Spesifikasi Drone Funsky 913 - Mini Brushless GPS FPV 5G


Sekitar 2 postingan sebelumnya, admin omahdrones udah membahas drone kecil secara berturut – turut, dan untuk postingan kali ini mari kita jadikan 3 sekalian. Karena admin tertarik untuk membahas drone kecil lagi, bedanya, drone ini sudah dilengkapi dengan GPS dan kamera yang bisa mengambil gambar dalam resolusi 1080p. drone ini kecilnya juga mirip seperti DJI Tello atau Brica Wallee, tapi kalau anda simak hingga akhir, drone ini memiliki perbedaan yang cukup besar dari kedua drone yang admin sebutkan tadi. Drone – drone kecil mulai diproduksi dan dipasarkan untuk tujuan yang tidak terlalu serius yang menyangkut pekerjaan. Drone – drone mungil ini didesain lebih untuk mainan, dan selfie drone atau drone untuk membantu mengambil gambar swafoto.




Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones

Ada banyak jenisnya, mulai dari kelas mainan, hingga kelas yang lebih pro untuk segmen selfie drone, kelas mainan umumnya memiliki harga yang murah, lebih – lebih sudah memiliki optical flow sensor supaya tidak mudah terbawa angin. Kalau yang lebih pro, biasanya dia sudah dilengkapi dengan GPS, jadi drone bisa benar – benar mempertahankan posisinya menggunakan data dari GPS. kemampuan mempertahankan posisi tentu sangat penting untuk drone selfie, supaya ketika menentukan angle dimana drone akan mengambil gambar, drone bisa tetap berada di posisi yang ditentukan oleh si pilot. Selain itu, kemampuan kameranya juga mempengaruhi, selain sensor kamera yang mencukupi juga adanya gimbal atau paling tidak EIS (Electronic Image Stabilization) sangat diperlukan untuk mengambil gambar atau video dengan lembut dan mengeliminasi jello atau getaran.



Disamping itu, perkenalkan dulu drone yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini adalah Funsky 913. Drone ini ukurannya kecil, namun dia sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS, dan tidak Cuma itu, untuk menghasilkan tenaga yang optimal dan efisien, dia juga sudah menggunakan motor brushless, jadi anda tidak perlu khawatir lagi dengan kata “motor overheat” seperti ketika anda menggunakan drone dengan motor brushed. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa membacanya dibawah ini:
* Equipped with 4 1306 2700KV Brushless motors,make your flight more powerful.
* Built in 1080P 5G Wi-Fi camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
* GPS positioning mode provides a more accurate fixed points and return flight.
* Altitude Hold Mode makes it easier to control the drone for beginner and more stable for aerial photography.
* One-key taking off/landing makes the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.
* Automatic return function: the plane will return automatically when battery voltage is low or out of control range.
* 7.7V 1500mAh high capacity battery support maximum flying times 15 mins, which saturates all your desires about flying postures of an aerial drone.
* Gesture control for photography and shooting.
* Support VR Glasses. Through the mobile phone, feel the powerful picture brought by VR, experience the world, fun and fun.
* 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
* 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.
* 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to * The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.

Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones


Spesifikasi Drone Funsky 913

Takeoff Weight: 209g
Dimensions: 205*185*55mm
Color: Yellow, Black, White (Optional)
Diagonal Distance: 170mm
Motor Size: 1306 2700KV Brushless
Max Ascent Speed: 2 m/s in Sport Mode, 1 m/s in Aerial Mode
Max Descent Speed: 1 m/s in Sport Mode, 0.8 m/s in Aerial Mode
Course Angular Velocity: 200°/s in Sport Mode, 150°/s in Aerial Mode
Maximum Tilt Angle: 25°in Sport Mode, 15°in Aerial Mode
Maximum Horizontal Flight Speed: 13 m/s without wind
Max Service Ceiling Above Sea Level: 4,000 m
Max Hovering Time: 15 minutes
Operating Temperature: 0-40degree
Satellite Positioning Systems: Dual Mode GPS/GLONASS GPS
APP Control Distance: 80m
FPV Distance: 300m
Battery: 7.7V 1500mah 11.4wh LiPo HV
Charger                Input: 5V 2A
Output: 8.7V 1.5A
Charging Time: 90 minutes


Hover Accuracy Range
Vertical: +/- 1.5 m
Height: +/- 0.5 m


Remote Controller
Antenna Band: 2.4GHz-2.48GHz; 5.725GHz-5.825GHz
Transmitter Power (EIRP): 10db
Remote Control Power: 0.1W (0.02A@4.2V)
Control Distance: 300m (No Interference, No Occlusion)
Battery: 3.7V 350mah
Weight: 110g
Camera Sensor: 1/3" CMOS
Effective pixels: 5 MP
Lens: FOV 115°
ISO Range: 100-3200
Electronic Stabilization: Yes (APP Stabilization)


Photography Modes:
Single Shot
Burst Shooting
Interval


Video Resolution
1920*1080 30fps
Format JPG/MP4
SD Card Support
FPV Delay: 180ms
Return Image Quality: 720P



