Spesifikasi Hubsan Zino - 4K Video 5G FPV


Bagi yang suka traveling, sekarang ini drone bisa menjadi salah satu barang bawaan wajib mereka. Drone mereka gunakan untuk mendokumentasikan perjalanan mereka, supaya kenangan yang tidak ingin dilupakan tetap bisa dilihat kapanpun mereka mau. Baik itu menjadi dokumentasi pribadi, atau dijadikan sebuah konten yang dapat dinikmati orang lain yang di salurkan melalui platform seperti youtube misalnya. Kebutuhan drone sebagai salah satu pelengkap traveling sebenarnya sudah disadari oleh banyak produsen drone, itu  ditandai dengan munculnya banyak drone dengan label “travel” di beberapa kata marketingnya. Mulai dari produsen startup hingga produsen besar, semua bersaing menciptakan drone yang paling nyaman, simple, namun bisa dihandalkan ketika digunakan dalam kondisi traveling.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones





Melihat peluang tersebut. Sebenarnya Hubsan sudah menyadarinya juga, bisa dilihat dari beberapa produk terbaru hubsan, setidaknya ketika artikel ini admin tulis, hubsan memiliki beberapa drone yang dirancang untuk kebutuhan traveling. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, omahdrones akan mencoba mengulas drone buatan hubsan yang cukup menarik menurut admin. Namanya adalah Hubsan Zino. Yang membuat menarik, selain desainnya yang memiliki foldable arm, dia juga dilengkapi dengan 3axis gimbal, plus kameranya juga sudah bisa mengambil video dalam resolusi 4K. bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasi akan coba admin bahas di kesempatan kali ini.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones


Hubsan Zino sudah bisa dikategorikan professional drone, terlebih untuk kalangan traveler. Dengan motor brushless yang powerfull, serta dilengkapi juga dengan GPS/GLONASS untuk positioning systemnya. Sedangkan untuk fiturnya, sayangnya Hubsan hanya memberikan poin – poin nya saja, tapi jangan khawatir, admin akan coba menjelaskannya juga dengan singkat, berikut ini adalah fitur yang ditawarkan oleh Hubsan Zino :

- Ultra HD 4K
Yap, ketika mengambil video, anda bisa memilih resolusi, mulai dari HD, hingga UHD 4K.
- Transmission Distance: 1KM
Menurut kalkulasi hubsan, Hubsan Zino ini bisa mencapai 1 KM, baik control drone nya juga FPV nya.
- Three Axis Gimbal
Dengan adanya 3axis gimbal, tentu video yang anda dapatkan akan halus, minim bahkan tidak ada getaran yang terlihat pada video hasil.
- WiFi Transmission Signal For Video And Control
Dengan remote yang kompleks, bukan hanya sebagai transmitter drone, tapi juga sebagai receiver FPV.
- Image Tracking
Fitur yang sekilas mirip “CCTV” Drone, namun drone bisa tracking realtime pada objek yang dipilih
- Panorama Photography
Fitur yang sangat diidamkan terutama kalau anda traveler yang suka akan pemandangan, dengan mode panorama, anda bisa mendapatkan gambar yang menakjubkan dan tentunya luas.
- Line Fly Mode
Mengambil gambar dengan motion bergerak lurus, namun kamera Hubsan Zino tetap mengarah ke objek, bisa dong.
- Max Flight Time 23 Minutes
Menurut kalkulasi Hubsan juga, kalau baterainya di klaim bisa bertahan hingga 23 menit, apa benar?
- Fitur Standar
Seperti one key take-off/landing, lalu return to home, switch untuk GPS mode/Sport mode



Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones

Spesifikasi Hubsan Zino


Size: L304.6*W252.4*H90mm
Max Flight Time: 23 minutes
Flying Weight: 700g (propeller guard not included)
Drone battery: Intelligent Battery 11.4V 3000mAh
Motor: Brushless Motors
Charging Time: 240 Minutes
Transmission Distance: 1KM
HD WI-FI video transmission
FPV: Immersive Experience
Flight Control Failsafe/Low Power Failsafe
Function: GPS/Follow Me/Headless/RTH
Built-in 4K high-performance camera
Video Resolution: HD, FHD, 4K
Processor: Ambarella A12
Sensor model: IMX258
Video format: MP4
Picture format: JPEG



Sejujurnya admin mengharapkan spesifikasi lebih kompleks dari hubsan nya, namun dari sananya hanya menampilkan informasi spesifikasi seperti diatas, ya sudah lah.



