Spesifikasi Drone SHRC H1G - GPS FPV Ready


Memiliki drone yang lengannya dapat dilipat, atau sering kita sebut foldable arm, memang memudahkan kita ketika hendak membawa drone bersama si pilot ketika bepergian. Namun, beberapa kondisi atau waktu tidak pas ketika kita hanya mau keluar tidak jauh, namun kita tidak memiliki tas yang pas untuk dibawa ke taman misalnya. Mungkin kita butuh yang namanya carrying case, sebuah case yang ukurannya kecil, mudah dibawa, namun bisa membawa seluruh kelengkapan drone. Mungkin dari masalah itu, kita beberapa kali melihat sebuah drone memiliki carrying case bawaan dari pabrik, semata – mata tentu untuk memudahkan kita untuk membawanya, entah ke perjalanan dekat maupun jauh.

Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones

Seperti drone yang akan coba kita bahas pada kesempatan kali ini, adalah drone dari SHRC dengan nama pasar SHRC H1G. drone ini bentuknya kurang lebih mirip DJI Spark. Dia sudah dilengkapi dengan GPS meski masih menggunakan motor brushed, sehingga admin masih menggolongkannya ke dalam jenis drone mainan. Lengannya bisa di lipat untuk memudahkan penyimpanan. Karena dia sudah dilengkapi dengan GPS, maka anda tidak perlu takut lagi drone akan bergeser terbawa angin yang tiba – tiba berhembus, tidak seperti drone non GPS ketika kena angin sedikit saja dia bisa bergeser terbawa angin, dengan adanya GPS, drone akan tetap berusaha hovering di posisi yang sama selama anda tidak memberikan perintah.



Dengan adanya GPS, tentu dia juga diberi fitu advanced seperti drone mainan ber GPS lainnya, seperti follow me, circle me, dan yang terpenting adalah return to home. Fitur return to home ini sendiri bisa dipicu dalam tiga kondisi. Pertama, ketika drone kehilangan koneksi dengan remote, kedua ketika baterai drone mulai habis, dan ketika melalui tombol return to home pada remote atau pada aplikasi. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
1.Statellite Positioning follow:The drone will follow you wherever you go.
2.GPS global positioning provides stable flight.
3.Headless mode:no need to adjust the position of aircraft before flying.
4.One key return,return when out of control and low battery antomatic return.
5.25minis battery life:large battery capacity and long battery life


Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones

Spesifikasi Drone SHRC H1G

Brand: SHRC
Item Name: SHRC 5G WiFi FPV RC Quadcopter
Frequency: 2.4G/5G
Channel: 4CH
Gyro: 6-Axis
Camera: 720P/1080P (Optional)
Image Resolution: 1280*720P/ 1920 x 1080P
Video Resolution: 1280*720P/ 1920 x 1080P
R/C Distance:
2.4G 720P: 300m
5G 1080P: 500m
FPV Distance:
2.4G 720P: 200m
5G 1080P: 300m
Motor: Brushed
Quad-copter Battery: 7.4V 850mAh (Included)
Flying Time: About 15mins
Charging Time: About 50mins
Transmitter Battery: 3 x 1.5V AAA (Not Included)
Take-off Weight: 180g
Quad-copter Size: 330*330*55mm (unfolded)
                               140*165*55mm (folded)
Quad-copter Weight: 164g
Package Size: 25.5*8.5*18.5CM
Package Weight: 0.633kg

Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones


Baterai yang digunakan oleh SHRC H1G memiliki bentuk yang paten, alias proprietary battery. Walau begitu, anda tidak akan kesusahan harus menggunakan proprietary charger, karena di baterai ini memiliki port micro USB untuk melakukan recharge. Admin tetap menyarankan selalu gunakan kabel charger bawaan karena disana terdapat indicator yang dapat memberitau ketika baterai sudah terisi penuh. Meski begitu anda tetap bisa langsung menggunakan kabel Micro USB standar seperti ketika melakukan recharge gadget anda. Baterai ini memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt dan kapasitasnya sebesar 850mAh. Maka dari itu admin omahdrones juga menyarankan untuk recharge menggunakan Wall Charger dengan arus setidaknya 1 Ampere untuk dapat mengisi baterai secara optimal. Di tabel spesifikasi, anda tercatat bisa terbang hingga 25 menit, tapi kenyataannya rata – rata dengan 1 baterai anda hanya bisa terbang selama 15 – 16 menit saja.

Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones


Di bagian transmitter, atau sering disebut remote controller SHRC H1G juga menggunakan model controller replica dari DJI Mavic Series. Antenna yang terlihat adalah antenna palsu untuk aksesori aja, sedangkan ia masih menggunakan antenna internal yang biasanya bisa untuk menerbangkan drone hingga 100 – 200 meter tergantung dimana anda menerbangkannya, banyak interferensi sinyal atau tidak. Penempatan tombolnya juga sudah terbilang baik, semua tombol pun sudah di labeli dengan icon dengan maksud supaya anda bisa lebih mudah mengingat tiap fungsi tombol tersebut. Seperti controller lain dengan model ini juga, bagian bawahnya bisa ditarik untuk menjadi phone holder ketika anda ingin melakukan FPV dengan drone SHRC H1G.

Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones


Unit kameranya sendiri sebenarnya ada dua opsi yang bisa anda pilih, 720p dan 1080p, dengan kamera 720p, anda mendapatkan FPV Wifi 2.4GHz, dan di kamera 1080p anda mendapatkan Wifi 5G atau 802.11ac, masih bingung bedanya? Bisa baca ulasan drone mengenai Perbedaan Wifi FPV. Meski anda bisa mendapatkan resolusi 1080p, namun sayangnya di kamera ini belum ada DVR untuk merekam serta menyimpan foto dan video secara langsung dari kamera. Sehingga media penyimpannya akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi FPV. Artinya, anda akan terancam bisa mendapatkan video dengan gangguan seperti LAG akibat frame dropping bahkan bisa Freezing frame juga.

Spesifikasi Drone SHRC H1G - OmahDrones


Ketika pembelian SHRC H1G, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone
1 x Transmitter
1 x 7.4V 850mAh Lipo Battery
1 x USB Cable
4 x Propeller
1 x Carrying Case
1 x Manual



Kesimpulan dari admin omahdrones, untuk SHRC H1G ini mungkin disarankan untuk anda yang ingin instan, tidak ingin susah – susah pindah video dari microSD drone ke smartphone. Jadi mungkin untuk mengantisipasi frame dropping, anda bisa beli SHRC H1G dengan Wifi FPV 5G, namun pastikan juga smartphone anda support dengan Wifi 5G, alas Wifi 802.11ac. karena kalau tidak, anda tentu tidak bisa melakukan Wifi-FPV sama sekali.



Untuk informasi mengenai harganya. admin sudah survey di beberapa online marketplace dan tentunya yang kelas internasional ya, siapa tau anda ingin beli langsung dari sana, karena disana sekarang mayoritas juga bisa COD bayar dirumah, jadi tidak perlu pakai transfer – transfer dulu. Dan SHRC H1G ini dibandrol dengan harga sebesar 89 USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, setara dengan 1.2 jutaan. Admin rasa harganya terlalu mahal untuk drone Pure Wifi FPV tanpa internal DVR.