Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3


Pada kesempatan sebelumnya, perusahaan xiaomi merambah ke dunia drone yang diperuntukkan khususnya untuk pengambilan gambar karena drone yang diberinama Mi Drone tersebut dilengkapi dengan kamera yang sanggup mengambil video dalam resolusi hingga 4K. drone tersebut juga ternyata menarik perhatian beberapa pilot di Indonesia hingga akhirnya mereka membelinya sebagai drone yang akan mereka piloti. Xiaomi ternyata juga tidak berhenti sampai disitu saja. Setelah beberapa waktu, xiaomi memperkenalkan lagi drone yang mereka distribusikan di berbagai Negara dengan bentuk yang lebih minimalis namun kekinian, kali ini admin tertarik untuk membahas salah satu drone yang lebih terkenal dengan brand xiaominya ini daripada brand produsennya.

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Seperti DJI yang kemarin menggunakan kamera dari Hasselblad pada drone DJI Mavic 2 Pro, sebenarnya xiaomi bukan semena – mena membuat sendiri drone ini, melainkan adalah Fimi, sebuah perusahaan yang juga bergerak dalam memproduksi drone, seperti sebelumnya juga bahwa Xiaomi bekerja sama dengan Youpin dengan drone lipatnya, dan sama yang terjadi pada Fimi yang nampaknya disini Xiaomi berperan sebagai distributor resmi dari Fimi, tentunya supaya penjualan drone buatan Fimi bisa maksimal mengingat Xiaomi juga sudah pernah bekerja sama dengan banyak pihak dan hasilnya pun bisa dibilang memuaskan. Kali ini yang akan kita bahas adalah drone Xiaomi Fimi A3 bagaimana seluk beluk drone ini dan bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya, kali ini akan coba kita ulas bersama.



Pertama untuk key feature nya, ada beberapa key feature disini, seperti bahwa Xiaomi Fimi A3 ini memiliki monitor FPV yang sudah tertanam pada remote, dan FPV nya pun menggunakan sinyal analog 5.8GHz. lalu dia juga memiliki port DIY yang bisa anda gunakan untuk menambahkan komponen lain seperti LED Strip, Servo, gripper atau komponen lainnya yang memungkinkan untuk dipasang pada port DIY. Tak lupa untuk positioning Systemnya supaya drone bisa mempertahankan posisi ketika terbang, Xiaomi Fimi A3  dilengkapi engan GPS+GLONASS, sehingga harusnya penguncian posisi bisa lebih akurat. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini
- HD 1080P camera powered by Ambarella ISP processor and Sony CMOS sensor, provides perfect HD picture and video.
- The 2-aixs mechanical and 3-aixs electronical gimbal provides stable and smooth footage in any situation.
- With lightweight design, the drone flies faster.
- Wth quick-release propellers, fast and powerful propulsion with durable, well balanced design.
- Flight time is up to 25mins with 11.1V 2000mAh lipo battery.
- 1km range 5.8G real time transmission system.
- With DIY port, you can explore your way to play with the drone, like driving a servo, lighting a led.
- Remote Controller is built-in LCD screen, DVR, and User Interface.
- Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying .
- Return to Home function makes it easily to find the way home.



Spesifikasi Xiaomi Fimi A3

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Item Specification
FIMI A3 RC Quadcopter
Model: A3
Color:
 White
Dimension: 285*229*69mm
Diagonal Size: 323mm
Weight: 560g
Hover Accuracy: when GPS Positioning is active, Vertical: ± 0.5 m & Horizontal: ± 1.5 m 
Max ascending speed: 6 m/s
Max descending speed: 5 m/s
Max cruising speed: 18 m/s
Max R/C distance: about 1km
Flying Limited Altitude: 500 m
Flight time: 25mins
(25mins flight time if fully charged by 4.35HV balance charger; about 21mins flight time if charged by original charger)
Wind resistance: ≤ 4
Satellite positioning systems: GPS+GLONASS
Operating frequency: 2.4-2.483GHz; 5.725-5.850 GHz (40CH)
Battery: 11.1V 2000 mAh 3S Lipo Battery
Package Weight: 1.68kg
Package Size: 344x292.5x107mm
Remote Controller

