Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - Optical Flow Wifi FPV


Visuo ternyata kembali memberikan satu pilihan drone FPV lagi untuk para peminatnya. Kali ini visuo memperkenalkan drone yang memiliki nama lengkap Tianqu Visuo XS816. Atau lebih mudah disebut Visuo XS816 kalau di Indonesia. Drone ini dari segi desain memang memiliki bentuk yang agak berbeda dari seri sebelumnya. Namun ada beberapa komponen yang masih sama, seperti Visuo XS816 ini masih menggunakan motor brushed, jadi kalau anda sering menerbangkannya, anda mungkin harus mengganti motornya beberapa waktu lagi. Selain itu, Visuo XS816 juga masih menggunakan propeller biasa, sepertinya ukurannya sama seperi propeller untuk Syma X5HW. Visuo nampaknya masih belum berniat menggunakan propeller foldable. Tapi meski propellernya masih standar, lengan drone Visuo XS816 ini juga sudah foldable, jadi anda bisa lebih mudah membawanya ketika anda sedang bepergian.


Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones

Hal yang menjadi pemikat dari drone Visuo XS816 ini sebenarnya tidak terlalu advanced. Karena di drone ini visuo lebih ingin mengunggulkan di sisi software aplikasi dari Visuo XS816, kalau dari sisi dronenya, dia hanya memilki tambahan komponen berupa optical flow sensor. Sehingga ketika anda terbang, drone juga akan melihat permukaan dibawahnya menggunakan bottom camera atau optical flow sensornya, lalu drone akan berusaha mempertahankan posisinya berdasarkan citra yang tertangkap oleh kamera secara realtime. Efeknya, tentu drone jadi lebih stabil ketika hovering, bahkan ketika ada angin yang berhembus, kalau sensor dan prosesnya bagus, drone akan tetap berada di posisinya.



Fitur yang ditawarkan oleh drone ini, kalau fitur bawaannya sih bisa dibilang standar drone altitude hold lainnya, seperti auto take-off dan landing, headless mode dan one key return, drone ini juga diberi kemampuan flipping juga, serta untuk mengubah kecepatan juga bisa. Nah, untuk fitur lebih lengkapnya, bisa anda lihat dibawah ini:
- Long flight time: about 20mins
- HD FPV Flight:
> Equipped with 2MP + 0.3MP dual cameras which transmits the videos in real-time
> Support view switch: normal front lens, lower lens, picture in picture, split screen
> The pitch angle of the camera is adjustable
- Optical Flow Positioning System for Stable Flight
With optical flow positioning system, the flight is more stable
- One Key Following Mode
In the mode, the drone will fly following the player to capture the beautiful moment
- Gesture Shooting
Take a photo just by one gesture without complex operation
- G-sensor Control
Control the flying direction by tilting your mobile phone
- Waypoint Flight
The player can plan a flight line on the APP interface
- Headless Mode
In this mode, you needn't know drone's head position
- 360-degree Flip Function
Just press one key, you can see a aerobatic flight
- High / Middle / Low Speed Switchable
Choose the speed which you need, help you control your drone better
- One Key Return
Press one key, the drone will return the original flying place, the flight is more safe
- Fine Tuning and Fine Tuning Delete Function
Help you correct the flying attitude while the drone loses its flying angle
- APP download: QR code on the manual


Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones

Spesifikasi drone Visuo XS816


Brand: TIANQU
Type: Quadcopter
Features: Camera,WiFi APP Control,WiFi FPV
Functions: 3D stunt,Aerial Photography,Camera,Forward/backward,FPV,G-sensor Mode,Gesture Mode,Headless Mode,One Key Automatic Return,Optical Flow Positioning,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,Waypoints,WiFi Connection
Size: Large
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: About 50m
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Battery: 3.85V 1800mAh li-ion
Flying Time: About 20mins
Charging Time.: about 1h
Product weight: 0.1600 kg
Package weight: 0.7100 kg
Product size (L x W x H): 44.00 x 44.00 x 6.50 cm / 17.32 x 17.32 x 2.56 inches
Package size (L x W x H): 43.50 x 29.00 x 8.00 cm / 17.13 x 11.42 x 3.15 inches



