Spesifikasi Drone SJRC S20W - GPS FPV Ready

Versi yang lebih tinggi dari JJRC memiliki sub brand sendiri yakni SJRC. Yap, sebenarnya masih satu brand dengan JJRC, namun dengan target pasar yang agak berbeda dan produk yang dijual pun sebenarnya sama saja, hanya beda sub brand. Dan yang paling admin suka dari produk SJRC adalah Aplikasi FPV All in one yang nanti akan admin bahas lebih rinci di bawah. Untuk serinya sendiri sebenarnya SJRC juga punya banyak seri dan tipe, mungkin dari anda ada yang beranggapan bahwa SJRC itu pecahan dari JJRC yang split menjadi dua brand berbeda. Ya bisa jadi sih, karena admin ketika menulis artikel ini juga belum tau kebenarannya. Karena baik JJRC atau SJRC sama – sama mengeluarkan mainan RC yang kadang juga mirip – mirip juga sih.

Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones

Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah drone SJRC S20W. Drone ini bentuknya Quad-Copter. Dengan empat lengan tentunya, dan bentuknya sekilas seperti drone quad-copter pada umumnya. Untuk key feature yang ditawarkan pada drone ini memang tidak disebutkan pada iklan atau promosinya, namun kalau admin lihat, key featurenya ya sebuah drone kelas mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS. Menerapkan teknologi navigasi GPS pada drone mainan, selain meminimalisir terjadinya “drone hilang” karena terseret angin, atau fly away karena kehilangan orientasi mana arah depan drone terutama pada pilot pemula.


Sebenarnya di drone tanpa GPS pun ketika hilang orientasi bisa langsung aktifkan fitur headless mode yang hampir semua drone mainan punya fitur ini. Lalu arahkan ke belakang “arah anda” jangan ambil arah apapun kecuali arah belakang hingga drone terlihat dan anda bisa ambil orientasinya lagi, baru headless modenya bisa anda non aktifkan. Nah cukup untuk penjelasan headless mode yang sebenarnya bukan pokok bahasan kita pada kesempatan kali ini, lanjut ke bagian fitur yang ditawarkan oleh SJRC S20W, setidaknya selain ada GPS/GLONASS yang sudah diterapkan pada drone ini, kita bisa “GPS locking” dalam waktu yang relatif lebih cepat, namun untuk akurasinya, nampaknya SJRC S20W masih menggunakan modul GPS/GLONASS yang murahan, ya tidak heran sih untuk sebuah drone mainan. Untuk fitur lainnya, bisa anda lihat dibawah ini:
- Has the funtion of GPS vehicle will real-time control, signal protection, intelligent operation to a new peak
- 75°Remote 120°Wide angle lens, feel more real experience of VR
- GPS Altitude Hold Mode
Compared to the general high, it can make the unmanned aerial vehicle(uav) to stay in the sky higher and more stable.
- Connect the phone APP
Slide on the screen with your fingers, you can set S20W flight path, When disoriented, you can adopt the headless mode, Summon drones back just one key, hold all hands.
- Value-added services more personalized settings
Only one key, without control, can let unmanned aerial vehicle(uav) closely follow according to your mobile, when power is less than 5%,will automatically turn back.
- 3 Speed Up Mode
Capture of High-speed Moving Object.


Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones

Spesifikasi Drone SJRC S20W

Brand name: SJRC
Item name: S20W
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Frequency: 2.4G
Motor Type: 1020
Adjustable angle camera: Adjustable camera by transmitter, 75°
Capacity of smart lithium battery: 3.7V 1000mAh
Pressure sensor: Height Setting
Control distance: 500m (Free interference and no occlusion)
Wifi image transmission distance: 400m (Free interference and no occlusion)
Flight time: About 8 min
Charging time: About 60 min
USB Charging : 5V
Product Size: 27x27x12cm
Product's Weight: 185g
Lithium battery of transmitter: 3.7V 300mAh
Camera lens: 120°
Follow me: 30m
Video resolution: 1280x720/1920x1080
Photo resolution: 1280x720/1920x1080
Frame rate: 25 fps

Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones



SJRC S20W menggunakan baterai paten, yang didesain khusus hanya untuk SJRC S20W saja. Jadi ketika membeli SJRC S20W lebih baik anda sertakan paket dengan ekstra baterai karena kita tidak tau apakah di penjual lokal ada yang menjual baterai SJRC S20W secara ecer atau tidak. Baterai ini masih berjenis Li-Po, tegangannya sebesar 3.7 Volt alias 1S, yang kapasitasnya cukup besar yakni 1000mAh. Dengan baterai ini anda bisa menerbangkan SJRC S20W selama 7 – 8 menit sekali terbang per baterai. Baterai ini pun sebenarnya cukup bagus desainnya, layaknya intelligent battery, kita bisa cek kapasitas dengan menekan tombol on pada baterai, dan tiap baterai sudah punya sirkuit untuk charging, jadi kita bisa charge langsung dengan kabel micro USB biasa layaknya recharge smartphone anda. Dan himbauan admin tetap berlaku nih, tiap terbang habis 1 baterai, jangan langsung terbang pakai baterai lainnya, karena posisi motornya yang panas. Motor ini masih jenis brushed yang rawan sekali rusak karena overheat. Jadi lebih baik diamkan dulu drone nya sekitar 10 – 15 menit, setidaknya bisa cooldown sebentar lalu anda bisa terbang lagi. Daripada anda gunakan untuk terbang terus menerus tanpa istirahat, nanti motor tiba – tiba rusak, anda harus repot menggantinya.

Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones

Bentuk transmitter yang digunakan oleh SJRC S20W, bentuknya mirip stick untuk console, mungkin dimaksudkan supaya nyaman ketika digenggam. Penempatan tombolnya pun juga simple dan mudah di ingat. Meski ada beberapa fungsi yang dihasilkan dari tombol – tombol tersebut yang membuat anda agak bingung, anda bisa menambahkan label di tiap tombolnya supaya lebih jelas. Nah, remote ini tidak memiliki LCD, namun sebagai gantinya disitu diganti dengan panel yang nampak mirip LCD namun bukan, tapi intinya sama, disitu kita bisa melihat status dari fungsi dan opsi yang sedang dipakai oleh drone seperti speed, kamera, follow me, headless mode, dll. Dengan remote tanpa antenna eksternal seperti ini, kita tidak bisa terbang jauh. Seperti pada tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan drone ini dalam radius 500 meter maksimal di area tanpa interferensi sinyal.

Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones

Unit kamera yang dipadukan untuk SJRC S20W ini ada 2 macam, yaitu dengan sensor 2MP dan 5MP. Bedanya, kamera 2MP akan menghasilkan video 720p, sedangkan kamera 5MP bisa merekam video hingga 1080p. Untuk versi 720p saja menurut admin sudah pas untuk anda yang suka terbang sambil rekam – rekam video, memang kualitas videonya masih standar, tapi sudah cukuplah untuk sebuah drone mainan. Admin sarankan sih untuk memilih versi kamera 720p saja, karena selain gambarnya sudah bagus plus tidak memakan banyak space di memory card. Kalau anda pilih versi 1080p, selain gambarnya ya tidak jauh beda kualitasnya, ukuran video yang anda dapatkan juga terbilang besar dan boros space microSD. Semua foto dan video yang anda ambil, akan tersimpan dalam microSD yang sebelumnya harus sudah anda pasang di bagian belakang kamera.


Kamera SJRC S20W juga bisa anda gerakkan ke atas atau ke bawah menggunakan remote hingga 75 derajat, jadi setidaknya anda bisa mengarahkan kamera ke objek yang ingin anda lihat tanpa harus menurunkan drone nya. Anda akan mendapatkan hasil video yang ori, dan tidak ada gangguan seperti lag akibat frame dropping ketika sedang Wifi-FPV. Untuk teknologi Wifi-FPV yang digunakan, memang tidak disebutkan dalam spesifikasi apakah dia menggunakan Wifi 2.4GHz atau 5GHz. Jadi apabila anda ingin membeli SJRC S20W, setidaknya anda untuk berjaga – jaga pastikan smartphone anda sudah support juga di Wifi 5GHz, alias Wifi 802.11ac, jadi seumpama ternyata SJRC S20W menggunakan Wifi 5GHz, anda tetap bisa FPV an menggunakan smartphone anda.

Spesifikasi Drone SJRC S20W - OmahDrones

Untuk kelengkapan tiap pembelian SJRC S20W, bisa dilihat dibawah ini:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 1000mAh Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Blades
2 x Screw nut
1 x Screwdriver
1 x User Manual
1 x Remote control mobile accessories
2 x Landing Tripod



admin rasa untuk kesimpulan SJRC S20W, tidak berbeda jauh dengan kebanyakan drone mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS. Yang menjadi perbedaan SJRC S20W dengan drone sejenis lainnya, mungkin pilihan kamera, serta kamera yang sudah motorized, alias punya motor penggerak meski hanya bisa bergerak ke atas dan bawah saja. Dengan bentuk yang masih klasik, mungkin itu juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menarik para peminatnya.


Untuk urusan harga kisaran, admin sudah cek di beberapa situs marketplace online yang melayani secara internasional, yang artinya anda bisa saja langsung beli di distributor resmi yang membuat lapak di marketplace tersebut, untuk paket dengan 3 baterai dan menggunakan kamera 2MP dia dibandrol sebesar 80 USD atau setara dengan 1.1 Jutaan, sedangkan untuk kamera 5MP lebih mahal yakni 99 USD atau sekitar 1.4 Jutaan.