Spesifikasi Drone DWI X35 - The Messenger Drone


Fungsi sebuah drone sebenarnya banyak, tergantung itu dilihat dari sudut mana. ada drone yang fungsinya sebagai mengambil video untuk keperluan perfilman, ada juga drone yang mengambil gambar untuk pemetaan, lalu ada juga sekarang ini drone yang dirancang untuk traveling sehingga kita bisa mengabadikan momen ketika traveling dengan sudut pandang yang berbeda, dan ada juga drone yang fungsinya untuk entertainment alias untuk hiburan saja. Dari segi harga, drone dengan fungsi untuk hiburan termasuk dalam jenis drone kelas mainan yang harganya terjangkau. Berbeda dengan drone yang fungsinya untuk kegiatan yang serius, harganya bisa menguras dompet kalau dibeli dengan dana pribadi, maka dari itu banyak drone dengan tugas khusus dibeli dengan uang perusahaan.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


Namun balik lagi ke drone kelas mainan, omahdrones juga suka mengulik drone kelas mainan, karena selain dari segi harga lebih merakyat, banyak peminat dan penggunanya, dan yang terakhir adalah drone mainan memiliki banyak sekali jenis dan varian. Drone kelas mainan memiliki banyak macam sehingga sebagai konsumen kita bisa memilih drone mana yang sesuai dengan kemauan kita. Ada drone basic yang super manual, ada juga yang sudah altitude hold, itu dilihat dari sistem terbangnya. Kalau dilihat dari fiturnya, drone kelas mainan memang tidak dirancang untuk memiliki fitur yang sifatnya professional. Seperti pemberian kamera yang mungkin maksimal memiliki lensa 5MP. Selebihnya biasanya sudah drone semi professional kalau kata admin omahdrones.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


Namun yang akan kita bahas kali ini beda, dia memiliki key feature yang beda dari kebanyakan drone lain tentunya. Drone ini memiliki nama DWI X35, yap. Bukan syma atau cheerson, tapi produsen yang tidak begitu populer. Nah, drone ini memiliki key feature sebagai “messenger drone”. Apakah maksudnya? Nanti anda akan mengetahuinya. Sebelum itu, simak dulu beberapa fitur yang dimiliki oleh DWI X35:
  • DWI X35 RC Quadcopter With LED 23 Minutes Flying Time Drone With 720P WIFI FPV Camera 2.4G 6-Axis, Headless Mode, Altitude Hold, One Key Take off and Landing,3D Flips,Easy to Operate for Beginners
  • LED PROGRAMMABLE CONTROLLER:You can set the lighting effect as you want .Program message freely by software on computer via USB port,such as Merry Christmas or Happy birthday...This is the best gift for baby.
  • 23 MINUTES LONG FLYING TIME: 1600mAh high capacity battery, ultra long battery life up to 20-23 minutes, 4times more than the flight time of others rc drone.
  • PHONE CONTROL & WiFi FPV TRANSMISSION: Equipped with 720P HD TILTABLE CAMERA LENS to capture clear aerial pictures and video, you can watch a live video pictures on your phone with FPV function, you can also control these selfie drone through the APP to achieve TRAJECTORY FLIGHT FUNCTION, GRAVITY SENSOR and 3D VR MODE.
  • ONE KEY TAKE OFF/ LANDING/ EMERGENCY STOP: One key takeoff/ landing/ emergency stop button make it easier to fly, you will not have to worry about how to take off or land it as all can be done via a specific button, perfect for beginners to fly and helpful to protect these quadcopter drone when it is in danger of flying into trees.
  • ALTITUDE HOLD: ALTITUDE HOLD FUNCTION allows the drone to keep hovering at the current height once the throttle was released. More stable to flips and take high quality photos or shoot videos.
  • HEADLESS MODE: The function will orient your drone according to your controller, making flying and control easier. No worry about being confused with the drone’s direction when it flies far away.
  • 360°ATUNT FLIP DRONE(3D FLIPS): Fun and easy-to-use 360 degree stunt rolling makes the flight experience even more enjoyable with just the touch of a button.
  • EASY TO USE AND STABLE: Beginner-friendly buttons labeled for ease of use for beginners, and hobby users. The latest 6-axis gyro offers extra stability for easy handling and 360°flips.
  • 3 SPEED MODES :The drone comes in 3 speed modes for all level or flight expertise: beginner, intermediate, expert,very suitable for beginners. Also a ideal present as kids toys for children.



