Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - Saingan DJI Mavic?


Kemunculan DJI Mavic, memang memiliki dampak yang besar di dunia drone tidak hanya di sector foto dan videografi saja, namun ada juga yang menggunakannya untuk keperluan lain, seperti pemetaan, saurvey lokasi, dan lain – lain. Berkat dampak yang besar tersebut, DJI Mavic makin menjadi primadona, sehingga bagi competitor, adanya Mavic tentu menjadi ancaman, sehingga kalau mereka mau mendapatkan konsumen, mereka juga harus mengeluarkan drone yang bisa menyaingi kemampuannya, baik dari spesifikasi atau setidaknya dari segi harganya. terbukti juga sudah ada beberapa drone yang di sebut sebagai saingan DJI Mavic dan sudah admin bahas juga di beberapa postingan omahdrones sebelumnya. Diantaranya bahkan ada yang bentuknya mirip juga dengan Mavic yang asli.

Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Namun yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini sebenarnya memiliki “gaya” yang berbeda dari DJI Mavic, meski begitu drone ini masih saja disebut saingan DJI Mavic. Lantas apa sih yang membuatnya bisa mejadi saingan DJI Mavic? Mari ktia coba ulas pada kesempatan kali ini drone dari Simtoo, dengan nama pasar Simtoo Dragonfly.



Sebenarnya ada dua versi dari Simtoo Dragonfly, versi pertama dan versi kedua. Di versi pertama Simtoo Dragonfly memiliki dua buah “jam tangan” walau sebenarnya bukan jam, melainkan gadget dimana 1 untuk remote, dan satu untuk GPS, sehingga bisa jadi alternative ketika anda tidak mau terbang dengan remote. Tetapi karena tidak estetik karena satu orang pakai 2 buah jam tangan, maka di versi keduanya, GPS dan controller jadi satu jam tangan, jadi lebih portable dan ready to fly meski tanpa remote besar. Dengan remote jam tangan ini, cocok sekali bagi anda yang ingin menerbangkan Simtoo Dragonfly dengan jarak yang pendek, sekitar 20 meteran. Seperti terfokus pada fitur follow me dan circle me yang tidak membutuhkan controller besar.

Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Drone ini dari mesinnya, sudah menggunakan motor brushless 2212 100W. dengan ESC 20A, dan di dalamnya juga sudah tentu memiliki GPS/GLONASS untuk positioning system nya. Untuk fitur lebih lengkap dari drone Simtoo Dragonfly, bisa anda lihat dibawah ini:
- Innovative 8CH smart GPS watch. You can have an easier access to all the functions and keep your hands off the transmitter.
- 4K UHD aerial photography. 16MP camera, 170-degree FOV, 3-axis gimbal and level 4 - 6 wind resistance are dedicated to clear, wider and smoother shots outdoors.
- Real-time 720P HD FPV within 30m. You can also use the APP to edit or modify what you capture and forward it immediately to your favorite social media.
- Easy to control. Follow Me, Point of Interest, Panoramic Shot, Auto Hover, Auto Take off / Land / Return greatly simplifies the operation.
- Dual-mode 2.4GHz 8CH transmitter. 1000km control range, 120m flight height in advanced mode while 50m in normal mode.
- Exceptional portability thanks to foldaway arms. Folded size of 22.5 x 18.5 x 6.5cm, and only 1.2kg including camera, gimbal, battery, propeller.


Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones

Spesifikasi Simtoo Dragonfly Pro


Aircraft
Max. flight time: 25 minutes
Takeoff speed: 5m/s
Landing speed: 3m/s
Max. flying speed: 20m/s ( in advanced mode )
Material: PC airframe with carbon fiber arms
Wingspan: 400mm
Propeller: 9 inch self-tightening propeller
Motor: 2212 100W brushless motor
ESC: 20A
Sensor: gyro / barometer / magnetometer / accelerometer
GPS mode: M8N, supports GPS & GLONASS, max. 16 satellites
Basic functions: Forward / Backward / Leftward / Rightward / Sideward Rotation / Ascend / Descend
Intelligent functions: Auto Take off / Auto Hover / Follow Me / Auto Rotate / Point of Interest / Auto Land / Auto Return Home / Panoramic Shot
Flight height limit: 120m
Max. flight range: 1000m
Max. service altitude: 4000m above sea level
Orbit flight diameter: 10m
Hover accuracy: vertical: + / -0.5m, horizontal: + / -1.0m
Return Home accuracy: 1m from starting point
Follow Me accuracy: error within 1m
Max. takeoff weight: 1500g
Max. payload: 400g
Folded size: 22.5 x 18.5 x 6.5cm
Unfolded size: 32 x 32 x 16cm

Transmitter
Frequency: 915MHz / 433MHz / 2.4GHz
Number of channels: 8
Control range: 1000m
Flight height limit: 120m ( in advanced mode ) / 50m ( in normal mode )
Transmission power: 20dBm, 100mW
Power supply: 3.7V 5200mAh lithium-ion battery ( built-in )
Charge time: 6 hours
Working time: 12 hours with gimbal, 24 hours without gimbal
Mobile device holder: supports up to 6.8 inch

GPS Watch
Frequency: 915MHz / 433MHz
Number of channels: 8
Control distance: 50m
Following distance: 3 - 5m
Following speed: 10m/s
Transmission power: 20dBm
Working voltage: 3.7V
Battery capacity: 500mAh
Charge time: 2 hours
Working time: 1 hour

Battery and Charger
Battery type: 3S LiPo
Capacity: 5200mAh
Voltage: 11.1V
Weight: 400g
Working temperature: 0 to 40 Deg.C
Charger type: balance charger for 3S LiPo
AC input: 100 - 240V 50 - 60Hz
Output: 25W / 2A
Battery charging time: 2 hours
Features: battery level indication, overcharge and over-discharge protection

Mobile APP
APP name: SimToo
Compatible system: iOS 7.1 or later, Android 4.2 or later
Image transmission type: WiFi 2.4GHz
Image transmission quality: 720P
Image transmission range: 30m by 2.4GHz ( 800m by 5.8GHz when extra equipment added )
Transmission power: 100mW
Shooting mode: Burst, Time-lapse, Single Shot, Video

Gimbal
Stabilization: 3-axis ( pitch, roll, yaw )
Control range: pitch: 90 degree; yaw: 90 degree

Camera
Sensor: 1/2.3 inch IMX 206 CMOS
Photo resolution: 16MP
Video resolution: 4K 25fps / 2.7K 15fps / 1440P 30fps / 1080P 60fps / 720P 120fps
FOV: 170 degree
Screen: 2 inch LCD
Photo format: JPG
Video format: MOV
Charge time: 2 hours
Working time: 1 hour
Storage: supports up to 64GB micro SD card
Camera size: 59.27 x 41.13 x 29.28mm



Simtoo Dragonfly ini menggunakan baterai yang cukup besar, yakni menggunakan Lipo 3S, dengan tegangan 11.1Volt dan kapasitasnya sebesar 5200mAh. Dalam iklannya, dengan baterai ini anda bisa menerbangkan Simtoo Dragonfly hingga 25 menit, namun karena flight time juga dipengaruhi oleh beberapa factor, jadi lama terbang dalam iklan atau dalam spesifikasi jangan jadikan patokan yang sebenarnya. Meski sudah bisa masuk kategori Smart Battery, namun sayangnya baterai Simtoo Dragonfly ini masih belum diberi motherboard yang menjadikannya “smart”, untungnya ketika pembelian anda akan disertakan balance charger, sehingga anda bisa charge baterai dengan normal dan aman. Meski kalau anda tidak puas dengan charger bawaan, tentu anda bisa menggunakan balance charger favorit anda juga.

Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Di bagian controller atau remotenya, Simtoo Dragonfly memiliki dua jenis controller bawaan, satu controller bentuk remote seperti kebanyakan drone pada umumnya, dan satu lagi jenis controller berbentuk jam tangan. Untuk terbang jarak pendek anda bisa menggunakan jam tangan bawaan dari simtoo, karena dengan gelang itu pun anda sudah bisa menerbangkan drone dan melakukan beberapa fitur seperti circle me, follow me, atau manuver berputar melihat sekeliling dengan drone hovering di satu posisi. Gelang ini sudah dilengkapi dengan GPS seperti yang sudah admin bahas di awalan tadi, dan dengan gelang ini anda tidak bisa terbang jauh – jauh karena kekuatan sinyal transmisinya tentu tidak besar mengingat ukuran gelang yang hanya sebesar jam tangan.



Selain itu untuk terbang lebih bebas dan lebih jauh, anda bisa menggunakan controller fisik dari Simtoo, yang untungnya dia memiliki antenna eksternal, sehingga harusnya dia bisa terbang dalam radius yang cukup jauh. Terbukti dalam tabel spesifikasinya, Simtoo Dragonfly ini bisa anda terbangkan hingga 1KM, namun kalau anda tidak terbiasa terbang jauh sampai drone tidak terlihat oleh mata, ini tidak disarankan karena biasanya FPV juga sudah hilang sinyalnya, maka tetap terbang yang paling disarankan adalah terbang selama drone masih bisa dilihat oleh mata telanjang. Jadi kita bisa tau kondisi drone dan tau harus berbuat apa ketika terjadi sesuatu. Untuk membatasi jarak terbang, sebenarnya anda bisa mengaktifkan fitur geofence juga, jadi drone tidak akan terbang melebihi batas yang sudah anda setting sebelumnya. Transmitter ini sudah menggunakan baterai internal, bertegangan 3.7 volt dan kapasitasnya cukup besar yakni 5200mAh.


Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Untuk kameranya, Simtoo Dragonfly ini sudah menggunakan kamera yang cukup bagus sebenarnya, maka dari itu dia sering disebut Mavic Killer, atau saingan DJI Mavic pada jamannya. Drone ini memiliki kamera yang bentuknya action cam dan ditambah 3 axis gimbal untuk image stabilizernya. Dengan kamera ini anda bisa mengambil video hingga resolusi 4K dalam 25fps. Semua gambar dan video yang anda ambil bisa langsung tersimpan pada microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di kamera. Sehingga anda bisa mendapatkan hasil original tanpa gangguan. Mode pengambilan fotonya pun ada beberapa pilihan seperti single shot, brust dan time lapse.

Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Tiap pembelian Simtoo Dragonfly Pro, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
User Manual * 1
GPS Watch * 1
Gimbal * 1
Landing Gear * 2
Camera * 1
Short Circuit Connector * 1
Battery * 1
Remote Controller * 1
Balance Changer & Cable * 1
Aircraft * 1
USB Cable * 1
Propeller * 4
Hardshell Case * 1



Kesimpulan admin mengenai Simtoo Dragonfly, kalau memang semua fiturnya berfungsi dengan baik, serta hasil gambarnya memuaskan, Simtoo Dragonfly Pro bisa jadi alternative DJI Mavic Pro sungguhan. Terlebih dari sisi harga, Simtoo Dragonfly Pro juga jauh lebih murah daripada Mavic Pro, terlebih meski dia ketika dirakit ukurannya bisa terlihat besar, tapi nyatanya kita bisa membawanya dengan satu tas kecil sehingga jadi mudah sekali dibawa ketika bepergian. Hanya saja untuk assemble dan dissemble nya yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama, karena kita harus memasang kamera, gimbal, dan kaki drone secara terpisah.

Spesifikasi Drone Simtoo Dragonfly Pro - OmahDrones


Untuk informasi mengenai harganya, sudah admin singgung kalau dia lebih murah daripada Mavic Pro, dan admin cari di beberapa marketplace online berskala internasional, drone ini juga ternyata tidak mudah ditemui, namun di salah satu situs marketplace ada yang menjual Simtoo Dragonfly Pro dengan harga 450 USD, atau kalau diubah ke rupiah setara dengan 6.4 Jutaan, lebih murah kan kalau dibandingkan dengan DJI Mavic Pro.