Spesifikasi Drone KK10S - GPS 5G Wifi FPV


Desain dari DJI Spark, membuat beberapa produsen mulai untuk “menjiplak” untuk diterapkan pada drone buatan mereka, entah alasan pastinya apa, namun kalau dilihat sekilas, bisa karena desainnya yang memang keren, atau factor teknis seperti aerodinamis, mungkin bisa juga karena factor brand. Karena kita tahu sendiri dari cina paling pintar kalau membuat barang tiruan suatu produk. Ada beberapa produsen yang menggunakan desain mirip DJI Spark dengan spesifikasi yang mirip juga, namun untuk kelas mainan juga tidak mau kalah, karena kalau admin lihat, drone – drone baru setelah kemunculan DJISpark mulai terlihat meniru bentuk dari Si Spark. Tentu karena kelasnya masih kelas mainan, ada yang harganya dibawah 1 jutaan, dan kalau lebih kompleks lagi fiturnya, bisa lebih dari 1 jutaan harganya.


Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Misalkan si C-Fly Dream, dengan rentang harga 3 jutaan sudah menawarkan kemampuan yang hampir sama dengan apa yang dimiliki Spark. Kalau mau yang lebih ekonomis, ada juga dari LH yakni LH-X28WF yang lebih murah yakni hanya sekitar 1.2 jutaan saja, namun kemampuannya jauh dibawah Spark asli tentunya. Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini mungkin bisa menjadi saingan dari LH-X28WF, karena dari rentang harganya sama, namun ada beberapa kekurangan dan kelebihannya sehingga anda nanti bisa membandingkannya sendiri. Dan disini admin tidak akan membandingkannya secara brutal, karena disini admin akan fokus membahas drone ini saja.

Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Drone ini memiliki nama pasar KK10S. dan seperti yang sudah kita singgung diatas, body dan bentuk badannya sekilas juga mirip dengan DJI Spark. Drone ini masih menggunakan motor brushed, sehingga tidak disarankan untuk terbang terus menerus dalam satu waktu. Tapi yang menjadi key feature dari drone ini adalah dia sudah dilengkapi dengan GPS. dalam iklan nya tidak disebutkan menggunakan GPS/GLONASS, jadi hanya GPS, jadi mungkin bisa terjadi Toilet Bowl Effect ketika data GPS yang didapat tidak akurat dengan sensor kompas. Kalau terjadi Toilet Bowl Effect, segera mendaratkan drone lalu lakukan kalibrasi kompas lagi. Dan untuk fitur lengkapnya, anda bisa lihat dibawah ini:
- Portable and foldable, compact size and light weight design makes it easy to carry.
- With headless mode no need to adjust the position of aircraft before flying.
- With altitude mode, maintains distance from ground while providing self-leveling, perfect for beginners, make the flight more stable, expand the flight crowd.
- Press the headless for 5s, you can switch the left and right hand mode.
- Real time image transmission, connect your drone via a cellphone wifi connection and gain access to an unforgettable experience.
- With 1080P HD camera capture pictures and record wonderful moments and LCD remote control screen display provide clearer image.
- 7.4V 900mAh upgrade battery with protection board support maximum flying times 15 mins and more powerful flight power, which saturates all your desires about flying postures of an aerial drone.
- GPS intelligent return function: over distance returning, no signal return, low power return.
- Press the return button for 5s, switch the remote distance to 300m and the altitude to 120m. (The default altitude is 30m and the distance is 30m.)
- Waypoints fly, you can draw the flight track you want to on the phone and the quadcopter will fly the line you painting.
- With LED lights makes the flight more spectacular especially in the dark.



Spesifikasi Drone KK10S

Item name: KK10S RC Quadcopter Drone
Color: Black/White
Drone battery: 7.4V 900mAh(included)
Transmitter battery: AA battery*3(not included)
Charging time: About 150mins
Flight time: About 12-15mins
R/C distance: Abourt 300m(Altitude: 120m)
5G Wifi image transmission distance: About 250m(Altitude: 120m)
Product weight: 207g
Product size: 16.2*16.7*5.2cm
Package size: 20.7*15.5*9cm