Baterai yang dimiliki Visuo XS816 termasuk besar dari sisi kapasitas maupun tegangannya. Karena Visuo XS816 ini menggunakan baterai tipe Li-HV,  ini merupakan tipe Li-Po dengan tegangan yang lebih tinggi. Detailnya, baterai ini memiliki tegangan 3.8 Volt, serta kapasitasnya adalah 1800mAh. Untuk ukuran drone kelas mainan yang masih menggunakan motor brushed memang termasuk besar. Dalam tabel spesifikasi, tertulis anda bisa terbang hingga 20 menit, namun rata – rata dalam sekali terbang anda bisa mendapatkan total waktu terbang selama 18 menit. Kalau admin sendiri sih, lebih baik 1 baterai untuk setidaknya 2 atau 3 kali terbang, mengingat motor brushed yang mudah sekali panas, jadi ketika memberi jeda terbang, kita sekaligus mengistirahatkan motor untuk beberapa saat supaya lebih “dingin” suhunya. Seperti yang sudah admin katakan berulang kali juga kalau overheat adalah salah satu musuh motor brushed yang paling sering memakan korban. Korbannya ya motor itu sendiri.


Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones

Untuk transmitternya, terliat tidak beda jauh dengan transmitter drone visuo yang lainnya, desain yang menyerupai stick untuk game console, mungkin harapannya membuat genggaman lebih nyaman. Selain itu, semua tombol fungsi juga sudah ada labelnya, sehingga anda tidak akan merasa kesusahan karena perihal lupa fungsi tombolnya. Dengan transmitter model seperti ini, umumnya anda bisa mendapatkan jarak hingga sekiranya 80 meteran. Remote ini menggunakan 4 buah baterai berukuran AA, alias total dia membutuhkan tegangan 6volt, mungkin kalau anda berani otak atik, anda bisa menggunakan powerbank dimana tegangan powerbank adalah 5V, harusnya sih masih bisa berfungsi. Dan seperti controller visuo yang lain juga, di bagian tengahnya bisa anda buka menjadi phone holder, tempat untuk menaruh smartphone anda sebagai monitor FPV.


Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones

Di bagian kameranya, Visuo XS816 ini dilengkapi dengan main camera ber resolusi 2MP. Dengan kamera ini anda bisa mengambil foto atau video dengan resolusi 720p. ya seperti yang sudah kita ketahui, foto dengan drone mainan ini, sebenarnya hanya screenshot dari gambar yang sedang diambil oleh drone. Meski sudah bisa mengambil gambar di resolusi HD. Tapi sayangnya Visuo XS816 tidak dilengkapi dengan slot MicroSD, atau lebih tepatnya DVR, sehingga kita tidak bisa merekam dan menyimpan foto dan video secara langsung di drone nya. Jadi kita hanya bisa menyimpan foto dan video langsung ke smartphone melalui koneksi Wifi-FPV. Artinya, kita terancam mendapatkan video yang tidak smooth 100% karena adanya lag dari frame dropping atau frame freezing.



Wifi FPV yang digunakan juga masih menggunakan Wifi 2.4G, jadi harusnya semua smartphone bisa menggunakan Aplikasi FPV nya. Dan dengan app ini, anda bisa mendapatkan fitur advanced nya seperti gesture control, follow me, dan way point. Namun sayangnya beberapa yang sudah mencoba drone ini mendapatkan fitur advanced di aplikasi masih kurang berfungsi dengan baik. Kalau kata admin sih, namanya juga drone kelas mainan.

Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones


Ketika membeli drone Visuo XS816, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone ( Battery Included ),
1 x Remote Control,
4 x Propeller Guard,
4 x Spare Propeller,
1 x Screwdriver,
1 x Data Cable,
1 x English Manual




Kesimpulan admin, mungkin disini yang menjadi fitur unggulannya adalah di gesture controlnya ya, jadi kalau anda tidak ingin menggunakan fitur tersebut, mungkin anda lebih baik mencari drone yang lain saja. Supaya nanti drone yang anda miliki adalah drone yang benar – benar anda harapkan baik dari spesifikasi dan fiturnya.

Untuk mendapatkan Visuo XS816 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Visuo XS816

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone Tianqu Visuo XS816 - OmahDrones


Untuk harganya, di beberapa online marketplace yang menjual secara internasional, Visuo XS816 ini dibandrol sebesar 62 USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin buat, setara dengan 880 ribuan. Ketika pembelian anda juga bisa memilih beberapa opsi seperti dengan 1, 2 atau 3 baterai. Ada juga pilihan dengan carrying case.