Spesifikasi Drone MJX X104G - GPS FPV Ready


Drone yang memiliki GPS lebih mudah diterbangkan karena dia lebih stabil kalau memang sudah mendapatkan jumlah GPS terkunci yang cukup banyak, ketika hovering dia bisa tetap mempertahankan posisinya meski diterpa angin sekalipun. Bahkan demi melawan angin drone bisa sampai miring ke arah angina yang berhembus karena berusaha melawan angin untuk tetap mempertahankan posisinya. Selain itu drone dengan GPS juga memiliki fitur return to home. Dengan satu tombol saja anda bisa menyuruh drone untuk kembali ke tempat petama ia take off. Biasanya, return to home juga bisa aktif sendiri secara otomatis ketika baterai mulai menipis, atau ketika drone kehilangan sinyal dari transmitter. Selain itu, ada banyak keunggulan drone ber GPS yang lebih advance, namun semua tergantung pabrikannya mau membuatnya seperti apa.

Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones

Kali ini, kita akan membahas drone GPS lagi, tapi drone ini belum menggunakan motor brushless sayangnya. Jadi dia seperti drone kelas mainan yang diberi GPS aja. Dengan drone yang masih menggunakan motor brushed, anda jadi tidak disarankan untuk menerbangkannya dalam durasi yang lama dalam satu waktu meski anda punya banyak baterai sekalipun. Karena itu demi ke awetan dari motor drone tersebut. Jadi kalau tidak ingin cepat – cepat ganti motor karena overheat, mending batasi waktu terbang, seperti 1 baterai 1x terbang, habis itu istirahat dulu.



Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah dari MJX. Yakni MJX X104G. kalau dilihat dari namanya, drone ini masih termasuk di X series dalam keluarga MJX, namun karena dia anak baru, jadi dia diberi desain yang baru juga supaya lebih elegan dan menarik kan. drone ini basiknya hanyalah drone altitude hold aja, namun dengan tambahan GPS, drone ini jadi punya banyak fitur dukungan yang sebelumnya juga udah admin bahas di atas lagi, dan untuk fitur lebih lengkapnya bisa anda baca dibawah ini:
  • Functions: Sideward flight, turn left/right, up/down, forward/backward, altitude hold, one key take off/landing, GPS, 5G Wifi transmission, Geofence, Smart return, Path fly, POI, Follow mode
  • Built in 1080P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky. Along with "MJX GPS" APP, you can even do survey shooting
  • Altitude hold: With built-in barometer, the aircraft will fly to a certain height when taking off
  • The 5G WIFI camera enables you to have a further real-time images transmission
  • Point of interest function: When pressing this function button on screen, your aircraft will continuously fly around the preset point
  • Path flying function enables the drone to fly according to a prepared route
  • Geofence: Geofence is a virtual barrier that you define preventing the drone from flying out of a designated zone
  • Follow Mode: enables you to stay in the heart of the action at all times. X104G films you on the go if you hold the app phone controller


Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones


Spesifikasi MJX X104G

Brand Name: MJX
Item NO.: MJX X104G
Item Name: MJX X-SERIES X104G
Frequency: 2.4G
Motor: Coreless motor
Prop: 145MM
Transmitter: GR6221G (Mode 2)
Charging time: About 150mins
Flying time: About 12mins
Max flying speed: 4-6M/S
Quadcopter battery: 3.8V 1500mAh  Lipo battery
Product Weight: 187g
Size: 187×187×90mm
Package Weight: 950g
Package Size: 350 X 130 X 225mm
R/C Distance: About 150m
FPV Distance: 80-150m
Camera: HD 1080P
Video Resolution: 1920*1080P
FPV Signal: 5G WIFI
APP: MJX GPS



Baterai yang digunakan untuk drone ber GPS biasanya 2S atau 7.4Volt, tapi siapa sangka MJX X104G justru menggunakan baterai 1S , namun tipe high voltage, jadi ada lebih 0.1Volt dari baterai 1S biasa. Dia dibekali dengan baterai bertegangan 3.8 Volt, yang kapasitasny cukup besar yakni 1500mAh. Dengan baterai ini anda bisa terbang selama 11 menit untuk satu baterai. Sedangkan baterainya ini memiliki tipe paten, dan untuk recharge nya anda harus memakai charger bawaan dari MJX. Mungkin anda perlu beli baterai cadangan, untuk jaga – jaga kalau baterai anda nanti mulai rusak, karena mugkin penjual baterai retail untuk drone ini tidak semudah drone yang lebih populer lainnya, mengingat baterai yang digunakan adalah tipe proprietary atau desain paten untuk MJX X104G.

Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones


Di bagian remote, MJX tidak ambil pusing disini karena mereka menggunakan remote buatan mereka yang juga digunakan untuk drone – drone generasinya B2 series, B3 Series, dan beberapa drone MJX lainnya yang keluar di generasi tersebut. Antenna yang digunakan, terutama untuk drone ini adalah antenna palsu yang ada diluar. Remote ini masih menggunakan antenna internal yang bentuknya seperti kawat dan letaknya berada di dalam remote. Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan MJX X104G hingga radius sejauh 150 meter kalau mengacu pada tabel spesifikasi, tapi sebenarnya jarak terbang juga dipengaruhi oleh interferensi sinyal, terutama frekuensi yang sama dengan frekuensi remote ini yakni 2.4GHz. disamping itu, tombol fungsi yang ada pada remote ini sudah memiliki label, jadi untuk si pilot bisa dengan mudah mengetahui fungsi dari tombol yang akan di tekan.


Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones

Untuk kameranya, MJX X104G bisa dibilang memiliki kamera yang lumayan bening untuk kelas mainan. Dan dia juga tidak main – main ketika mengambil gambar, dia sanggup merekam dan mengambil foto dalam resolusi 1080p. gambar yang lumayan bagus, dan resolusi Full HD, pasti sudah memiliki DVR dong ya. Yap benar, MJX X104G sudah memiliki DVR sehingga anda bisa memasukkan microSD sebagai storage, untuk menyimpan semua foto dan video ketika anda terbang langsung dari kamera drone, sehingga anda bisa mendapatkan hasil original terutama dalam video nya, anda tidak akan mendapatkan hasil yang ada gangguan seperti lag akibat frame dropping seperti tampilan pada Wifi – FPV.



Meski begitu, Wifi – FPV nya sudah menggunakan Wifi 5G. alias Wifi 802.11ac, jadi dia tidak menggunakan frekuensi yang sama dengan transmitter, efeknya apa? Harusnya FPV bisa lebih jauh lagi jaraknya dan lebih minim lag pada FPVnya. Tapi sayangnya tidak semua smartphone support Wifi 802.11ac, jadi sebelum beli, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac di tabel spesifikasinya.

Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones


Tiap pembelian drone MJX X104G, umumnya anda akan mendapatkan item:
1 * MJX X104G Drone
1 * Remote Controller
1 * 3.8V 1500mAh Battery
1 * Spare Propeller set
4 * Landing Gear
1 * USB Charger
1 * Tool set
1 * Cellphone Bracket
1 * User Manual



Kesimpulan admin mengenai drone ini mungkin pertama di sisi harga, biasanya drone GPS yang masih menggunakan motor brushed itu harganya kisaran 1 jutaan. Jadi lebih murah daripada yang menggunakan motor brushless, meski lebih murah, kalau sering digunakan motor brushed itu bisa rusak, seperti masa pakai atau umur, tapi umurnya bisa dipengaruhi, bisa mati lebih cepat kalau sering overheat atau terlalu panas. Jadi mau tidak mau, anda harus ganti motornya untuk bisa terbag lagi.

Spesifikasi Drone MJX X104G - OmahDrones


Sedangkan informasi mengenai harganya, MJX X104G ini dibandrol sebear 84USD di salah satu marketplace online skala internasional. Kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini dibuat, itu setara dengan 1.2 jutaan. Mungkin kalau anda menemukan drone ini di marketplace lokal bisa dapat dengan harga murah, karena biasanya importir kan import banyak dan udah langganan, biasanya dapat harga murah, jadi jatuh ke pelanggan juga bisa jadi lebih murah.