Spesifikasi Drone JJRC H45


Drone tanpa remote fisik, seperti halnya cabai atau kecap, ada yang suka, adapula yang tidak. Yang suka, kebanyakan adalah pilot yang suka drone portable, simple dan mudah digunakan. Kebanyakan drone tanpa remote tentu sudah memiliki beberapa fitur yang membuat drone ini lebih mudah diterbangkan, mulai dari fitur yang sama – sama ada di hampir setiap drone altitude hold seperti auto take-off dan landing, ada yang punya fitur emergency stop, dan kalau di drone tanpa remote, bahkan ada juga voice command, dimana kita bisa menyuruh drone dengan suara kita, misal terbang maju, mundur dan lain – lain. Tapi untuk drone tanpa remote kelas mainan, mungkin fiturnya tidak akan sehebat yang kita pikirkan, karena sejatinya drone mainan ya hanya untuk mainan saja.

Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones

Drone tanpa remote, juga sering dicap sebagai selfie drone, lalu di desain supaya drone tersebut cocok untuk selfie – selfie. Ada beberapa drone yang didesain untuk selfie dan sudah admin bahas di omahdrones seperti yang terkenal pada zamannya dari JJRC ada Elfie. Sampai mereka mengeluarkan Elfie generasi baru dengan bentuk dan spesifikasi lebih tinggi. Nah, sekarang ini kita juga akan membahas drone yang kurang lebih sama, bisa dibilang drone selfie juga, tapi ukurannya agak besar, drone ini juga memiliki desain yang unik, atau mungkin bisa dibilang keren.



Adalah JJRC H45, drone ini masih termasuk jenis quadcopter, dan dia juga termasuk drone mainan. Masih menggunakan motor brushed. Nah salah satu yang beda dari drone ini adalah letak penempatan baling – baling yang menghadap kebawah. Kalau biasanya kita tau baling – baling itu menghadap ke atas, nah ini ke bawah. Ada beberapa drone yang menggunakan desain seperti ini meski memang jarang sih. Sama saja sebenernya, asalkan propellernya benar, putaran yang membawa angin kebawah sehingga drone bisa ke angkat. Untuk fitur standarnya drone ini juga dilengkapi dengan auto take-off dan landing, headless mode dan one key return, sama seperti kebanyakan drone yang sudah altitude hold lainnya. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa menyimaknya dibawah ini:
- With foldable arms, small size, easy to carry.
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- With 720P camera give wide range high denfinition pictures and video.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying.
- With sound mode allow to command the quadcopter to move as you like.
- With waypoint mode can make it fly as the flight plan you made.
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC H45

Brand Name: JJRC
Item NO.: H45
Frequency: 2.4G   
Channel: 4ch
Gyro: 6 axis
Quadcopter Battery: 3.7V 500mAh Lipo (Included)
Charging time: 80mins
Flying time: 5-6mins
R/C distance: 45-60m
FPV Range: about 30m        
Color: Black
Quad's Size: 20.7x18.7xcm (the arms not folded)
                     20.7x10.6x3.6cm (the arms folded)
Quad's Weight: 86g (with battery)
Package Size: 23.5x13.5x5cm
Package weight: 300g

Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones


Baterai JJRC H45 ini terbilang unik dari sisi bentuknya, karena dengan tegangan 3.7 Volt yang kapasitasnya hanya 500mAh. Kalau untuk bentuk baterai universal pasti bentuknya ya Cuma persegi panjang. Tapi kalau JJRC H45 tidak. Dia menggunakan baterai proprietary, alias baterai paten yang hanya didesain untuk JJRC H45 saja. Bentuknya pun lebih kecil tapi memanjang dari baterai yang speknya sama. Dan lagi, karena ini baterainya khusus, jadi kalau ketika pembelian anda bisa memilih paket dengan baterai lebih. Lebih baik belilah dengan paket baterai lebih dari satu. Karena kemungkinan untuk beli baterai JJRC H45 secara ecer agak susah, terutama di Indonesia yang belum tentu drone ini laris disini, sehingga yang jual baterainya juga tidak pasti ada atau tidak. Untuk pengisian ulangnya, seperti biasa, anda diberi charger dengan interface USB. Karena ini kapasitas baterainya hanya 500mAh. Anda tidak perlu gunakan USB Wall charger yang arusnya besar, justru dengan kepala charger yang arusnya 500mA saja sudah cukup. Dan untuk lama terbangnya, dengan baterai ini anda bisa terbang kira 5 – 6 menit dengan satu baterai.