Sceen resolution: 480*272
Screen size: 4.3inch
Frequency: 2.4-2.483GHz; 5.725-5.850 GHz (40CH)
Max R/C distance: About 1000m
Built-in Battery:  2950 mAh lipo battery with about 2.5h working time
Voltage: 3.7V
Charge port type: Micro USB
DVR: 720*480 video resolution 
Gimbal
Controlled Rotation Scope: 0° ~ -90°  Pitch angle
Stabilizaton:  2-aixs mechanical and 3-aixs electronical gimbal
HD 1080P Camera
Lens: FOV 80°
Aperture: f2.0
Focal Distance: 3.54 mm 
Equivalent Focal Distance: 27mm
Sensor: 1/3.2" CMOS
ISO Range: 100 - 3200 for video;  100 - 1600 for picture
Shutter Speed: 4 ~ 1/8000 s
Max Bitrate: 60Mbps  
Max Photo Resolution: 8M 3264*2448
Video Resolution: 1920x1080 30 fps / 1920x1080 25 fps
File System: FAT32 / exFAT
Image Format: JPG
Video Format: MP4
DVR: 1920x1080 30 fps / 1920x1080 25 fps
Adapter
Rated Output: 14V 0.8A
Rated Input: 100-240V ~ 50/60Hz 0.3A
Rated Output Power :11.2W
Balance Charger
Rated Output: 11.1V 0.8A
Rated Input:14V 0.8A
Applicable Battery: 3S
Charging Limit Voltage: 12.75 V
Rated Voltage: 11.1 V
Rated Capacity: 2000 mAh / 22.2 Wh
Weight:  about 162g
Propeller

Item Name: Quick-release propeller
Length: 7.5inch
Pitch: 3.6inch


Baterai yang digunakan Xiaomi Fimi A3 memang bertipe proprietary atau desain baterai khusus hanya untuk Xiaomi Fimi A3, namun untuk rechargenya anda bisa menggunakan universal Li-HV Charger. Yap, Xiaomi Fimi A3 menggunakan baterai Li-Po HV atau biasa disingkat Li-HV. Merupakan tipe baterai Lipo yang memiliki tegangan lebih tinggi daripada baterai lipo biasa. Meski dalam spesifikasi terlihat menggunakan baterai Lipo biasa namun Fimi sudah melakukan Remark yakni untuk bagian chargernya, kalau anda menggunakan charger bawaan dari Fimi, anda bisa menerbangkan Xiaomi Fimi A3 maksimal 21 menit, namun apabila anda charge baterai ini menggunakan charger Li-HV lebih tepatnya yang bisa charge di 4.35HV dan merupakan balance charger, anda bisa menerbangkan Xiaomi Fimi A3 hingga selama 25 menit sekali terbang.

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Di unit remotenya, seperti yang sudah admin singgung diatas, Xiaomi Fimi A3 memiliki remote yang desainnya cukup bagus, ditambah disini remote sudah dilengkapi dengan Screen berukuran 4.3 inci untuk FPV Realtime. Nah, layar FPV ini bukan hanya menampilkan FPV saja, namun dalam remote ini sudah terdapat program khusus untuk mengatur beberapa settingan pada drone. Semua sudah lengkap dalam satu remote ini, sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV untuk drone ini. Dengan controller ini, anda bisa menerbangka n Xiaomi Fimi A3 hingga radius 1KM, bisa dilihat dengan dukungan antenna eksternal sehingga jangkauannya juga akan lebih jauh kalau dibandingkan dengan drone mainan. Ada tak perlu takut dron akan fly away karena drone ini sudah dilengkapi dengan GPS untuk positioning System, selain itu anda juga bisa atur jarak terbang maksimal, tinggi maksimal dan parameter geo fence melalui aplikasi di remote ini, sehingga anda sebenarnya bisa terbang dengan lebih nyaman.

