Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - GPS Brushless 5G Wifi FPV

Drone semi professional, sebutan admin untuk drone yang sudah memiliki sistem navigasi dan menggunakan motor brushless. Drone seperti ini menjadi salah satu primadona di berbagai daerah karena memiliki banyak keunggulan daripada drone tanpa navigasi sama sekali. Keunggulannya diantaranya adalah drone ber GPS memiliki kemampuan “home locking” sehingga ketika drone kehilangan sinyal atau baterainya mulai menipis, drone akan pulang dengan otomatis ke tempat pertama kali dia take-off. Selain itu drone ber GPS lebih tahan hembusan angin. Meski tidak selalu bisa melawan angin, drone akan tetap berusaha mempertahankan posisinya ketika tertiup angin. Berbeda kalau dibandingkan dengan drone tidak ber GPS, dia akan langsung terbawa angin yang berhembus secara mudah.

Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones


Masih banyak keunggulan atau kelebihan drone GPS terlebih yang juga menggunakan motor brushless. Seperti drone yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini, drone ini memiliki nama panjang L109S EASOUL Matavish 3 kalau dirasa sangat panjang, drone ini juga lebih dikenal dengan nama depannya saja yakni L109S atau kadang juga ditulis L109-S. Drone ini sebenarnya cukup bagus karena desainnya menirukan DJI Mavic 2 Pro. Dilihat dari bentuk drone hingga remote controlnya, bahkan hingga sampai desain kamera yang sekilas memang mirip DJI Mavic 2 Pro. Tapi apakah kemampuannya juga bisa mirip dengan DJI Mavic 2 Pro? Mari kita coba ulas pada kesempatan kali ini.


Seperti yang sudah admin ceritakan di awal tadi, karena L109S ini memiliki GPS, anda jadi punya fitur advanced seperti return to home yang bisa dipicu secara otomatis ketika baterai drone mulai menipis, lalu juga ketika drone kehilangan koneksi dengan remote. Kalau secara manual, anda tinggal tekan saja tombol return to home, maka drone akan kembali ke tempat pertama ia take-off. Selain itu, berkat adanya GPS, anda juga mendapat fitur lain seperti follow me, dimana drone akan mengikuti GPS Smartphone FPV anda. Dan juga bisa melakukan Circle me, advanced feature ini hanya bisa digunakan menggunakan aplikasi FPV dan pastikan GPS di smartphone anda juga aktif. Untuk fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
-Streamlined body design, faster and stable.
-GPS/optical flow positioning hover.
-Added self-stabilizing electronic anti-shake lens.
-1406 brushless motor, lower noise, quiet and enjoyable.
-Modular smart battery with battery indicator.
-4K HD camera, 50X Zoom.
-GPS positioning return when low battery and lose signal.
-Gesture recognition: gesture photo and gesture video.
-Mobile App control: connect the aircraft wifi, instead of remote control to achieve control the aircraft.



Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones


Spesifikasi Drone L109S



Item Name: L109-S GPS 4K-5G RC Quadcopter
Product Size: 24.5*23.5*7.5CM(unfolding)
                      16*7.5*7.5CM(folding)
Weight:320g
Frequency:2.4G
Pressure Sensor: Height setting
Brushless Motor : 1406
Motor Power: 27W
ESC: 10A
Battery: 11.1V 1600mAh Lipo Battery
Flight Time: about 25min
Charging Time: about 4.5h
Adjustable Angle Camera: Adjustable camera by transmitter, 90°
EIS: Yes
Max Remote Distance: 1000m
Remote Controller Battery: 3xAA
Camera lens: 120°
Wifi Image Transmission Distance: 800m
GPS Follow me: Yes
IMAGE Follow me: Yes
Tap Flight: Yes
Point Flight: Yes
Hand Gesture Shooting/Video Reconization: Yes
GPS/GLONASS Double Mode: Yes
Video Resolution:1920*1080
Photo Resolution:1920*1080
Frame Rate: 25 fps
Take-off weight: 338g
TF card: NO Optional
Card reader: NO Optional




