Spesifikasi Drone JJRC H345 - two in one

Drone yang digunakan untuk belajar terbang. Lebih disarankan drone yang masih benar – benar basik. Dalam artian, semua masih serba manual dan minim teknologi pembantu seperti misalnya altitude hold, optical flow dan lain – lain. Sehingga bisa dikatakan drone ini liar. Seperti layaknya kendaraan bermotor, ketika belajar sepeda motor lebih baik kita gunakan motor bebek, daripada menggunakan motor matic atau malah motor yang pakai kopling. Karena tujuannya, kita harus tau dulu dasar – dasar mengendarai sepeda motor. Nah untuk belajar menerbangkan drone, kurang lebih seperti itu. Memang saat ini kalau kita cari drone basic agak susah, karena banyak pilot pemula justru ingin drone yang sudah banyak fiturnya. Padahal tidak harus seperti itu, terutama kalau anda adalah tipe orang yang “gampang bosan” atau sekedar suka “coba – coba”.

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones

Mengapa kalau kita gampang bosan lebih disarankan beli drone basic untuk belajar menerbangkan drone? Pertama karena di sisi dronenya, kalau kita bisa menikmati terbang dengan drone basic, kedepannya kita bisa troubleshooting sendiri kalau punya drone yang lebih baik, dengan bekal pengetahuan dari otak atik drone basic tersebut, jadi kalau ternyata kita berminat ilmunya akan terpakai terus. Nah, yang kedua adalah disisi harga, apabila anda mudah bosan, harga drone basic yang umumnya terbilang murah, membuat anda merasa tidak terlalu rugi ketika membelinya dan pada akhirnya bosan dan tidak pernah diterbangkan lagi. Jadi ada dua sisi yang diuntungkan, entah anda nantinya berminat atau tidak, tetap ada keuntungannya membeli drone basic.


Ngomongin drone basic, tentu itulah yang akan kita coba ulas pada kesempatan kali ini. Yakni dari JJRC. Brand yang tentu sudah tidak asing di telinga kita yang setia mengunjungi Omah Drones. Kali ini JJRC menawarkan paket yang bisa dibilang unik, karena dalam satu bundle pembelian, kita akan mendapatkan dua buah drone sekaligus. Masing – masing drone juga punya nama yang bisa dengan mudah dibedakan melalui warnanya. Drone berwarna putih memiliki nama JJI (JJ One), dan yang berwarna hitam bernama JJII(JJ Two). Kedua drone ini merupakan drone kelas mainan yang masih basic. Dengan desain foldable arm, drone ini mudah dikantongi ketika akan dibawa kemanapun anda pergi. Untuk fitur lebih lengkapnya bisa anda lihat dibawah ini.

Features:
- Two drones in one package, double drones, one for the older one for the younger, provides double fun.
- Two drones can be controlled simultaneously features unique flight experience.
- Mini size with foldable design, great portability.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC H345

Brand name: JJRC
Item name: H345 RC Quadcopter ((JJ1+JJ2 drones)
Frequency: 2.4G 
Channel: 4ch
Gyro: 6 axis
Quadcopter battery: 3.7V 200mAh
Weight: JJ1:26g
             JJ2:27.5g
Charging time: About 50 mins
Transmitter battery: 3 x AAA (not included)
Flying time: 5 mins
R/C distance: above 40m           
Color: white + black
Product size:
JJ1:9.6*10*3.1cm (unfolded);9.6*10*3.1cm (folded)
JJ2:9.6*10.9*3.1 cm (unfolded);6.3*6.3*3.1cm (folded)
Package size: 19.5*16*6.5cm

