Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax

Bagi beberapa orang, JJRC adalah sebuah merk dari produsen drone yang menghadirkan drone – drone inovatif namun masih dalam kelas toys atau mainan. Sebut saja Drone lipat fenomenal pada masanya, yakni JJRC H37 Elfie yang mendapat upgrade jadi JJRC H47 Elfie. Lalu untuk mendapatkan hati para pemula, JJRC juga mengeluarkan drone dengan ukuran medium namun harganya sangat bersahabat, yakni JJRC H33. Sebenarnya masih ada banyak lagi varian drone yang mereka keluarkan, memang kebanyakan masih toy grade, namun taukah anda bahwa JJRC juga memiliki drone GPS dan sudah menggunakan komponen lebih tinggi seperti juga sudah menggunakan motor brushless? Kalau anda belum tau, maka saat ini anda tepat disini karena kita akan membahas satu drone dari JJRC yang bisa menjadi saingan dari merk lainnya.



Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones


Drone ini memiliki nama JJPRO X3 Hax. JJPRO sendiri adalah nama keluarga baru dari JJRC yang membedakan antara drone JJRC yang toy grade dengan yang lebih tinggi. Drone ini kalau admin masukkan ke kategori professional drone tentu tidak tepat, karena dia secara bentuk tidak di desain untuk keperluan komersil juga. dia lebih mirip drone untuk racing sebenarnya, walaupun dia juga bukan drone racing. Drone ini datang bukan tanpa saingan, setidaknya ada dua saingan yang menjadi rival JJPRO X3 Hax, yakni ada Hubsan H502S dan juga MJX Bugs 2. Setidaknya mereka memiliki bentuk dan fitur yang sekilas sama.


Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones

Lantas apa saja fitur yang ditawarkan oleh JJPRO X3 Hax sehingga bisa menjadi saingan kedua drone tadi? Berikut adalah beberapa poin fitur yang dimiliki oleh JJPRO X3 Hax
- GPS
JJPRO X3 Hax sudah memiliki GPS sehingga dia sudah bisa terbang dan mengunci posisi atau titik dimana ia terbang sehingga tidak akan terbawa angina ketika terbang, dengan GPS ini pula dia jadi memiliki fitur:
- Return to Home
Sekali perintah maka drone akan pulang lalu mendarat ke titik dimana ia pertama terbang dan mengunci “home position”. Return to Home juga dapat dipicu ketika baterai drone sudah mulai menipis, serta juga bisa dipicu oleh Electric Fence, apa itu electric Fence?
- Electric Fence
Kemampuan dimana anda hanya dibatasi untuk terbang sejauh 300 meter dan tinggi di 100 meter saja. Ketika fitur ini di aktifkan setiap anda menyentuk jarak 300 meter maka drone akan langsung return to home, namun ketika anda matikan fitur ini, anda bisa bebas terbang lebih dari 300 meter jaraknya. Saran admin sih, untuk JJPRO X3 Hax ini mending fitur ini always on, supaya safe fly.
- Common feature
Beberapa fitur yang sudah umum seperti one key take off dan landing, juga headless mode dan tombol pengatur kecepatan drone. Serta tentunya dia sudah altitude hold, drone GPS kalau tidak altitude hold ya tidak ada, hehehe.



Untuk spesifikasinya, anda bisa simak dibawah ini:
Brand: JJRC JJPRO
Item Name: HAX
Item No.: X3
Material: ABS/Hardware/Electronic
Wheelbase: 25.5cm
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gryo: 6Axis
Satellite Positioning Systems: GPS
Quadcopter Camera: HD 1080P
FPV Signal: WIFI
Quadcopter Battery: 2S 7.4V 2000mAh Lipo(Included)
Flying Time: About 15-17mins
Charging Time: About 1-2 Hours
Transmitter Battery: 1.5V 4 X AA (Not Included)
R/C Distance: About 500m
WIFI FPV: About 200m
Motor Type: Brushless
Motor: 1806 2300KV
ESC: Brushless 12A X 4
Memory Card: 4G TF Card (Not Included)
Max Support: 16GB
Color: White
Quadcopter Size: 28.5 X 28.5 X 7.6cm
Quadcopter Weight: 385g (With Battery)
Package Size: 31 X 26 X 16cm
Package Weight: 1.147KG



