Spesifikasi Drone LH-X28WF - GPS Wifi-FPV


Kebanyakan drone berkamera sekarang sudah “harus” memiliki kemampuan untuk melakukan FPV atau First Person View, dimana anda bisa melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara langsung melalui monitor atau goggles. Jenis FPV pun ada beberapa macam, seperti di tipe Wifi-FPV ada dua jenis setidaknya untuk sekarang ini yakni Wifi-FPV 2.4GHz dan juga 5GHz, bedanya kalau smartphone anda belum support Wifi 802.11ac, anda tidak bisa melakukan FPV dengan drone yang menggunakan kamera Wifi 5G. dengan Wifi 5G biasanya jangkauan terbang dan FPV akan jadi lebih jauh, karena sinyalnya tidak bentrok di beda frekuensi, sebaliknya, apabila menggunakan drone berkamera Wifi 2.4GHz, dan anda terbang menggunakan remote, anda tidak bisa terbang jauh – jauh karena pasti nanti ada bentrokan sinyal yang akibatnya tentu mengurangi jangkauan terbang.


Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones

Selain FPV, satu fitur yang juga terutama di waktu artikel ini ditulis, GPS yang ditambahkan pada drone kelas toys, juga menjadi trend baru di dunia drone kelas mainan. Sekarang, anda bisa dengan mudah mencari drone – drone mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS. karena kalau dari sisi kemudahan menerbangkan, tentu menerbangkan drone ber GPS lebih mudah daripada menerbangkan drone mainan. Drone mainan akan terbawa angin saat ada angin berhembus, karena tidak ada sistem navigasi apapun di tubuhnya untuk dapat mempertahankan posisi. Dengan adanya GPS, drone akan berusaha mengunci koordinat dimana ia terbang walau terkena angin sekalipun.

Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones


Tapi tentu kalau untuk pemula, lebih baik cari drone yang super – super basic dan manual, karena semua itu lebih baik belajar dari yang dasar kan. Nah, kali ini, admin ingin membahas sebuah drone mainan yang ber GPS lagi nih, kali ini dari LH, denga nama drone nya LH-X28WF. Drone ini kalau dilihat dari bentuknya mirip juga dengan DJI Spark. Hanya saja seperti drone mainan pada umumnya, LH-X28WF masih menggunakan motor brushed sebagai mesin pengangkatnya, sehingga normalnya, dia tidak boleh terlalu lama terbang dalam satu waktu untuk menjaga agar motornya tidak kepanasan dan cepat rusak, drone ini juga dibekali dengan beberapa fitur bawaan seperti:
-GPS positioning system ensures a full control to the drone when in further distance
-Altitude hold + GPS positioning system provides a good stability
-2MP 720P WiFi camera transmits videos in real-time for a FPV flight -Smart follow me mode: recognize the human and automatically follow the figure, continually capture their actions and activities
-Point of interesting flight: the drone automatically circles around the hot point, elevating the flight experience
-Waypoints: set a flight path on the APP interface for the drone
-Headless mode: fly the drone easily without knowing the head position
-Fail-safe return to home on low battery voltage
-Incontrollable State: Aircraft will return home automatically when it is disconnected
-With fancy LED lights
-One key return: just press one key to recall your RC drone
-High / middle / low speed
-Foldable design, easy to carry
-APP download: QR code on the manual (only for the version with camera)


Spesifikasi LH-X28WF

Type: Outdoor,Quadcopter
Features: 5.8G FPV,Camera,WiFi APP Control,WiFi FPV
Functions: Aerial Photography,Air Press Altitude Hold,Automatic Return,Camera,Forward/backward,FPV,Headless Mode,Hot Point Following,Low-voltage Protection,One Key Automatic Return,One Key Follow,One Key Landing,One Key Taking Off,Point of Interest,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,Waypoints,With light
Size: Medium
Sensor: Barometer
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control, WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle), WiFi APP
Detailed Control Distance: 200-300m
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Distance: 50m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery not included)
Battery: 7.4V 850mAh LiPo
Flying Time: 8-12mins
Charging Time: 150 - 180mins


Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones

LH-X28WF memiliki baterai tipe proprietary, namun dalam baterai ini masih terdapat slot balance charger, sehingga untuk melakukan recharge, anda bisa gunakan balance charger anda kalau tidak puas dengan charger bawaan dari pabrik yang masih menggunakan sumber tenaga dari port USB. Baterai yang digunakan LH-X28WF memiliki tegangan 7.4Volt dengan kapasitas sebesar 850mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan drone tersebur maksimal 12 menit, ya walaupun lama terbang itu juga dipengaruhi oleh cara terbang anda juga kan. Ketika baterai sudah habis juga kalau bisa jangan langsung charge baterai, diamkan dulu supaya suhu baterai normal, baru anda bisa melakukan pengisian ulang seperti biasa. Cara ini adalah cara termudah supaya baterai anda bisa lebih tahan lama, karena baterainya kan proprietary, jadi agak susah mencarinya dipasaran kalau mencari baterai cadangannya.


Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones

Drone ini juga memiliki transmitter fisik, bentuknya sih kurang lebih sama dengan transmitter syma generasi 2. Dengan antenna internal standar drone mainan, anda setidaknya bisa menerbangkan LH-X28WF ini hingga radius sejauh 300 meter. Tombol – tombol pada remote ini juga sudah terlabeli dengan icon – icon yang membuat anda bisa dengan mudah menghafal tiap fungsi tombol yang ada di remote ini.  Lalu, di bagian atas remote juga masih bisa anda pasang smartphone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV ketika menerbangkan LH-X28WF.



Untuk kameranya sendiri, dia memilki kamera ber resolusi 2MP tapi dengan kualitas yang menurut admin dibawah rata – rata, mungkin lensa aslinya Cuma 1MP, ditambah drone ini ternyata belum memiliki DVR di kameranya, sehingga gambar dan video yang anda ambil, akan langsung tersimpan pada memory smartphone anda melalui koneksi Wifi. Akibatnya, anda akan terancam mendapatkan video yang ada gangguannya seperti lag yang disebabkan oleh frame dropping, atau frame freezing. Dengan metode ini, anda tidak bisa berharap mendapatkan video yang halus dengan framerate 30fps ya, namanya juga drone mainan, Cuma untuk mainan saja.



Tapi ada cara untuk meminimalisir terjadinya Lag ketika anda FPV an menggunakan drone ini, caranya anda jangan terbang jauh – jauh, paling tidak 30 meter saja supaya koneksi Wifi dan remote masih setidaknya bagus untuk mengirim video realtime ke smartphone anda. Itu juga tergantung dengan kemampuan Wifi smartphone anda nanti.

Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones


Nah, tiap pembelian drone LH-X28WF, umumnya anda akan mendapatkan item seperti:
1 x Drone (Battery Included),
1 x Transmitter,
2 x Blade,
1 x Screwdriver,
4 x Protection Ring,
1 x USB Charger,
1 x English Manual



Menurut admin tentang LH-X28WF. Memang bagus dia sudah dilengkapi dengan GPS. lebih mudah menerbangkannya, serta memiliki fitur yang belum dimiliki oleh drone biasa. Kekurangannya mungkin ada di kamera, karena kameranya masih Wifi Transmit, sehingga video yang dihasilkan mungkin hanya sekitar 15 – 20 fps saja, masih terlihat patah – patah kalau anda bandingkan dengan video standar yang memiliki framerate 25 atau 30fps. Mungkin kalau ditambah DVR, drone LH-X28WF ini dapat mengambil video dengan framerate 25fps an sehingga videonya akan terlihat lebih normal.

Spesifikasi Drone LH-X28WF - OmahDrones


Untuk harganya, LH-X28WF ini dibandrol dengan harga sebesar 87USD di beberapa marketplace online berskala internasional. Kalau dirupiahkan setara dengan 1.2 Juta kalau sesuai kurs pada saat artikel ini ditulis. Mungkin yang membuatnya mahal adalah modul GPS nya, karena drone dengan spesifikasi LH-X28WF ini kalau tanpa GPS harganya pasti dibawah 1 jutaan. Tapi mungkin ada juga yang mau membeli drone ini dengan alasan tertentu kan, kalau tidak, mengapa drone ini dibuat.