Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062


Drone kelas mainan, terlebih buatan cina seperti yang sudah kita ketahui, memang unik, kadang kita menemukan bentuk yang sama. Spesifikasinya juga sama, tapi brand atau merknya berbeda. Sebenarnya tidak aneh sih kalau kita tau bagaimana ekonomi disana. Brand dan rebrand itu sudah sangat umum, management perusahaan yang lebih fleksibel, dan tidak terlalu terikat kontrak yang panjang mungkin menjadi salah satu factor dari beberapa factor lainnya. Seperti yang pernah admin bahas sebelumnya juga ada beberapa drone yang sama persis, namun memiliki merk yang berbeda. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebenarnya satu drone yang sama namun memiliki setidaknya dua merk di luar sana, jadi kalau anda menemui kedua merk tersebut, aslinya sama saja.



Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Adalah Helfar dan Lishi Toys. Dengan nama drone yang sama yaitu L6062, kalau anda coba mencari dengan kata kunci Helifar L6062, atau Lishi Toys L6062. Pasti hasilnya sama, ya karena memang sama, drone ini masih kategori mainan atau toy class, namun ada beberapa hal yang unuk disini, seperti bentuknya ketika di lipat bisa dimasukkan ke dalam termos bawaan, sehingga hanya terlihat kepala drone dengan kameranya. Hal ini sangat memudahkan kita terutama ketika waktu mau bepergian, dengan bentuk drone yang mirip termos seperti ini tentu lebih mudah membawanya, selain itu lengan, propeller dan motornya juga pasti terlindungi oleh badan termosnya.

Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Selain itu, ketika menjadi termos, juga bisa digunakan sebagai IP Cam, jadi bisa di hubungkan dengan koneksi wifi rumah, dan jadi deh IP Cam. Untuk firunya memang drone ini tidak memiliki fitur – fitur yang advanced. Mengingat ini adalah drone mainan, dengan memiliki kemampuan altitude hold saja sudah bagus. Selain itu ada beberapa  fungsi bawaan seperti headless mode, one key return, speed switch dan beberapa fitur bawaan lainnya juga, selengkapnya bisa dibaca dibawah ini:
- Dual function: it can be used for a quadcopter of but an IP camera when folded in the bottle - after entering the remote monitoring screen function, you can easily monitor your home by connecting to the Internet.
- Advanced altitude holding function: allows it to suspend in mid-air even after letting go of the joystick, easier for beginners to control.
- Bright LED lights: LED navigation lights for night flights not only allow you to fly the drone at night without the fear of losing, but also but shine beautifully in the dark, providing an excellent view in the sky.
- One-key return: can call the drone back quickly to the home point no matter how far you are.
- Headless mode: controls it without having to worry about the orientation of the controller, ensuring you stay oriented with the drone.
- 3 adjustable speed: fast, medium and slow. The beginners not need to worry about that flying too fast to control the quadcopter.




Spesifikasi Helifar dan Lishi Toys L6062


Channel: 4CH
Frequency: 2.4GHz
FPV: Wifi 2.4GHz
Remote Controller Battery: 4 x AAA ( not included )
Battery: 3.7V 800mAh Li-Po
Flight Time: about 10 minutes
Charging Time: about 100 minutes
Remote Controlled Distance: about 150 meters
FPV Distance: 50m
Function: one key return / landing / up / down / left / right / forward / back / left side fly / right side fly / headless mode / altitude hold mode / APP gravity sensor control / IP Camera




Baterai yang digunakan oleh Drone L6062 ini sebenarnya sudah cukup besar kapasitasnya, yakni 800mAh, dengan tegangan 3.7Volt. baterai ini bentuknya paten, hanya bisa untuk drone L6062, namun meski begitu, soket yang digunakan adalah soket JST Merah yang kecil. dan untuk recharge, kita bisa recharge baterai dalam kondisi terpasang di badan drone, menggunakan kabel USB bawaan yang memiliki colokan langsung ke badan drone. Kalau anda lebih suka charge baterai secara terpisah, anda bisa gunakan charger anda sendiri yang menggunakan soket JST Merah kecil. dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan drone L6062 ini kira – kira selama 6 menit saja. Tapi mengingat ini drone mainan, waktu terbang selama itu sudah termasuk cukup, karena ketika waktu terbang sudah habis, motor pada drone akan beristirahat sehingga tidak overheat. Tambahan, juga ketika mau recharge baterai, usahakan untuk mendiamkan baterainya dulu biar suhunya lebih dingin, baru anda bisa charge seperti biasa.

Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Untuk remotenya, desain remote juga dibuat minimalis, peletakan tombol juga mudah dijangkau sekaligus ukurannya dibuat besar – besar. Mungkin ditujukan untuk pemula supaya mudah mengoperasikannya. Kalau model controller seperti ini, anda tidak bisa berharap banyak pada jangkauannya, rata – rata dengan remote kecil seperti ini anda maksimal bisa terbang hingga 60 – 70 meter saja kalau benar bisa sampai 150 meter seperti yang tertera pada tabel spesifikasinya juga nanti kemungkinan kita akan kesusahan mengendalikannya entah karena masalah pilot yang susah orientasi, atau drone nya yang terbawa angin. Meski kecil, tapi di bagian atas remote sudah bisa anda Tarik sebagai phone holder. Baterai ini menggunakan 4 buah baterai ukuran AAA.


Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Kamera pada drone ini, selain bisa digunakan untuk Wifi FPV. Juga bisa digunakan sebagai IP Cam. Dengan menghubungkan kamera ke Home Wifi anda, lalu buka aplikasi FPV nya, anda sudah bisa mendapatkan tampilan IP Cam dari drone L6062 ini layaknya CCTV rumah. Tapi berdasarkan pengalaman admin, pada dasarnya semua drone bisa melakukan hal ini, hanya saja, kemampuan kamera drone yang sebenarnya tidak dirancang sebagai IP Cam itu menjadi satu – satunya ancaman. Karena kamera FPV drone biasanya kalau digunakan selama 15 menit saja sudah panas, dan kalau digunakan terus tanpa ada pendinginan secara bersamaan, mungkin malah bisa membuat kamera jadi rusak karena ada komponen yang terbakar akibat overheat.


Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Tapi kalau untuk Wifi FPV drone biasa, anda bisa mengambil foto atau video dan akan tersimpan langsung ke microSD slot yang sebelumnya tentu sudah anda pasang MicroSD nya. Kamera yang dimiliki terlihat sangat low class. Memang kamera standar untuk drone kelas mainan, jadi meski anda mendapatkan resolusi HD 720p, tapi kualitas gambarnya juga masih jelek, alias “burem atau kotak – kotak”. Mungkin lensa yang digunakan sekitar 1 – 2 MP saja.

Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Umumnya, ketika membeli drone Helifar L6062 atau Lishi Toys L6062 anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter,
1 x Remote Controller,
1 x USB Charger,
1 x Screwdriver,
4 x Blade,
1 x User Manual



Kesimpulan admin untuk drone L6062 ini, memang unik, tapi admin rasa tidak tepat sasaran kalau drone ini dijadikan IP Cam CCTV untuk waktu yang lama, karena kamera drone ini tidak dibuat untuk tugas tersebut. Lalu warna propeller 4 buah sama semua, bagi pemula jadi susah menentukan orientasi, bagian LED juga tidak di tiap lengan tapi di badan tengah drone, jadi tidak bisa dijadikan patokan orientasi. Selain itu, kalau terbang jauh – jauh drone ini semakin susah dikendalikan, mungkin jangkauan sinyalnya memang tidak bagus seperti yang admin jelaskan diatas. Tapi kalau untuk portabilitas, drone ini sangat portable dan mudah sekali dibawa kemana – mana.

Spesifikasi Drone Helifar dan Lishitoys L6062 - OmahDrones


Untuk harganya, mungkin masih belum banyak yang menyukai drone seperti ini, drone yang mementingkan portabilitas, tapi tidak mementingkan peforma terbang dan fungsi – fungsinya. Tapi nyatanya drone ini masih dijual di beberapa online marketplace yang skalanya internasional tentunya. Di gearbest ada bisa mendapatkan Drone L6062 seharga 48 USD atau setara dengan 670ribuan. Kalau di amazon, L6062 dibandol sebesar 55usd atau setara dengan 770ribuan. Apakah masih ada peminat untuk drone mainan semacam ini?