Untuk bagian sumber tenaga, JJPRO X3 Hax dibekali dengan baterai yang kapasitasnya 2000 mAh dan bertegangan 7.4 Volt, spesifikasinya sekilas sama seperti baterai Syma X8 series, bedanya baterai JJPRO X3 Hax ini sudah didesain hanya untuk JJPRO X3 Hax saja, sehingga untuk mencari baterai cadangan mungkin akan lebih sulit daripada baterai universal. Meski baterai ini digunakan untuk mensupply lebih banyak komponen daripada drone kelas toys, namun JJRC berkata kalau drone ini bisa terbang hingga 17 menit, walau kenyataannya menurut para pilot yang sudah mencoba drone ini, dia hanya bisa terbang maksimal 12 menit saja. Untuk pengisian ulangnya, justru disini anda bisa dengan mudah recharge sebab JJPRO X3 Hax memiliki baterai yang port chargingnya menggunakan port Micro USB. Karena tegangannya 7.4 volt, admin sarankan untuk charge menggunakan Adaptor USB seperti yang digunakan untuk charge smartphone supaya listriknya bisa mengisi dengan optimal.


Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones

Di bagian transmitternya, apabila dilihat sekilas memang JJPRO X3 Hax memiliki remote dengan desain seperti remote drone professional. Untuk interfacenya memang tidak terdapat label dalam tombolnya, sehingga mungkin anda perlu memberikan label sendiri untuk mempermudah anda menghafal tiap tombolnya. Remote ini juga memiliki LCD untuk menampilkan telemetri status drone dan informasi seperti daya baterai terkini, banyaknya satelit yag terhubung, jarak, tinggi dan kecepatan drone, sehingga dengan LCD ini anda akan tau bagaimana kondisi drone secara realtime. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan JJPRO X3 Hax hingga jarak maksimal 500 meter.


Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones

Sementara di bagian kamera, JJPRO X3 Hax memiliki kamera yang bisa di lepas pasang. Kamera ini bisa dibilang sudah sangat bagus desain dan modelnya. Karena dengan model lepas pasang, ketika anda tidak ingin menggunakan kamera, anda bisa melepasnya sehingga mengurangi beban yang harus ditanggung baterai. Di kamera ini juga terdapat slot MicroSD yang bisa anda beri MicroSD hingga 16GB. Kamera ini mampu mengambil video dengan resolusi 1080p dan anda bisa mendapatkan video asli yang langsung tersimpan dalam microSD atau yang terrekam dan tersimpan melalui FPV ke smartphone anda.


Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones

Yap, JJPRO X3 Hax sudah bisa anda gunakan untuk Eifi FPV. Hanya saja untuk bisa menikmati FPV di drone ini, smartphone anda harus memiliki Wifi yang support di frekuensi 5.8GHz. dengan Wifi generasi baru yang frekuensinya berbeda dengan frekuensi transmitter maka sinyal tidak aka bentrok sehingga jarak FPV bisa lebih dari 100 meter. Maka dari itu mengapa admin menyarankan untuk selalu mengaktifkan Electric Fence, selain supaya tidak terbang jauh – jauh, itu juga supaya anda tetap bisa menikmati Wifi FPV menggunakan smartphone anda.


Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones

Umumnya, ketika pembelian JJPRO X3 Hax, anda akan mendapatkan item seperti dibawah:
1 x JJRC JJPRO X3 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 2S 7.4V 2000mAh Lipo Battery
1 x 1080P Camera
1 x USB Charging Cable
1 x Mobile Phone Holder
4 x Propellers (2 X CW 2 X CCW)
1 x Manual



Kesimpulan yang bisa admin berikan disini mungkin karena JJPRO X3 Hax ini masih produk pertama di generasinya, mungkin tidak akan se simple yang kita bayangkan, kalau di spesifikasi sudah meyakinkan, belum tentu juga ketika di implementasikan. Kalau anda belum siap untuk hal yang tidak di inginkan seperti ada trouble ketika menggunakan JJPRO X3 Hax, lebih baik anda tidak mengambil drone ini, terlebih untuk drone pertama anda.

Spesifikasi Drone JJRC JJPRO X3 Hax - OmahDrones



Untuk urusan harga, JJPRO X3 Hax dibandrol paling murah seharga 164 USD di beberapa onlineshop Internasional. Itu setara dengan RP 1.9 juta ,- kalaupun drone ini terus dikembangkan, mungkin beberapa saat lagi akan muncul generasi baru dari JJPRO yang memiliki kemampuan lebih bagus dan lebih handal lagi.