Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - Mirip DJI Tello


Ternyata kemunculan DJI Tello juga membuat beberapa produsen drone berusaha meniru purwarupanya. Di segi bentuk dan fitur, dan yang diunggulkan adalah iming – iming harga yang lebih murah terutama. Seperti yang omahdrones bahas kemarin, dari perusahaan asal Taiwan yakni Brica juga memiliki drone yang menjadi saingannya DJI Tello yakni Brica B-Pro5 Wallee. Nah, di sector drone mainan yang sudah mencoba dimasuki oleh merk – merk besar, tentu dari merk atau brand yang biasa membuat drone mainan tidak kalah akal kan harusnya. Itu terbukti setelah salah satu brand mainan RC juga merilis drone yang baik bentuk maupun fitur – fiturnya terlihat bisa menyaingi DJI Ryze Tello.


Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones

Adalah dari SHRC. Mungkin dari anda ada yang belum familiar dengan brand ini, yah, mereka memang tidak mengeluarkan banyak produk seperti brand – brand yang lebih terkenal. Tapi satu produk buatannya ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan DJI Ryze Tello. Bisa dilihat pada gambar diatas, adalah SHRC H2 Locke. Ukurannya pun tidak berbeda, sekitar 13 x 13 cm saja. Kalo sandingkan sama si Tello ya Nampak seperti kakak adik, Cuma kalau ini kelas mainan yang bener – bener drone selfie mainan. Drone ini juga dilengkapi optical flow sensor, bedanya kalau Tello punya 2 sensor, SHRC H2 Locke ini Cuma punya 1 sensor dan itu adalah sensor tipe kamera. Bukan ultrasonic apalagi infrared.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones
SHRC H2 VS DJI Tello


Dengan motor brushed, ukurannya juga sama dengan motor yang digunakan oleh Tello, dan seperti mini drone lainnya, dia tidak perlu gearbox untuk bisa terbang. Fitur standar drone ini seperti altitude hold, headless mode dan one key return. Selain itu dia juga punya fitur yang lebih advanced lagi, seperti yang bisa anda lihat dibawah ini:
- WiFi FPV
A WiFi FPV camera is installed on the drone to broadcast live video to the ground pilot.
- 2K wide-angle camera
This 2K HD wide-angle camera helps make it more attractive, better recorded and sharper pictures, and also features gestures.
- Optical flow positioning
The drone can automatically identify objects of different sizes and dynamically adjust the tracking parameters according to the type and speed of the object, making tracking easier.
- Smart follow
H2 will automatically recognize objects of different sizes and dynamically adjust the tracking parameters according to the type and speed of the objects, making tracking easier.
- Set-circle Fly
Press the one button to set the circle button and the drone will fly 360 degrees around the controller.
- One Key Fly Away
The H2 allows the drone to use a button to fly away while rewinding, shooting the perfect visual video, making it easy to experience popular shooting modes, everything is as simple as that.
- Flight path
With track multiple track control technology, as long as the track is drawn on the real-time camera screen, the drone will fly at the current altitude along the specified track.
- Battery monitoring function
Our intelligent algorithms accurately calculate the battery capacity of H2, allowing users to view the remaining flight time in real time.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones

Spesifikasi SHRC H2 Locke


Brand: SHRC
Type: Quadcopter
Functions: Automatic Return,Automatically Following,One Key Automatic Return,One Key Circle,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Slow down,Speed up
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6-axis
Level: Beginner Level
Camera: 2K (wide angle 110 degree)
Photo resolution: 2560 x 1440P
Video resolution: 1280 x 720P
Quadcopter: 3.8V 1000mAh LiPo ( included )
Flight time: about 13 minutes
Charging time: about 150 minutes
Launch battery: 4 x 1.5V AAA ( not included )
Runway distance: about 100 meters
WiFi FPV distance: about 50m
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Compatible with Additional Gimbal: No
Battery: Lithium-ion battery 3.7V 1000MAH
Flying Time: 10-13mins
Product weight: 0.0800 kg
Package weight: 0.5020 kg
Product size (L x W x H): 13.00 x 13.00 x 3.70 cm / 5.12 x 5.12 x 1.46 inches
Package size (L x W x H): 19.00 x 19.00 x 8.00 cm / 7.48 x 7.48 x 3.15 inches



