Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus


JJRC. Merupakan salah atu merk yang terkenal di mainan RC nya, meliputi mobil, kapal, pesawat, hingga quadcopter. Karena kita di omahdrones, tentu kita sisikan pembahasan untuk jenis RC terbang multi rotor. Meski sebenarnya semua RC itu juga bisa disebut Drone, karena tanpa awak dan dikendalikan oleh pilot jarak jauh. Drone sebenarnya juga bisa saja bergerak tanpa dikendalikan alias autonomus. Tapi untuk pengertian drone, admin sudah memberikan artikelnya tersendiri, jadi disini kita akan bahas salah satu produk buatan JJRC yang mungkin pada awalnya menjadi salah satu incaran anda karena drone yang akan kita bahas kali ini, adalah drone semi professional, yang sudah dilengkapi dengan GPS, serta motor brushless.



Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones


Drone ini adalah JJRC X3P Hax Plus. Quadcopter yang satu ini, merupakan upgrade dari JJRC X3 Hax, yang dulu juga pernah admin bahas di postingan terdahulu. Kalau dilihat dari bentuknya memang tidak jauh berbeda, hanya saja di JJRC X3P Hax Plus ini dia memiliki kaki yang lebih panjang dari kakaknya yang lebih dulu rilis. Itu karena drone ini memiliki modul kamera yang lebh besar, jadi jarak antara kamera dan permukaan menjadi lebih sempit. Maka dari itu JJRC X3P Hax Plus memiliki kaki yang panjang supaya jarak antara kamera dan permukaan masih bisa agak lega, sehingga ketika mendarat, kamera tidak akan langsung menghantam permukaan, kamera jadi lebih aman daripada memiliki kaki yang pendek.



Untuk fiturnya, JJRC X3P Hax Plus memiliki cukup banyak fitur, terlebih berkat adanya GPS, sehingga dia memiliki fitur lebih canggih seperti follow me, way point, serta fungsi return to home ketika drone kehilangan sinyal, baterai melemah, atau ketika anda suruh drone untuk pulang secara lagsung. Selain itu dengan memakai motor brushless, tenaga yang dihasilkan drone ini ketika terbang juga jadi lebih optimal serta efek baiknya, anda tidak perlu takut kalau terbang lama – lama, seperti ketika menggunakan drone dengan motor brushed, motornya cepat panas dan kalau overheat bisa langsung mati total.



Fitur selengkapnya dari JJRC X3P Hax Plus dapat anda lihat dibawah ini:
1080P Adjustable Camera
The adjustable 1080P camera is tuned amazingly to capture pictures and videos from the sky.
GPS Positioning System
Under GPS mode, when the aircraft receives the signal from satellites, it will position where it is.
Follow Me Mode
With Follow Me, the aircraft will automatically follow you and capture your every move from a unique aerial perspective.
Waypoint Flying
Tap on the screen to creat waypoints and plan your desired flight path for the drone to conduct an autonomous flight.
Altitude Hold Mode
With the built-in barometer, the drone is able to hold its position stably for aeria shooting free from vibration.
Smart One-button Return
Smart One-button Return function makes it easily to find the way home.
Brushless Motor
It is so quiet but very powerful when running. Breakdown rarely occurs and motor replacement is seldom required, which makes your flight more enjoyable.



Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus

General                
Brand: JJRC
Item Name: Hax+
Item No.: X3P
Material: ABS & Hardware & Electronics
Color: Black
Quantity: 1PCS
Version: RTF(Ready To Fly)

Specification     
Size: 40 X 40 X 7.5cm
Weight: 390g (With Battery)
Frequency: 2.4Ghz
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Quadcopter Battery: 7.4V 2000mAh Lipo
Flying Time: About 16-18mins
Charging Time: About 2-4h
Remote Control Battery: 1.5V 4 X AA(Not Included)
Real-time Type: 5G WIFI
WIFI FPV Range: About 300m (Empty and undisturbed environment)
Camera: 1080P (90°Adjustable)
Lens: 120°Wide-angle
R/C Range: About 500m
Motor Type: Brushless
Motor Model: 1806 2300KV
ESC: Brushless 12A X 4
Memory Card: 4G TF Card (Not Included)
Max Support: 16GB
Age: 14+

Weight & Dimensions   
Product weight:0.39kg
Package weight: 0.88kg
Product size (L x W x H): 40 X 40 X 7.5cm
Package size (L x W x H):31 X 26 X 16cm



