Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - Drone 2 bentuk

Sepertinya  sudah lumayan lama ketika admin menulis artikel drone yang bisa multi medan. Dan kebetulan kali ini admin melihat ada sebuah drone yang memiliki desain baru, atau setidaknya admin belum pernah melihat desain model seperti ini sebelumnya. Drone ini memiliki bentuk sepeda motor, dan kalau kita bentangkan bagian “roda” nya bisa menjadi Quad-copter. Jadi drone ini menarik karena bisa di 2 medan yaitu di darat dan diudara. Drone seperti ini tentu masih dikategorikan sebagai drone mainan, jadi kalau anda mencari drone professional, anda bisa cari artikel khusus untuk drone professional di bagian menu kategori omahdrones. Tapi di sisi lain, drone ini juga cocok untuk kolektor yang mengoleksi drone unik, karena drone dengan model seperti ini, sejauh ini belum banyak yang memproduksinya.


Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones


Drone ini buatan HeHengDa Toys, dengan seri H6 sehingga nama pasarnya adalah HeHengDa Toys H6  ini adalah drone dua medan yang bisa berubah dari sepeda motor ke quadcopter dan sebaliknya. Drone ini masih menggunakan motor brushed dan masih benar – benar berupa mainan semata. Untuk mengubahnya dari sepeda motor ke quad-copter, pertama kita harus melepas semua propellernya, lalu memasang roda yang sudah ada gearboxnya sehingga bisa menjadi sebuah RC Sepeda motor.

Sedang untuk mengubahnya dari sepeda motor ke quad-copter, sama caranya, kita lepas dulu gearbox rodanya lalu kita pasang propelernya sesuai tipe yang tertera pada tiap lengan dronenya, jadi lengan A menggunakan propeller A, lengan B menggunakan Propeller B.

Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones


untuk fiturnya, HeHengDa Toys H6 masih memiliki fitur dasar sebuah drone, utamanya adalah altitude hold, selain itu ada juga fitur lain seperti auto take-off dan landing, fliping, headless mode dan one key return serta juga ada speed switch jadi anda bisa mengatur kecepatan drone ini ketika anda mainkan. Yang harus di ingat adalah tiap anda ganti mode bentuk drone nya, jangan lupa ganti modenya juga di remote control supaya anda bisa memainkan drone dengan mode yang benar.



Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones

Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6




Basic information Brand:HeHengDa Toys
Item No:H6
Color:Blue&black
Max Speed:About 5km/h
Power System
Motor:816 motor
Transmitter Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Remote Distance:About 50m
WIFI Control distance:About 40m
Battery:4X 1.5V AA(not included)
Battery Model Battery: 3.7V  650mAh  Lipo battery(included)
Charging Time:About 70 minutes
Using Time:About 8 minutes(when in flying mode)
                      About 15 minutes(when in land mode)
Other Material:ABS and electronic components
Pixels: 0.3MP
Dimension Drone Size:17*15.1*6.7cm(when it is unfolded)
Motorcycle Size:17*5*10cm
Box Size:33.5*7.2*19.8cm



Baterai yang disertakan untuk drone ini ukurannya bisa dibilang cukup, mengingat drone ini ukurannya juga kecil, dari pabrik dia diberi baterai 1S 3.7Volt dan kapasitasnya sebesar 650mAh. Baterai ini adalah baterai generic universal, jadi kalau misal baterai anda sudah drop, harusnya anda bisa menemukan baterai ini dengan mudah untuk cadangannya, yang penting kalau bisa samakan aja tegangan dan kapasitas baterainya, sukur – sukur ukuran bentuknya juga sama, jadi bisa masuk ke wadah baterai pada drone ini. Untuk metode pengisian ulang baterainya, kita akan mendapat USB Charger, dimana nanti kita bisa hubungkan kabel charger ke USB Wall Charger, atau kepala USB Charger dengan arus paling tidak 1 ampere supaya pengisian baterainya bisa lebih cepat. Dengan satu baterai, kalau dari tabel spesifikasi, disitu tertulis dalam mode sepeda motor kita bisa bermain hingga 15 menit dan kalau untuk mode quadcopter kita bisa bermain hingga 8 menit. Meski begitu tetap saja lama terbang dipengaruhi oleh cara terbang anda disini.

Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones


Untuk bagian remtoe atau transmitternya, HeHengDa Toys H6 ini memiliki remote atau transmitter yang bentuknya lumayan stylish, keren juga, dari desain interfacenya yang terlihat rapi, serta di samping tombol fungsi juga sudah terdapat icon sehingga kita bisa lebih mudah mengingat fungsi tiap tombolnya. Dengan remote ini, menurut tabel spesifikasi, kita bisa mengendalikan HeHengDa Toys H6 dalam radius sejauh 50 meter, masuk akal karena ini drone juga ukurannya kecil, admin sarankan juga jangan terbang terlalu jauh, karena dia belum punya sistem navigasi, dia akan mudah sekali terbawa hembusan angin ketika terbang. Untuk sumber tenaganya, meski hanya untuk mengendalikan sebuah mini drone, remote ini membutuhkan 4 buah baterai ukuran AA.


Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones

Lanjut di bagian kamera. HeHengDa Toys H6 ini juga memiliki kamera yang sudah dilengkapi pula dengan transmitter Wifi-FPV. Meski masih menggunakan sensor 0.3MP, setidaknya anda jadi bisa merasakan Wifi-FPV menggunakan HeHengDa Toys H6. Frekuensi Wifi yang digunakan untuk FPV juga masih di frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan drone ini, meski ya kita tau kamera 0.3 MP itu akan seperti apa hasil gambarnya. Selain itu, di drone ini juga tidak terdapat slot MicroSD, sehingga kalau anda mau mengambil gambar atau video, media tersebut akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV


jadi kalau mau mendapatkan video yang setidaknya lancar tanpa terkena gangguan seperti frame dropping, solusinya adalah jangan terbang terlalu jauh agar koneksi Wifi-FPV nya tetap kuat.

Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones


Dalam pembelian drone HeHengDa Toys H6, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1X RC Deformation Drone Motorcycle(included the battery)
4X Tires Gearbox
1X Screwdriver
1X Transmitter
1X Manual
1X USB Charging Cable



menurut admin, untuk drone ini setidaknya bisa menjadi mainan yang keren, ketika anda bosan dengan RC terbang, anda bisa ubah dia menjadi RC darat. Begitupula sebaliknya, salah satu solusi ketika anda mudah bosan ketika bermain drone. Selain itu, mungkin drone ini cocok juga jadi hadiah untuk anak diatas 14 tahun, yang sudah paham dasar – dasar main RC,

Spesifikasi Drone HeHengDa Toys H6 - OmahDrones


untuk harga kisarannya, terakhir admin lihat drone ini di situs marketplace online kelas internasional, dia dibandol sebesar 44USD atau kalau sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini setara dengan Rp 700 ribuan. Drone ini masih termasuk drone dibawah satu juta meski fiturnya lumayan banyak untuk sebuah drone mainan, tentu bisa jadi refrensi bagi anda yang sedang mencari drone unik dibawah satu jutaan.