Spesifikasi Drone Eachine E511S - GPS FPV Ready


Ketemu lagi bersama admin omahdrones, sedikit flashback kemarin kita sudah membahas sebuah drone, buatan eachine, dan bentuknya mirip dengan DJI Mavic Air. Tapi drone tersebut masih bisa dibilang kategori basic toys, yang hanya mampu terbang biasa dengan tambahan kamera yang sudah bisa FPV juga. Yap, si Eachine E511 yang kalau anda belum pernah baca, anda bisa baca dulu ulasannya apabila diperlukan. Nah, kalau anda pikir Eachine E511 itu masih terlalu “kurang” dari ekspektasi yang anda harapkan, maka mungkin di postingan kali ini bisa menjawab ekspektasi yang anda harapkan untuk drone yang mirip Mavic Air ini. Karena seperti produk – produk sebelumnya juga, Eachine terus memberikan berbagai opsi drone supaya para konsumennya bisa memilih drone mana yang paling menarik dan sesuai dengan harapan si pembeli.

Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones

Kalau kemarin Omahdrones sudah bahas Eachine E511, sekarang admin akan coba bahas model improvementnya. Alias seri lebih tingginya, dengan nama Eachine E511S. mungkin tambahan kode S adalah Spesial. Karena Eachine E511S memiliki beberapa upgrade, mulai dari ditambahkan GPS, lalu kamera yang sanggup merekam video dalam resolusi 1080p, dan juga lensa kameranya dapat diubah tilt anglenya ke atas dan kebawah melalui remote. Selain itu tidak ada perubahan lainnya dari segi spesifikasi, dia masih menggunakan motor brushed ukuran 1020, menandakan untuk anda supaya kalau bisa jangan terbang terus menerus menggunakan drone ini karena sifat motor brushed yang tidak baik digunakan terus menerus, selengkapnya nanti admin jelaskan dibawah.

Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones


Untuk fiturnya, Eachine E511S jadi memiliki beberapa tambahan fitur karena adanya GPS disana, hanya saja karena hanya GPS (bukan GPS/GLONASS), jadi mungkin ketika pertama locking akan memakan waktu lumayan lama, belum lagi mungkin nanti anda akan menemui Toilet Bowl Effect  ketika pertama terbang meski sudah kalibrasi kompas. Kalau itu terjadi, maka segera lakukan kalibrasi kompas ulang hingga anda bisa terbang dengan stabil. Oke, untuk fitur selengkapnya sesuai list dari eachine dapat anda lihat dibawah ini:
- With foldable arm, small size, easy to carry.
- GPS positioning mode provides a more accurate flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- Optional 720P / 1080P / 5G WiFi 1080P HD camera give wide range high denfinition pictures and video.
- Camera with Servo that support adjust the angle by APP.
- Surround action will enable the aircraft flying in a circle, providing cooler shooting perspective.(outdoors only)
- Follow me: the aircraft will fix the controlling cellphone and follow the operator whichever direction he moves.(outdoors only)
- Waypoint flight mode, just draw a route on the screen, the copter as the given path.(outdoors only)
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With 3.7V 1200mAh battery, the fly time up to 16 mins.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- with low power protection overcurrent protection.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones

Spesifikasi Eachine E511S

Brand Name: Eachine
Item NO.: E511S
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Motor: 1020 Coreless Motor
Quadcopter Battery: 7.4V 1200mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery: 4 x 1.5 AAA Battery (NOT Included)
Flying time: 14-16mins
Charging time: 120-150mins
R/C Distance: 200-300m    
Flying Weight: 280g (with Battery)
Color: Black
Camera Optional: 720P / 1080P / 5G WiFi 1080P
FOV: 120° Wide Angle
Quad's Size: 35.4x36.6x7.3cm (the arms not folded, with props guard)
                     18.5x10.8x6.4cm (the arms folded)




