Spesifikasi Drone JJPRO X5 EPIK - Brushless GPS FPV Ready


Kembali lagi membahas drone buatan salah satu merk yang sudah terkenal dalam dunia drone, yakni JJRC. Mereka memiliki brand yang dikhususkan untuk drone dengan spesifikasi lebih kompleks dan bukan termasuk dalam drone mainan. Kalau admin sih lebih tepatnya drone “semi professional” yang biasanya sudah dilengkapi dengan GPS, menggunakan motor brushless, serta dilengkapi dengan kamera yang gambanya lumayan bagus. Kalau untuk drone kelas semi professional sendiri, ada banyak pilihan juga yang dapat anda temukan, seperti Bayangtoys X22, lalu ada yang lebih advance lagi dari C-Fly yakni C-FlyObtain. Karena mulai banyak produsen yang mengeluarkan drone semi professional, nampaknya JJRC juga tidak mau ketinggalan sampai – sampai mereka membuka sub brand sendiri untuk drone kelas semi professional.


Spesifikasi Drone JJPRP X5 EPIK - OmahDrones


Sebelumnya, admin juga sudah membahas tentang JJPRO X3 beberapa waktu lalu, dan sekarang JJPRO kembali lagi dengan model drone barunya, yang ternyata kalau diperhatikan drone ini seperti copy paste dari MJXBugs 5W. memang kalau dilihat dari bentuk dronenya terlihat berbeda, namun di bagian mesin atau motornya, drone yang memiliki nama JJPRO X5 EPIK ini memiliki spesifikasi motor yang sama juga, yakni motor brushless MT 1806 1800KV dengan ESC 6A. bahkan propeller bawaannya pun juga terlihat sama persis dengan MJX Bugs 5W. lalu bagaimana dengan kemampuan terbang dan spesifikasi komponen lainnya? Mari kita coba ulas pada kesempatan kali ini.



JJPRO X5 EPIK ini menawarkan banyak fitur yang menarik dan dapat anda gunakan ketika menerbangkan drone ini. Seperti karena dia juga sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS, membuatnya memiliki banyak fitur yang dapat digunakan seperti follow me, circle me, dan tentunya juga return to home secara akurat, dimana drone akan kembali ke titik dimana ia pertama take-off, ketika drone kehilangan sinyal, atau ketika baterai sudah menipis, dan tentunya ketika anda menekan tombol return to home. Untuk fitur lebih lengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
  • 5G WiFi system for a faster and clearer photos
  • Brushless motor for a low noise, smooth running, and long service life
  • GPS positioning system ensures a full control to the drone when in further distance
  • Altitude hold positioning system provides a good stability
  • Point of interesting flight: the drone automatically circles around the hot point, elevating the flight experience
  • Smart follow me mode: lock you as the object, then fly following you automatically without control
  • Smart follow me mode: recognize the human and automatically follow the figure, continually capture their actions and activities
  • Headless mode: fly the drone easily without knowing the head position
  • Safe flight: one key return, failure return to home, low voltage return to home
  • Adjustable camera: 0 - 90 degrees adjustable range, shooting photos from different angles
  • APP download: QR code on the manual (only for the version with camera)



Spesifikasi Drone JJPRP X5 EPIK - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi dari drone JJPRO X5 EPIK, dapat anda lihat dibawah ini selengkapnya:
Brand: JJRC
Type: Brushless FPV Racing Quadcopter,Quadcopter
Features: WiFi APP Control,WiFi FPV
Functions: 360 Degree Surround,Air Press Altitude Hold,Automatic Return,Camera,Continuous Shooting,Fail-safe,Forward/backward,FPV,GPS location tracking,Headless Mode,Low-voltage Protection,One Key Follow,Point of Interest,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection,With light
Size: Medium
Satellite System: GPS
Sensor: Barometer
Night Flight: Yes
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control, Wi-Fi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle), Wi-Fi APP
Detailed Control Distance: 500-600m
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Distance: 200 - 300m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery (not included)
Battery: 7.4V 1800mAh Li-Po
Flying Time: 16 - 18mins
Charging Time: 5h