Mulai dari baterainya sih, Hubsan Zino memiliki baterai 3S, yang artinya ada 3 cells dalam 1 baterai. Baterai ini jadi memiliki tegangan 11.4 Volt. Dengan kapasitas sebesar 3000 mAh. Dengan baterai ini seperti pada bagian fitur tadi, hubsan klaim kalau Hubsan Zino bisa terbang hingga 23 menit, namun semua tergantung situasi, kondisi serta bagaimana anda menerbangkan si Hubsan Zino ini, kalau dirata – rata sih bisa 17 menitan lah sekali terbang. Disamping itu, meski baterainya terlihat proprietary, namun anda bisa recharge menggunakan balance charger yang tentunya sesuaikan soketnya aja. Tapi kalau tidak pun, anda juga sudah mendapatkan charger bawaan hubsan yang sudah cukup kalau hanya untuk recharge baterai Hubsan Zino semata.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones


Lalu untuk remotenya, ukurannya kecil, dan simple tapi elegan, mungkin bisa dibilang mirip controller milik DJI Mavic Series ya, karena sekilas memang mirip, hanya warnanya saja yang beda. Tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan seperti peletakan tombol di antara sticknya. Lalu untuk phone holdernya, anda bisa menarik bagian bawah remote, seperti pada remote drone – drone mainan kalau admin bilang. Untuk sumber tenaganya, Remote ini sudah memiliki baterai internal, sehingga kalau indicator menandakan baterai sudah hampir habis, maka tinggal recharge saja. Dan yang terakhir, adalah radius jangkauan remotenya. Soal itu, Hubsan mengeklaim kalau Hubsan Zino bisa dikendalikan hingga 1KM. namun di realita, tentu ada beberapa factor yang mempengaruhi jarak jangkauan drone, seperti tempat dimana anda terbang, banyak interfensi sinyal atau tidak.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones


Di unit kameraya, Hubsan Zino memiliki kamera yang cukup bagus. Bahkan dengan kamera ini anda bisa mengambil video dalam resolusi 4K. ya, meski begitu kalau anda ingin mengambil video dengan resolusi lebih kecil juga masih bisa. Lebih hemat memori juga kan. Nah, lalu untuk kestabilan saat mengambil gambar atau video, drone ini sudah dilengkapi dengan 3axis gimbal. Jadi ketika mengambil video udah pasti halus, seperti drone – drone dengan 3axis gimbal pada umumnya. Ditambah fitur – fitur dimana keperluan video anda bisa terpenuhi dengannya, seperti waypoint, follow me, image tracking dan lain – lain.



Di bagian FPV Transmitternya, Hubsan Zino menggunakan Wifi 5G, kalau belum tau perbedaan Wifi FPV pada drone bisa baca postingan omahdrones tentang perbedaan wifi 2.4GHz dengan 5G. tapi bukan berarti anda harus memiliki Smartphone dengan wifi yang support 5G, karena di dalam remote Hubsan Zino, sudah terdapat Wifi Receiver 5GHz, jadi anda hanya perlu menghubungkan smartphone dengan remote menggunakan kabel USB bawaan dari hubsan. Sehingga jarak jangkauan drone plus FPV nya bisa lebih maksimal lagi. Rata – rata dengan menggunakan FPV ini bisa hingga 600 meter lebih. Sungguh mengejutkan lagi ketika melihat harga Hubsan Zino ini ternyata tidak terlalu mahal.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Hubsan Zino anda akan mendapatkan:
1 X Aircraft
1 X Intelligent Flight battery
1 X HT016 Remote Controller
2 X Propellers (pair)
2 X propeller screws pair)
1 X gimbal protector
1 X propeller Wrench
1 X AC Adapter
1 X Balance Charger
1 X USB Charger for Aircraft battery
1 X USB Charger for transmitter battery
1 X RC cableLightning connector
1 X RC cablestandard Micro USB connector
1 X RC cableUSB Type-C connector
1 X user manual



Tapi kalau anda beli di situs resmi hubsan, anda bisa sekalian membeli sparepart atau beberapa item lainnya sekalian.



Kalau admin simpulkan Hubsan Zino tidak hanya cocok untuk traveler. Tapi consumer biasa pun bisa menggunakannya, terlebih karena harganya yang lebih murah, kualitas dan fiturnya sudah cukup memuaskan. Dan tentunya sifat portable nya yang membuat mudah ketika penyimpanan atau dibawa kedalam tas. Kalau sparepartnya juga mudah ditemukan di Indonesia khususnya, mungkin Hubsan Zino bisa sangat worth untuk dibeli kalau ngebet pengen beli drone yang banyak fiturnya dengan harga yang lebih bersahabat.

Spesifikasi Hubsan Zino - OmahDrones


Bicara soal harga, di situs resminya Hubsan, untuk tipe standar, Hubsan Zino ini dibandrol sebesar 370 USD. Atau kalau diubah ke kurs Rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan 5.2 Jutaan, ya kalau anda bandingkan dengan DJI Mavic, karena mentang – mentang bentuknya juga mirip, harganya masih bisa dibilang setengah dari si mavic mungkin ya. Tapi sebenarnya juga beda kelas sih, karena Hubsan Zino ini dirancang untuk menjadi drone professional bagi para traveler. Sehingga kalau dibandingkan dengan drone Filming, atau pemetaan, apalagi untuk Agrikultur tentu beda kelas.