Spesifikasi Drone 1808 Falcon - 4K Camera


Di pertengahan tahun 2019 tepatnya, dimana drone mainan dan drone hobi mulai banyak sekali pilihannya, disamping itu ketertarikan untuk mendapat drone dengan spesifikasi bagus dengan harga murah juga masih menjadi daya Tarik bagi banyak orang. Namanya juga penjual, kalau sasarannya kelas menengah kebawah (seperti admin ini misalnya), maka ketika melihat iklan yang disitu tertulis sangat menarik, missal “drone A berkamera 4K” pasti admin langsung penasaran, dan kalau punya uang, kalau admin sarankan sih tidak langsung beli, tapi liat review dulu kali aja di omahdrones sudah ada reviewnya jadi bisa tau deh apa drone ini layak untuk dibeli atau tidak. Karena kalau posting artikel, admin tetap apa adanya, yang jelek ya admin katakan jelek, yang bagus ya admin katakan bagus, kecuali kalau admin dapet endorse wkwk.



Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones

Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, bukanlah drone yang memiliki brand terkenal dan familiar di telinga kita, drone ini memiliki nama 1808 Falcon. Drone ini jenisnya juga Quad-copter dengan fitur foldable arm. Sehingga kalau dibilang portable, ya ini portable karena ketika dilipat dia ini ukurannya hanya sebesar telapak tangan orang dewasa, jadi mau nyimpan atau membawanya bepergian tentu lebih mudah. Yang keren lagi dari desain bodynya adalah bentuk muka dari drone ini, kalau beberapa drone punya desain muka bentuk pesawat, hewan atau serangga, 1808 Falcon ini memiliki desain muka sebagai robot mata – mata yang mungkin anda pernah lihat di sebuah film fiksi ilmiah, utamanya yang latar waktunya masa depan.

Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones


Nah, dibalik itu semua drone ini juga memiliki fitur dari bagian komponen elektronika nya, seperti drone ini sudah altitude hold, jadi dia bisa mempertahankan ketinggian ketika terbang, juga dia memiliki optical flow sensor yang berupa kamera yang menghadap ke bawah. Dengan sensor ini, drone bisa mempertahankan posisinya ketika terbang, kalau sensor ini bagus, ketika drone biasa dihembus angin pasti dia akan bergeser terbawa angin. Balik lagi, kalau 1808 Falcon ini punya optical flow yang bagus, dia bisa menahan hembusan angin, dan posisinya bisa tetap tidak bergeser meski dia tidak punya GPS. Nah untuk fitur lainnya sesuai yang tertera pada iklan dari sononya bisa dilihat dibawah ini:
- 4K Aerial Photography Purview: 16 million super clear double lens.
-Location Camera: 5 million pixel optical flow camera and 16 million pixel areial camera. The camera is at the bottom, and can be switched randomly
-Air Pressure Altitude Hold
-Optical Flow Positioning System: With advanced self-stabilizing technology, the optical flow sensor realizes position positioning through continuous acquistion of object surface images, and the control is more simple.
-Gesture photo/video: Take photos when holding a palm; take videos when holding a scissors-hand
-Real-Time Transmission By APP: HD real-time transmission, real-time experience of wonderful moments in the air.
-VR Mode: The mo-bile phone with VR glasses, to look at aerial photography with different vision.
-Characters Following: Follow up automatically, follow wherever you go.
-Headless Mode: Headless mode ensures that the drone will always follow controls from your perspective all the time, regardless of which way the drone is facing.
-One Key Return:One-key return function makes it easily to find the way home.
-Flod Easily: Fold within three seconds, compact and light.



Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones

Spesifikasi Drone 1808 Falcon

Item Name: Folding flight beat RC Drone Quadcopter
Item NO.: 1808
Camera: 4K/1080P
Lens: 120°Wide-angle
Gy-ro: 6 A-xis
Product Size: 11x9.5x5cm(fold)  28x23x5cm (unfold and with a guard frame)
Propeller Diameter: 11cm
Package Size: 25 x 19 x 7cm
Flying Weight:120g
Frequency: 2.4Ghz
Drone Battery: 3.7V 1100mAh (Included)
Transmitter battery: 3 x 1.5V"AA" battery
Flight Time: About 15 mins
Charging Time: About 80 minutes
Image transmission distance: About 35m
Transmission Distance: About 80m
Flight Ranges: About 60M
Color: Black/White
Material: plastic/metai/electronic/components



