Spesifikasi Drone Flytec T17 - Wifi FPV Optical Flow


Beberapa merk drone baru mulai memasuki pasar drone internasional. Meski banyak produsen baru, mereka juga dengan berani dengan produknya yang biasanya memiliki keunggulan kalau dibandingkan dengan produk yang sejenis dari merk lain. Beberapa brand baru ini menawarkan beberapa fitur yang menarik untuk drone di kelasnya, seperti drone kelas mainan yang diberi fitur mirip drone professional misalnya. Dan kali ini, kita juga kedatangan brand baru di pasar drone dengan nama merknya Flytec. Mereka nampaknya lebih berfokus dalam membuat mainan terbang, tidak seperti brand RC lain seperti WLToys misalnya yang juga memproduksi mobil RC dan juga kapal RC. Sehingga bisa diharapkan untuk Flytec memang berfokus di produk mainan terbangnya dan menghasilkan produk yang memuaskan para penggunanya.


Spesifikasi Drone Flytec T17 - OmahDrones


Kali ini yang akan kita bahas adalah seri Flytec T17. Kalau dilihat dari bentuknya, memang sekilas tidak jauh beda dengan JD20, dengan bentuk yang mirip – mirip dengan DJI Spark. Flytec T17 ini juga masih menggunakan motor brushed, sehingga didalamnya masih menggunakan gear system untuk dapat menghasilkan tenaga yang optimal. Itu artinya, kalau anda sering menerbangkan Flytec T17, anda kelak akan menemui masalah drone mainan, seperti gear yang pada ompong, atau motor lemah, bahkan motor mati total. Drone kelas mainan seperti ini memang sudah wajar memiliki masalah seperti itu, karena sejatinya dia hanya digunakan sebagai mainan yang memiliki jangka waktu pemakaian. Tapi kalau anda bisa memperbaiki seperti mengganti gear atau motornya sih tentu bukan masalah lagi.



Fitur yang ditawarkan juga cukup banyak untuk sebuah drone mainan. Mulai dari fitur standar seperti altitude hold, lalu headless mode dan one key return. Ditambah untuk Flytec T17 ini memiliki fitur yang lebih advanced lagi kalau dibandingkan dengan drone sekelasnya, seperti dia sudah memiliki optical flow sensor, sehingga ketika terbang dia bisa mempertahankan posisinya meski tanpa GPS. Dengan cara melihat citra dari kamera yang berada dibawah, lalu drone akan mengunci citra dibawah sehingga dia bisa mempertahankan posisi. Selain itu fitur lainnya dapat anda lihat dibawah ini:
  • Function: Forward/backward, up/down, left/right side-fly, left/right turning, hovering, one key takeoff/landing, Headless mode, altitude hold, optical flow positioning, gesture taking photo, follow me, one key return,3D flip
  • Beautiful and foldable appearance makes the drone more attractive.
  • Double cameras: one adjustable 720P camera and a optical flow 720P camera.
  • Altitude hold: The aircraft can hover at a certain height after taking off, comfortable for new beginners.
  • Optical flow positioning: lens can not just locate, but also can exchange to camera to take photo and video.
  • Follow me and Gusture Recognization Selfie: can take amazing photos and video using just hand gesture anywhere, without a remoter controller or mobile device.


Spesifikasi Drone Flytec T17 - OmahDrones



Spesifikasi ringkas untuk drone Flytec T17, dapat anda lihat dibawah ini:
Item brand: Flytec
Item name: T17 RC Quadcopter
Remote controller: 2.4G Remote Control & Wifi App Controlled
Gyroscope: Six axis
Main material: ABS
Battery charger: USB plug
Camera: 720P
FPV transmission: Wifi
Control Distance: about 80m
Quadcopter Battery: 3.7V 1100mAh lipo battery
Battery for Controller: 4 * AA battery (not included)
Charging time: about 120 minutes
Working time: about 10 minutes
Product size: 245 * 245 * 50mm
Product weight: 390g



Flytec T17 memiliki baterai bawaan yang besar untuk kelas mainan. Dia memiliki baterai dengan tegangan 3.7Volt, dan berkapasitas seesar 1100mAh. Dengan baterai ini, anda bisa benerbangkan drone Flytec T17 hingga 10 menit dalam satu kali terbang. 10 menit sebenarnya sudah terlalu lama untuk drone kelas mainan terbang dalam satu waktu,  jadi ada baiknya 1 baterai bisa untuk terbang 2kali sehingga motornya tidak terlalu panas. Begitu pula waktu mau recharge baterai, tunggu dulu hingga suhu baterainya normal, baru anda bisa melakukan proses pengisian ulang baterai dengan normal. Karena baterai Flytec T17 ini adalah proprietary alias baterai desain khusus untuk Flytec T17, sehingga mungkin susah mencari cadangannya di pasaran, jadi sebisa mungkin rawat baterainya juga dengan baik.

