Spesifikasi Drone SG106 - 1080p FPV Optical Flow


Dulu di awal kemunculan drone – drone mainan yang ternyata laku keras dipasaran, masih banyak sekali drone basic yang masih benar – benar manual. Throttle nya manual, sehingga sang pilot harus memperhatikan ketinggian berdasar throttle, lalu sekaligus mengatur bagaimana drone akan terbang nantinya, fitur – fitur tidak terlalu banyak, sebatas headless mode dan one key return saja sudah sangat layak untuk dibeli. Terlebih sudah memiliki kamera yang bisa digunakan untuk mengambil foto atau video. Kualitasnya pun tidak sebagus yang dibayangkan, kadang – kadang, justru kita terkena “marketing trick” yang kamera memang bisa mengambl gambar HD tapi dengan lensa Cuma 0.3 MP. Ya benar saja, gambarnya tetap “kotak – kotak” tapi ukurannya besar karena resolusi videonya benar – benar HD.


Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Berbeda dengan saat ini, tepatnya ketika artikel ini admin tulis. Drone – drone basic seperti itu sudah mulai susah ditemukan. Kebanyakan drone basic sekarang sudah memiliki kemampuan Altitude Hold. Dimana drone bisa mempertahankan posisinya ketika ia sedang terbang. Jadi kita hanya perlu menyuruh drone untuk terbang lebih rendah atau lebih tinggi dari throttle di remote. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, adalah drone yang termasuk cocok untuk pemula, dengan nama SG106. Bagi beberapa orang pasti masih asing dengan drone ini karena drone ini memang jarang di expose mungkin, tapi mengapa admin tertarik membahas drone ini? Jawabannya supaya anda tidak salah pilih tentunya.

Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Walau kurang terkenal merknya, bukan berarti tidak akan bisa ditemukan di Indonesia, kasih contoh saja merk dengan awalan LH, LW, dan juga SG ini termasuk banyak jenisnya dan banyak pula yang sudah dijual di Indonesia. Nah, lalu kalau untuk SG106 ini memang apa saja sih fiturnya? Berikut ini bisa anda lihat daftar fitur yang ditawarkan oleh SG106:
- Built in Double 1080P HD Wide Angle camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
- Optical flow positioning help the drone acheive great performance in precise location, which ensures a stable flight.
- With Altitude Hold Mode function provides stable flight.
- With gesture photo and recording function,make your photography more convience and wonderful.
- Track flight, you can draw the flight track you want to on the phone and the quadcopter will fly the line you painting.
- With wifi function can be connected APP to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- Smart follow, the drone follows the moving remote control target and performs a function of following.
- It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- 3.7V 1600mAh high capacity battery support maximum flying times 22 mins.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Memiliki bentuk yang mirip dengan Parrot Bepop 2, namun masih menggunakan motor brushed, yang artinya jangan digunakan terlalu lama dalam satu waktu supaya motor tidak cepat rusak karena overheat. Drone ini juga memiliki key feature seperti dia sudah memiliki optical flow sensor, yang fungsinya adalah mengambil citra permukaan dibawah drone, lalu dijadikan patokan supaya drone bisa mempertahankan posisinya kecuali digerakkan melalui remote.



Spesifikasi drone SG106

Item No.: SG106
Material: ABS
Color: Black, White (Optional)
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
Camera: 1080P Wide Angle
Photo: 1920*1080
Video: 1920*1080
Quadcopter Battery: 3.7V 1600mAh Lipo Battery (Included)
Transmitter Battery: 2 x AAA Battery (Not Included)
Flying Time: About 22mins
Charging Time: About 150-180mins
R/C Distance: About 100m
Quadcopter Size: 27* 27* 7cm (without protection cover)
                             32* 32* 7cm (with protection cover)
Quadcopter weight: 140.6g
Package Size: 33.5* 21* 8.6cm
Package Weight: 373.8g



