: WINGSLAND customized APP allows you to control your drone in an easy, flexible and effective way.
-R6 Remote Controller: The X1 is compatible with the WINGSLAND R6 controller, which helps you to control the flight accurately.


Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Wingsland X1


Item Specification
WINGSLAND X1 Drone
Brand Name: WINGSLAND
Item NO.:  X1 
Item Name: WINGSLAND X1 Mini  FPV RC quadcopter
Diagonal Distance: 120mm
Weight: 70g (include battery)
Max Ascend Speed: 1m/s
Max Descent Speed: 0.6m/s
Max Tilt Angle: 30°
Hover Accuracy: +0.5m (Optical Flow Sensor)
Maximum Flight Time: 7 mins
Maximum Flight Ranges: 100m
Altitude Ranges: 0~ 4000m
Quadcopter's size: 165*58*70mm(Folded)   165*97*70mm(Unfolded)
Support APP: Android 5.0 or later iOS9.0 or later
Operating Temperature Ranges: 5°C ~ 40°C
Camera
Camera: 640P HD Camera
Adjustable Angle Ranges: -15° ~ +15°δΈ€
Photo Resolution: 640*368
Video Resolution: 640*368
Live-View
Live-View Type: Digital
Live-View Ranges: 50m
Live-View Mode: Wi-Fi
Live-View DPI: 640*368
R6 Remote Controller
Operating Frequency: Live-View : 2.4GHz(Digital), Remote : 5.8GHz
Transmitter Power(EIRP): FCC:≤26dBm  CE :≤20dBm
Dimensions: 165x58x70mm(Folded)  165x97x70mm(Unfolded)
Adapted Mo-bile Device Size: 130x60x9mm(Min)  65x84x9mm(Max)
Weight: 220g
Battery Capacity: 1500mAh
Operating Time: ≈90 minutes
Operating Temperature: 5°C ~40°C
Battery Voltage: 1A /3.7V
Port: Mi-cro USB
Drone Battery
Battery Capacity: 600 mAh 
Battery Voltage: 3.7V
Battery Type: Lipo 1S
Charging Time: About 50 mins
Charging Voltage:5V 11A
Charging Temperature Ranges: 5°C ~ 40°C



Wingsland X1 memiliki baterai proprietary alias baterai yang hanya dirancang khusus untuk Wingsland X1 saja, disini yang sangat disayangkan adalah metode on-off yang kurang efektif. Anda harus mencopot lalu memasukkan baterainya lagi untuk bisa on. Sedangkan pengunci baterai ke drone nya juga agak susah diakses. Itu karena Wingsland X1 ini metode rechargenya menggunakan port micro USB yang berada di bagian belakang drone. Kita tidak dapat charger khusus, jadi ketika charging baterainya harus terpasang di drone, dan ktia hubungkan kabel Micro USB ke port dibelakang drone. Baterai ini memiliki kapasitas sebesar 600 mAh. Dan dia juga masih 1S berjenis Li-Po biasa, jadi tegangannya hanya 3.7 Volt. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Wingsland X1 selama kira – kira 7 – 8 menitan sekali terbang. Dan ingat, lama terbang juga dipengaruhi oleh cara anda terbang, serta kondisi cuaca dimana anda terbang.


Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones

Untuk transmitternya, karena Wingsland X1 ini memiliki 2 versi yakni versi dengan transmitter dan versi non-transmitter. Ketika pembelian pastikan anda tidak salah beli antara kedua varian tersebut. Kalau untuk remotenya, dia sudah menggunakan baterai internal, sehingga ketika baterai mulai habis, anda tinggal recharge saja. Bentuk remotenya juga kecil memanjang. Tidak memiliki banyak tombol fungsi dan antennanya pun juga hanya sebagai aksesori. Anda tetap bisa memasang smartphone anda disini dan menggunakannya sebagai monitor FPV, sebab Wingsland X1 masih menggunakan koneksi Wifi untuk bisa melakukan FPV.


Kameranya juga masih kualitas rendah, namanya juga mainan. Meski sudah dilabeli drone racing, mungkin diperuntukkan bagi pemula. Kamera ini masih menggunakan resolusi 640p. Dan kualitas gambarnya pun juga apa adanya. Ketika mengambil dan menyimpan foto atau video, Wingsland X1 akan langsung menyimpannya ke smartphone anda melalui koneksi Wifi. Sehingga video yang dihasilkan bisa terancam terkena interfensi sinyal, yang mengakibatkan frame dropping atau frame freezing. Padahal di keadaan normal, video yang dihasilkan juga sudah punya frame rate yang rendah. Kalau kena frame dropping ya videonya pasti patah – patah.

Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones

Untuk FPV, seperti yang sudah bisa ditebak, Wingsland X1 masih menggunakan Wifi 2.4GHz, meski belum tau juga besok bakal di upgrade lagi jadi 5GHz atau tidak. Seperti produk awalnya, Wingsland X1 hanya menggunakan koneksi Wifi ke smartphone anda sebagai cara untuk bisa terbang. Mungkin kalau anda terlanjur membeli versi non transmitter, anda bisa gunakan USB Wifi Repeater untuk memperkuat sinyal Wifi smartphone anda ketika menerbangkan Wingsland X1.


Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones

Ketika membeli Wingsland X1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1xWINGSLAND X1 Mini  FPV Quadcopter
1x R6 Remote Controller
1x Battery
4x Propeller
1 x USB charging table
1 x Propeller protection frame
1 x Manual




menurut admin, drone seperti ini memang sudah ada beberapa model dan dari beberapa brand. Versi Wifi dan versi Remote fisik, yang juga bisa melakukan Wifi-FPV juga tentunya. Dan karena ini si Wingsland X1 masih kelasnya mainan, tentu bagi para pemula sangat disarankan untuk membeli Wingsland X1 apabila anda mau mencoba drone ala – ala racing. Tapi kalau mau beli, admin sarankan beli versi remote saja. Karena untuk belajar drone racing, tentu lebih baik pakai remote fisik yang lebih sensitif dan terasa gas nya.

Spesifikasi Drone Wingsland X1 - OmahDrones


Untuk harga pasarannya,  Wingsland X1 dengan remote di jual setidaknya di beberapa online marketplace kelas internasional. Disana rata – rata dibandrol sebesar 75 USD atau setara dengan 1 jutaan. Harga tersebut tentu jangan dijadikan patokan, karena harga diatas hanya harga kisaran saja. Kalau sudah dijual oleh seller indonesia, tentu harganya bisa berbeda tergantung cara distribusinya.