Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - GPS Wifi FPV


Bagi beberpa orang, ukuran sebuah drone menjadi salah satu factor yang sangat mempengaruhi dibeberapa keadaan. Bentuk drone yang telalu besar, biasanya membuat pemilik drone agak kesusahan ketika membawa drone tersebut bersamanya. Meski ada juga drone yang berukuran medium yang lebih kecil, namun kadang bagi orang yang terlalu simpel masih kurang kecil juga, ibarat kalau DJI menyikapinya, dari Phantom series jadi Mavic seres, lalu buat orang yang ingin super simple dibuatlah Spark dan juga Tello. Tapi sebenarnya bukan dari DJI saja sih yang memiliki drone kecil – kecil cabe rawit. Ada beberapa drone yang kecil tapi fiturnya banyak, misal dari C-Fly sudah ada C-Fly Dream yang mirip DJI Spark.


Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Tapi pada kesempatan kali ini admin tidak akan membahas drone mirip DJI Spark lagi, karena disini admin tertarik untuk membahas sebuah drone yang benar – benar kecil, tapi kemampuannya bisa dibilang mantap untuk drone sekecil ini. Dengan key feature video FPV 1080p plus udah dilengkapi dengan GPS/GLONASS. Drone ini memang salah satu drone yang namanya masih asing terutama pada saat artikel ini admin tulis. Namanya adalah Simtoo XT-175. Drone ini ukurannya kecil, hanya sebesar telapak tangan orang dewasa saja. Tapi drone ini sudah menggunakan motor brushless. Artinya selain motor yang digunakan sudah lebih bagus daripada kebanyakan mini drone yang masih menggunakan motor brushed, selain itu anda mendapatkan keuntungan seperti efisiensi tenaga yang dihasilkan lebih optimal, serta di perawatannya akan lebih mudah, karena biasanya motor brushless meski digunakan ber jam – jam tanpa henti pun masih oke – oke saja, tidak overheat dan mati seperti brushed.


Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Di bagian fitur, fitur standar tetap masih ada, seperti kemampuan altitude hold, lalu selain ada GPS/GLONSASS yang sudah admin sebutkan diatas, Simtoo XT-175 juga dilengkapi dengan optical flow sensor, jadi ketika anda terbang indoor dan susah dapat sinyal GPS, drone masih bisa mempertahankan posisinya menggunakan sensor optical flow yang berada di bagian bawah drone tersebut. Nah, untuk fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
- GPS + Optical Flow positioning system achieves both indoor and outdoor precise hover
- 1080P HD camera provides a clear FPV flight
- 970mAh LiPo battery can work long up to 16mins
- Ultra light 140g weight and mini pocket size, easy to carry
- Follow Me mode: lock you as a hot point and automatically fly following you to make a video
- One key return / takeoff / landing greatly simplify the operations and are very friendly to new players
-  Waypoints: can draw a line as a flight path
-  High-speed brushless motor + professional foldable propeller reduce noise by 30 percent and increase power by 20 percent
-  APP download: QR code on the manual


Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Spesifikasi Simtoo XT-175


Brand: SimToo
Type: Quadcopter
Features: WiFi APP Control, WiFi FPV
Functions: Automatically Following, Button Control, G-sensor Mode, Joystick Control, One Key Automatic Return, One Key Landing, One Key Taking Off, Waypoint Flight (iOS)
Sensor: Optical Flow
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Level: Beginner Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control, WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle), WiFi APP
Detailed Control Distance: About 150m
Compatible with Additional Gimbal: No
QuadCopter Battery: 7.6V 970mAh LiPo
Transmitter Battery: 3.7V 470mAh LiPo



Untuk baterainya, dia menggunakan baterai paten yang artinya baterai ini khusus bentuknya. Jadi ketika pembelian, lebih baik sekalian beli baterai cadangannya juga apabila ada. Baterai ini memiliki tegangan 7.6 Volt, dan kapasitasnya sebesar 970 mAh. Dengan baterai ini, anda bisa terbang selama sekitar 12 menit satu baterai, untuk menambah lama terbang, anda bisa membeli baterai cadangan sesuai kebutuhan anda. Sayangnya, karena Simtoo XT-175 masih jarang di Indonesia, utamanya ketika artikel ini ditulis, admin tidak bisa menemukan yang jual baterainya di marketplace online lokal, kalau di marketplace internasional masih banyak sih, Cuma kendalanya mungkin kadang ketika membeli barang dari luar negeri langsung bisa kena bea cukai kalau dikirim via POS.


Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Di bagian remote control nya, ukurannya sangat kecil, mengingatkan admin pada drone – drone kecil yang dulu juga pernah admin bahas di omahdrones. Untuk controller Simtoo XT-175, dia memiliki ukuran yang mungil juga, dengan remote control sekecil ini, biasanya digunakan untuk mini drone dan jaraknya tidak terlalu jauh, mungkin hanya sekitar 60 meter saja, meski di tabel spesifikasi tertera bisa hingga 150 meter, disamping itu, jarak jangkauan kan juga dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti dimana anda sedang terbang, apa banyak interferensi sinyal atau tidak. Untuk tombol – tombol fungsi, disini sudah diberi label, jadi harusnya bisa memudahkan kita untuk mengingat tiap fungsi tombolnya. Dan untuk sumber tenaganya, dia juga sudah pakai baterai internal 1S, 3.7 Volt dengan kapasitas sebesar 470mAh, jadi, kalau baterai transmitter sudah habis, tinggal recharge lagi.



Di bagian atas remote bisa anda Tarik ke atas, untuk menjadi smartphone holder. Disini anda bisa menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV. Nah, apliaksi FPV nya termasuk unik, karena sebelum kita masuk ke FPV kita bisa memilih menggunakan sinyal Wifi 2.4G atau 5G. jadi meski smartphone anda belum support Wifi 5G 802.11ac, anda masih bisa FPV an menggunakan drone ini, ya itu tadi Cuma jaraknya tidak akan sejauh kita pakai FPV Wifi 5G.

Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Sedangkan di kameranya, disini juga tidak disebutkan Simtoo XT-175 mengguanakan lensa seberapa besar, sensornya seberapa besar, tapi Simtoo XT-175 sudah bisa mengambil video dalam resolusi 1080p. hasil videonya juga sudah cukup bagus untuk drone sekecil ini. Ketika mengambil foto atau video, hasilnya akan disimpan pada microSD yang bisa anda pasang di badan drone. Terutama ketika mengambil video, anda akan mendapatkan video asli, tanpa lag akibat frame dropping dari Wifi FPV.

Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


ketika pembelian Simtoo XT-175, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone,
1 x Transmitter ( Battery Included ),
1 x Flight Battery,
1 x Charger Base,
1 x USB Cable,
2 x English Manual,
1 x Wrench,
1 x Set of Propeller Guards



kesimpulan admin mengenai drone ini, sebenarnya drone ini sangat layak untuk dibeli, terlebih karena ukurannya yang kecil. Meski beberapa bug masih ada di aplikasi, namun kalau terus di kembangkan, aplikasi bisa tambah lebih baik. Dan lebih layak lagi untuk dimiliki. Lebih disarankan lagi kalau di Indonesia sudah ada yang menjual drone plus sparepartnya, jadi ketika butuh sparepart bisa membelinya dengan mudah.

Spesifikasi Drone Simtoo XT-175 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, seperti biasa admin berpatokan pada harga di marketplace online skala internasional, karena kebanyakan yang menjual resmi tim marketing dari produsen atau brand yang mereka pegang. Dan Simtoo XT-175 ini dibandrol sebesar 140USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan 1.9jutaan. memang agak mahal untuk drone sekecil ini, terlebih sparepartnya tidak tau bakal mudah atau susah dicari di kemudian hari. Tapi kalau bisa awet sih mengapa tidak.