Perbedaan Wifi 2.4GHz dan 5GHz pada Wifi-FPV


Dulu ketika Wifi-FPV masih menjadi salah satu fitur yang diinginkan oleh para pecinta drone, semua smartphone yang dihubungkan ke kamera wifi sudah pasti terhubung. Tapi kendala pada saat itu adalah radius jangkauan FPV yang sangat terbatas, selain factor tempat dimana mereka terbang, juga karena wifi yang digunakan merupakan wifi generasi awal. Selain data rate yang masih terbilang terbatas, dulu bahkan kita hanya bisa mendapatkan video FPV 15 – 20 fps saja, dan itu sudah terbilang bagus. Semakin hari, teknologi wifi yang digunakan semakin ditingkatkan. Dan sekarang muncul drone dengan fitur Wifi-FPV namun dengan Wifi 5G. sekarang muncul pertanyaan dasar, apa sih perbedaan dari Wifi Biasa dengan Wifi 5G.


Perbedaan Wifi 2.4GHz dan 5GHz pada FPV Drone - OmahDrones


Baiklah, kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara Wifi biasa (yang dimaksud adalah Wifi 2.4GHz) dengan Wifi 5G.



Wifi merupakan sebuah teknologi nirkabel yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan utamanya sebagai media untuk komunikasi data. Seperti untuk menyalurkan koneksi internet, menghubungkan antara satu device ke device lain. Dan di dunia drone Wifi-FPV, wifi digunakan sebagai perantara dari gambar yang terlihat oleh kamera, lalu dikirimkan ke smartphone anda, sehingga anda bisa melihat apa yang dilihat oleh drone dari layar smartphone anda secara realtime. Bukan hanya itu, tapi anda juga bisa mengambil kendali drone, seperti inisiasi untuk mengambil gambar, video, auto take-off, landing dan lain – lain tergantung dari produk drone yang anda beli, karena tiap brand dan tipe bisa jadi beda fitur dan aplikasi FPV nya.



Sebelumnya, perhatikan daftar generasi Wifi sesuai standar dari IEEE dibawah ini:
1. IEEE 802.11b beroperasi di frekuensi 2.4GHz
2. IEEE 802.11g beroperasi di frekuensi 2.4GHz
3. IEEE 802.11a beroperasi di frekuensi 5GHz
4. IEEE 802.11n beroperasi di frekuensi 2.4GHz dan 5GHz
5. IEEE 802.11ac beroperasi di frekuensi 5GHz



Wifi yang digunakan drone, kebanyakan adalah Wifi generasi lama, yang masih menggunakan frekuensi 2.4GHz. jadi untuk bisa menggunakannya, minimal smartphone anda support di Wifi generasi b dan g. dan harusnya semua smartphone yang sudah memiliki wifi support di generasi tersebut.



Tetapi, ada satu masalah disini, karena transmitter bawaan drone juga menggunakan frekuensi yang sama, yakni 2.4GHz. iya kan? Nah meski beda channel, namun kalau masih dalam satu frekuensi di tempat yang sama, pasti lalulintas data tidak akan maksimal. Ibarat kalau sedang dijalan ada banyak kendaraan yang menggunakan jalan, pasti jalannya akan penuh kan. Makanya disini akan terjadi yang namanya “interfensi sinyal” atau gangguan sinyal, memang dampaknya tidak akan terlihat secara mencolok, namun dampak akan terasa ketika anda menerbangkan drone plus sedang Wifi-FPV an, pasti akan terjadi interfensi yang efeknya akan terasa seperti:
- jangkauan drone yang tidak maksimal
- drone tidak begitu responsive
- tampilan FPV putus-putus atau frame dropping
- drone sering hilang koneksi dan akhirnya fly away (jangan sampai)




Drone – drone tersebut umumnya drone kelas mainan, makanya rawan sekali fly away. Sebenarnya untuk mengakalinya, anda bisa menerbangkannya dengan smartphone. Tidak menggunakan remote bawaan supaya tidak terjadi interfensi sinyal. Tapi disini kalau wifi smartphone anda kualitasnya rendah, maka jangkauannya juga tidak akan terlalu jauh. Tapi disini admin sudah pernah membahas supaya jangkauannya bisa lebih jauh, anda bisa menggunakan WifiRepeater Portable.



Sedangkan Wifi 5G adalah Wifi generasi baru yang dinilai memiliki jangkauan lebih baik, serta memiliki data rate yang lebih besar, sehingga biasanya dengan Wifi 5G anda bisa mendapatkan gambar preview berkualitas HD di layar smartphone anda.



Untuk bisa menggukanan Wifi-FPV 5G, kalau dilihat dari urutan generasi Wifi, setidaknya smartphone anda harus sudah support di Wifi 802.11 a, n dan juga ac. Hanya saja dari kebanyakan drone 5G, bisa beroperasi penuh di generasi 802.11ac . maka dari itu, di beberapa postingan omahdrones yang memiliki Wifi-FPV 5G, admin selalu merekomendasikan smartphone yang sudah support wifi 802.11ac, meski kadang juga bisa beroperasi di Wifi 802.11 a dan n.



Kelebihan dari Wifi 5G, selain kita bisa mendapatkan jarak yang lebih baik serta data rate yang lebih besar, adalah kita bisa terbang dengan remote dan FPV di smartphone secara bersamaan dan drone akan bekerja maksimal, karena tidak ada sinyal yang bentrok, karena frekuensi FPV dan controller sudah berbeda. Maka dari itu, kalau anda melihat beberapa test flighat menggunakan drone Wifi-FPV 5G, pasti Wifi-FPV nya bisa jauh, 100 meter bahkan lebih. Dan biasanya juga drone yang sudah menggunakan Wifi-FPV 5G sudah dilengkapi pula dengan GPS.



Lalu apa ada perbedaan lain antara Wifi 2.4GHz dam Wifi 5G? ada, perbedaan lainnya adalah di segi harga. Umumnya harga drone dengan Wifi 2.4GHz cenderung lebih murah daripada drone dengan Wifi-FPV 5G. apalagi drone tersebut juga sudah dilengkapi dengan GPS. maka harganya jelas lebih mahal.



Oke, kira – kira seperti itu penjelasan admin omahdrones, mengenai perbedaan antara wifi 2.4GHz dengn wifi 5GHz. Semoga ulasan diatas bisa menjawab pertanyaan anda yang sedang bingung membedakan kedua jenis wifi tersebut.