Spesifikasi Drone FB13S - Fullset Mini FPV 5.8GHz

Bagi yang masih pemula dan ingin merasakan sensasi FPV analog memang menjadi salah satu masalah. Mengapa bisa jadi masalah? Karena kalau kita lihat drone FPV analog dimana dia menggunakan Frekuensi 5.8GHz, sehingga untuk bisa melakukan FPV kita butuh Transmitter FPV di kamera serta Receiver FPV yang bentuknya bisa monitor FPV atau Goggle FPV. Kebanyakan pilot lebih suka pakai goggle karena rasa sensasinya seperti kita berada di dalam drone tersebut ketika sedang FPV. Masalah utama inilah yang menjadi penghalang bagi pemula untuk menikmati Sensasi FPV 5.8GHz karena bagi pemula, tentu biasanya tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak untuk sebuah “Coba – Coba”.


Spesifikasi Drone FB13S - OmahDrones

Tetapi sekarang ini kita tidak perlu galau atau risau lagi, karena kalau kita pinter mencari dan memilih, sebenarnya ada banyak pilihan drone FPV 5.8GHz untuk pemula yang harganya bisa dibilang tidak terlalu mahal. Salah satunya adalah drone yang akan coba admin ulas pada kesempatan kali ini yang nama pasarannya FB13S. Pada awalnya FB di nama ini admin kira Fury Bee yang memang dulu terkenal karena mini drone yang bentuk dan spesifikasinya sama seperti Eachine E010. Tapi ternyata drone ini sepertinya justru tidak punya merk atau brand resmi sehingga disitu hanya ada nama pasarnya yaitu FB13S. Dilihat dari kardusnya pun hanya ada beberapa informasi inti dari produk ini, dan tidak ada keterangan brand atau apalah sebagai identitas inti dari drone ini.


Asumsi admin, drone ini adalah gabungan dua buah produk, yaitu drone FPV 5.8GHz dan juga FPV Goggles, seperti dua perusahaan dengan produk beda saling berkolaborasi, lalu merilis produk dan hanya dipasarkan di negara – negara tertentu yang gampang prosesnya. Ya termasuk indonesia., jadi banyak juga yang tertarik dengan drone ini karena hanya dengan rentang harga yang bisa dijangkau, kita bisa mendapatkan drone FPV sekalian dengan FPV Goggles nya. Untuk fiturnya sih juga kurang lebih sama seperti drone FPV mungil lainnya, sama – sama boros baterai juga karena kapasitas baterai yang juga kecil, nah untuk fitur lain yang ditawarkan oleh drone ini bisa anda simak dibawah:
1.Micro:180mm lightweight RC Racing Drone enables you to fly indoor.
2.High Performance: with advanced  flight control system enables you have a simulated flight.
3.FPV Goggles: comes with a resolution of 480*320 brightness LCD screen that can picture more clearly.
4.5.8G Stronger Signal: with dual antenna and auto-Searching, the receiving signal and flight distance are stronger and more stable
5 .Smart Goggles:Built-in advanced chip:Support AV signal output(Connect external DVR) and support external video signal input:



Spesifikasi Drone FB13S


Item name: RC Racing Drone
Channels: 4 Channels
Gyroscope: 6-Axis
Camera: 800TVL
Function: Forward/backward, up/down, left/right, sideward flight, 3D-flip, one-key return,headless mode, high/low speed, Carefree mode
Control distance: 30m
Battery for quadcopter: 3.7V 200mAh li-po
Battery dimension: 24 * 16 * 7mm
Charging time: About 30-50 minutes
Working time: About 4-5 minutes
Battery for remote controller: 2 * AA battery (not included)
Item dimension: 80 * 80 * 45mm
Item weight: 20g

Name:Mini FPV Goggles
LCD Screen Screen size: 3.0 Inch
Resolution:480*320
Display Ratio: 16: 9
View Angle:6 o'clock
Brightness: 350cd/m2 with high brightness backlight LED
video delay: Video time-delay less than 20ms
Lens: 4X Fresnel Lens, 92% transparent rate no distort of light

Interface
Antenna: 2 X RP-SMA male
USB: To charge the battery
AV Jack: External video signals input or internals AV signal output
Language: English and Chinese
Power Supply
Power adapter: DC5V/1A (USB interface)
Battery:3.7V/1200mAh, Each full charge revive around 2.5hr working time
Power Consumption:The device operating current of 300330mA at 3.7-4.2V, Built-in battery maximum charge current of 500mA
Dimension: 12.5mm *13.2cm*6.3cm
Weight:180g(with headband, not included antennas)

