Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Drone kelas mainan mulai menonjolkan kamera nya di kata – kata pada iklan dari drone yang bersangkutan. Membuat para pemula atau penggila barang murah dengan kualitas top menjadi tergiur untuk membelinya. Tanpa tau pasti bagaimana hasil yang akan didapatkan oleh barang yang menggiurkan tersebut. Meski sebenarnya admin jarang menemui adanya complain karena kualitas kamera yang didapatkan pada drone mainan tidak seperti pada video iklannya, tapi tetap saja admin yakin, yakin se yakin – yakinnya, yang sudah beli drone karena tergiur iklan yang menampilkan hasil gambar yang jernih dan terlihat professional, ternyata sesudah beli drone tersebut, hasilnya jauh dari ekspektasi, akan merasa kecewa. Kesalahan kecil seperti ini sebenarnya bisa jadi fatal kalau kondisinya kita harus mengumpulkan uang dulu sebelum beli drone tersebut (seperti admin), ketika dapat drone yang jauh dari ekspektasi, sama saja buang – buang uang kan, kalau tujuannya memang mau foto – foto pakai drone, tapi hasil fotonya harus bagus.



Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God

Maka dari itu, membaca review itu sangat penting. Kalaupun anda lebih suka menonton video review, jangan Cuma nonton 1 atau 2 video, kalau belum tentu seluk beluk elektronik nya terutama, karena pernah admin lihat video, dimana ada orang yang sarankan pakai charger hp yang voltnya gede. Dalam pikiran admin, “ hah volt gede? Setau admin ya kalau interface nya USB voltasenya ya 5V universalnya, kalau arusnya (ampere) baru bisa gede, bisa 500ma, 1A, 2A” setelah admin tonton sampai akhir, ternyata dia salah mengartikan Volt sama Ampere, wkwkw. Jadi kalau nyari refrensi itu, lebih baik di tempat yang bener – bener tau, bukan Cuma unit drone, fitur dan spesifikasinya, tapi sampai dalemannya. Biar tidak sesat wkwk.



Ngomong – ngomong, sekarang kita ada tamu baru yang minta di kupas nih, ngeri. Ada satu drone dari eachine yang menarik admin, karena bentuk bagian depannya seakan mereplika Parrot Anafi. Namanya adalah Eachine EG16 Wing God, tapi selama di artikel ini admin sebut Eachine EG16 biar lebih singkat. Mirip Parrot Anafi di bagian depan, terutama di bagian kamera, pertama kali lihat, admin kira drone ini memiliki key feature yang sama, yakni kamera yang bisa bergerak 180 derajat, dari dongak ke atas hingga kebawah, ternyata drone ini tidak bisa melakukannya. Mengapa? Karena ternyata key feature nya terletak di kameranya, seperti di intro tadi admin bahas kamera kan, detailnya nanti admin jelaskan lagi di segmen kamera.

Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Untuk fiturnya, Eachine EG16 sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga dia bisa lebih anteng ketika terbang karena navigasinya ada. Selain itu dia dilengkapi pula dengan optical flow sensor, jadi misal anda terbang di dalam ruangan tanpa GPS, asalkan permukaan dapat dideteksi oleh sensor optical flow, drone akan berusaha untuk tetap berada diposisinya kecuali anda kendalikan secara langsung. Untuk fitur lebih lengkapnya, anda bisa menyimaknya pada daftar dibawah ini:
- With foldable arm, small size, easy to carry.
- With Dual Camera. HD 2K video resolution and 4K photo resolution Front camera and 480P Bottom Optical Flow Camera. Dual camera can be Switching.
- The 4K camera with servo, can be adjust the angle 90°by controller. and with onboard micro SD-Card recording capability.
- With 5G WiFi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.FPV range up to 300m.
- GPS Positioning. When the aircraft receives the signal from satellites, it will position where it is,provides a more accurate flight.
- Optical Flow Positioning, fixed point height,and it can shoot more easily and steadily indoor.
- Altitude Hold Mode. By setting the air pressure outside,the quadcopter can hover in the air stably,making the shooting easier.
- APP characters follow mode. When lock the human figure,the aircraft will automatically lock the targer,and always keep tracking and shooting at a certain distance.
- Track flight, you can draw the flight track you want to on the phone and the quadcopter will fly the line you painting.
- Point of Interesting Flight. Choose one point, then the drone will fly around the point in a circle
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- Gesture Control.The shooting/video/flight direction of the quadcopter can be controlled by gestures.
- The APP come with TIK TOK video editing function.It can beautify and add background music.
- The APP can display both the normal view and the top view on the phone at the same time, and the dual cameras can display on the same screen to shoe more content.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.
- 6-axis g-yro which can have more stable flying and be easy to control.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.
- Can fly indoors and outdoors, strong wind resistance.



Spesifikasi drone Eachine EG16

Item Name: Eachine
Item NO.: EG16
Item Name: WINGGOD
Material: ABS Plastic
Color: Black
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
G-yro: 6-Axis
Motor: 1021 Brushed Coreless Motor
FPV: 5G WiFi
Quadcopter Battery: 3.85V 1800mAh Lipo Battery (Included)
Transmitter Battery: 4 x AAA Battery (NOT Included)
Transmitter Mode: Mode 2 (left hand throttle)
Control Distance: about 200m
Max Speed: 60km/h
Max Height: 70m
Flying Time: 14 minutes
Charging Time: about 210 minutes
Front Camera: 5G 4K 120° Wide Angle Camera
Photo Resolution: 4K (4096*3072)
Video Resolution: 2K (2048*1080)
Controllable Angle: 90°
Bottom Camera: 0.3MP Optical Flow Lens 480P
FPV Distance: about 200m
Quadcopter Weight: 210g
Quadcopter Size: 30*26*6cm (Unfoldable)
                              13.5*18.5*6cm (Foldable)
Package Size: 24.5*22.5*12cm
Package Weight: 860g



