Spesifikasi Drone JJRC X9 - Mirip DJI Spark


Beberapa waktu yang lalu, omahdrones sudah pernah membahas satu drone yang bisa dibilang mirip DJI Spark. Bukan Cuma dari segi bentuknya, namun fitur yang dimiliki juga menyerupai fitur yang ada pada drone DJI Spark. Drone ini dikeluarkan oleh C-Fly, dengan nama C-Fly Dream. Kalau anda penggemar setia omahdrones tentu anda sudah pernah membaca postingan mengenai drone tersebut kan. Dan kali ini, kita akan membahas drone yang betul – betul mirip dengan C-Fly Dream itu. Jadi kalau C-Fly Dream meniru DJI Spark, nah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini dia meniru C-Fly Dream. Dan yang menarik, adalah yang mengeluarkan drone ini adalah JJRC. Dimana kita tau JJRC merupakan salah satu brand yang cukup terkenal terutama di Indonesia.

Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Dengan nama pasar JJRC X9, kalau dilihat dari bentuknya. JJRC X9 mirip 100% dengan C-Fly Dream. Memiliki bentuk yang mungil, di tenagai oleh motor brushless untuk efisiensi tinggi, serta di bagian kamera memiliki 2 axis gimbal stabilizer, kalau dilihat dari luar sih memang tidak ada perbedaan. Sebenarnya ada beberapa perbedaan disini, seperti di positioning systemnya, JJRC X9 hanya menggunakan GPS saja, berbeda dengan C-Fly Dream yang sudah menggunakan GPS/Glonass, mengakibatkan JJRC X9 jadi lebih lama ketika proses GPS Locking. Namun, JJRC X9 memiliki sensor tambahan di bagian bawah yakni optical flow sensor, sehingga meski tanpa GPS, harusnya dia masih bisa mempertahankan posisinya menggunakan sensor tersebut.



Selain itu, JJRC X9 juga memiliki fitur – fitur bawaan seperti one key take-off/landing, return to home, dan beberapa fitur menarik yang bisa anda lihat dibawah ini:
- HD FPV Flight:
5G WiFi camera: 1080P videos and photos, 720P real-time transmission
- Stable Flight
With GPS + optical flow + air press altitude hold positioning system, the flight is more stable, bringing clear photos
- One Key Following Mode
In the mode, the drone will fly following the player to capture the beautiful moment
- Point of Interesting Flight
Choose one point, then the drone will fly around the point in a circle
- Tap to Fly
Choose one point, the drone will fly toward the aim straightly
- One Key Takeoff / Landing
Without complex operation, just press one key to achieve flying or landing
-  One Key Return
Press one key, the drone will return the original flying place, the flight is safer
-  WiFi APP control: download by the QR code on the manual
-  Remote control battery: 3.7V 2500mAh battery



Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC X9

Brand: JJRC
Type: Quadcopter
Features: Brushless Version
Functions: Aerial Photography,Air Press Altitude Hold,Camera,Continuous Shooting,Forward/backward,FPV,GPS Altitude Hold,Headless Mode,One Key Automatic Return,One Key Follow,One Key Landing,One Key Taking Off,Optical Flow Positioning,Point of Interest,Turn left/right,Up/down
Size: Small
Sensor: Barometer,Optical Flow
Max Speed: 20km/h
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Material: ABS/PS
Kit Types: RTF
Level: Advanced Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: 1000m
Gimbal: 2axis
Video Resolution: 1080p
FPV Distance: 200 - 300m
Transmitter Power: Built-in rechargeable battery
Battery: 11.4V 1000mAh li-ion
Flying Time: 14-15mins
Charging Time.: about 250mins

Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Baterai yang digunakan JJRC X9 juga sama dengan C-Fly Smart, dia dibekali dengan baterai bertegangan 11.4Volt yang kapasitasnya sebesar 1000mAh. Baterai ini jenisnya Li-HV alias Lithium High Voltage. Dengan baterai jenis ini, harusnya drone ini menerima pasokan power yang mumpuni untuk bisa terbang dengan tenaga optimal. Meski dalam tabel spesifikasi tertera kita bisa menerbangkan JJRC X9 hingga 15 menit, namun rata – rata flight time yang bisa kita dapatkan hanya selama 10 menit saja. Dan tentu, flight time juga bisa dipengaruhi oleh dimana anda terbang, dan bagaimana anda menerbangkan drone tersebut. Baterai ini bertipe proprietary, alias desain khusus. Sebenarnya anda juga bisa menggunakan baterainya C-Fly Dream karena spesifikasi baterainya juga sama. Untuk chargernya, anda juga mendapatkan charger bawaan sehinnga anda tidak perlu beli charger lain, karena dengan charger bawaan saja sebenarnya sudah cukup.

Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Untuk remotenya, JJRC X9 menggunakan desain remote yang sepertinya memang dirancang untuk seri X, karena bentuk remote ini juga digunakan oleh JJRC X8 yang juga sudah pernah admin bahas di postingan yang lain. Dengan remote ini, meski antenna Nampak sebagai hiasan saja, namun untuk jarak jangkauannya bisa mencapai 300 meter dalam kondisi tanpa interferensi sinyal, memang pada tabel spesifikasi memang terlihat agak ngawur karena JJRC menulis kalau drone ini bisa dikendalikan hingga 1000 meter alias 1 Km. Tiap tombol fungsi juga sudah diberi label berupa icon sehingga harusya bisa membuat si pilot jadi tau apa fungsi dari tombol tersebut. Meski desain remotenya terkesan kecil, namun disini anda tetap bisa memasang phone holder dibagian atas remote, tentunya untuk meletakkan smartphone anda. Remote ini sudah menggunakan baterai internal, sehingga ketika baterainya habis, anda hanya perlu recharge saja menggunakan kabel micro USB.

Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Di bagian kamera, JJRC X9 sudah menggunakan kamera yang cukup bagus untuk kelasnya. Dengan kamera ini anda sudah bisa mendapatkan video dengan resolusi FHD 1080p. dengan kamera ini anda juga tentu bisa melakukan Wifi-FPV, hanya saja drone JJRC X9 ini menggunakan Wifi 5G alias 802.11ac. jadi untuk bisa melakukan Wifi-FPV dengan drone JJRC X9, pastikan smartphone anda support di Wifi 802.11ac. semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di MicroSD yang sebelumnya sudah anda pasang di port yang berada di belakang drone, sehingga hasil video yang anda dapatkan adalah video normal tanpa interferensi seperti lag dari frame dropping. Selain itu, disini anda bisa mengatur tilt kamera melalui scroll wheel yang berada di remote, jadi ketika ingin rise atau low angle kamera bisa anda lakukan ketika terbang dengan mudah.

Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian JJRC X9 anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone,
1 x Remote Control ( Battery Included ),
1 x UAV Battery,
1 x Balance Charger,
1 x USB Cable,
2 x Propeller,
1 x L Type Wrench,
1 x Chinese-English Manual



Kesimpulan mengenai drone JJRC X9, memang dari spesifikasi bisa dibilang pas – pasan, terutama di bagian GPS nya. Dimana beberapa drone mainan sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS, disini anda hanya mendapatkan GPS saja, sehingga waktu untuk GPS Lockingnya bisa memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan sejumlah GPS yang terkunci agar anda bisa terbang dengan aman. Dan juga, beberapa pilot yang pernah mereview JJRC X9 juga agak sedikit kecewa, karena GPSnya seperti tidak berfungsi secara maksimal, bahkan optical flow sensornya pun juga tidak keliatan bagusnya.

Untuk mendapatkan Drone JJRC X9 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone JJRC X9

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone JJRC X9 - OmahDrones


Sedangkan untuk informasi mengenai harga dari JJRC X9, di beberapa online marketplace dia dibandrol sebesar 200USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis setara dengan 2.8 jutaan. Memang kalau di hitung – hitung tidak jauh beda harganya dengan C-Fly Dream. Dan kalau kata admin sendiri sih lebih baik ambi si Dream saja kalau dananya cukup, bukannya apa, tapi si dream kan sudah memiliki GPS/GLONASS, jadi ketika GPS Locking akan lebih cepat tentunya daripada menggunakan GPS saja.