Spesifikasi Drone JJRC H68G

Masih ingat dengan Syma X5HC dan X5HW. Drone tersebut pernah berjaya pada masanya. Tepatnya dikala masih sangat sedikit brand RC terbang yang masuk di pasar indonesia. Di kala itu, drone belum berkamera pun banyak dicari karena mainan RC terbang yang dulu harganya selangit, pada saat itu mulai terjangkau. Hingga akhirnya lama kelamaan banyak produk – produk baru dari brand yang baru pula, juga menjajakan drone buatan mereka, atau setidaknya dronenya mirip hanya beda brand saja. Mulai saat itulah para penghobby drone baru banyak bermunculan, seiring juga dengan adanya beberapa jenis drone seperti mini drone, racing drone, dan lain – lain. Tapi kali ini admin tidak akan membahas sejarah RC terbang di negara kita ya.


Spesifikasi Drone JJRC H68G - OmahDrones


Karena balik lagi di Syma X5HW yang melegenda. Admin menemukan satu drone yang sekilas bentuknya mirip dengan Syma X5HW, hanya saja dia lebih canggih. Dengan baterai yang lebih besar, kamera yang bisa di tilt secara remotly, dan bukan hanya itu, drone ini juga sudah dilengkapi dengan GPS. Adalah drone buatan JJRC, sayang sekali bukan dari Syma justru ya. Dengan nama pasar JJRC H68G, drone ini memiliki ukuran yang bisa dibilang sama dengan X5HW, masih menggunakan motor brushed juga, dan ukuran propellernya pun sama. Sehingga kalau anda dulu punya sisa propeller untuk Syma X5HW, harusnya cocok juga untuk JJRC H68G.


Untuk fiturnya, selain sudah sama – sama altitude hold, bedanya JJRC H68G juga sudah dilengkapi dengan GPS. Sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan fitur lebih advance selain return to home, seperti follow me, circle me, dan juga waypoint mode. Ketika terbang, anda juga bisa menon aktifkan GPS namun ketika terbang outdoor, lebih baik GPS tetap selalu on. Dan jangan lupa sebelum terbang, harus selalu lakukan kalibrasi kompas, sehingga drone bisa terbang dengan navigasi yang benar. Untuk fitur lebih lengkapnya, anda bisa simak daftar fitur dari marketing JJRC dibawah ini:
1. Altitude hold mode provides stable flight.
2. With Wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image
3. Aerial photography by 1080P HD Camera with one-axis gimbal.
4. Upgraded 5G FPV real-time transmission, supporting 5G spectrum WiFi connection.
5. GPS positioning and one key return.
6. Follow me mode: the camera intelligently recognizes the user and follows the movements and action of the user.
7. Great capacity LiPo battery for up to 15mins flight.
8. Waypoint flight: the drone would automatically follow and fly along the pointed way.
9. Dedicated App Support: additonal multiple controls through the dedicated app


Spesifikasi Drone JJRC H68G - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC H68G


Brand: JJRC
Item name: JJRC H68G 5G RC Drone Quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6-axis
FPV: 5G WiFi
FPV Distance: About 300m
Camera: 1080P
Camera Adjustable Angle: -90°- 0°(Adjusted By Transmitter)
Photo: JPG
Video: MP4
Video Recording Modes: HD 1920 x 1080P
Battery: 7.4V 850mAh (included)
Flight Time: About 15 minutes
Charging Time: About 240 minutes
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
R/C Distance: About 300m
Color: Black & White (optional)
Product weight: 200g
Package weight: 866g
Quadcopter Size: 2.5*32.5*11cm
Package Size: 30.8*13*31cm
Notes: The drone only works with phone with 5G wifi.




karena dia membutuhkan tenaga yang lebih, bukan hanya untuk FCB dan motor saja, tapi juga ada GPS dan kamera bermotor. JJRC H68G dibekali dengan baterai 2S dengan tegangan total 7.4Volt dan kapasitasnya sebesar 850mAh. Dalam iklan, dengan baterai ini anda bisa terbang selama 15 menit. Namun data di tabel spesifikasi tidak serta merta menjadi acuan baku, karena sejatinya lama terbang tetap dipengaruhi dengan bagaimana cara terbang anda, serta juga kondisi dimana anda terbang. Banyak angin atau tidak. Karena kalau banyak angin tentu drone akan berusaha lebih keras untuk mempertahankan posisinya, otomatis baterai lebih cepat terkuras dan mengingat dia masih menggunakan motor brushed, lebih baik jangan terbang ketika cuacanya berangin. Untuk chargernya, anda mendapat charger bawaan untuk baterai 2S ini, hanya saja lagi – lagi menggunakan interface USB. Jadi untuk recharge, sebisa mungkin gunakan Wall Charger dengan arus minimal 1 ampere.


