Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - GPS Brushless FPV

Aosenma adalah salah satu merk atau brand RC yang sebenarnya sudah ada lama dan eksis di telinga para pecinta RC Terbang. Karena Aosenma menjadi salah satu brand yang pertama kali mengeluarkan drone dengan motor brushless dan GPS dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan dulu admin masih ingat, Aosenma mengeluarkan drone dengan double GPS disaat brand lain masih hanya menggunakan 1 GPS. Tepatnya adalah Aosenma CG035, kelemahan dari drone tersebut salah satunya adalah suku cadang yang susah ditemukan. Meski sebenarnya kalau mau modif sedikit saja tetap bisa diakalin juga. Lalu semakin banyaknya brand baru yang bermunculan, Aosenma nampaknya tidak selalu ikut serta dengan drone – drone keluaran terbarunya.

Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones


Nah, karena admin nulis artikel ini di saat banyak drone yang mulai dari kelas mainan sampai kelas semi professional menawarkan kamera 4K dalam iklannya, mungkin Aosenma juga ingin mengambil sedikit keuntungan dari adanya Gimmick tersebut. Maka kalau anda lihat di iklan drone ini, kebanyakan atau bahkan semua menuliskan 4K di judulnya meski balik lagi itu hanya gimmick semata. Ya seperti Drone Aosenma CG028 ini. Yang dari bentuknya lumayan meyakinkan, terlihat memiliki body dan kerangka yang kokoh, meski aslinya dia masih menggunakan bahan dasar plastik sama seperti drone kelas mainan, hanya saja karena Aosenma CG028 menggunakan motor brushless yang memiliki tenaga lebih besar, maka kerangkanya memiliki kekokohan dan ketebalan yang lebih sehingga bisa lebih tahan dan dapat bekerja secara optimal.


Untuk fitur standarnya, sebagai drone semi-professional yang sudah dilengkapi dengan motor brushless dan GPS, kemampuan yang harus dimiliki yaitu bisa stabil dan mempertahankan posisi terbangnya, jadi meski tertiup angin, drone ini bisa “melawan” sehingga dia tetap berada di posisinya. Selain itu, dengan adanya GPS, Aosenma CG028 juga jadi punya fitur inti return to home, jadi drone bisa balik ke tempat pertama ia take-off ketika anda tekan tombol return to home, selain itu RTH juga bisa dipicu secara otomatis ketika baterai kehilangan sinyal dari remote, dan ketika baterai drone mulai menipis. Untuk list fitur singkatnya bisa anda simak dibawah ini:
-Multi-function APP operation.
-GPS satellite positioning.
-Brushless motor, take power to the next level.
-Smart follow shooting.
-GPS custom waypoint flight.
-4K camera+16 million pixels, self-stable shooting, 45°control.
-5G image transmission: A new generation of 5G strong anti-interference signals,
map transmission and the remote control distance can be up to 500m.




Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Aosenma CG028



Brand: AOSENMA
Color: Black
Size:15*10*8cm(Folding)
        29*31*8cm(Expand)
Satellite Reception: =9satellites
Gyro: 6 axis
Motor:1406
ESC: 6A
Camera Parameters: 4K 16 Megapixel (45 degree control)
Video Resolution:1920*1080
photo Resolution: 2592*1520
GPS:GPS Positioning
Drone Battery: 11.1v  1500mah lipo battery
Charging Time:About 180mins
Flight Time: 25mins
Image Transmission Distance: about 500m
Remote Control Battery:3.7V 300mAh Lipo Battery
Charging Time: 30mins
Remote Distance: about 800m
Remote Control Signal:5G network signal
Light Indication: Hightlight LED
Package Size: 31*20*10.5CM
Package Weight:
One battery version:631g
Two batteries version:758g
Three batteries version:886g
Memory card type: Micro SD ( Class10 above ) 8 ~ 32GB

Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones


di bagian baterai atau sumber tenaganya, Aosenma CG028 ini menggunakan baterai yang ukurannya termasuk besar, dengan tegangan 11.1 Volt, dan kapasitasnya 1500mAh, yang kalau dilihat dari spesifikasinya tercatat bisa terbang selama 25 menit untuk satu baterai. Meski seperti itu, lama terbang juga bisa dipengaruhi dengan bagaimana cara terbang anda sekaligus gimana kondisi tempat anda terbang. Baterai ini bentuknya paten atau proprietary, jadi mungkin akan sangat susah mencari baterai cadangan untuk Aosenma CG028 secara terpisah. Untuk menyiasatinya, ketika pembelian drone ini kita bisa memilih bundle dengan berapa baterai. Biasanya ada pilihan 1 2 atau 3 baterai sekalian. Untuk chargingnya, kita akan mendapat sebuah balance charger standar, yang mungkin hanya bisa digunakan untuk recharge baterai Aosenma CG028 ini saja, bentuknya unik dan langsung terdapat kepala USB Male. Artinya kita butuh USB Wall Charger dengan arus setidaknya 2 ampere untuk bisa mengisi baterai ini dengan waktu yang lumayan cepat.

Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones

Lanjut ke bagian remote controlnya. Aosenma CG028 memiliki remote control yang bentuknya super kecil memanjang. Remote ini juga foldable, dimana kita bisa melipat bagian gripper dan antennanya. Ngomongin soal antenna. Antenna Aosenma CG028 ini sepertinya masih berupa aksesori saja, sehingga jarak jangkauan maksimal drone ini mungkin antara 100 – 300 meter saja meski di tabel spesifikasi tercatat bisa mencapai 800meter, lagipula jarak jangkauan terbangnya juga dipengaruhi beberapa faktor seperti dimana lokasi anda menerbangkan drone juga kan. Remote ini meski kecil namun dia cukup keren karena selain tidak banyak tombol sehingga mudah dihafal, dia juga dilengkapi dengan LCD yang ada Backlight nya. Sehingga ketika anda terbang di malam hari, anda tetap bisa melihat telemetri pada LCD kecil dengan cukup jelas karena ada backlight pada layarnya. Bukan itu saja, remote ini juga sudah menggunakan baterai internal. Lebih eco-friendly atau ramah lingkungan karena bisa di recharge ketika baterai sudah habis, jadi kita bisa mengurangi sampah logam dan kimia dari baterai yang biasanya habis pakai lalu buang.



Lanjut ke daya tarik lain dari drone ini yaitu bagian kamera. Kamera Aosenma CG028 lumayan keren karena fiturnya yang bisa di tilt secara remotely, jadi ketika terbang kita bisa atur tiltnya dari remote. Bukan itu saja, di iklannya dia tertulis 4K, dan disini 4K itu bukan kualitas yang UHD, karena dia hanya memiliki lensa sekitar 2MP saja yang maksimal digunakan untuk rekam video di resolusi 1080p supaya gambarnya tidak terlalu pecah. cuma ketika mengambil foto, gambar yang diambil akan di bentangkan ke ukuran 4K. Jadi aslinya sih kualitasnya sama, toh kameranya juga belum ada fitur – fitur kamera professional seperti bisa mengatur iso, shutterspeed dan exposure. Jadi ya jangan berharap anda akan dapat gambar kualitas professional.

Tapi kalau hanya untuk sekedar dokumentasi atau untuk senang – senang saja sih admin sangat rekomendasikan dia karena gambarnya lumayan bagus. Apalagi kalau anda rekamnya di resolusi 720p saja. Selain sudah HD, juga lebih hemat space di memory. Disini anda mendapatkan slot memory microSD sehingga anda bisa langsung menyimpan hasil foto dan video anda dengan aman tanpa resiko frame dropping. Dan terakhir, untuk Wifi-FPV nya dia menggunakan Wifi 802.11ac, jadi sebelum beli drone ini pastikan smartphone anda sudah support untuk Wifi 802.11ac . Kalau tidak support anda tidak bisa Wifi-FPV menggunakan drone ini.

Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones


Dalam pembelian drone Drone Aosenma CG028, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1x RC Quadcopter
1x 11.1v 1500mah battery(the quantity can be chosen)
1x Remote Controller
1x USB Cable
1x Screwdriver
4x Propeller
1x Remote Controller Charging Cable
1 x Manual(Download)



kesimpulan admin untuk drone ini. Sangat direkomendasikan kalau dilihat dari fitur dan bentuk yang portable. Serta kemampuan yang kalau bisa berjalan secara optimal dan tidak ada malfungsi di segala fiturnya. Hanya saja kalau drone ini jarang ada yang beli, ketika nyari sparepart khusus untuk Drone Aosenma CG028 akan sangat susah. Tapi balik lagi kalau sudah jatuh hati ya bagaimana lagi.
Spesifikasi Drone Aosenma CG028 - OmahDrones


Untuk kisaran harganya, terakhir admin lihat Drone Aosenma CG028 ini dibandrol sebesar 120USD atau setara dengan Rp 1.8 jutaan. Harganya cukup murah kalau disana karena kita langsung beli dari seller tangan pertama. Kalau sudah masuk indonesia tentu harganya bisa beda lagi.