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones


 JJRC H345 memiliki baterai internal, maka dari itu, mungkin maksud dari JJRC adalah, ketika baterai drone JJI habis, maka anda bisa ganti drone dengan menerbangkan JJII. Mungkin seperti itu. Karena baterainya juga kecil mengikuti ukuran mini drone ini. Masih menggunakan baterai Li-Po bertegangan 3.7V alias 1S, yang kapasitasnya hanya 200mAh saja. Tapi, karena drone ini tidak menggunakan banyak komponen, sehingga tenaga dari baterai bisa dimaksimalkan untuk drone terbang. Untuk sekali terbang,  JJRC H345 bisa anda terbangkan selama kurang lebih 5 menit. Waktu terbang yang bisa dibilang normal, terlebih untuk drone berukuran sekecil ini. Untuk chargingnya, seperti biasa kita akan mendapatkan kabel dengan sumber dari Port USB. Disini admin sarankan untuk charge kedua drone ini menggunakan wall Charger yang arusnya jangan terlalu besar karena takutnya, nanti terlalu cepat ngisinya baterainya jadi panas, lalu malah mengalami kerusakan karena over current yang harusnya sih bisa diatasi oleh komponen pada kabel USB ini.

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones


Meski mendapat dua buah drone,  JJRC H345 menggunakan satu buah controller saja. Sebenarnya dua drone ini bisa diterbangkan secara bersamaan, tapi demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti nanti dronenya malah saling bertabrakan karena beberapa faktor eksternal seperti angin atau lainnya. Lebih baik menerbangkan dronenya satu persatu, jadi ketika drone satu baterainya sudah habis, anda bisa menerbangkan drone satunya lagi. Remote ini desainnya memang untuk mini drone short range, jadi sebaiknya terbang di jarak yang tidak jauh, selain karena ukurannya kecil jadi pasti susah melihatnya kalau terlalu jauh, semisal drone lost connection dengan remote dia juga akan jatuh, dan kalau jatuh di tempat yang susah dicapai plus ukuran drone yang kecil, anda akan kesusahan mencari drone ini. Untuk fitur dari remote ini, anda bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti speed switch, lalu flip and roll, dan bisa juga headless mode. Remote ini menggunakan baterai ukuran AAA sebanyak 3 buah. Kalau anda punya baterai Ni-Cd yang rechargeable, lebih baik menggunakan baterai tersebut karena lebih eco-friendly.

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones


Untuk bagian depan kedua drone ini, yang nampaknya seperti kamera. Itu adalah LED. Bedanya JJI memiliki 1 buah LED, dan JJII memiliki 3 buah LED di depan. Sehingga, JJII akan lebih terang dan mencolok ketika terbang malam hari. Drone ini tidak memiliki kamera mengingat fungsinya yang sebagai drone kelas mainan basic yang disarankan untuk orang yang ingin belajar menerbangkan drone.


Fitur lainnya adalah  JJRC H345 bisa untuk bermain AR game dengan panduan yang akan anda dapatkan ketika pembelian, namun namanya drone mainan, permainan AR yang ditawarkan terkesan masih kurang dan seperti belum siap dirilis karena masih banyak bug nya.

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones


Dalam pembelian  JJRC H345, umumnya anda akan mendapatkan item:
1 x JJ1 RC Quadcopter
1 x JJ2 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x USB charging cable
1 x User Manual
1 x User Manual of AR Game
4 x Backup propeller



menurut admin, drone ini memang cocoknya untuk pemula yang ingin belajar menerbangkan drone. Dengan adanya 2 buah drone dalam satu paket, anda mendapatkan keuntungan lain seperti ketika satu drone rusak, maka anda punya satu drone lagi yang masih bisa berfungsi dan bisa anda terbangkan. Harga yang ekonomis juga membuat anda tidak akan merasa rugi kalau pada akhirnya drone ini telah habis “masa pakainya” yang ditandai dengan baterai mulai drop atau motor yang melemah, karena bisa jadi kalau mau memperbaiki drone ini, biaya yang keluar sama dengan beli baru.

Spesifikasi Drone JJRC H345 - OmahDrones


Untuk info mengenai harganya, kalau mau beli langsung dari distributor resminya, menjualnya di marketplace skala internasional, harganya pun sekali lagi ini terbilang murah untuk drone basic dan dapat 2 buah sekaligus.  JJRC H345 hanya dibandrol sebesar 16 USD atau setara dengan 200 ribuan saja. Kalau mau enak sih tetap cari seller indonesia saja biar mudah kalau mau tanya – tanya. Tapi bagi anda yang terbiasa beli online dari luar negeri, bisa tuh untuk coba – coba. Kan harganya juga murah.