Si kecil ini juga memiliki baterai yang lumayan besar untuk ukurannya. Tentu maksudnya adalah besar disisi kapasitas. Dari sananya, dia diberi baterai 1S bertegangan 3.7Volt, yang kapasitasnya sebesar 1000mAh. Kalau dilihat drone ini mirip dengan Brica Wallee daripada Tello, bahkan di sisi baterainya pun sama. Baterai yang bentuknya paten ini, bisa saja memiliki bentuk yang sama. Bahkan metode recharge nya pun juga sama yakni dengan menggunakan kabel USB Bawaan dari drone ini, dimana ada indicator LED di bagian kepala USB untuk memberitahu kita kalau baterai sudah penuh ketika di charge. Untuk waktu terbangnya, sama seperti Brica Wallee, yakni kurang lebih selama 12 menit sekali terbang. Tapi mengingat SHRC H2 Locke ini masih pakai motor brushed, jangan terbang terus menerus walau anda punya baterai cadangan, karena kita tau motor brushed paling rawan rusak kalau digunakan terus menerus dan akhirnya overheat.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones


Di sisi controller, sama seperti Brica Wallee, kita akan dapat sebuah controller ketika beli SHRC H2 Locke, namun controller nya berbeda dari punya si Wallee. Controller SHRC H2 Locke ini lebih ke slide to move, jadi dia tidak menggunakan stick, tapi permukaannya bisa digeser untuk memberi tau drone harus terbang kemana. Dan karena ini adalah mini drone, meski dari tabel spesifikasi tercatat anda bisa terbang hingga 100 meter, lebih baik jangan, karena meski dia sudah punya optical flow sensor, bukan berarti anda terbebas dari resiko fly away, atau crash karena menabrak sesuatu. Dan apabila sampai crash, anda akan kesulitan mencarinya krena ukurannya yang kecil.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones


Di bagian kamera, SHRC H2 Locke ini pada iklannya seperti agak keterlaluan. Pasalnya dia di klaim bisa mengambil gambar di resolusi 2K. dan kalau dilihat pada spesifikasinya, ternyata 2K itu untuk mengambil foto, kalau video, kita mendapatkan resolusi 720p. dan sayangnya seperti Tello dan Wallee, SHRC H2 Locke ini tidak dilengkapi dengan Slot MicroSD, jadi semua foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di memory smartphone anda.



Dengan itu tentu kita membutuhkan koneksi FPV kan? tentu saja, dan untungnya SHRC H2 Locke masih menggunakan frekuensi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone ber Wifi bisa menggunakan Wifi-FPV nya SHRC H2 Locke. Mungkin untuk menambah jarak FPV dan memperkuat sinyalnya anda bisa menggunakan Wifi Repeater seperti yang sudah pernah omahdrones bahas juga disini. Selain itu, untuk menggunakan advanced feature seperti follow me, circle me, dan flight path, anda harus pakai aplikasi untuk terbang, yang artinya ketika dikendalikan menggunakan remote, fitur tadi itu tidak berfungsi. Selain itu, kalau anda terbang dengan remote lalu menggunakan Wifi FPV, tentu akan terjadi interferensi sinyal karena sinyal remote dan sinyal FPV sama – sama 2.4GHz.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones


Umumnya, ketika anda membeli SHRC H2 Locke, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter,
1 x Transmitter,
1 x Battery,
1 x Storage Box,
4 x Propeller ,
4 x Propeller Cover,
1 x USB Cable,
1 x Screwdriver,
1 x Phone Holder,
1 x English Chinese Manual



Mungkin kesimpulan admin untuk drone ini, ketika anda ingin beli Tello tapi budgetnya mepet, mungkin bisa melampiaskan ke SHRC H2 Locke, meski harganya sebenarnya tidak berbeda cukup jauh, dari beberapa advanced feature yang ditawarkan, beberapa pilot yang sudah mencobanya merasa kurang, karena beberapa fitur tidak bisa bekerja seperti yang diharapkan. Belum lagi gimmick 2K yang seolah jadi Key Feature dari kamera drone ini, rasanya terlalu di lebih – lebih kan, karena kita tau drone kelas mainan umumnya hanya dilengkapi dengan kamera sensor kecil.

Spesifikasi Drone SHRC H2 Locke - OmahDrones


Untuk harganya, SHRC H2 Locke ini sudah ada di beberapa marketplace online skala internasional. Admin lihat dari 2 marketplace bisa kirim ke Indonesia langsung, tapi haganya jauh berbeda, di GeekBuying ketika admin cek harganya sebesar 60USD atau sekitar 850ribuan, sedangkan di gearbest malah 84USD atau sekitar 1,2 jutaan kalau pakai kurs pada saat admin menulis artikel ini. Daripada membeli yang replica, dengan 1,2 juta mending beli Tello yang asli kan, atau beli Brica Wallee malah sudah dapet remote controlnya juga.