Spesifikasi Drone Eachine M80S

Belajar drone acro tidak harus membeli drone acro yang harganya mungkin tidak cocok bagi pemula, terutama bagi anda yang belum tentu bakal jatuh cinta dengan acro drone. Jadi untuk coba – coba atau belajar drone acro. Tentu admin bisa menyarankan drone acro yang ramah dikantong, sehingga selain bisa terjangkau dan tujuan utama “belajar drone acro” bisa tercapai, ketika kita ternyata tidak suka dengan drone acro, kita tidak terlalu rugi karena beli drone acro yang ekonomis. Dan sebaliknya, ketika kita ternyata jadi jatuh cinta dengan drone acro. Tentu itu awal yang baik karena kita bisa memaksimalkan drone yang sudah dibeli untuk belajar acro hingga nantinya mungkin anda membeli drone acro yang sebenarnya.

Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones


Sebenarnya banyak brand yang menawarkan drone acro untuk pemula. Biasanya sih drone tersebut memiliki setidaknya dua mode, yakni mode angled atau seperti drone pada umumnya, satu lagi mode acro yang bisa anda manfaatkan untuk belajar drone acro tentu saja. Ada brand yang menawarkan beginer acro drone kit yang sudah benar – benar lengkap disertai dengan FPV monitor ataupun goggles ketika pembelian sepaket. Tapi untuk memangkas harga pasar, ada juga yang menjualnya dalam bentuk BNF (tanpa transmitter bawaan) yang kalau untuk pemula, admin tidak menyarankan karena terlalu ribet nanti harus beli transmitter sendiri sesuai FCB nya, lalu setting di software seperti betaflight. Yang itu tentu terlalu ribet kalau untuk pemula.


Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones

Tapi disini ada Eachine dengan drone Eachine M80S, drone ini dari bentuknya sudah terlihat dia FPV ready. Bisa ditebak juga kalau dia punya kemampuan acro, karena desainnya dibuat “kotak” sehingga bisa menghasilkan manuver yang lebih gesit. Drone ini juga tersedia dalam paket RTF dan BNF. Tapi meski anda beli paket BNF, FCB pada drone ini tidak punya port USB untuk melakukan setting. Jadi mendingan beli yang RTF sekalian, terutama bagi anda yang ingin belajar drone acro. Tidak bisa setting parameter drone dengan software, bagi penghobby drone acro mungkin sangat disayangkan, tapi bagi pemula, ini bisa jadi awal yang bagus karena kita tidak perlu setting – setting karena drone sudah memiliki parameter bawaan dari pabrik. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihat daftarnya berdasar info dari eachine dibawah ini:
- One key Rolling will flip a crashed, upside down craft to an upright orientation at the push of a button, no more walk of shame!
- Three Flight Mode, A-cro Mode, Angle mode, Altitude Mode can be switched freely.
- With Altitude Mode, Maintains distance from ground while providing self-leveling, perfect for beginners, make the flight more stable, expand the flight crowd.
- with 8.5mm brushed motors and larger pit-ch propellers for a much more powerful flight experience.
- New power system is fed by a 1S 500mAh High voltage batteries, reliable flight times form 6 minutes.
- Automatic stabilization
-The lightweight combo touts a 32 channel, 25mW video transmitter, a light and durable dipole antenna, and the 600 TVL camera has a 140° field of view.
- USB uses high voltage charger and comes with battery protection function, which can protect the battery to the maximum extent.
- The customized edition flight control design makes the flight more stable.
- Changes in the tail 3 color lights clearly show that the plane can fly for a few minutes.
- Durable airframe and quiet ducted fans protect the motors and propellers from bumps and crashes, while the enclosed canopy fully protects the camera, video transmitter, and flight controller.
- with customized edition Remote Control.


Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones


Spesifikasi Drone Eachine M80S:


Brand Name: Eachine
Wheelbase: 76mm
Weight: 40g (without battery)
Flight Weight: 52g (Include battery)
Size: 100*100*50mm
Motor: 8520 Brush Motor
Prop Size: 44mm
Camera: 600TVL HD CMOS 1/3 inch Camera
Video Output format: PAL / NTSC
AV Wireless Transmitter: 5.8g 25mw 48ch
Batterry: 3.8V 500mah Lipo battery
Flight time: 6 minutes
With LED_Strip function



Untuk baterainya, ketika pembelian kita bisa memilih beli dengan berapa baterai. Biasanya ada opsi untuk memilih 1 – 3 baterai ketika pembelian. Kalau saran admin tetntu mending beli 3 baterai sekalian, tapi bukan berarti kita nanti bisa langsung gunakan 3 baterai bergantian dalam satu waktu ya. Ingat ini drone masih menggunakan motor brushed, yang musuh utamanya yakni overheat karena dipakai terus menerus dalam satu waktu. Jadi ketika 1 baterai habis, tunggu dulu hingga suhunya normal, baru terbang lagi. Itu kalau mau motor drone anda awet. Baterai ini memiliki tipe Li-HV atau lithium high voltage, dengan tegangan sebesar 3.8 Volt dan kapasitasnya sebesar 500mAh. Dengan satu baterai, rata – rata anda bisa menerbangkan Eachine M80S selama 5 menit.

Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones


Di bagian controllernya, kalau anda beli versi BNF tentu tidak ada unit controller. Harganya lebih murah juga, tapi anda harus punya transmitter sesuai dengan FCB Eachine M80S yang anda beli. Untuk pemula, kita bisa beli versi RTF yang sudah ada transmitter bawaan. Bentuknya sih seperti gamepad untuk PC, namun tentu tetap pas digenggam dengan dua tangan. Transmitter ini tombolnya sangat disayangkan tidak memiliki label atau minimal icon sebagai penanda tombol ini punya fungsi apa. Jadi untuk lebih mudah mengingat fungsinya, tempelin aja label di dekat tombolnya supaya lebih mudah ketika operasional juga. Dengan transmitter seperti ini, jarak jangkauan yang dapat dicapai juga tidak terlalu jauh. Dalam tabel spesifikasi, tidak disebutkan jarak jangkauannya, namun kalau melihat bentuk transmitternya, jangkauan dari transmitter ini tentu tidak bisa lebih dari 100 meter. Ya mengingat ukuran drone yang kecil juga, tidak disarankan untuk terbang jauh – jauh.

Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones


Di unit kameranya, Eachine M80S sudah mendapatkan kamera FPV all in one sekaligus transmitternya. Kamera ini memiliki spesifikasi 600TVL bersensor CMOS 1/3 inci. Dan broadcastnya bisa diubah dari NTSC ke PAL atau sebaliknya. Kamera ini memiliki 32channel yang bisa anda pilih sesuka hati. Namun sayangnya, Eachine M80S tidak disertai dengan FPV monitor ataupun goggles. Jadi untuk bisa menikmati FPV, paling tidak kita harus beli FPV goggles yang murah atau kalau mau pake monitor FPV juga bisa. FPV yang digunakan adalah jenis FPV 5.8GHz menggunakan model transmisi sinyal analog. Dan kamera ini juga tidak ada DVR nya, jadi kalau mau menyimpan gambar ketika terbang, jadi pastikan FPV monitor atau goggles anda punya DVR. Jadi setidaknya bisa rekam video terbang sekalian sama semut – semutnya.


Spesifikasi Drone Eachine M80S - OmahDrones


Dalam pembelian Eachine M80S, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine M80S Frame Kit
1 x Flight controller
1 x Transmitter
4 x 8520 Brush Motor
1 x 5.8G 600VTX w/Camera antenna
4 x 44mm Propeller
1 x 3.8V 500mah Battery
1 x USB Charging cable
1 x User Manual



kesimpulan admin untuk Eachine M80S, kalau untuk pemula, harus beli monitor atau goggles lagi untuk bisa FPV. Mungkin sama saja mengeluarkan uang lebih. Seperti eachine kurang fokus untuk membuat drone ini untuk kalangan siapa. Mungkin kalau anda ikut komunitas, lalu beli Eachine M80S, anda bisa meminjam monitor ataupun goggles untuk mencoba FPV? Kalau untuk pemula sih, admin lebih sarankan Eachine yang ini. Karena di satu kali beli, kita sudah dapat lengkap dengan monitor yang bisa jadi goggles juga. Memang harganya lebih mahal. Tapi kan sekali beli dapat semuanya.


Untuk harganya, Eachine M80S ini dibandrol sebesar 70USD atau setara dengan 900 ribuan kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis. Jadi kalau di posisi seorang pemula, apakah kamu mau membeli Eachine M80S sebagai drone acro basik pertama anda?