Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - HD Camera 3 axis Gimbal


Bayangtoys sering dilirik karena dia lebih diutamakan menggunakan motor brushless yang memiliki power besar dan efisien di sisi konsumsi power. Sejak kemunculan bayangtoys X16 yang menjadi primadona pada waktunya, kini bayangtoys masih mengembangkan drone buatan mereka supaya mereka dapat mengeluarkan drone – drone baru yang tentunya layak untuk dipertimbangkan bagi para pilot yang hendak upgrade drone, mungkin sebelumnya yang sudah punya X16 mau upgrade ke X21. Dan yang sudah memiliki X21 ingin upgrade lagi untuk dapat drone yang lebih advanced lagi. Untungnya bayangtoys juga memiliki pemikiran yang sama seperti para konsumennya. Entah apa ini juga ada trik marketing didalamnya namun bila dilihat sekilas saja, bayangtoys tetap mengeluarkan upgrade dari drone sebelumnya yang memiliki fitur atau kemampuan yang lebih.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Seperti drone buatan bayangtoys yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Dengan nama bayangtoys X22. Drone ini dinilai menjadi penerus dari bayangtoys X21. Lalu apa yang membuatnya menjadi beda dari si X21. Seperti beberapa produsen mainan lainnya, mereka bisa membuat satu produk dengan nama baru, walau sebenarnya itu adalah produk lama yang diberi satu fitur tambahan yang membuatnya memiliki fungsi baru. Nah, sama halnya dengan bayangtoys X22. Meski bukan 100% drone kelas mainan, Drone ini kalau dilihat juga masih sama persis seperti bayangtoys X21 ini, memiliki satu komponen tambahan yang membuatnya berbeda dari versi sebelumnya. Yakni dengan penambahan 3 axis gimbal untuk membuat si pilot dapat mendapatkan gambar footage yang lebih halus.



Bayangtoys X22 juga memiliki dual GPS, satu berada di controller, satunya berada di drone nya, GPS/GLONASS membuatnya lebih akurat lagi ketika melakukan penguncian GPS. Dengan adanya dual GPS ini, anda juga jadi dapat menggunakan fitur bawaan keren seperti follow me, circle me. Dan tentunya return to home otomatis ketika drone diluar jangkauan, atau ketika baterai sudah menipis. Untuk fitur lain dari drone Bayangtoys X22 dapat anda lihat dibawah ini:
- Built-in Dual GPS System,enable precise Position / Altitude Hold, Follow Me and Point of Interest outdoors.
- Take 1080P HD videos and transmit FPV within 320-430m by the HD Wide-angle 1080P camera.
- The 8MP camera stabilized by 3-Axis gimbal.
- With automatic return function, the quadcopter will automatic returning and landing when lost connection or signal received interference.
- Surround Feature.Select a center point,set the flight height and radius of flight,the UAV can automatically fly around the center point,easy to shoot a master lens effect.
- With Follow Me, the aircraft will automatically follow you and capture your every move from a unique aerial perspective.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi lebih detail dari drone Bayangtoys X22 dapat anda simak dibawah ini:
Brand Name: BAYANGTOYS
Item name: X22
Color: Black
Product size: 25*25*22cm
Package size: 34*17.5*34cm
Product Weight850g
Blade Length20.2cm
Motor TypeBrushless Motor 2212 920KV
Maximum Rising Speed 8m/s
Maximum Descending   3m/s
Maximum Horizontal      9m/s
Maximum Altitude          6000m
Working Temperature   0-40degree celcius
Battery for Quadcopter 11.1V 2200mAh Lipo battery (Included)
Flying Time         about 16mins
FPV Distance      About 320-430m         
Camera Resolution          1920*1080P 8MP
Recording Format            MP4
Photo Shooting Mode   Single
Memory Extension         Maximum support for 64G
Fit TF Card Level               Above class6               
Controller Mode              Mode 2 (Left Hand Throttle)
Frequency          2.4G
Power   25db
Maximum Signal Distance            360 meters
Flight Altitude    Inside 120m
Working Temperatur      0-40?
Battery 6 x 1.5V AA battery (Not Included)
Battery Type      LIPO 3S
Weight 168g         
Power Adapter 15V
Balance Filling    4.2V/3S 800MA
Charging Time   200-230mins
Charger Power  20wh
Working Temperture     0-40?