Spesifikasi Drone JJPRP X5 EPIK - OmahDrones


Untuk baterainya, JJPRO X5 EPIK memiliki baterai proprietary alias baterai yang dirancang khusus untuk JJPRO X5 EPIK, namun sebenarnya bentuk baterainya juga sama persis dengan baterai MJX Bugs 5W. sehingga apabila anda kesulitan mencari baterai untuk JJPRO X5 EPIK, anda bisa mencari baterai MJX Bugs 5W untuk JJPRO X5 EPIK anda. Lagipula spesifikasi baterainya juga sama, dengan tegangan 7.4Volt dan kapasitasnya sebesar 1800mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan JJPRO X5 EPIK hingga 10 menit dalam sekali recharge, walaupun sebenarnya lama terbang tergantung bagaimana cara anda menerbangkan drone. Juga dapat dipengaruhi oleh tempat dimana anda menerbangkan drone, apakah banyak angin atau tidak. Untuk proses rechargingnya, anda akan mendapatkan USB Charger untuk baterai ini, sehingga agar optimal, ketika charge, gunakan adaptor USB minimal 1 ampere supaya arus yang masuk ke baterai dapat optimal.


Spesifikasi Drone JJPRP X5 EPIK - OmahDrones


Di bagian transmitternya pun JJPRO X5 EPIK ini menggunakan transmitter yang bentuknya memang ini controller drone MJX yang baru. Dengan bentuk yang lebih simple, serta ditambah satu LCD kecil memanjang yang akan menampilkan beberapa informasi telemetri secara realtime. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan drone JJPRO X5 EPIK hingga 500 meter, karena transmitter ini masih menggunakan antenna internal, antenna yang Nampak diluar remote ini hanya bersifat aksesori alias hiasan saja, sehingga tidak mempengaruhi apapun meski anda lipat atau tidak. Lalu di bagian atas remote ini juga dapat anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV tentunya.



Kamera dari JJPRO X5 EPIK ini bentuknya juga lagi – lagi sama dengan kamera drone MJX Bugs 5W. dengan kemampuan mengambil video berresolusi 1080p, dengan gambar yang sudah lumayan bagus tentunya, anda akan mendapatkan hasil video dengan kualitas lebih baik daripada drone – drone kelas mainan yang biasanya masih pecah dan tidak jelas. Kamera ini juga memiliki fungsi tilt yang dapat anda atur melalui controller. Untuk FPV, kamera ini menggunakan frekuensi Wifi 5G, alias Wifi 802.11ac. sehingga tidak semua smartphone dapat menggunakan fitur FPV disini. Maka dari itu pastikan dulu smartphone anda support Wifi 802.11ac sebelum membeli drone ini.



Kamera ini pun juga sudah dilengkapi dengan microSD Slot, sehingga gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan didalam MicroSD. Anda akan terbebas dari gangguan transmisi video seperti frame dropping atau frame freezing yang mengakibatkan lag dalam video preview. Informasi juga, kalau kamera JJPRO X5 EPIK dan MJX B5W memiliki protocol yang berbeda, sehingga anda tentu tidak bisa menggunakan aplikasi MJX untuk JJPRO X5 EPIK dan begitu pula sebaliknya.

Spesifikasi Drone JJPRP X5 EPIK - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian JJPRO X5 EPIK anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone ( Battery Included ),
1 x Spare Battery,
1 x Transmitter,
1 x Clip,
4 x Soft Rubber Mat,
1 x Camera,
1 x Balancing Charger,
1 x Charging Adapter,
4 x Propeller,
1 x USB Charging Cable,
2 x English Manual,
1 x Screwdriver,
1 x Phone Holder

Untuk mendapatkan Drone JJPRO X5, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone JJPRO X5

Link mati? bisa Lapor Disini



Kesimpulan admin mengenai JJPRO X5 EPIK, nampaknya JJRC mencoba mencari peruntungan dari drone kelas semi professional, namun entah mereka bekerja sama dengan MJX untuk menciptakan drone ini atau tidak, yang jelas dari spesifikasi nya kedua drone tersebut sama persis, untuk kemampuannya pun juga tidak terlalu berbeda, relative sama juga.



Dan untuk harganya, JJPRO X5 EPIK ini di beberapa online shop internasional, dia dibandrol dengan harga sebesar 170USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah ketika artikel ini ditulis, setara dengan 2.5 jutaan. Harga yang sepadan mungkin untuk drone dengan kemampuan seperti JJPRO X5 EPIK. Mengingat dia sudah menggunakan GPS dan motor brushless juga, sehingga harganya tentu beda kalau dibandingkan dengan drone kelas mainan.