Sebagai drone brushless, memiliki GPS serta membawa kamera, tentu dia membutuhkan baterai yang memadai. Dari JJRC, dia diberi baterai bertegangan 7.4 Volt dengan kapasitas sebesar 2000mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan JJRC X3P Hax Plus hingga 11 menit per baterai. Dan biasanya ketika pembelian, anda bisa memilih beli dengan satu baterai, dua baterai atau tiga baterai. Namun pastikan anda beli di distributor resminya supaya bisa beli dengan paket baterai yang lebih banyak. Jadi kalau anda memiliki 3 baterai, sekali terbang anda bisa terbang selama 33 menit, dengan asumsi satu baterai 11 menit, dan belum termasuk kalibrasi kompas dan menunggu GPS terkunci. Untuk charge baterainya, anda hanya diberi sebuah kabel Micro USB, karena di baterai ini kita memang bisa recharge menggunakan port Micro USB yang ada pada sisi baterai. Anda disarankan menggunakan Wall Charger dengan arus setidaknya 1 Ampere untuk bisa mengisi baterai dengan optimal.

Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones


Di unit controllernya, bentuknya mirip – mirip seperti beberapa controller drone merk lain juga, tapi disini ada yang unik, yakni papan LCD di bagian tengahnya, dan dia memiliki backlight, jadi bisa menyala. Sehingga ketika anda terbang malam hari, anda bisa melihat status pada layar LCD dengan mudah. Dengan remote ini, anda bisa terbang hingga radius 500 meter, namun dalam area yang tidak ada interferensi sinyal. Jarak jangkauan akan mudah sekali dipengaruhi oleh gedung yang mungkin memantulkan sinyal, pepohonan, tower dan lain – lain. Penempatan tombolnya juga simple, sehingga tidak menyusahkan pilot yang pertama kali menggunakannya. Untuk sumber tenaganya, remote ini masih menggunakan baterai AA sebanyak 4 buah.


Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones


Kamera yang digunakan oleh JJRC X3P Hax Plus masih memiliki tipe modular seperti kakaknya yang duluan rilis. Tapi di drone JJRC X3P Hax Plus kita mendapatkan modul yang berbeda, lebih besar dan memiliki dua antenna. Dengan kamera ini, anda bisa mengambil foto atau merekam video dalam resolusi 1080p. fungsi Antenna tadi adalah untuk transmisikan sinyal FPV, sehingga anda bisa FPV an secara realtime menggunakan JJRC X3P Hax Plus. Namun FPV yang digunakan menggunakan Wifi 5G alias Wifi 802.11ac. sehingga sebelum beli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support Wifi 802.11ac. dibagian belakang kamera, terdapat slot untuk memasang Micro SD, sehingga apa yang anda tangkap dari kamera bisa langsung tersimpan di Micro SD. Hanya saja, meski tersimpan langsung di micro SD, hasil video yang anda dapatkan masih kemungkinan terdapat lag, terutama ketika sinyal FPV nya lemah.

Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian JJRC X3P Hax Plus, anda akan mendapatkan item berupa:
1 X RC Quadcopter
1 X Remote Control
1 X USB Charging Cable
1 X Battery
1 X Mobile Phone Rack
2 X Propeller
1 X Wrench
1 X Manual



Kesimpulan admin untuk JJRC X3P Hax Plus, mungkin di sisi FPV recordingnya, meski sudah ada slot MicroSD, sangat disayangkan kalau kita masih mendapatkan video yang ada putus – putusnya alias lag karena frame dropping. Selain itu, aplikasi FPV nya juga harus lebih di update, diperbaiki, seperti ketika FPV putus, harus bisa nyambung lagi secara otomatis, sehingga tidak perlu restart app tiap kali FPV terputus.

Spesifikasi Drone JJRC X3P Hax Plus - OmahDrones


Untuk harganya. baik di marketplace online kelas internasional pun drone ini tidak banyak yang jual, artinya distributornya tidak banyak. Satu sumber yang menjual drone ini memberi harga sebesar 160USD atau setara dengan 2.3 jutaan. Harganya bisa dibilang masih bersaing dengan drone semi professional lainnya. Jadi mungkin JJRC X3P Hax Plus ini bisa menjadi salah satu drone perbandingan anda ketika ingin mencari drone brushless GPS.