Spesifikasi Drone DWI X35

Brand: DWI
Type: Brushed Quadcopter
Model: X35
Features: Brushed Version, Camera, WiFi APP Control, WiFi FPV
Functions: Aerial Photography,Automatic Return,Camera,Emergency Landing,Forward/backward,FPV,Headless Mode,Height Holding,Low-voltage Protection,One Key Automatic Return,One Key Follow,One Key Landing,One Key Taking Off,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection
Size: Medium
Sensor: Gyroscope
Material: ABS/PS,Metal
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: About 100m
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Distance: 60 - 100m
Transmitter Power: Built-in rechargeable battery
Battery: 3.7V 1600mAh LiPo
Flying Time: 12-15mins
Charging Time.: 120mins


DWI X35 ini sangat mengejutkan, sebab dia dibekali dengan baterai yang cukup besar kapasitasnya untuk drone ukurannya. Bagaimana tidak, drone yang ukurannya sekitar 30 x 30 cm ini memiliki baterai bawaan berkapasitas 1600 mAh. Tentu dengan tegangan yang sama seperti drone mainan pada umumnya yakni 3.7Volt. beberapa orang beranggapan bahwa semakin besar kapasitas baterai berarti drone bisa terbang dalam waktu yang lebih lama dalam sekali terbang. Yap, memang benar, namun masalahnya disini adalah drone ini menggunakan motor brushed yang kecil, dan tentu sifat motor brushed itu tidak baik kalau digunakan nonstop apalagi lebih dari 10 menit dalam putaran yang cukup kencang.



Menurut admin omahdrones, bagusnya DWI X35 ini terbang menggunakan baterai berkapasitas 500 – 600mAh saja, tapi kalau tetap mau memakai baterai bawaan, anda bisa menggunakannya dengan “Benar” dengan cara mengistirahatkannya setelah terbang 5 - 7menit, selama 5 menit atau lebih. Jadi 1 baterai bisa untuk terbang beberapa kali. Karena kalau anda tetap terbang nonstop dengan baterai bawaan, ya memang anda bisa terbang lama hingga lebih dari 15 menit, namun ya konsekuensinya anda harus siap – siap mengganti motor drone anda yang akan lebih cepat rusak karena overheat.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


 Untuk bagian remote, desainnya mirip seperti controller untuk game console, ya beberapa produsen drone juga menggunakan controller model seperti ini juga, dengan antenna internal yang maksimal bisa digunakan hingga radius 100 meter. Tombol pada controller ini sayangnya tidak dilengkapi dengan label, sehingga anda harus memberi label sendiri untuk lebih mudah mengingat fungsi tiap tombolnya. Lalu di bagian atas remote juga bisa dipasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor Wifi-FPV ketika terbang. Dengan remote ini, anda sebenarnya hanya dapat mengoperasikan drone beserta fitur – fiturnya. Sedangkan untuk kamera, dapat anda kendalikan dari smartphone anda.



Bicara soal kamera, DWI X35 nampaknya dibekali dengan kamera berlensa 2MP. Dengan kamera ini anda bisa mendapatkan hasil yang mirip seperti kamera pada JJRC E58, sudah lumayan bagus untuk drone mainan. Bagusnya lagi, terdapat slot microSD di belakang kamera yang dapat anda masukkan memory untuk menyimpan seluru foto dan video selama ada terbang. Sehingga anda akan mendapatkan video original yang bebas lag yang disebabkan oleh frame dropping karena sinyalnya tidak stabil seperti yang anda lihat di layar FPV smartphone. Untuk resolusinya, kamera pada DWI X35 dapat mengambil video dalam resolusi HD 720p.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


Key feature yang lain dari DWI X35 adalah si messenger. Sebenarnya alat ini adalah kipas yang memiliki sebilah LED Array yang dapat diprogram untuk menampilkan karakter text dan beberapa icon yang didukung. Anda akan mendapatkan gadget ini sebagai modul yang bisa anda ganti dari kamera, ke kipas ini, atau sebaliknya. Untuk mengatur textnya, bisa menggunakan CD yang disertakan ketika anda membeli drone ini. Dengan adanya LED Array ini, bisa menjadi sangat keren ketika terbang, apalagi kalau anda lagi nembak cewek, uhuy elegan dan keren.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


Jadi tiap pembelian DWI X35, umumnya anda akan mendapatkan item:
1 x RC Drone
1 x 720P Camera
1 x 2.4GHZ remote control
2 x Free Blade
1 x English Manual
1 x 3.7V 1600MAH Li-Po Drone Battery
1 x Screwdriver
1 x USB Cable
1 x Disc
1 x LED Display



Yap, seperti bahasan diatas, yang menarik disini bagi admin adalah LED array yang bisa menampilkan pesan beberapa karakter kata yang tentunya akan terlihat bagus ketika malam hari. Dan disamping itu, masih sedikit juga competitor yang memiliki modul LED Array seperti itu.

Spesifikasi Drone DWI X35 - OmahDrones


Untuk harganya, DWI X35 ini sudah tersedia di beberapa online marketplace berskala internasional. Dia dibandrol sebesar 51 USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan 700 ribuan. Kalau dilihat dari harga bisa bersaing dengan drone lain yang tidak memiliki LED Array seperti DWI X35 ini.