Spesifikasi Drone Flytec T17 - OmahDrones


Drone ini juga disertai dengan controller fisik, Flytec T17 ini sebenarnya termasuk selfie drone yang dapat dikendalikan langsung menggunakan smartphone, namun bagi yang ingin mendapatkan control lebih presisi, anda bisa menggunakan controller fisik ini, untuk jaraknya kalau dibandingkan dengan smartphone, tentu jarak jangkauannya lebih jauh apabila menggunakan transmitter ini, karena kalau menggunakan smartphone, jangkauannya tergantung dengan kemampuan dari wifi smartphone anda. Lagipula dengan transmitter ini anda juga sudah dapat mengendalikan drone serta melakukan beberapa fungsi bawaan dengan tombol yang sudah disediakan di transmitter ini. Untuk jangkauannya, juga standar drone mainan, sekitar 80 – 100 meter, dan mengingat Flytec T17 adalah drone selfie, maka juga lebih baik terbang tidak terlalu jauh kan supaya mendapat gambar yang sempurna.



Di bagian kameranya, Flytec T17 sudah dilengkapi dengan kamera dengan lensa 2MP yang sudah dapat mengambil video dengan resolusi 720p. kamera ini sayangnya tidak memiliki slot microSD untuk yang versi Wifi, sehingga foto dan video yang diambil akan langsung tersimpan di memory smartphone anda. Artinya, anda bisa mendapatkan gangguan video seperti lag , frame dropping dan freezing. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya gangguan tersebut, cobalah untuk tidak terbang terlalu jauh supaya sinyal nya tetap kuat dan optimal.



Kamera ini juga memiliki fitur advance lainnya, yakni hand gesture recognition seperti yang dimiliki oleh DJI Spark. Anda bisa membuat V dengan jari atau symbol “piss” maka kamera drone akan melakukan countdown lalu mengambil foto. Juga jika anda membuat symbol kotak dengan tangan anda, drone akan segera merekam video. Fitur keren memang, namun anda masih belum bisa terbang tanpa remote baik itu remote fisik, atau smartphone, sehingga fitur ini terlihat seperti pelengkap saja, karena kita juga bisa langsung menekan tombol record pada transmitter atau pada layar smartphone.



Sebenarnya anda juga bisa menggunakan kamera bawah yang digunakan untuk optical flow sensor. Namun hasil kameranya terlalu besar nilai brightness dan lightness mya, mungkin supaya lebih mudah dalam menentukan color mate nya yakni membedakan hitam dan putih dari citra yang tertangkap supaya fungsi optical flow dapat bekerja dengan optimal.

Spesifikasi Drone Flytec T17 - OmahDrones


Tiap pembelian drone Flytec T17, umumnya anda akan mendapatkan item seperti:
1 * T17 Drone
1 * Remote Controller
1 * 3.7V 1100mAh Lipo Battery
4 * Spare Propeller
4 * Propeller Protector
1 * USB charger
1 * Screwdriver
1 * User Manual



Untuk sebuah drone mainan, Flytec T17 memang menjanjikan banyak sekali hal yang belum bisa diberikan oleh drone lain di kelasnya. Sebagai drone kelas mainan, mungkin Flytec T17 perlu dikembangkan lagi, karena dari beberapa pilot yang sudah mencoba drone ini. Beberapa fitur yang ditawarkan kadang bekerja, kadang tidak, terutama untuk fitur advanced seperti gesture control, follow me dan juga way point mode nya.

Spesifikasi Drone Flytec T17 - OmahDrones


Untuk harganya, Flytec T17 ternyata masih termasuk dalam drone dibawah satu juta. Sebuah foldable drone, dengan lengan yang bisa dilipat dan memiliki banyak fitur ini, di beberapa online shop internasional diberi label harga sebesar 62 USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini dibuat, setara dengan 950 ribuan. Tapi itu harga internasional. Kalau sudah masuk Indonesia, harganya pasti berubah lagi karena tergantung sellernya kan, bisa saja malah jadi 1 juta lebih.