Spesifikasi Drone JJRC H68G - OmahDrones

Untuk unit kendalinya, JJRC H68G memiliki desain controller yang mungkin beda dari lainnya, bentuknya cukup bagus dan mulus. Penempatan tombol dan saklar terlihat rapi. Dan disitu juga sudah diberi label berupa icon, sehingga mempermudah si pilot ketika mengidentifikasi kegunaan dari tombol tersebut. Dengan controller atau transmitter ini, dalam tabel spesifikasi tertulis bisa mencapai 300 meter. Dan seperti halnya dengan baterai, jarak terbang juga bisa dipengaruhi oleh tempat dimana anda menerbangkan drone. Apakah disitu banyak interferensi sinyal yang sama dengan frekuensi transmitter atau tidak. Untuk sumber tenaganya, transmitter ini membutuhkan 4 buah baterai ukuran AA.

Spesifikasi Drone JJRC H68G - OmahDrones

Sedangkan di unit kameranya, JJRC H68G menawarkan kamera dengan kualitas FHD alias 1080p. Mengingat ini drone mainan, dia masih menggunakan sensor kamera yang kecil, jadi jangan bayangkan 1080p dengan sensor yang memang sanggup merekam 1080p. Kamera JJRC H68G sama seperti kebanyakan drone mainan, yang menggunakan sensor kecil, lalu ketika menyimpan dia di bentangkan atau di stretch menjadi resolusi 1080p. Hasilnya tentu tidak seperti yang anda harapkan. Untuk contoh saja, misalkan ada sensor yang bisa mengambil video 480p. Lalu dibentangkan jadi 1080p, hasilnya tentu pecah kan? Parahnya lagi, kadang warnanya jadi tidak natural.


Tapi yang membuat JJRC H68G beda dari yang lain, dia juga menawarkan motorized camera tilt. Jadi kita bisa atur tilt kamera drone ini dari remote, jaraknya bisa 90 derajat naik turun. Selain itu, tentu kamera ini juga sudah bisa Wifi-FPV. Namun perlu di ingat, JJRC H68G menggunakan Wifi-FPV 5G. Artinya, dia menggunakan Wifi 802.11ac, sebelum memutuskan untuk membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support Wifi 802.11ac, karena kalau tidak support ya anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan drone JJRC H68G. Gimana cara mencari tau apa smartphone kita support Wifi 5G atau tidak? Gampang, cek aja spesifikasi smartphone anda, lalu cek bagian Konektifitas Wifi,



gambar yang anda ambil ketika terbang juga bisa langsung tersimpan pada microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di kamera drone. Sehingga anda bisa mendapatkan gambar asli tanpa gangguan seperti ketika anda rekam langsung di smartphone melalui perantara koneksi FPV.

Spesifikasi Drone JJRC H68G - OmahDrones


ketika membeli drone JJRC H68G, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x JJRC H68G RC Quadcopter (with Camera)
1 x Transmitter
1 x Battery
1 x USB Charger
4 x Propeller
2 x Landing Gear
1 x Screwdriver
1 x Manual
1 x AR Manual
1 x TST Manual




Kesimpulan admin untuk JJRC H68G, mungkin kalau anda sebelumnya sudah membeli Syma X5HW, bisa membeli JJRC H68G, karena apa? Suku cadang seperti gearbox dan propellernya kan sama, sehingga anda bisa lebih irit ketika membeli propeller baru karena beli 1 set bisa untuk jaga – jaga kedua drone. Kalau tidak ya, bagi anda yang mau beli JJRC H68G, ketika mencari propeller atau motor cadangan, mungkin bisa pakai keyword X5HW karena ukurannya sama, sehingga lebih mudah mendapatkan suku cadangnya.



Terakhir, untuk informasi harga dari JJRC H68G. Terakhir admin lihat di beberapa marketplace kelas internasional. Rata – rata JJRC H68G ini dijual dengan harga sebesar 86 USD, itu setara dengan 1 Jutaan kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini. Drone GPS kecil dan ringan seperti JJRC H68G ini sih kalau admin kata, bagusnya diterbangin pagi – pagi ketika kondisinya belum banyak angin yang berhembus.