Meski memiliki bobot yang besar, ditambah berat dari gimbal yang memiliki 3 axis. Tentu membutuhkan power yang besar. Sayangnya Bayangtoys X22 hanya dibekali dengan sebuah baterai bertegangan 11.1 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 2200 mAh. Dengan baterai bayangtoys berkata bahwa ia bisa terbang selama 16 menit, namun seperti biasa, yang tertera pada spesifikasi hanya hitungan matematis yang tidak dipengaruhi oleh medan dan factor angin. Beberapa pilot yang pernah menerbangkan Bayangtoys X22 dengan baterai bawaan, rata – rata mereka sekali terbang hanya dapat terbang selama 7 – 9 menit saja. Namun mengingat ia menggunakan motor brushless, anda bisa membeli baterai cadangan sebanyak mungkin, karena baterainya juga baterai universal yang mudah ditemukan di Indonesia. Cuma nanti anda mungkin akan repot di preflight, karena harus melakukan kalibrasi kompas tiap mau terbang.

Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Di bagian transmitter atau unit kendalinya, Bayangtoys X22 juga masih menggunakan controller yang sama dengan Bayangtoys X21. Namun bedanya, ada beberapa tombol yang tidak berfungsi disini, ada juga yang berlaih fungsi menjadi tombol untuk mengatur pitch gimbal. Mau ke atas atau ke bawah, bisa anda atur dari remote ini. Untuk sebuah remote drone mainan, remote ini memiliki banyak sekali tombol, dan kalau anda susah mengingat tombolnya, anda bisa beri label sendiri untuk mempermudah anda menggunakannya. Selain itu, untuk jaraknya juga tidak terlalu jauh, karena masih menggunakan antenna model internal yang maksimal dapat anda kendalikan hingga 360 meter. Remote ini juga dilengkapi dengan LCD monochrome yang dapat menampilkan telemetri sebagai informasi untuk anda ketika menerbangkan Bayangtoys X22.



Di bagian atas remote juga dapat anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda. Dengan kamera yang sudah dapat melakukan FPV. Anda bisa menghubungkan kamera ke smartphone anda melalui sinyal Wifi. Namun perlu di ingat, kamera FPV ini menggunakan Wifi 5G. atau Wifi 802.11ac, sehingga sebelum membeli Bayangtoys X22, lebih baik pastikan dulu apa smartphone anda sudah support Wifi 802.11ac. jarak FPV dengan wifi 5G memang lebih jauh daripada wifi 2.4Ghz, terlebih karena berbeda frekuensi, sehingga frekuensinya tidak saling mengganggu dan dapat bekerja lebih optimal.

Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Kamera dari Bayangtoys X22 sendiri memiliki kemampuan mengambil video dengan resolusi 1080p. kamera ini akan menghasilkan gambar lebih halus, karena Bayangtoys X22 memiliki 3axis gimbal yang membuat kamera ini tetap anteng seolah tidak ada guncangan dan getaran ketika terbang. Gambar yang anda ambil akan langsung tersimpan ke dalam microSD, sehingga anda akan mendapatkan gambar atau video asli yang terbebas dari lag, frame freezing, atau frame dropping. Gambar yang dihasilkan dari kamera pun juga termasuk sudah sangat bagus untuk drone kelas semi pro. Tidak seperti drone – drone mainan yang menjanjikan gambar HD namun memiliki lensa 0.3 – 2 MP saja.

Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Bayangtoys X22, anda akan mendapatkan item:
1 x BAYANGTOYS X22 RC Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 11.1V 2200mah Battery
1 x Charger
1 x Screwdriver
1 x Mobile Phone Holder



Kesimpulan dari Bayangtoys X22 yang dapat admin ambil, mungkin terutama di bagian baterai. Akan lebih bagus seandainya bayangtoys membuat baterai khusus untuk Bayangtoys X22, sehingga lama waktu terbangnya dapat lebih lama. Namun mengingat semakin besar baterai juga semakin berat bobotnya. Mungkin langkah yang diambil bayangtoys untuk menggunakan baterai universal 11.1Volt ini juga termasuk bagus, karena anda bisa membeli baterai cadangannya dengan mudah.

Spesifikasi Drone Bayangtoys X22 - OmahDrones


Untuk harganya, ketika artikel ini ditulis, dia memiliki harga pasar sebesar 160USD, atau kalau diubah ke kurs Indonesia saat artikel ini ditulis, setara dengan 2.4 jutaan. Kalau sudah masuk di pasar Indonesia tentu harganya bisa bervariasi lagi karena harganya sudah dibandrol oleh seller nya. Harganya mungkin bisa dibilang sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan, mengingat anda sudah mendapatkan drone brushless, dengan kamera HD yang juga dilengkapi dengan 3 axis gimbal.