Sumber tenaga Eachine E511S untungnya bisa dibilang cocok untuk ukurannya yang besar, serta memiliki motor yang lumayan besar untuk ukuran drone mainan, dia ditenagai oleh baterai 2S, dengan tegangan total 7.4Volt, dan kapasitasnya sebesar 1200mAh, meski di spesifikasi tertera dapat terbang hingga 16 menit, namun kenyataannya rata – rata kita hanya bisa terbang sekitar 10 menit satu baterai. Dan waktu pembelian, terutama di retailer resmi eachine, kita bisa memilih beli dengan 2 baterai, atau 3 baterai. Tapi tetap saja karena dia masih menggunakan motor brushed, tiap sekali terbang baiknya diamkan dulu supaya motornya mendingin, baru anda bisa terbang lagi. Cara tersebut bisa memperpanjang usia motor kalau dibandingkan anda langsung terbang lagi setelah ganti baterai. Sedangkan untuk recharge nya, anda bisa menggunakan balance charger favorit anda, namun kalau tidak punya, anda bisa cukup menggunakan charger bawaan dari Eachine E511S yang simple karena hanya butuh Adaptor USB, atau USB Wall charger istilah kerennya.

Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones


Di bagian remote. Desain dan tombolnya sama dengan Eachine E511 bahkan di iklannya pun fungsi – fungsi tombolnya sama. Padahal Eachine E511S ini memiliki tombol yang fungsinya beda. Kan Eachine E511S sudah memiliki GPS, maka dari itu admin sudah membetulkan tiap fungsi dari tombol pada remote Eachine E511S yang bisa dilihat pada gambar diatas. Nah dengan remote ini anda bisa terbang setidaknya bisa hingga 300 meter untuk drone mainan ber GPS seperti ini, karena dia juga masih menggunakan antenna internal, juga anda tidak perlu khawatir kalau fly away, karena ketika drone lost koneksi, atau baterainya mulai menipis, dia akan otomatis return to home. Jadi pastikan ketika terbang drone mendapatkan GPS yang cukup, diatas 10 satelit atau lebih, juga pastikan tidak ada toilet bowl effect.


Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones

Untuk kameranya, tidak disebutkan ukuran sensor yang digunakan oleh Eachine E511S, dan untuk informasi juga, di drone Eachine E511S ini anda bisa memilih versi 720p atau yang 1080p. bedanya, yang 720p anda bisa menggunakan semua smartphone anda yang pastinya sudah support Wifi 2.4GHz. namun kalau anda memilih yang 1080p, dia menggunakan transmitter Wifi 5G. jadi untuk bisa FPV an, anda harus menggunakan smartphone yang sudah support di Wifi 5G, atau Wifi 802.11ac. jadi sebelum membeli versi 1080p pastikan dulu smartphone anda support di 5G Wifi. Perbedaan antara keduanya adalah di jarak jangkauan, kalau anda beli versi 1080p, sinyal FPV berbeda frekuensi dengan sinyal remote, sehingga tidak terjadi interferensi dan hasilnya jarak kendali bisa maksimal, Wifi-FPV juga maksimal. Bicara soal jarak Wifi-FPV juga tergantung dengan kualitas Wifi di smartphone anda ya.


Spesifikasi DroneEachine E511S - Omah Drones


Ketika pembelian Eachine E511S, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine E511S RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1200mAh Lipo Battery (Can be choose the battery quantity when order)
1 x USB Charging Cable
4 x Protection Cover
2 x Spare Blades
1 x Screwdriver
1 x User Manual



 Kesimpulan admin mengenai Eachine E511S, mungkin anda menyukai desain drone nya, lalu mencari seri yang lebih enak untuk diterbangkan, anda bisa memilih Eachine E511S daripada Eachine E511, dengan adanya GPS tentu memudahkan anda ketika drone dalam kondisi hovering. Meski begitu, drone ini masih tergolong kelas mainan, yang tidak direkomendasikan untuk terbang terus – terusan dalam satu waktu, kalau anda tidak ingin motornya cepat rusak karena overheat.



Sedangkan untuk informasi mengenai harga, Eachine E511S ini seperti yang sudah admin singgung diatas, sudah dijual dibeberapa online marketplace berskala internasional, dengan beberapa pilihan paket juga. Untuk paket standar, dia dibandrol sebesar 123USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis setara dengan 1.7 jutaan. Kalau anda ingin terbang lebih lama, mungkin bisa menabung sedikit lagi karena di rentang 2 jutaan, anda juga sudah bisa mendapatkan drone GPS berkamera dengan motor brushless, seperti bayangtoys x16 atau MJX Bugs 2W misalnya.