Spesifikasi Drone Eachine E511 - 1080p Camera Wifi-FPV


Beberapa waktu yang lalu, admin omahdrones sudah membahas satu drone yang bentuknya mirip dengan DJI Mavic Air. Masih dalam kelompok drone mainan, dengan nama Dongmingtuo atau Drone X12 nama aliasnya. Dari segi bentuk memang bisa dibilang mirip ya dengan DJI Mavic Air. Tapi kalau dilihat dari ukurannya jauh lebih kecil. Cara pelipatannya pun juga keren karena lengan belakangnya cara membentangkannya adalah dengan cara diputar mirip DJI MavicPro. Ya meski dinilai mirip dari bentuknya, tapi drone tersebut memiliki beberapa kekurangan dan kabar mengecewakan dari sejumlah orang yang sudah membelinya, sehingga popularitas Drone X12 tersebut malah terus merosok dan bahkan banyak yang tidak merekomendasikannya untuk dibeli.

Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones


Tapi tetapi, di jauh sana, eachine ternyata juga punya drone yang bentuknya juga mirip dengan DJI Mavic Air. Dengan nama pasar Eachine E511, drone ini benar – benar mirip si Drone X12 dari dongmingtuo, namun dengan ukuran yang lebih besar, dan selain itu Eachine E511 menawarkan beberapa kelebihan lainnya. Kalau dilihat dari segi brand, tentu pengguna akan lebih percaya untuk membeli Eachine daripada Dongmingtuo, bukannya memihak, namun umumnya pembeli pasti lebih memilih brand yang terkenal daripada yang kurang terkenal, kalau dari selisih harganya tidak terlalu besar. Nah itu mungkin yang harus menjadi informasi pertama anda, karena Eachine E511 ini dari segi ukuran lebih besar, dia memakai motor yang lebih besar juga, baterai yang lebih besar dan apakah harganya juga lebih besar?



Dari segi fitur, sebenarnya Eachine E511 adalah drone Wifi-FPV basic yang tidak dilengkapi dengan beberapa sensor tambahan apapun selain yang digunakan untuk bisa terbang stabil. Untuk fitur bawaannya sendiri, dia sudah altitude hold, dengan tambahan fitur bawaan seperti headless mode dan one key return, untuk fitur selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:
- With foldable arms, small size, easy to carry.
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- There have 2 cameras can be choose. With 720P or 1080P wide angle camera give wide range high denfinition pictures and video.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- Trajectory Flight. Draw a fligh path on the screen, and the drone would conduct an autonomous flight along the designated path.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones


Spesfikasi Drone Eachine E511

Brand Name: Eachine
Item NO.: E511
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Motor: 1020 Coreless Motor
Quadcopter Battery: 7.4V 1200mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery: 4 x 1.5 AAA Battery (NOT Included)
Flying time: 15-17mins
Charging time: 120-150mins
R/C Distance: 200m    
Color: White
Camera: 720P / 1080P  (Optional)
FOV: 120° Wide Angle
Quad's Size: 35.4x36.6x7.3cm (the arms not folded, with props guard)
                     18.5x10.8x6.4cm (the arms folded)


Baterai untuk Eachine E511 kalau dibandingkan dengan drone mainan lainnya, Eachine E511 mendapatkan baterai yang lebih besar baik dari kapasitas maupun tegangannya. Untuk mendukung dari berat drone ini supaya tetap bisa terbang dengan normal, Eachine E511 dibekali dengan baterai bertegangan 7.4Volt, yang kapasitasnya sebesar 1200 mAh. Apabila dilihat dari spesifikasi, dengan baterai ini anda bisa menerbangkan Eachine E511 hingga 17 menit, walau dalam kenyataannya rata – rata anda bisa menerbangkan Eachine E511 selama sekitar 13 menit saja untuk satu baterai. Ya, kita tau juga kalau lama terbang bisa dipengaruhi juga oleh keadaan dimana kita terbang, dan juga tentu cara terbang kita juga turut mempengaruhi. Untuk chargernya, anda sudah disertakan USB Balance Charger untuk recharge baterai Eachine E511.


Yang perlu menjadi catatan adalah baterainya bertipe proprietary, yang artinya tidak universal. Maka dari itu, mungkin anda juga bisa sekalian membeli baterai cadangannya ketika anda membeli drone Eachine E511.

Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones



Untuk bagian remote control. Eachine E511 masih menggunakan controller yang desainnya sama seperti pada pendahulunya yakni Eachine E58. Dengan bentuk replica dari controller DJI Mavic series, yang ditambah dua antenna palsu yang fungsi utamanya hanya sebagai hiasan. Dengan remote seperti ini biasanya anda bisa mendapatkan jarak jangkauan kurang lebih 100 meter. Remote ini menggunakan 3 buah baterai ukuran AA yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Kalau mau go green, anda bisa gunakan baterai rechargeable supaya ketika baterai habis, anda tinggal recharge lagi. Kekurangan dari remote ini adalah label yang ada pada tombol fungsi hanyalah sebuah icon, sehingga anda perlu memberi label sendiri untuk menambah penjelasan sehingga anda bisa menghafal fungsi tiap tombol lebih cepat.

Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones


Dibagian bawahnya tentu bisa anda Tarik untuk menjadi phone holder. Kamera pada Eachine E511 ini menjadi salah satu key feature dari drone ini. Sebab Eachine E511 menawarkan kamera yang bisa mengambil video dengan resolusi 1080p. Eachine E511 menggunakan lensa yang lebih baik daripada seri – seri Wifi-FPV sebelumnya yang maksimal dapat mengambil gambar di resolusi 720p. lensa dan sensor yang digunakan juga nampaknya sudah lebih bagus, tidak seperti beberapa tipe drone yang terlalu memaksakan dengan menggunakan sensor kecil lalu membentangkan resolusi sehingga menjadi HD bahkan Full HD. Untuk Eachine E511, nampaknya gambar yang didapatkan sudah cukup bagus untuk sebuah drone mainan.



Untuk Wifi-FPV, dia masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, sehingga harusnya semua smartphone bisa menggunakan aplikasi Wifi-FPV pada drone Eachine E511 ini. Untuk jarak FPVnya, sebenarnya tergantung pada seberapa bagus Wifi pada smartphone anda, tapi rata – rata Wifi-FPV bisa mencapai 30 meter dalam kondisi minim interfensi sinyal.

Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones


Dalam pembelian Eachine E511, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine E511 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1200mAh Lipo Battery (Can be choose the battery quantity when order)
1 x USB Charging Cable
4 x Protection Cover
2 x Spare Blades
1 x Screwdriver
1 x User Manual



Nah, kesimpulannya, meski masih tergolong drone mainan, setidaknya Eachine E511 sudah memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada drone – drone sekelasnya. Dan susahnya disini, karena dia belum memiliki tambahan hardware seperti optical flow sensor atau GPS untuk mengurusi lokasi dan agar tidak terbawa angin yang berhembus, anda harus selalu sigap dan reflek ketika tiba – tiba ada angin yang bisa menyeret dronemu, agar tidak fly away tentunya.

Spesifikasi Drone Eachine E511 - OmahDrones


Untuk harganya, Eachine E511 ini sudah tersedia khsusunya di beberapa online marketplace berskala internasional, dan dia ini dibandrol sebesar 80USD atau kalau diubah ke kurs rupiah, setara dengan 1.2jutaan. kalau dilihat dari harga yang dibandrol disitu nampaknya masih terlalu mahal untuk drone Wifi-FPV basic yang belum memiliki GPS, dan masih menggunakan motor brushed juga kan.