Funsky 913 menggunakan baterai paten yang dirancang khusus untuk drone ini saja, sehingga kalau ingin membeli baterai cadangannya, mungkin agak susah, lebih baik, anda beli paket drone ini dengan baterai cadangan supaya sekalian dan biasanya jadi lebih murah kan. baterainya tipe Li-HV alias Lipo High Voltage, yang tegagannya 7.7Volt dan berkapasitas sebesar 1500mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Funsky 913 rata – rata 10 menit tiap baterai. Ketika baterai habis, selain anda sendiri yang mendaratkan, kalau tetap dipaksa, dia akan mengaktifkan fungsi auto return to home sendiri. Untuk recharge nya pun dari Funsky menyertakan kabel USB untuk charging baterainya, jadi admin sarankan ketika recharge lebih baik menggunakan Wall Charger dengan arus paling tidak 1Ampere agar arus yang masuk ketika recharge bisa maksimal.

Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones


Di bagian remotenya, untuk desainnya bisa dibilang simple, seperti controller untuk game console, sehingga mudah dijangkau jari serta nyaman digenggam. Tiap tombol juga sudah memiliki label sehingga anda bisa lebih mudah menghafalkan tiap fungsi dari tombolnya, meski begitu pada controller ini ada satu tombol “fungsi” khusus yang nanti bisa digunakan untuk beberapa fungsi dengan kombinasi tombol lain yang ada di remote ini. Dengan remote model seperti ini, biasanya anda bisa mengendalikan Funsky 913 hingga sejauh 100 meter di area tanpa interferensi sinyal. Yang tak kalah bagus adalah remote ini sudah memiliki baterai rechargeable, tipenya juga LiPo, ukuran 1S 3.7Volt kapasitasnya sebesar 350mAh. Memang kapasitasnya kecil, tapi bisalah untuk beberapa kali terbang. Lalu dibagian tengah, kalau anda tau beberapa controller drone Visuo yang tengahnya bisa dibuka keatas menjadi phone holder, nah Funsky 913 ini juga memiliki desain phone holder yang sama.

Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones


Kamera dari Funsky 913 juga bisa dibilang tidak terlalu buruk untuk sebuah mini drone. Dia memiliki kamera yang bisa mengambil foto atau video dengan resolusi sebesar 1080p, karena kita tau drone – drone mainan seperti ini kalau mengambil gambar hanyalah mengambil 1 frame dari apa yang lagi dilihat oleh kamera. Tapi untungnya dia juga sudah dilengkapi dengan slot MicroSD, sehingga semua foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan file orinya ke microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di unit drone. Anda akan mendapatkan kualitas video ori, tanpa lag karena frame dropping atau frame freezing. kamera dari drone ini bisa anda atur tilt angle nya secara manual.


Untuk FPVnya, dia menggunakan FPV 5G, alias menggunakan Wifi generasi lebih baru atau 802.11ac , jadi sebelum beli Funsky 913, pastikan smartphone anda support di Wifi 802.11ac supaya anda bisa ber FPV an menggunakan Funsky 913. Dan karena dia menggunakan sinyal 5G untuk FPV, harusnya anda bisa mendapatkan jarak FPV lebih jauh karena sinyal FPV dan remote tidak bertabrakan.

Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones


Untuk kelengkapan tiap pembelian umumnya anda akan mendapatkan:
1 x 913 Aircraft
1 x Remote Control
1 x 1500mah Lipo Battery
2 x Spare Propeller
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x Carrying Case




Kesimpulan admin untuk drone Funsky 913 ini, sebenarnya sangat ready to fly anywhere anytime, karena tiap pembelian anda juga sudah mendapatkan carrying case juga, jadi lebih mudah membawa drone Funsky 913 ini kemana – mana. belum lagi drone ini memiliki mode sport yang bisa membuat drone jadi ngebut, hanya saja ketika mode sport kita tidak menggunakan GPS. jadi mirip altitude hold biasa namun speed nya lebih kenceng. Meski begitu Funsky 913 juga bisa mode altitude hold biasa, untuk jaga – jaga ketika drone mengalami toilet bowl effect, sehingga anda bisa mendaratkan drone dengan aman untuk kalibrasi ulang.


Spesifikasi Drone Funsky 913 - OmahDrones


Untuk info harganya, drone ini dibandrol sebesar 140USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini setara dengan 2jutaan. Memang kalau dibandingkan dengan Tello atau Wallee si Funsky 913 ini lebih mahal. Tapi kan si Funsky 913 ini dia sudah menggunakan motor brushless, serta sudah punya GPS/GLONASS juga. Jadi bisa dibilang wajar lah harganya lebih mahal, tapi kalau anda tidak mencari drone yang kecil, dengan dana sebesar itu ditambah dikit, mungkin anda bisa membawa pulang MJX B2W atau Bayangtoys X16 yang juga sudah menggunakan brushless motor dan GPS.