Baterai yang dimiliki 1808 Falcon ini termasuk besar, dengan tegangan 3.7Volt, alias 1S, kapasitasnya mencapai 1100mAh. Dengan baterai ini kalau sesuai di table spesifikasi anda bisa terbang hingga 15 menit satu baterai, namun rata – rata dengan baterai ini anda bisa terbang selama 10 menit, karena sebenarnya lama terbang juga dipengaruhi oleh bagaimana cara terbang anda. Bentuk dari baterai ini adalah paten, alias proprietary atau desain khusus untuk drone ini, mengingat ini drone kurang popular, jadi yang menyediakan sparepart atau aksesori juga pasti sedikit, apalagi di pasar local, bisa jadi tidak ada, maka dari itu di tiap pembelian 1808 Falcon biasanya anda bisa memilih paket drone dengan 1, 2 atau 3 baterai, sehingga setidaknya dengan ketiga baterai tersebut anda bisa bermain drone ini hingga rusak. Mungkin seperti itu maksud dari produsennya yah.

Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones


Untuk bagian remotenya, anda mendapat remote kelas basic, yang dengan remote ini anda bisa mengendalikan 1808 Falcon hingga dalam radius 80 meter. Bentuk remote dari drone ini sebenarnya cukup unik, dan tombolnya juga tidak banyak sehingga anda bisa dengan mudah mempelajarinya. Di bagian tengah remote ini bisa menjadi phone holder yang bisa anda gunakan untuk meletakkan smartphone anda ketika anda melakukan Wifi-FPV menggunakan drone ini. Remote ini menggunakan baterai ukuran AA sebanyak 3 buah, jadi lumayan bisa membuat remote ini jadi tambah berat dan lebih mantep digenggam berkat bobot dari 3 buah baterai AA tersebut.

Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones


Untuk kameranya, ini adalah yang menjadi key feature dari drone ini. 1808 Falcon memiliki 2 pilihan kamera, yakni yang resolusinya 4K dan 1080p. 4K? serius? Di drone kelas toys bisa rekam video 4K? ada yang percaya? Yang di iklankan oleh marketing drone ini sebenarya hanya resolusinya saja. Tapi sensor kamera yang ada di drone ini bisa saja sama saja. Hanya yang satu di stretch jadi 4K, yang satu lagi di stretch jadi 1080p. kita tidak tau kalau sensor kamera ini aslinya mungkin hanya bisa mengambil gambar hingga resolusi 480p atau 720p saja? Siapa tau kalau belum bongkar sendiri kamera ini. Dan buruknya lagi, dengan embel – embel kamera 4K, drone ini tidak memiliki DVR di unit kameranya, jadi gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan ke memory smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV. Itu artinya anda terancam akan mendapat hasil video yang mungkin mendapatkan cacat akibat lag dari frame dropping atau frame freezing juga.



Masak kalah dengan drone lain yang meski hanya bisa record 720p tapi sudah punya DVR di kameranya, jadi kita bisa dapat video ori tanpa cacat. Ya, kenyataannya begitu. Dan lagi, Wifi-FPV nya menggunakan frequensi 2.4GHz. semua smartphone harusnya bisa Wifi-FPV menggunakan drone ini, tapi ingat, remotenya juga bekerja di frequensi 2.4GHz, kalau anda Wifi-FPV dengan remote, mungkin jarak FPV nya tidak akan bisa jauh, karena pasti ada interferensi sinyal antara Wifi-FPV dengan transmitter drone nya. Jadi saran admin, jangan terbang jauh – jauh, kan ini juga drone mainan. Mending terbangnya dekat – dekat saja.



Dalam pembelian drone 1808 Falcon, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone
1 x Transmitter
1 x Battery
1 x USB Cable
4 x Propeller Guard



Kesimpulan admin untuk drone ini adalah drone ini merupakan drone mainan, jadi jangan beranggapan dengan iklan yang menawarkan kamera 4K anda akan mendapatkan gambar yang bagus. Karena jawabannya tidak. Yang ada hanya akan menuh – Menuhin memory smartphone, karena resolusi besar ukuran file gambar atau videonya juga lebih besar. Padahal kualitas gambarnya jelek. Daripada menyesal kan. Tapi tetap saja semua keputusan ada di tangan anda. Disini admin hanya memberikan informasi saja kan.


Untuk mendapatkan Drone 1808 Falcon ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone 1808 Falcon

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone 1808 Falcon - OmahDrones


Untuk informasi harganya, 1808 Falcon ini di beberapa online marketplace yang melayani secara internasional, untuk paket dengan 3 baterai, yang berkamera 1080p dia dihargai sebesar 54 USD atau sekitar 700 ribuan. Sedangkan yang berkamera 4K, harganya sebesar 64 atau sekitar 900 ribuan. Bukankah justru aneh ya drone dengan kamera 4K masak masih termsuk kedalam drone dibawah satu juta? Yang ada ya kameranya itu yang di gimmick di stretch jadi 4K, seperti action cam palsu atau KW yang harganya dibawah 100 ribuan.