Spesifikasi Drone EACHINE EX3 MJX Bugs 4W dan JJRC X11


Bagi anda yang sering membaca artikel omahdrones, sudah ada beberapa kali admin membahas drone yang bentuknya sama, spesifikasinya juga sama, tapi brand nya berbeda. Iya kan, kalau melihat kejadian seperti itu, sebenarnya ada untungnya juga bagi kita sebagai pembeli, misal kita beli drone A, tapi sparepartnya susah dicari disini, tapi sparepart drone B ada yang jual. Mengingat bentuk desain dan spesifikasinya sama, kita bisa beli sparepart drone B untuk drone A. toh aslinya juga sama kan, Cuma beda brand saja, padahal produknya sama. Itu karena brand kalau di perusahaan besar terutama di China, brand itu kebanyakan adalah bagian marketing yang ngatur. Jadi kalau 1 pabrik punya 3 marketing, bisa aja kan drone yang keluar dari pabrik itu keluar dengan 3 brand berbeda.



Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Enaknya industri seperti itu adalah dengan 1 pabrik saja kalau marketingnya banyak dan bisa menjual banyak produk tentu keuntungannya lebih besar daripada dipasarkan oleh 1 marketing untuk 1 pabrik. Lantas yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini akan meliputi 3 brand ternama sekaligus, yakni Eachine, MJX dan JJRC. Eachine memiliki nama seri Eachine EX3, MJX menamainya MJX Bugs 4W dan kalau JJRC menamainya JJRC X11. Karena ada 3 brand, jadi di postingan kali ini mungkin admin tidak bisa memanggilnya satu persatu karena nanti akan panjang banget, maka dari itu sekarang admin menyebut ke 3 drone tersebut dengan “Drone ini” saja.



Drone ini sudah menggunakan motor brushless 2204 1400KV yang cukup kuat untuk membawanya terbang karena disamping itu dia menggunakan ESC 8A yang siap melakukan tugasnya sebagai pengontrol putaran motor. Untuk Navigasinya dia juga sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga dengan adanya GPS anda bisa mendapatkan beberapa fitur yang lebih advanced seperti Return to home, follow me dan circle me. Selain menggunakan GPS, drone ini juga memiliki 2 buah sensor di bagian bawahnya, yakni optical flow, dan juga ultrasonic sensor untuk beberapa kondisi seperti ketika position hold di dalam ruangan. Bahkan untuk malam hari, di bagian bawah drone ini juga ada LED yang bisa menyala, sehingga kamera optical flow bisa menangkap citra permukaan ketika kondisi kurang cahaya karena dibantu dengan 2 LED yang cukup terang ini. Untuk fitur lebih lengkapnya, anda bisa membacanya di feature list dari Eachine dibawah ini
Features:
- With Foldable and portable design, the drone is easy to carry.
- With 5G wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image
- Full HD 2K camera. Support shooting 2K 30fps with 8MP CMOS sensor,wide-angle lens,retain the most original details,make your creation more inspirational.
- EX3 equipped with single-axis mechanical gimbal,which can reduce shake and keep shots stable effectively.
- Camera angle can be remote controlled to pitch from -90° to 0°.
- Ultrasonic sensor assists barometer to keep super stable altitude hold.
- Follow Me. The EX3 camera will lock on your mobile phone,when using this function, the aircraft will track you automatically and capture your movement with a particular aerial view.
- Point of Interest. Set a specific building,object or position as your point of interest.With point of interest,your aircraft will continuously circle clockwise around the preset point.
- Optical Flow Positioning. The built-in optical flow sensor that gets the real-time optical flow information and makes integrating computations.
- Tap Fly. In the waypoint flight mode,you can just focus on composing, EX3 will fly to the target or fly in the direction you tapped on the screen,and change the flight paths smoothly if you re-planed the track on the screen again.
- Smart remote control alarm function.The transmitter buzzer receives the voltage status of the drone will send out beep sound once the drone is in low voltage.
- OLED screen. Assists the drone to fly in any flight environment.
- Left / Right throttle control switch mode.
- The charging progress will displayed on the charger, and can be charged 2PCS battery at the same time.(Innovative use of multi-head input, users can choose to use one input line when charging two batteries (the total charging time is about 8 hours), or you can use two input lines to connect two USB adapters, the fastest 4 hours full.)
- With 7.6V 3400mAh battery, the fly time up to 20 mins.
- With 4 colorful LED lights assist night flight.
- The quad-copter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics, lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Spesifikasi Drone Eachine EX3, MJX Bugs 4W dan JJRC X11


Aircraft & Remote Controller

Dimensions Unfolded: 450×450×75mm
Folded: 190×130×75mm
Weight (with Battery) about 640g
Color Black
Diagonal Size 330mm
Motor Brushless 2204 1400KV
ESC 8A
Max Flying Time above 20mins
Built-in Positioning Sensor GPS / Optical Flow / Barometer / Ultrasonic
Hovering Accuracy (Indoor) Vertical: ± 0.3 m
Horizontal: ± 0.3 m
Hovering Accuracy (Ondoor) Vertical: ± 0.5 m
Horizontal: ± 1.5 m
Max Ascending Speed 3m/s
Max Descending Speed 2m/s
Max Flying Speed 40km/h
Flight Altitude Limit 150m
Max Control Distance above 1.6KM
Wind Resistance Rating <4 level
Operating Frequency 2.4G
Remote Control Battery AA*2 (NOT Included)
Usage Time About 12h
EIRP 20dbm
Camera & Gimbal Camera 2K 5G WiFi
APP X-DRONE
Photo Resolution 2048*1152
Video Resolution 2048*1152
Local Video Frame Rate 20
FPV Frequency 5G WIFI
FPV Distance 300m-400m
Lens (Viewing Angle) 110°
Aperture f/2.4
Focal Length 1m to ∞
Sensor 1/3" CMOS
Effective Pixels 2M
ISO Range Video / Photo: 100-1600 (Automatic)
Shutter Speed 1/30s-1/10000s
File System FAT32
Extended Memory Maximum support 32GB
Memory Card Micro SD-Card Class10 and above
Gimbal Type Single Axis
Pitch Rotation Range 0°-90°
Battery Type Li-Po
Voltage 7.6V
Capacity 3400mAh
Weight 165g
Operating Temperature 5℃-40℃
Charging Time About 4 hours
Charger Rated Input 5V/2A or above 2A
Rated Output 3.8V/2A
Operating Temperature 5℃-40℃




