Spesifikasi Drone SG900-S GPS


Makin banyaknya peminat drone membuat para produsen juga berlomba mengeluarkan drone yang pas di hati dan tentunya dikantong para pengguna yang dijadikan target konsumen oleh si produsen drone. Semakin hari, banyak drone – drone yang harganya ekonomis namun memiliki kemampuan yang sudah cukup bagus. Bahkan sekarang kita mencari drone kelas mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS pun sangat banyak, dari merk yang baru masuk hingga merk yang sudah terkenal pun ada. Untuk kualitas tentu untuk drone kelas mainan relatif sama. Tinggal anda saja yang mau memilih drone merk apa dan versi yang mana. Atau mungkin anda mungkin akan tertarik dengan satu drone yang akan kita bahas kali ini?



Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Drone ini memang drone pendatang baru, sehingga wajar saja kalau anda belum tau merk dagangnya. Lagipula merk dagangnya juga tidak terlalu jelas seperti Syma, atau JJRC misalnya. Drone ini memiliki nama SG900-S GPS. Kalau dilihat dari bentuk tubuhnya, drone ini mirip sekali seperti drone yang pernah admin bahas juga, yakni drone F196. Drone ini memang memiliki body yang sama, bentuk dan motor yang sama juga. Bedanya kalau F196 menggunakan optical flow sensor untuk mempertahankan posisi ketika terbang, kalau SG900-S GPS sesuai namanya dia sudah dilengkapi dengan GPS, yang bukan hanya dapat mempertahankan posisi, namun mengetahui letak posisi dimana ia terbang dan juga mengunci “home point” sehingga dia dapat return to home, ke tempat dimana ia take-off.



Meski sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS. SG900-S GPS ini masih tergolong drone kelas mainan. Ditandai dengan dia masih menggunakan motor brushed dan untuk mengambil gambar, dia masih menggunakan kamera yang tidak dapat kita setting parameternya. Tapi sebagai drone mainan, SG900-S GPS sudah lebih dari cukup karena selain sudah dilengkapi dengan GPS, dia juga sudah altitude hold tentunya, drone ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur lain yang dapat anda lihat dibawah ini:
- With foldable arm, small size, easy to carry.
- 720P/1080P HD camera optional, enables you to have a further real-time images transmission image for fantastic video/picture taking.
- GPS positioning mode provides a more accurate flight.
- Automatic return function: the drone will return automatically when battery voltage is low or receiving return command.
- Automatic Point Flight: The mobile phone APP sets the surround point and the surrounding radius, and sets the aircraft from the initial point, providing cooler shooting perspective.
- Smart Follow: the aircraft will fix the controlling cellphone and follow the operator whichever direction he moves.
- Altitude hold mode makes it easier to control the drone for beginner and more stable for aerial photography.
- With attractive headless mode, completely solving pilot loss-of-orientation problems.
- One-key taking off/landing/stop makes the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.
- With 7.4V 1100mAh battery, the fly time up to 10 mins.
- With low power protection overcurrent protection.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Spesifikasi dari drone SG900-S GPS, dapat anda simak selengkapnya dibawah ini:
Item No.: SG900-S
Material: ABS
Frequency: 2.4G   
Channel: 4CH
Gyro: 6Axis
FPV: WiFi
Camera: 720P/1080P (Optional)
Photo/Video: 1280*720/ 1920*1080
WiFi Distance: 50-80m
Quadcopter Battery: 7.4V 1100mAh Lipo Battery (Included)
Remote Control Battery: 390mAh Lipo Battery (NOT Included)
Flying Time: About 10mins
Charging Time: About 180mins
R/C Distance: About 300m
Flying Weight: 200-300g
Color: Black
Quadcopter weight: 199.8g
Quadcopter Size: 18×14×4cm (Foldable)
                              29×29×4cm (Unfoldable)

Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Untuk baterainya, sebenarnya baterai SG900-S GPS juga sama dengan F196, hanya saja kalau F196 baterainya disusun pararel sehingga memiliki spesifikasi 3.7Volt 2200mAh.  Kalau untuk SG900-S GPS, baterainya disusun seri sehingga memiliki spesifikasi 7.4Volt 1100mAh. Tegangan yang lebih besar diperlukan SG900-S GPS untuk memberi tenaga ke modul GPS sehingga seluruh komponen dapat bekerja dengan semestinya. Dengan baterai bawaan ini, anda dapat menerbangkan SG900-S GPS kurang lebih selama 10 menit. Dan karena baterai ini tipe proprietary, maka rawatlah baterai ini dengan baik karena mungkin anda akan kesulitan mencari baterai cadangan untuk drone SG900-S GPS, khususnya di wilayah Indonesia. Rawatlah baterai sebaik mungkin seperti yang paling mudah adalah merecharge baterai ketika suhu baterai tidak panas atau dalam suhu ruangan. Dalam kondisi normal dan tidak panas, proses pengisian baterai dapat berjalan secara optimal.

Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Remote dari drone SG900-S GPS juga masih sama bentuknya seperti untuk Drone F196. Dengan remote ini anda sudah dapat mengendalikan drone serta mengaktifkan fungsi – fungsi bawaan seperti mengambil gambar, auto take off, return to home dan lain – lain. Untuk jarak jangkauannya, SG900-S GPS dapat anda terbangkan dalam radius 300 meter. Remote ini memiliki desain yang sederhana, sehingga bagi pemula pun mungkin akan bisa cepat terbiasa dan dapat menerbangkan drone SG900-S GPS ini. Remote ini memiliki baterai internal bertegangan 3.7Volt dan memiliki tegangan 390mAh. Sehingga dengan adanya baterai intenal ini, anda tidak perlu membeli baterai habis buang lagi, otomatis anda juga sudah melakukan kegiatan “GoGreen” dengan mengurangi sampah elektronik.



SG900-S GPS memiliki kamera yang sebenarnya sudah cukup untuk sebuah drone mainan. Namun seperti drone mainan lainnya, SG900-S GPS seperti hanya memiliki lensa 2MP yang di stretch menjadi 1080p ketika merekam video. Sehingga hasil gambarnya, walau memiliki resolusi yang besar, namun gambarnya tidak tajam dan masih terlihat agak buram kalau menurut admin. Untuk penyimpanan medianya, SG900-S GPS juga memiliki slot MicroSD yang dapat menyimpan foto dan video yang anda ambil. Sayangnya disini tombol record ke MicroSD dengan tombol record ke Smartphone anda berbeda. Jadi gunakan tombol record pada remote supaya video yang anda ambil tersimpan ke MicroSD, karena kalau disimpan di MicroSD pada drone, video yang anda ambil akan terbebas dari lag yang disebabkan oleh frame dropping atau frame freezing karena sinyal FPV yang tidak kuat.



Untuk FPV nya, SG900-S GPS masih menggunakan Wifi-FPV dengan frekuensi 2.4GHz, sehingga semua smartphone ber Wifi harusnya support untuk melakukan FPV dengan drone SG900-S GPS ini. Karena masih menggunakan Wifi-FPV 2.4GHz, maka jarak jangkauan FPV nya juga tidak sejauh Wifi-FPV yang menggunakan frekuensi Wifi 5G atau 802.11ac.

Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian drone SG900-S GPS, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x SG900-S RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1100mAh Lipo Battery
1 x USB Cable
4 x Propellers
1 x Screwdriver
1 x Manual



Kesimpulan admin mengenai drone SG900-S GPS, bagi anda yang ingin belajar menerbangkan drone, SG900-S GPS bisa menjadi solusi karena selain masih mudah dikendalikan, dia dilengkapi dengan GPS sehingga drone tidak mudah terbawa angin ketika anda terbangkan. Bentuk remote yang simple, juga membuat anda jadi makin mudah mempelajarinya. Meski cocok untuk pemula, namun anda yang sudah mahir pun juga bisa memilikinya terlebih apabila anda memang mencari drone yang sudah memiliki GPS.



Spesifikasi Drone SG900-S GPS - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, seperti drone GPS lainnya, drone ini berkisar di harga 1 jutaan. Lebih tepatnya di beberapa online marketplace internasional dia dibandrol sebear 77USD, atau setara juga dengan 1.1jt kalau sesuai dengan kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis. Dengan drone yang sudah memiliki GPS, hal yang paling dibenci oleh pilot yakni drone terbang terbawa angin, tidak akan menjadi masalah lagi, namun mengingat dia masih menggunakan motor brushed, sebenarnya kasihan juga kalau drone ini disuruh terbang melawan angina yang cukup kencang, pada akhirnya bisa terseret juga. Jadi tetap sebaiknya terbang apabila cuaca mendukung saja.