Untuk pengendalinya, seperti yang sudah admin beberapa kali sebutkan di awal tadi, JJRC H45 tidak punya controller fisik. Jadi untuk bisa menerbangkannya, anda harus gunakan smartphone anda sekalian Wifi-FPV. Untuk jarak terbangnya tentu lebih pendek apabila dibandingkan dengan drone yang punya transmitter fisik. Karena jarak jangkauan drone JJRC H45 jadi tergantung oleh seberapa bagus Wifi pada smartphone anda. Untuk frekuensi yang digunakan masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya JJRC H45 bisa diterbangkan menggunakan semua smartphone yang ada saat ini. Ada untungnya juga karena anda bisa menggunakan Wifi Repeater seperti Xiaomi USB Repeater misalnya, sehingga anda bisa mendapatkan jangkauan yang lebih jauh. Tapi saran admin, jangan terbang terlalu jauh, apalagi di kondisi cuaca yang tiba – tiba ada angin. Karena drone ini tidak punya system navigasi yang jadi acuan, jadi kalau kena angin sedikit saja dia bisa terbawa angin tersebut.

Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones


Untuk kameranya, admin akui JJRC H45 memiliki kamera yang cukup bagus untuk sebuah drone kelas mainan. Gambarnya jernih dan bahkan di dalam ruangan pun masih Nampak bagus. Bisa dibilang drone ini memang di desain untuk terbang indoor, karena dilihat dari desainnya yang punya propeller protector permanen. Sayangnya, di kamera ini tidak terdapat slot untuk microSD, jadi semua gambar dan video yang anda ambil. Akan tersimpan langsung ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV. Artinya, anda terancam mendapatkan video yang tidak ori, bisa terkena lag akibat frame dropping atau frame freezing ketika koneksi Wifi-FPV tiba – tiba buruk. Maka dari itu, lebih baik tetap terbang di jarak yang dekat saja, sesuai fungsinya kalau digunakan untuk selfie.

Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones


Tiap pembelian drone JJRC H45, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x JJRC H45 RC Quadcopter
1 x 3.7V 500mAh Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Blades
1 x Screwdriver
1 x User Manual



Menurut admin, drone JJRC H45 ini memang di desain untuk terbang indoor untuk keperluan selfie. Mungkin bisa tuh dipakai ketika anda bermain di tempat indoor yang besar, tidak ada angin yang mengganggu. Dengan kamera yang lumayan untuk sebuah drone mainan ini, bisa menjadi daya Tarik tersendiri selain bentuknya yang keren. Hanya saja, sparepart yang mungkin tidak mudah didapatkan terutama di Indonesia, menjadi satu – satunya masalah apabila anda beli drone ini. Tapi kalau anda mau beli sparepart langsung dari cina, sebenarnya bisa saja, asalkan anda pintar – pintar saja cari penjualnya.

Spesifikasi Drone  JJRC H45 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, di distributor yang menjual JJRC H45 di salah satu situs marketplace online skala internasional. Dia dibandrol cukup murah sebenarnya, hanya 30 USD saja, tapi dengan paket 1 baterai. Ya kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis kira – kira setara dengan Ribuan, JJRC H45 masih termasuk dalam drone dibawah satu juta kan. Ya tanpa adanya remote fisik, tentu bisa memangkas harga dari sebuah drone di pasaran.