Package information:
Package size: 276 x 171 x 70mm / 10.87 x 6.73 x 2.76in
Package weight: 543g / 12Ib
Gift box package


Sebagai drone mini, ukuran baterainya juga mini, dengan baterai 1S 3.7 Volt yang kapasitasnya hanya 200mAh, FB13S ini bisa anda terbangkan sekitar 4 – 5 menit tergantung cara terbang anda. Nah, biasanya untuk menambah lama terbang, pilot bisa membeli baterai cadangan sebanyak mungkin. Itu cara yang bagus kalau drone mini FPV nya menggunakan motor brushless, tapi FB13S ini masih menggunakan motor brushed, jadi tetap setidaknya kasih jeda waktu di tiap kali anda menerbangkannya untuk mendinginkan motor nya supaya tidak overheat. Baterai jenis seperti ini sebenarnya mudah dicari karena masih termasuk baterai universal, jadi kalau mau mencari baterai cadangannya bisa cari spesifikasi baterai yang pas. Disamping itu, untuk chargingnya, karena kita hanya mendapat 1 baterai, charger yang kita dapat juga hanya berupa USB Charger untuk 1 slot baterai.

Spesifikasi Drone FB13S - OmahDrones


Pindah ke bagian remote control. Remote FB13S ini memiliki style klasik seperti remote mini drone yang sudah bertebaran di pasaran. Dengan remote ini jarak jangkauan yang dihasilkan tentu juga tidak terlalu jauh. Rata – rata hanya memiliki jangkauan 30 – 60 meter tergantung tempat anda menerbangkan drone ini, apakah ada interferensi sinyal lain yang sama – sama 2.4GHz frekuensinya atau tidak. Tombol fungsi yang ada di remote ini pun tidak memiliki label ataupun icon, jadi untuk bisa mengetahui fungsi tiap tombolnya, anda harus menghafalkannya dari manual book drone FB13S. Terakhir untuk remote ini, dia ditenagai dengan baterai ukuran AA sebanyak 2 buah, kalau bisa sih cari baterai rechargeable saja sehingga tidak mengotori bumi dengan membuang baterai habis pakai.


Spesifikasi Drone FB13S - OmahDrones

Di unit kamera, FB13S ini memiliki kamera 800TVL, dalam tabel spesifikasi memang tidak tercantum berapa channel yang dimiliki oleh kamera ini, namun setidaknya pastinya ada 32channel yang bisa kita pakai, kebanyakan pilot FPV pemula tidak tahu kalau kita bisa mengubah channel kamera drone FPV mini seperti ini. Dan seperti yang sudah admin katakan diatas tadi, kita sudah mendapatkan satu set FPV lengkap dengan Goggles nya.

Spesifikasi Drone FB13S - OmahDrones

FPV goggles ini memiliki resolusi 320p saja dengan layar sebesar 3 inchi. Goggles ini sudah bagus untuk pemula, karena disini dia sudah memiliki antenna external, jadi misal anda mau upgrade antenna remote kecil tadi, bisa lebih jauh lagi jangkauan terbangnya. Goggles ini sudah ditenagai dengan baterai internal 3.7v berkapasitas 1200mAh, jadi ketika baterai habis, anda hanya perlu recharge saja. Di interfacenya juga terdapat AV Out dan kabel RCA kalau anda mau melihat siaran FPV ke TV atau ke DVR terpisah, karena di Goggles yang satu ini, dia tidak memiliki DVR bawaan.


Spesifikasi Drone FB13S - OmahDrones

Dalam pembelian FB13S, biasanya anda akan mendapatkan item berupa:
1 X Goggles
2 x Antenna
1 x Battery Charger
1 x Convert Cable
1 x English User Manual
1 x Drone battery
1 * 2.4G Transmitter (mode 2)
1 * USB Charging Cable
4 * Spare Propellers
1 * English Manual
1 * Drone





menurut admin, kalau untuk sekedar mencoba drone FPV, bagaimana sensasinya, FB13S ini bisa menjadi salah satu drone yang bisa anda coba. Selain ukurannya kecil, jadi lebih hemat tempat, kalau mau cari sparepart juga mudah, karena bentuk dasarnya ini banyak yang menggunakan, mulai dari eachine, jjrc, furybee dan lain – lain. Seperti drone – drone yang mau diubah menjadi tiny whoop pada masanya.



Untuk informasi harganya, sebenarnya drone ini admin lihat banyak sekali dijual di pasar SEA (Asia Tenggara) termasuk indonesia. Dan admin lihat, harga paling mahal untuk drone ini adalah 1 jutaan. Ada beberapa seller yang menjual dibawah satu juta, jadi pintar – pintar anda dalam mencari drone ini untuk mendapatkan harga terbaik.