Perbedaan 5G Wifi dengan 5G Seluler

Di dalam dunia drone, kita sering mendengar 5G FPV dalam pembahasan spesifikasinya, terutama ketika segmen kamera. Tapi apakah 5G yang dimaksud adalah koneksi seluler atau beda lagi? Yah. Sebenarnya 5G FPV dan 5G Seluler itu berbeda. Meski baik 5G FPV atau 5G Seluler sama – sama digunakan untuk konektifitas nirkabel. Tapi kedua jenis koneksi tersebut sangatlah berbeda. 5G FPV itu menggunakan Wifi 5G yang artinya menggunakan Wifi dengan frekuensi 5GHz. Sedangkan 5G Seluler itu adalah standar baru untuk koneksi seluler setelah generasi 4G.





5GHz adalah salah satu dari dua Band untuk Wi-Fi


Wi-Fi itu memiliki 2 frekuensi yang bisa digunakan. Yakni 2.4GHz dan juga 5 GHz, seperti postingan omahdrones tentang perbedaan Wi-Fi pada Wi-Fi FPV yang bisa anda baca juga. 5GHz itu adalah jenis Wi-Fi baru yang juga digunakan pada beberapa perangkat Wi-Fi yang bisa kita temukan di sekitar kita.


Wi-Fi 5GHz memiliki kelebihan, seperti karena komunikasi datanya yang beda dengan 2.4GHz, sehingga Wi-Fi 5GHz bisa lebih diandalkan, karena untuk urusan kecepatan transfer data, Wi-Fi 5GHz juga lebih cepat apabila dibandingkan dengan Wi-Fi 2.4GHz.


Meski begitu, Wi-Fi 5GHz juga punya beberapa kekurangan, seperti karena gelombangnya yang lebih pendek, kekuatan sinyalnya jadi lebih lemah kalau dibandingkan dengan Wi-Fi 2.4GHz. Wi-Fi 5GHz juga tidak bisa menembus dinding, sehingga ketika kita gunakan untuk FPV drone di luar ruangan akan cocok sekali, karena ketika terbang. Koneksi 5GHz akan fokus dari smartphone ke Drone saja. Tidak ada masalah dengan dinding, kecuali anda terbang dari dalam rumah.


Kalau ada istilah “Dual-Band” yang mungkin bisa anda temui di peralatan router, atau transmitter drone, itu artinya dia support kedua frekuensi Wi-Fi yakni 2.4GHz dan juga 5GHz dalam satu waktu. Jadi kedua frekuensi itu bisa berjalan bersamaan.


Yang terjadi di masyarakat mungkin ketika menyebut 5G Wi-Fi untuk memperpendek pengucapan 5GHz. Seperti ketika kita mau beli beras 5Kg misalnya, biasanya ketika beli di warung kita langsung bilang “beras yang ini 5 Kilo ya bu” kurang lebih seperti itu kali ya. Kalau menurut admin, sebenarnya memang lebih baik menyebutnya 5GHz Wi-Fi. Mengapa? Karena mengingat 5G sudah menjadi nama standar untuk koneksi seluler generasi 5 setelah 4G LTE.




5G adalah Standar Seluler yang Baru


ketika artikel ini admin tulis, sebenarnya koneksi seluler 5G sudah diterapkan di beberapa negara maju seperti australia, jepang, amerika, inggris, korea selatan dan beberapa negara maju lainnya. Seperti yang admin katakan tadi, 5G menjadi pengganti 4G LTE yang juga menjadi generasi ke lima dari standar seluler.


5G itu di desain untuk jadi lebih cepat dan memiliki latency yang lebih rendah kalau dibandingkan dengan 4G LTE. Untuk di indonesia sendiri, tentu tinggal menunggu waktu agar kita bisa menggunakan koneksi 5G. Seperti ketika kita menunggu koneksi 4G dahulu, ketika perpindahan dari 3G ke 4G, ketika kuota internet menjadi lebih murah karena promo, dan kalau pemakainya banyak ya sama saja nanti akan lemot kalau providernya tidak memberi cukup jalur untuk bandwith pada BTS atau tower di sekitar anda.


Sebuah smartphone 5G bisa saja memiliki 5GHz Wi-Fi, dan smartphone 4G pun juga bisa saja memiliki 5GHz Wi-Fi. Jadi kesimpulannya adalah bahwa 5GHz Wi-Fi dan 5G Seluler itu berbeda. Jadi jangan bingung kalau ada yang menyebutkan 5G Wi-Fi FPV. Selama ada embel – embel Wifi, itu berarti maksudnya adalah 5GHz Wi-Fi.