Baterai yang digunakan oleh KK10S memiliki spesifikasi 2S yang teganganya 7.4 Volt dengan kapasitas sebesar 900mAh. Dengan baterai ini anda bisa terbang selama kira – kira 15 menit. Baterai ini memiliki bentuk proprietary atau paten dari pabriknya dan hanya bisa digunakan untuk KK10S saja. Meski begitu untuk charge nya cukup mudah, karena disini tersedia port Micro USB. Dengan kabel USB bawaan lalu colokkan saja ke Port USB di Wall charger, lalu tunggu baterainya hingga full. Yang perlu diperhatikan adalah ketika habis terbang, jangan langsung recharge, tapi biarkan baterai dulu hingga setidaknya 5 - 10 menit supaya suhunya normal, baru anda bisa melakukan recharge seperti biasa. Karena mungkin untuk mencari spare baterai untuk drone KK10S tidak semudah mencari spare baterai universal.

Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Di bagian remote, ini adalah desain remote yang cukup bagus menurut admin omahdrones. Untuk desainnya sekilas mirip desain remote keluarga Mavic juga kan, namun di bagian tengahnya terdapat LCD Monochrome yang disitu akan menampilkan telemetri yang sangat berguna ketika anda sedang menerbangkan drone KK10S. dengan remote ini anda bisa terbang setidaknya sejauh 300 meter karena antenna yang terlihat hanya hiasan saja, jadi dia masih menggunakan antenna internal. Untuk pemula, tiap kita menghidupkan remote itu sudah masuk ke beginner mode, dimana kita hanya bisa terbang sejauh 30 meter, untuk menonaktifkan beginner mode, anda bisa menekan tombol return to home selama 5 detik hingga terdengar suara beep, maka anda bisa keluar dari beginner mode dan anda bisa terbang lebih jauh lagi. Untuk tombol – tombolnya, sudah terlabeli dengan jelas, sehingga ini memang cocok untuk pemula juga.

Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Untuk kamera yang dimiliki oleh KK10S, tidak disebutkan sensor apa dan ukurannya, namun untuk mengambil video, anda sudah bisa mendapatkan resolusi hingga 1080p. gambar yang dihasikan sebenarnya sudah cukup bagus, hanya saja sangat disayangkan karena di drone ini tidak terdapat DVR, sehingga kita tidak bisa meletakkan microSD untuk merekam langsung dari drone. Artinya kita hanya bisa menyimpan video melalui Wifi-FPV dari drone langsung tersimpan ke smartphone. Memang lebih simple, tapi ada kemungkinan video yang anda dapatkan nanti mengalami masalah frame dropping atau videonya putus – putus. Dan tidak semua smartphone bisa Wifi-FPV dengan drone KK10S ini, karena dia sudah menggunakan Wifi 5G, alias Wifi 802.11ac. jadi sebelum membeli drone ini, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac.

Meski sudah menggunakan Wifi 5G, tapi rata – rata anda hanya bisa FPV hingga 80 meteran untuk video yang masih lancar. Tapi mendinglah, daripada menggunakan Wifi-FPV generasi lama mungkin anda hanya bisa FPV maksimal 60 meteran saja videonya sudah putus – putus.

Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Tiap pembelian KK10S, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x KK10S Quadcopter
1 x 7.4V 900Mah Battery
1 x USB cable
1 x Screwdriver
2 x CW&CCW propeller
1 x User manual



Kesimpulan admin untuk KK10S ini, mungkin lebih diperuntukkan untuk pemula, karena drone KK10S ini cocok untuk pemula, mulai dari auto geo fence ketika remote diaktifkan, yang membatasi pilot hanya bisa terbang 30 meter jaraknya. Selain itu, LCD telemetri bisa sangat berguna ketika anda belajar terbang tanpa harus mengambil video. Sehingga anda bisa focus belajar terbang, tanpa FPV anda masih bisa melihat status drone beserta telemetri di LCD tersebut. Hasilnya anda bisa lebih focus belajar menerbangkan drone KK10S.

Spesifikasi Drone KK10S - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya, seperti yang sudah di singgung di awal tadi, kalau KK10S ini dibandrol setara 1.2 jutaan. Lebih tepatnya sebesar 90USD, dan drone KK10S ini sudah dijual di beberapa online marketplace berskala internasional. Sehingga kalau mau order dari luar negeri pun bisa saja. Tapi hati – hati karena kalau order sendiri bisa saja terkena pajak, apalagi kalau bisa salah jalan impor, bisa kena biaya tambahan lagi. Jadi kalau mau aman dan nyaman ya, mending cari seller Indonesia saja supaya lebih mudah juga.