baterai drone ini termasuk besar tegangannya, yaitu 11.1Volt dan kapasitasnya sebesar 1600mAh. Dengan baterai ini, kalau melihat tabel spesifikasi kita bisa terbang sampai 25 menit. Tapi semua tergantung dengan cara terbang anda dan juga bagaimana kondisi di tempat anda terbang, kalau di rata – rata lama terbang drone ini hanya 13 menit untuk 1 baterai. Kalau tersedia, admin sarankan anda sekalian beli baterai cadangan ketika membeli drone ini supaya anda bisa terbang lebih lama lagi dengan cara battery swap, meski tetap disarankan melakukan kalibrasi kompas setiap ganti baterai untuk memantapkan akurasi kompasnya. Nah, untuk pengisian ulang baterai atau rechargingnya, anda akan mendapatkan USB Balance charger, memang sangat riskan sebenarnya menggunakan charger yang menggunakan sumber dari USB, jadi setidaknya anda harus menggunakan USB Wall Charger dengan arus 2 ampere untuk bisa mengisi ulang baterai dengan waktu yang lebih cepat.


Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones

Di bagian unit remote controlnya, dia juga meniru bentuk desain dari remote Mavic Series. Tidak tanggung – tanggung, remote ini juga memiliki LCD di tengah yang sudah ada backlightnya, jadi ketika kita terbang malam, kita bisa melihat telemetri dari LCD ini dengan baik. Antenna yang ada di remote ini masih hanya berupa aksesori, jadi kalau jarak jangkauan di tabel tadi mencapai 1KM, sebenarnya dengan remote seperti ini paling tidak maksimal jangkauannya hanya 300 meteran saja, karena jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang. Tiap tombol fungsi di remote ini memang sudah memiliki label dan icon, hanya saja warna label icon yang putih, dipadukan dengan warna body remote yang silver, jadinya justru tidak  terlalu kelihatan. Meski begitu warna silver ini sebenarnya juga turut menambah estetika remote ini sendiri sih.


Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones

L109S ini memiliki kamera yang kalau di iklannya kameranya 4K, bisa ditebak kalau sebenarnya drone ini tidak punya kamera yang benar – benar bisa merekam atau mengambil gambar di resolusi 4K. Karena kamera ini tidak punya slot MicroSD, jadi semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di memory pada smartphone anda. Kalaupun bisa merekam video 4K, akan terjadi delay yang cukup parah karena di Wifi-FPV itu biasanya optimal di resolusi 720p saja.


Wifi FPV yang digunakan oleh drone ini menggunakan frekuensi 5GHz, atau menggunakan Wifi 802.11ac , jadi sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support di Wifi 802.11ac karena kalau tidak, anda tidak akan bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan drone ini. Selain itu, karena tanpa slot microSD, anda juga jadi mendapatkan ancaman kedapatan Frame Freezing pada video yang anda ambil ketika sedang terbang. Jadi saran admin, jangan terbang terlalu jauh supaya jangkauan Wifi FPV nya tetap bagus. Tapi mengingat ini drone brushless dan ber GPS, masak kita harus terus terbang dekat – dekat, terasa sia – sia kalau menurut admin.

Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones


Dalam pembelian drone L109S ini, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1x RC Quadcopter
1x Remote control
1x Battery
1x USB charging cable
1x Screwdriver
2x (Pair)Propeller
8x (grain) Screw
1x Manual
2x Flannel storage bag





menurut admin, drone ini memang sudah cukup bagus desain dan fiturnya. Mulai dari GPS Brushless dan kamera yang bisa diatur tiltingnya dari remote. Hanya saja satu bagian yang sangat penting, yakni Slot MicroSD. Di balik kamera sebenarnya sudah ada lubang untuk microSD, tapi nampaknya baru sekedar lubang, tidak ada slot didalamnya. Admin harap kedepannya untuk seri ini ditambah DVR Bawaan sehingga ditambah pula slot MicroSD, maka drone ini bisa jadi saingan baru untuk kelas drone semi professional.

Spesifikasi Drone L109S EASOUL Matavish 3 - OmahDrones

Untuk rentang harganya, terakhir admin cek di situs marketplace kelas internasional, dimana drone ini juga mendapatkan rating 5, padahal ada bagian yang cukup vital tapi justru tidak ada di drone ini. Disana drone ini dihargai sebesar 170USD atau kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini setara dengan 2 jutaan. Harganya memang bersaing dengan drone GPS Brushless lainnya, namun kalau tidak ada DVR bawaannya, apa L109S bisa bersaing?