Sebagai drone yang memiliki banyak komponen sewajarnya dia memiliki baterai yang mumpuni agar bisa bekerja dengan baik dengan waktu yang relatif lama juga. Baterai bawaannya bertipe proprietary alias bentuk paten yang hanya bisa untuk ke 3 drone ini. Masih menggunakan cell Li-Po, dengan tegangan total 7.6 Volt dan kapasitasnya sebesar 3400 mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan drone ini sekitar 20 menit. Untuk chargingnya, anda akan mendapatkan charging dock yang bisa digunakan untuk mengisi ulang 2 baterai sekaligus, tapi dalam prosesnya, charger akan me recharge per cell secara berurutan, jadi selagi ada baterai yang sedang di recharge, baterai satunya harus menunggu hingga baterai pertama sudah penuh terisi dulu. Untuk sumber daya pengisian ulangnya menggunakan kabel USB, namun bukan berarti anda bisa me recharge dengan power bank, memang bisa sih, tapi akan lebih baik kalau anda merecharge menggunakan Wall Charger seperti untuk merecharge smartphone anda, dengan arus paling tidak 1 – 2 ampere untuk bisa mengisi baterai besar ini dengan optimal.

Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Di bagian controllernya, bentuk remotenya benar – benar simple, mungkin agak meniru desain dari DJI Mavic series ya, namun disini tombol – tombolnya disesuaikan. Dengan baterai ini anda bisa mengendalikan drone ini hingga radius 1.6 meter, tapi semua tergantung juga oleh dimana anda terbang, apakah ada dan banyak interferensi sinyal atau tidak. Semua tombolnya juga sudah ter labeli dengan icon sehingga setidaknya anda bisa menghafal tiap fungsi tombolnya dengan lebih cepat. Lalu di bagian tengahnya juga terdapat LCD yang akan menampilkan telemetri dan status drone seperti jarak, ketinggian, dan kekuatan sinyal. Sayangnya remote ini masih menggunakan baterai AA yang habis pakai buang. Kalau anda bisa modif dikit, anda bisa menggunakan baterai Li-Ion yang bisa di recharge dan lebih ramah lingkungan karena tidak habis buang lagi. Nah dibagian atas remote ini juga bisa dipasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV.

Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Kamera yang dipakai pada drone ini menggunakan sensor CMOS 8MP. Dengan kamera ini anda bisa mengambil gambar dan video dengan resolusi mencapai 2K. anda juga bisa melakukan Wifi-FPV dengan aplikasi dari brand yang anda beli, walau harusnya memakai app dari ke 3 brand tersebut tetap bisa aja sih. Dan untuk bisa menikmati Wifi-FPV dengan drone ini, smartphone anda harus support Wifi 5G, alias Wifi 802.11ac , jadi sebelum anda membeli drone ini, pastikan juga anda punya smartphone yang sudah support Wifi 802.11ac di spesifikasinya, karena kalau tidak ya anda tidak bisa melakukan Wifi FPV menggunakan drone ini. Jarak FPV menggunakan Wifi 5G umumya bisa lebih jauh, kalau di tabel spesifikasi drone ini, bisa mencapai 300 – 400 meter, tapi semua tetap tergantung dimana anda terbang juga.


Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Tiap pembelian drone ini, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine EX3 Quadcopter
1 x Remote Controller
1 x 7.6V 3400mAh Li-Po Battery (optional 2 or 3 battery)
1 x Balance Charger
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Propeller
1 x Wrench
1 x User Manual



Menurut admin, drone ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin beli drone semi-professional dengan fitur lebih, karena kalau admin lihat drone semi-professional lainnya belum memiliki sensor ultrasonic, dan LED di bagian bawah untuk memperjelas citra sensor optical flow. Belum lagi drone semi-professional kebanyakan masih menggunakan kamera yang mentok ambil gambar dan video di 1080p, memang sudah bagus sih, tapi kalau di drone ini anda bisa dapat video 2K dengan sensor 8MP apa tidak mau? Hihihi.

Spesifikasi Drone EACHINE EX3  MJX Bugs 4W dan JJRC X11 - OmahDrones


Untuk harganya, memang kalau memiliki fitur lebih, tentu harganya juga tergolong lebih mahal daripada drone semi-professional lainnya. Admin ambil contoh harga Eachine aja nih, di beberapa online marketplace skala internasional Eachine EX3 dibandrol dengan harga 176 USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini setara dengan 2.5 jutaan itu untuk paket dengan 2 baterai, jadi charging dock nya bisa terpakai semua. Kalau punya dana lebih, bisa tuh tabung lagi untuk membeli drone yang lebih professional seperti DJI Mavic Air misalnya.