Spesifikasi Drone CS-7

Begitu banyak drone yang memiliki desain foldable saat ini, baik itu masih kelas mainan atau professional, ke portable an ini menjadi daya tarik karena selain drone jadi mudah dibawa, drone juga jadi memiliki estetika tersendiri karena desainnya. Itulah mengapa banyak sekali drone kelas mainan juga menawarkan desain foldable arm. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu drone dengan nama CS-7. Drone ini adalah keluaran dari CSRC, admin sendiri baru dengar kali ini ada brand CSRC, otomatis ini juga ulasan pertama admin untuk drone buatan CSRC. Bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya akan coba kita ulas pada kesempatan kali ini.




CSRC CS-7 ini masih drone kelas mainan, yang tentu tidak punya banyak fitur advanced seperti drone kelas semi hingga professional. Ada beberapa yang menyebutnya Wifi Flyer juga karena drone ini juga sudah memiliki kamera Wifi yang bisa menyiarkan FPV melalui metode Wifi-FPV. Kalau disandingkan dengan drone yang pernah admin ulas, kurang lebih CSRC CS-7 ini bisa bersaing dengan JD20, dan juga Visuo XS802HW karena mereka nampak menggunakan motor, gearbox bahkan propeller yang mirip. Drone ini masih menggunakan motor brushed, sehingga nanti ngaruhnya adalah semakin anda bermain drone ini dengan waktu lebih dari 10 menit, maka motornya akan terancam overheat. Kalau sudah overheat, motor bisa jadi lemah putarannya, kalau parah motor bisa mati total.



Untuk fitur yang ditawarkan, seperti drone mainan pada umumnya, yang utama dia sudah altitude hold, yang artinya dia bisa mempertahankan ketinggian terbang dengan metode putaran motor yang konstan. Drone ini tidak memiliki sistem navigasi apapun, jadi ketika terbang dan hovering, ketika ada angin yang berhembus, drone akan sangat mudah sekali terseret angin tersebut. Itulah mengapa admin lebih sarankan kalau menerbangkan drone mainan, lebih baik di tanah lapang dan dalam kondisi cuaca tidak berangin. Fitur lain dari drone ini ada auto take-off dan landing, ada juga headless mode dan one key return (bukan return to home). Serta terdapat speed switch untuk mengganti mode kecepatan terbang dari drone ini, fitur selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:

  • With foldable arms, small size, easy to carry.
  • With Altitude Hold 
  • Mode function provides stable flight.
  • With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
  • With One key to return function makes it easily to find the way home.
  • Built in 1080P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
  • With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
  • Draw a fligh path on the screen, and the drone would conduct an autonomous flight along the designated path.
  • 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
  • 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
  • 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
  • With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.




Spesifikasi Drone CSRC CS-7



Item NO.: CSRC-CS-7
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
Color: Black White Red
Silvery
Battery: 3.7V 1800mAh Lipo
(Included)
Flying Time: About
14-18mins
Charging time: About
90-120mins
R/C distance: About 50-80m
Transmitter Battery:3 x AA
battery (Not included)
Quadcopter Size: 13x7x18
CM (Folded)  29x26x7CM (Unfolded)
Package Size: 25x25x12 CM
Package Weight: ABout 380g



baterai yang digunakan oleh drone ini juga menggunakan tipe proprietary, alias tipe baterai paten yang hanya bisa digunakan untuk drone ini saja. Baterai bawaannya hanya baterai 1S yang kapasitasnya 1800mAh. Meski hanya 1 cell namun sebenarnya kapasitasnya tergolong besar untuk drone mainan. Mengingat drone ini juga tidak begitu populer setidaknya hingga admin menulis artikel ini, lagi – lagi kita akan kesusahan kalau mau beli baterai secara terpisah. Untuk itu, ketika pembelian drone ini, kalau ada opsi dengan 1 2 atau 3 baterai, lebih baik kita beli bundle dengan 3 baterai sekalian. Meski nanti kalau baterainya ada yang tidak terpakai, bisa dijual ke pilot lain yang membutuhkannya. Enaknya di baterai ini sudah terdapat slot Micro USB sehingga untuk melakukan recharge baterai, bisa langsung pakai charger smartphone anda. Arus 1 ampere sudah cukup untuk mengisi baterai ini. Dengan satu baterai anda bisa terbang setidaknya 10 menit meski dalam tabel spesifikasi tertulis sampai 18 menit. Dan ingat di paragraf kedua tadi, lebih baik 1 baterai digunakan untuk beberapa kali terbang supaya umur motornya bisa panjang.



Lalu kita bahas nih remote controlnya. Kalau dari bentuknya, dia remote drone Syma generasi 2. Jarak terbang dengan remtoe ini biasanya hanya sekitar 100 meter saja, itupun juga tergantung tempat dimana anda menerbangkan drone ini. Untuk remtoe CSRC CS-7 ini di tiap tombolnya sudah terdapat label untuk memudahkan kita sebagai pilot, hanya saja terdapat 2 versi remote yang beredar, satu remote berlabel huruf latin bahasa inggris, dan satu versi rilis dengan huruf cina. Jadi kalau kita selektif dan tanya ke penjual, sebenarnya kita bisa tanya dulu dan memastikan kita dapat remote yang labelnya bahasa inggris atau icon saja supaya lebih mudah dipahami. Remote ini masih menggunakan baterai habis pakai buang ukuran AA sebanyak 4 buah.



Untuk kameranya, karena dia masih drone kelas mainan tentu jangan harap kita dapat kamera kelas atas. Kamera yang didapatkan tentu standar drone Wifi-FPV juga. Di tabel spesifikasi mereka tidak tercantum seberapa bagus kamera dari drone ini. Kalau spesifikasi kameranya juga sama seperti Drone Eachine E58 masih mending karena kita bisa merekam video dengan resolusi 720p. Enaknya, disini kita bisa memasukkan microSD di slot yang tempatnya juga sama seperti pada drone Eachine E58 yaitu di belakang kameranya. Otomatis kita bisa mendapatkan video yang normal tanpa gangguan lag karena frame dropping. Kita juga bisa FPV menggunakan metode Wifi-FPV, band yang digunakan untuk Wifi FPV ini masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi FPV dengan CSRC CS-7.



Dalam pembelian satu paket CSRC CS-7, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x CSRC-CS-7 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Battery
4 x Protection Cover
2 x Spare Propellers
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver




menurut admin, untuk drone dibawah satu juta, CSRC CS-7 masih bisa dibilang layak untuk dibeli, apalagi tujuan utama membeli drone ini murni untuk bermain dan bersenang – senang saja. Meskipun begitu, tetap sebisa mungkin jangan lalai atau bahkan bermain drone tanpa memperhatikan aspek sekitar, karena meski drone ini kelas mainan, kalau baling – balingnya kena kulit tetap bisa menyebabkan luka. Jadi jangan asal – asalan ya bermainnya.


Untuk harga kisarannya, terakhir admin cek di situs marketplace online yang menjual drone ini, dia dibandrol sebesar 500 ribuan. Harganya bisa dibilang sepadan dengan apa yang akan anda dapat, namun karena drone ini tidak banyak peminatnya, setidaknya hingga admin tulis artikel ini, karena banyaknya produk yang nampaknya tidak lolos Quality Control (QC), sehingga beberapa pilot kecewa dengan drone ini karena berbagai alasan teknis.