Spesifikasi Drone SJRC Z5 - GPS Wifi-FPV

Di postingan sebelumnya, admin pernah membahas tentang satu drone foldable yang bentuknya kotak ketika dilipat, dan dia sudah menggunakan motor brushless serta dilengkapi dengan GPS. Drone itu juga unik karena dijual oleh 3 brand yang berbeda meski spesifikasinya sama persis. Kalau anda penasaran atau mau tau drone apa yang admin maksud adalah EACHINE EX3 MJX Bugs 4W dan JJRC X11. Ketiga drone tersebut sebenarnya sama, jadi mungkin kalau mau pilih brand mana yang lebih bagus? Sama aja, suka – suka anda saja mau pilih brand mana. Sekilas dari ketiga drone tersebut memang menarik karena bukan hanya foldable jadi mudah dibawa, tapi dilengkapi pula dengan GPS dan motor brushless, serta gambar dari kameranya pun cukup bagus meski belum masuk ke kelas drone professional.


Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Karena ketiga drone tersebut menggunakan motor brushless, tentu harganya tergolong mahal kalau anda bandingkan dengan drone mainan yang masih menggunakan motor brushed. Nah, meski begitu ternyata dari SJRC ternyata bisa menjawab dari beberapa kegundahan yang dialami, dikala ingin memiliki drone dengan bentuk sekeren itu namun dengan harga yang lebih murah. Jawabannya mungkin bisa anda temukan di drone SJRC Z5. Bisa dilihat dari bentuknya mirip sekali dengan ke tiga drone yang admin sebutkan di awal tadi. Bedanya, SJRC Z5 ini masih menggunakan motor brushed, yang artinya lebih murah daripada motor brushless, namun lebih lemah karena rentan sekali rusak terutama ketika dia overheat akibat digunakan terus menerus dalam waktu yang lama.



Meski menggunakan motor brushed, namun SJRC Z5 sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS. Dengan modul GPS ini anda bisa lebih cepat melakukan proses GPS Locking ketika hendak terbang, karena selain menggunakan GPS dia juga menggunakan GLONASS, belum tau bedanya? Bisa baca artikel omahdrones tentang perbedaan GPS pada drone. Selain itu, ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh SJRC Z5 yang sebenarnya juga masih bisa digolongkan dalam kategori drone mainan, seperti Follow Me dengan mekanisme GPS drone akan mengikuti GPS pada smartphone anda, Gesture Photo/video, Active Track dan lain – lain, lebih jelasnya bisa disimak pada daftar fitur dari sumbernya dibawah ini:

- GPS assisted flight: Provides you with accurate positioning details of your drone. Built in Return-to-Home (RTH) function for safer fly, the drone will automatically return to home precisely when its battery is low or the signal is weak when flying out of range, never worrying about losing the drone
- 720P 1080P Wifi FPV Camera: 90° Adjustable angle, captures high-quality video and aerial photos. You can enjoy the Real-Time Viewing right from your remote control. Ideal selfie done, catching every moment of your vacation from a birds-eye perspective.
- Follow Me Mode: The drone will automatically follows and captures you wherever you move. Keeping you in the frame at all times, easier to get complex shots, provides hands-free flying and selfie.
- Gesture photo/video: you will  break the old way of taking photo and find the fresh new thing by make gestures to record your beauty.(within the range of 1-3m)
- Orbit mode: Orbit mode let the drone fly in a circle around a set waypoint and make sure you will get panorama pictures and video.
- Track and recall the drone: Click on the GPS signal icon three times, open the map interface, the map shows the final distance of the aircraft, longitude and latitude position.
- User-defined Flight Plan: Open the drone APP, use flight plan at your fingertips, just draw a route on the screen, the copter will auto fly as per the given path.
- Simple control: Headless Mode, Altitude Hold and One Key Takeoff and Landing for easier operation, you will not have to worry about orientation and with the simple press of a button your drone will rise to a height or land, perfect for beginners.



Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Spesifikasi Drone SJRC Z5


Item name: SJRC Z5 RC drone
Controller frequency: 2.4Ghz
Camera: 90° adjustable angle by remote controller
Video resolution: 1920 * 1080P
Photo resolution: 1920 * 1080P
Frame rate: 25fps
Motor: 1020 brushed motor
Drone battery: 7.4V 1200mAh
Flight time: About 14 mins
Charging time: About 90 mins
Controller battery: 3.7V 300mAh
Control distance: 600m (Free interference and no occlusion)
Wifi image transmission distance(Free interference and no occlusion):
720P :100-150m
1080P-2.4G:120-150M
1080P-5G:300-400M
GPS/GLONASS double mode: YES
GPS follow me distance: About 30m
Image follow me distance: About 3-10m
Hand gesture shooting/video reconization:1-3m
Storage: Support TF card (not included)
Color: Black/White (option)
Quadcopter size: 300 * 290 * 65mm (unfolded)  145 * 100 * 65mm (folded)
Weight: About 242g
Take-off weight: 342g

Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones


untuk baterainya, SJRC Z5 memiliki bentuk baterai yang kurang lebih sama juga seperti ke tiga drone yang admin sebutkan di awal tadi, baterai ini nampak seperti intelligent battery, dengan tombol on/off di bagian baterai, jadi kita bisa melihat kondisi baterai tanpa harus memasangnya ke badan drone. Baterai ini memiliki tegangan 7.4Volt atau 2S, dengan kapasitas sebesar 1200mAh, dan dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan SJRC Z5 kira – kira sekitar 14 menit, karena lama terbang juga dipengaruhi oleh cara anda terbang juga. Karena bentuk baterainya ini paten, jadi mungkin anda bisa sekalian beli baterai cadangannya ketika membeli drone ini, karena biasanya ada pilihan dengan sejumlah baterai, daripada beli baterai secara terpisah, kemungkinan juga sedikit yang menjualnya selain marketing dari pabriknya. Untuk mengisi ulang baterainya juga simple, kita bisa menggunakan kabel Micro USB layaknya merecharge gadget pada umumnya. Jadi sirkuit chargernya include didalam body baterai, sehingga kita bisa menggunakan kabel Micro USB biasa, yang diperlu ketahui adalah arus yang anda gunakan paling tidak 1 ampere, karena kapasitas baterai dari SJRC Z5 termasuk besa, sehingga setidaknya kita harus bisa memberikan arus yang bisa mengisi ulang baterai secara optimal.

Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Remote yang dimiliki oleh SJRC Z5 juga terkesan unik, beda dari desain remote kebanyakan, seperti unit drone nya, remote ini juga di desain untuk bisa dilipat sehingga bentuknya juga jadi persegi panjang. Remote ini memiliki dua buah antenna palsu yang fungsinya hanya untuk hiasan saja. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan SJRC Z5 dalam radius sejauh 600 meter di wilayah tanpa interferensi sinyal. Transmitter ini juga sudah memiliki battery built in, yang tertanam di dalam remote bertegangan 3.7 Volt dan kapasitasnya sebesar 300mAh, dengan adanya baterai internal ini, anda tidak perlu lagi menggunakan baterai habis pakai buang lagi yang sangat tidak ramah lingkungan. Di remote ini juga memiliki beberapa tombol fungsi yang letaknya juga sudah ditata rapi, sehingga anda jadi mudah mengaksesnya, ada beberapa LED indikator di bagian tengah yang berfungsi untuk memberi tahu kondisi status terkini dari drone SJRC Z5.

Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Kamera yang dipadukan dengan SJRC Z5 memiliki 3 varian sebenarnya. Yakni 720p dengan Wifi-FPV 2.4 GHz, 1080p 2.4GHz, dan 1080p 5GHz. Anda bisa memilih varian kamera ketika pembelian tentunya, dan kalau melihat opsi kamera yang ditawarkan berikut, admin lebih tertarik pada kamera 1080p - 5GHz, meski admin yakin hasilnya hanya berupa video yang di stretch jadi 1080p sehingga gambarnya tidak tajam dan masih terkesan seadanya. Namun dengan menggunakan koneksi Wifi-FPV 5GHz, kita bisa meraih jangkauan Wifi-FPV lebih jauh apabila dibandingkan dengan Wifi-FPV 2.4GHz. Ini karena frekuensi remote dan Wifi berbeda, remote 2.4GHz dan Wifi-FPV 5GHz, sehingga koneksi tidak akan saling bertabrakan, namun sebelum anda memilih SJRC Z5 dengan kamera Wifi-FPV 5G, pastikan smartphone anda support untuk Wifi 5G atau Wifi 802.11ac.

Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Ketika pembelian SJRC Z5, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Remote Controller
1 x 7.4V 1200mAh Batetry
4 x Propeller
1 x Charger
1 x User Manual


kesimpulan admin untuk drone ini, bagi yang ingin punya low budget nya ketiga drone yang admin maksud diawal tadi, SJRC Z5 bisa menjadi solusinya, harga yang lebih murah bisa anda dapatkan karena SJRC Z5 masih menggunakan motor brushed. Satu – satunya kelemahan mungkin memang di bagian motor, tapi bagi anda yang terpesona tentunya tidak masalah selama anda bermain drone dengan benar. Tidak cuma bisa merwat drone juga sih, kita juga harus bijak ketika terbang, jangan terbang sembarangan diatas kerumunan dan lain – lain sesuai seperti artikel omahdrones tentang bijak dalam menerbangkan drone.


Untuk mendapatkan Drone SJRC Z5 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone SJRC Z5

Link mati? bisa Lapor Disini

Spesifikasi Drone SJRC Z5 - OmahDrones

Untuk info mengenai harga dari SJRC Z5, si kotak ini dihargai hanya 130USD saja atau sekitar 1.8 Jutaan, ya memang tidak sampai 2 jutaan seperti yang sudah menggunakan motor brushless, namun apabila punya rejeki lebih, admin sarankan lebih baik membeli yang brushless saja, karena kalau sudah menggunakan motor brushless, anda bisa terbang semau anda tanpa takut motor overheat. Paling – paling cuma harus sedia banyak baterai cadangan.