Ketika baterai habis, anda bisa langsung recharge menggunakan kabel micro USB sama ketika kita merecharge smartphone. Karena sebagai sumber tenaga remote, dia menggunakan baterai Li-Po internal berkapasitas 2950 mAh yang kalau digunakan nonstop bisa sampai 2.5 jam sekali charge. Ditambah, anda bisa merekam apa yang ditampilkan pada monitor FPV karena remote ini juga memiliki DVR sendiri yang bisa mengambil video ber resolusi 720p.



Kamera yang tertanam pada Xiaomi Fimi A3 bisa dibilang bukan main. Dengan FOV 80 derajat, anda bisa melihat tampilan yang lebar atau wide, serta ditambah beberapa parameter juga bisa anda atur sendiri dari ISO, Sutter Speed hingga Bitrate untuk video. Untuk mengambil foto, anda bisa mendapatkan gambar berukuran 8MP 3264 x 2448 pixel, serta untuk mengambil video, anda bisa merekam hingga resolusi 1080 alias FHD. Anda bisa memasukkan micro SD pada kamera drone, sehingga anda bisa mendapatkan gambar original yang bersih dan bebas lost signal. Selain itu, FPV yang digunakan oleh kamera ini adalah 5.8GHz tipe analog, sehingga kalaupun anda mau menggunakan FPV goggle anda sendiri juga bisa. Walau tidak pun anda juga bisa merekam via remote, jadi kalau mau mendapatkan video yang asli dan bersih dari telemetri dan data in screen, bisa rekam via drone langsung, tapi kalau anda ingin video yang ada telemetri dan data in screen nya, anda bisa rekam via remote dengan resolusi 720p, dan tentu akan ada beberapa gangguan seperti kalau kita nonton tv analog lalu gambarnya nggak bersih, hahaha.

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Untuk stabilizernya, Xiaomi Fimi A3 ini menggunakan 2 axis gimbal stabilizer yang ditambah dengan 3 axis EIS atau Electronic Image Stabilizer. Sehingga meski hanya menggunakan 2 axis gimbal mekanikal, namun hasil videonya tetap terlihat halus seperti menggunakan gimbal 3 axis.

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Yang keren dari Xiaomi Fimi A3 adalah DIY Portnya, masih jarang ada drone yang memiliki DIY Port dimana kita bisa memodifikasi drone sehingga punya fungsi lain seperti ditambah LED Strip, ditambah servo Motor untuk gripper atau modifikasi lainnya.

Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Untuk tiap pembelian Xiaomi Fimi A3 umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter( with camera)
1 x Transmitter
1 x Gimbal
1 x 11.1V 2000mAh Lipo Battery
1 x USB Cable
6 x Propeller
1 x Charging Cable
1 x Balance Charger
1 x Manual




Untuk drone yang tidak terlalu besar, Xiaomi Fimi A3 memiliki banyak sekali fitur yang bagus, drone ini kalau admin kata, bisa menjadi pendatang yang nanti bisa menjadi penetap juga kalau seumpama didukung dengan sparepart resmi yang bisa dibeli seperti baterai dan propeller misalnya. Terlebih drone ini benar – benar sudah All in one dan Ready to Fly. Anda tidak perlu download aplikasi FPV karena semua yang anda perlukan sudah ada dalam box. Cuma mungkin untuk waktu terbang yang maksimal, anda harus beli charger Li-Po yang disarankan oleh Fimi, lantas mengapa Fimi tidak mengganti Charger dalam pembelian sekalian? Ya mungkin Fimi sudah terlanjur membuat perjanjian dengan pembuat Charger dan sayang kan kalau charger yang udah jadi tidak dijual dalam pembelian paket Xiaomi Fimi A3. Huhuhu.

Untuk mendapatkan Drone Xiaomi Fimi A3 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Xiaomi Fimi A3

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone Xiaomi Fimi A3 - OmahDrones


Untuk harganya, Xiaomi Fimi A3 ini di beberapa online shop dan marketplace online berskala internasional rata – rata dibandrol 4juta hingga 4,6jutaan. Kalau dilihat memang tidak terlalu mahal untuk sebuah drone yang memiliki banyak fungsi keren seperti dia. Tapi, akan jauh worth lagi kalau didukung dengan adanya sparepart untuk Xiaomi Fimi A3 di toko lokal, sehingga kalau mau nyari sparepart bisa lebih mudah.