Eachine EG16 termasuk drone dengan baterai yang tidak umum. Karena umumnya drone menggunakan baterai Li-Po, sedangkan Eachine EG16 menggunakan Li-Hv, alias li-po yang High Voltage, dengan tegangan 3.85 Volt. Kapasitasnya pun juga termasuk besar, yakni 1800mAh. Baterai ini tipenya paten, atau proprietary, alias tidak universal, jadi misalkan anda beli drone ini, lebih baik pilih paket dengan 3 buah baterai, karena mungkin akan lumayan susah apabila anda membeli baterainya secara eceran. Untuk chargingnya eachine menggunakan port micro USB, jadi bisa anda charge menggunakan charger smartphone anda. Tapi, untuk pilihan kepala charger atau USB Charger yang bagus, melihat spesifikasi baterai Eachine EG16, setidaknya gunakan kepala charger yang memiliki arus 1 Ampere. Disini tidak ada aksesori charging hub, jadi kalau anda punya 3 baterai, ya harus charge satu – satu. Dengan baterai ini, kalau menurut table spesifikasi, anda bisa terbang selama 14 menit maksimal, bagaimanapun juga lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh cara terbang anda.

Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Untuk bagian remote, Eachine EG16 memiliki remote yang keren, bentuknya kalau tidak salah, admin samakan dengan controller dari C-FlyObtain. Penempatan tombolnya juga rapi dan mudah dipahami, terdapat icon di tiap tombol sehingga anda bisa lebih mudah mengingat fungsi tiap tombolnya. Yang keren disini ada scroll wheel di bagian kiri dan kanan, tapi tidak seperti yang dibayangkan, kalau di remote drone professional, ketika scroll anda gunakan ke kiri atau ke kanan, pasti ketika anda lepas akan kembali ke posisi awal kan, nah, ini tidak. Dia akan “ngancing”, jadi sesudah scroll anda harus scroll lagi ke posisi awal secara manual, namanya juga kelas mainan. Untuk jarak jangkauannya pun juga standar drone mainan, sekitar 200 meteran saja. Dan jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang. Apa disitu banyak interferensi sinyal atau tidak, terutama sinyal yang sama dengan crontroller yakni 2.4GHz.

Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Kamera drone ini, dia menjadi key feature pada Eachine EG16. Kamera ini tidak disebutkan berapa sensor gambarnya. Namun Eachine berkata dengan kamera ini, untuk mengambil gambar bisa mendapatkan foto berukuran 4K, dan ketika mengambil video, dia bisa menyimpan video dalam resolusi 2K. terdengar keren kan, tapi kalau admin boleh berpendapat, Eachine EG16 hanya memiliki kamera berresolusi 2MP. Kalau normalnya 2MP itu, bisa mengambil gambar hingga resolusi 1080p dalam aspect ratio 16:9. Tapi itu masih bersifat RAW. Kalau di hp jadul, kamera 2MP bagusnya di foto aja kan, itupun ukurannya sekitar 1024p aja kalau dipindah ke komputer. Kalau untuk rekam video? Yaa 3GP formatnya resolusinya ada yang sekitar 500p, bisa diatas bisa dibawah, tergantung setingan pabriknya.



Jadi nipu dong? Tidak. Anda akan tetap dapat gambar 4K dan video 2K. tapi dari lensa itu juga. Gambar yang seadanya, akan di stretch oleh DVR di kameranya, dari ukuran 2MP jadi 2K. bayangkan gambar yang resolusinya kecil di zoom, kira – kira seperti itulah. Belum lagi kerugian “menyimpan video seadanya dengan kualitas 2K” akan menghabiskan space memory, karena semakin besar resolusi video, akan memakan lebih banyak space memory.



Selain gambar dan video bisa disimpan dalam microSD yang slotnya berada di bawah kamera, anda juga bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan Eachine EG16. Namun untuk bisa menikmati Wifi-FPV, pastikan smartphone anda support wifi 5G atau Wifi 802.11ac. untuk mengetahuinya, bisa cek spesifikasi smartphone anda, apa dia support di Wifi 802.11ac atau tidak.

Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Umumnya ketika pembelian Eachine EG16, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine EG16 Aircraft
1 x Remote Control
2 x Spare Propeller
1 x 3.85V 1800mAh  Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x User Manual



Kesimpulan admin untuk Eachine EG16, dia ini masih kelas mainan, motornya masih brushed, yang rawan sekali overheat ketika anda gunakan dalam waktu yang terlalu lama dari batas wajar 10 menit kalau pendapat admin. Meski sudah memiliki GPS, dengan motor brushed pun drone ini tetap tidak bisa melawan angin, apalagi di pantai yang anginnya besar. Jadi jangan beli drone ini untuk terbang di daerah berangin besar. Mentang – mentang gampang dibawa karena foldable, huhuhu.

Spesifikasi Drone Eachine EG16 Wing God


Harga dari Eachine EG16 sebenarnya cukup ekonomis untuk sebuah drone GPS, ya sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan. Dan dari sumber yang admin lihat, Eachine EG16 dijual dengan harga 102USD atau setara dengan 1.4 jutaan untuk paket dengan 3 baterai. Kalau admin pribadi, drone ini kalau kameranya di setting HD saja sudah bagus, daripada 2K tapi burik. Kan mendingan HD 720p saja. Masih mendingan dan tidak makan banyak memory penyimpanan.