Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol


Beberapa perusahaan yang bekerja dalam satu projek memang sudah lazim adanya di dalam industry. Seperti DJI yang bekerja sama dengan Hasselblad yang terlihat pada drone DJI Mavic 2 Pro. Nah kali ini kita juga akan membahas drone yang merupakan hasil dari kerja sama antara 3 perusahaan yakni Xiaomi, Youpin dan juga Funsnap. Drone yang mereka buat ini memiliki desain yang juga unik serta memiliki banyak fitur yang sangat menarik untuk digunakan ketika anda sedang menerbangkan drone ini. juga kelengkapan komponen supaya lebih safety terlihat sudah diterapkan juga, sehingga sebagai end user, kita akan diberikan sebuah drone yang user friendly serta aman digunakan walau anda masih awam dalam menerbangkan drone sekalipun.


Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Drone ini memiliki nama Funsnap Idol. Di beberapa daerah, drone ini juga diiklankan dengan brand Xiaomi Idol, ada juga yang bermerek Youpin Idol. Meski merknya berbeda namun baik bentuk dan spesifikasinya sama. Karena memang mereka membuat drone ini bersama, namun seperti yang terlihat disini, mereka menjualnya dengan brand yang berbeda, mungkin dimaksudkan supaya hasil dari penjualan bisa tergantung oleh tim marketing dari tiap produsennya sehingga dari ketiga brand tidak perlu susah – susah membagi hasil dari penjualan. Oke, admin rasa sudah cukup untuk pembukaannya, sekarang mari kita coba bahas kemampuan dari drone Idol ini apabila dilihat dari spesifikasinya.

Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Untuk key feature nya, sebenarnya Funsnap Idol ini lebih ke arah selfie drone, dengan desain foldable arm yang bentuknya seperti buku, Funsnap Idol juga sudah dilengkapi dengan GPS untuk positioning system ketika dia terbang outdoor. Ketika terbang indoor, Funsnap Idol juga tetap bisa terbang secara stabil, karena dia memiliki optical flow sensor dan juga memiliki satu buah ultrasonic sensor. Selain itu disisi mesinnya, Funsnap Idol sudah menggunakan motor brushless, sehingga untuk tenaga yang dihasilkan oleh motor akan efisien, serta di perawatannya, anda bisa lebih mudah karena anda tidak perlu membersihkan gearbox seperti pada drone – drone yang masih menggunakan motor brushed.



Untuk fiturnya, berikut adalah beberapa fitur yang ada di Funsnap Idol:
- AI Gesture Recognigtion
- Follow me
- Full HD 1080P Camera
- Optical flow
- Real time image tranmission
- Foldable and Portable
- Designed with Safety in mind




Sedangkan Spesifikasi Funsnap Idol dapat anda lihat dibawah ini:
Item Name:        FUNSNAP iDol RC Drone Quadcopter
Drone: 
Size: 226x268x43 mm (unfolded)
 226x144x48 mm (folded)
Quad's weight: 350g (with battery)
Flight weight: 50g
Highest flight altitude: 4000m
Operating temperature: 5-40degree
Wi-Fi band:5.8/2.4GHz
Camera:              
Image sensor: 1/3 CMOS
Lens FOV: FOV 77.5°; 28mm (35mmformat equivalent)
ISO range: 100-3200
Camera tilt angle:-90°to 30°
Max picture resolution: 2688x1520
Video resolution: 1080P, 1920x1080 at 30fps
Storage format: JPEG, MP4
Storage capacity: 8GB (Including system files)
Image transmission distance: 50m
Battery:               
Capacity: 1800mAh, 15.66Wh
Voltage: 8.7V
Battery type: Lipo 2s
Charging time: 90mins
Flight time: 10mins
Weight: 80g
Operating temperature: 5-40 degree
Charger:              
Input 1: 4-5V   2.4A MAX
Output 1:  8.7V 1.1A MAX
Input 2: 9-28v   2.3A MAX
Output 2: 8.7V 2.2A MAX
Rating: 16W
Remote Control:             
Frequency band: 2.4GHz
Range: Not less than 50m
Operating temperature: 5-40 degree
Current:0.14A@4.5V



Funsnap Idol memiliki baterai bawaan yang didesain untuk drone ini saja, alias baterai proprietary. Sehingga untuk mencari baterai cadangannya mungkin agak susah karena drone ini juga tidak mudah ditemui seperti merk Syma yang sudah mudah ditemui. Namun beberapa sumber menjual drone ini dengan ekstra baterai, paket bundle seperti itu bisa anda ambil karena anda bisa mendapatkan baterai cadangannya juga. baterainya sendiri bertipe Li-Po 2S yang memiliki tegangan 8.7 Volt dan kapasitasnya sebesar 1800 mAh. dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Funsnap Idol selama maksimal 10 menit. Ketika baterai sudah menipis, segera mendaratkan drone, lalu kalau mau mengisi ulang baterai, lebih baik tunggu suhu baterai jadi normal dulu, baru anda melakukan recharge seperti biasa. Terlebih karena baterai ini termasuk susah dicari, maka anda harus benar cara merawatnya.

Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Untuk transmitternya, Funsnap Idol memiliki transmitter yang bentuknya simple dan kecil, transmitter ini juga dirancang untuk terbang tidak terlalu jauh, untuk drone selfie memang sebaiknya tidak terbang jauh – jauh meski sudah memiliki GPS Sekalipun. Supaya drone tetap terkendali dan dapat melakukan tugasnya. Dengan remote yang desainnya juga sangat simple ini, anda dapat menerbangkan Funsnap Idol hingga 100 meter seperti drone kelas mainan. Bagian atas remote ini juga bisa anda gunakan untuk meletakkan smartphone sebagai monitor FPV ketika menerbangkan drone ini.



Untuk FPV nya memang masih menggunakan protocol Wifi-FPV, namun disini kamera Funsnap Idol menggunakan Wifi 5G atau Wifi 802.11ac . jadi tidak semua smartphone dapat menggunakan Wifi-FPV di drone Funsnap Idol. Maka dari itu, sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support di koneksi Wifi 802.11ac supaya dapat melakukan Wifi-FPV. Untuk jaraknya juga relative, tergantung dengan perangkat anda, serta situasi dan kondisi dimana anda terbang.

Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Untuk kameranya, Funsnap Idol termasuk drone selfie yang disarankan untuk dibeli. Karena kualitas kameranya tidak dipaksakan. Tidak seperti kebanyakan drone yang menjanjikan foto dan video HD namun hanya ukurannya saja yang HD tapi kualitas videonya biasa saja atau malah buruk. Nah, di Funsnap Idol, anda akan mendapatkan kamera dengan sensor 1/3 CMOS yang ISO nya juga dapat diatur dari 100 – 3200. Selain itu kamera ini juga bisa anda atur tiltnya dari remote. Selain itu yang pasti adalah gambar yang dihasilkan sudah cukup bagus. Dengan kontras yang bagus, serta kualitas yang bagus. Sehingga anda tidak akan kecewa dengan hasil gambar atau video yang anda ambil dari drone selfie ini.



Fitur kameranya pun juga lebih kompleks, selain ada intelligent flight seperti mode dronie, roket dan juga circle, dia juga bisa tracking dan following, serta ada juga gesture control, seperti ketika anda mengacungkan 2 jari piss di depan kamera, maka drone akan mengambil foto. Dan ketika anda melambaikan 5 jadi di kamera, drone akan langsung mendarat.



Anda juga tidak perlu MicroSD eksternal untuk drone ini, karena Funsnap Idol sudah memiliki internal memory sebesar 8GB yang dapat anda gunakan untuk menyimpan hasil foto atau video yang anda ambil. Ketika akan memindah file foto atau video, anda bisa menggunakan kabel Micro USB yang mudah anda temukan dipasaran. Dengan adanya memory internal ini, juga dapat membuat anda yang sering lupa menyisipkan memory ke drone dapat tenang – tenang saja, karena memang drone ini tidak menggunakan eksternal memory.

Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Ketika pembelian, anda memiliki tiga buah opsi bundle yang bisa anda pilih, dengan detail seperti dibawah ini:
BNF Version(One Battery):
1 x iDol Drone
4 x Propeller
1 x Battery
1 x Battery Charger
1 x User Manual

RTF Version (One Battery):
1 x iDol Drone
1 x Transmitter
4 x Propeller
1 x Battery
1 x Battery Charger
1 x User Manual

RTF Version (Two Batteries):
1 x iDol Drone
1 x Transmitter
4 x Propeller
2 x Battery
1 x Battery Charger
1 x Outdoor Bag
1 x User Manual



Kesimpulan admin, mungkin disini kalau anda memiliki keinginan untuk membeli DJI Spark, namun dana belum sampai dan anda membutuhkan drone selfie yang dapat anda bawa – bawa juga, Funsnap Idol mungkin bisa menjadi salah satu solusi. Karena memang kalau dari segi harga, Funsnap Idol memang lebih murah dari DJI Spark. Namun kalau minta pendapat admin lebih baik Funsnap Idol atau Spark, tetap saja admin memilih DJI Spark. Mengapa? Sebenarnya juga beda jauh Funsnap Idol denan DJI Spark. Hanya saja fitur dan kemampuan Funsnap Idol mendekati DJI Spark.

Spesifikasi Drone Xiaomi Youpin Funsnap Idol - OmahDrones


Untuk harganya, Funsnap Idol ini dibandrol sebesar 223USD di beberapa online shop dan marketplace internasional. Atau kalau diubah ke kurs rupiah ketika artikel ini dibuat, setara dengan 3.3 jutaan. Dengan harga sebesar itu, sudah mendapatkan drone lipat, dengan brushless motor, ber gps serta tentuya kamera yang tidak seadanya memang sudah sepadan.