Baterai yang dimiliki oleh SG106 memiliki tegangan 3.7 volt, yap baterai 1S, namun kapasitasnya tergolong besar yakni 1600mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan SG106 selama 15 menit dalam sekali terbang, namun kalau admin sarankan, anda bisa menjadikannya setidaknya 2x terbang dengan jeda. Tujuannya seperti diatas tadi, sayangi motor brushed anda kalau anda tidak mau repot karena cepat rusak. Ketika pembelian pun anda bisa memilih opsi baterai, bisa 1 baterai, 2 baterai atau 3 baterai. Meski bentuknya paten hanya untuk drone SG106, tapi untuk pengisian ulang baterainya anda bisa menggunakan Wall Charger, seperti untuk charge smartphone, menggunakan kabel Micro USB. Admin tidak merekomendasikan untuk charge di Port USB pada computer atau laptop, karena arusnya terlalu kecil untuk charge baterai sebesar ini, jadi lebih baik pakai Wall Charger.

Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Di bagian remotenya, SG106 memiliki remote yang unik,. Remote ini foldable, ketika anda buka lipatannya, remote akan otomatis on. Desainnya sungguh minimalis, dan ditenagai oleh 2 buah baterai ukuran AAA. Ya dengan remote yang Nampak seperti untuk mini drone seperti ini, anda tidak bisa berharap banyak untuk jarak jangkauannya, bisa sampai 80 meter saja sudah melebihi perkiraan. Untuk tombol fungsinya juga sudah ada label keterangannya, jadi anda yang pemula pun bisa memahami remote ini dengan cepat. Remote ini juga bisa di Tarik bagian belakangnya yang foldable, direntangkan untuk menaruh smartphone anda sebagai monitor FPV.

Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Kamera drone SG106 ini tidak disebutkan berapa besar sensornya, namun untuk mengambil video, SG106 bisa mengambil resolusi 1080p. anda juga bisa megambil foto juga tentunya. Namun sayangnya, di drone ini belum memiliki DVR sehingga tidak ada slot MicroSD di drone SG106. Artinya semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di memori smartphone anda. Dan dengan begitu anda terancam dengan video yang tidak normal, karena adanya lag dari frame dropping. FPV yang digunakan juga masih menggunakan Wifi 2.4GHz, jadi kalau anda terbang FPV dengan remote, nanti sinyal FPV dan remote bisa saling mengganggu. Akhirya tidak maksimal kinerjanya. Salah satu trik menanggulanginya adalah dengan terbang menggunakan smartphone, jadi tidak menggunakan remote nya. Lalu ditambah menggunakan Wifi Extender atau repeater, seperti yang pernah admin ulas sebelumnya disini.
Kameranya menghadap kebawah, dan tidak bisa di tilt manual juga, jadi letaknya sudah fix.

Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Tiap pembelian SG106, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x SG106 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 1600mAh Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Propeller
4 x Protection Cover
2 x Landing Gear
1 x Screwdriver
1 x Manual



Kesimpulan admin untuk SG106, kalau dilihat dari spesifikasi memang sudah bagus, tapi berdasar beberapa rekan yang sudah mencoba SG106, sepertinya admin tidak merekomendasikan SG106 ini meski untuk pemula sekalipun. Meski dirancang seolah cocok untuk pemula, namun SG106 ini sedikit rewel, seperti optical flow yang tidak selalu berfungsi, lalu fitur – fitur kamera seperti gesture dan follow me yang juga tidak berfungsi, juga tiap mau take off, dia harus di kalibrasi gyro manual yang mungkin merepotkan bagi beberapa pilot newbie, karena ada banyak drone serupa yang sudah otomatis kalibrasi ketika drone dihidupkan, dan kalau mau kalibrasi manual pun juga tetap bisa.

Untuk mendapatkan Drone SG106 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone SG106

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone SG106 - OmahDrones


Untuk harganya, SG106 ini kalau di bebrapa online marketplace berskala internasional dibandrol sebesar 49 USD. Atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan 700 ribuan. Jadi bisa dilihat dengan harga yang bersaing, namun sayangnya SG106 masih perlu diperbaiki baik dari sistem internalnya, maupun sistem di software FPV nya. Kalau semua bisa bekerja dengan baik, maka SG106 ini bisa admin katakana pantas untuk jadi drone cocok untuk pemula.