Spesifikasi Drone W-RC122CH - Infrared Follow me


Beberapa teknologi inovasi terbaru memang harus dikembangkan hingga layak untuk diterapkan secara masal pada drone. Namun untuk menambah daya jual dan fitur dari sebuah drone, teknologi yang masih dikembangkan pun dapat di aplikasikan terutama untuk drone kelas mainan. Karena drone kelas mainan hanya berfungsi sebagai mainan, sehingga teknologi yang sedang dikembangkan pun dapat menjadi daya tarik dan nilai lebih dari drone tersebut. Bagi para pengembang, produk dengan teknologi baru itu yang sudah dibeli oleh konsumen juga bisa menjadi bahan untuk mengumpulkan data, seperti misalnya bagaimana antusias konsumen terhadap drone ini, dan bagi yang sudah membeli drone tersebut, apakah dia puas, atau tidak, kurang lebih seperti itu.


Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones


Seperti pendatang baru yang satu ini. memang dia pendatang baru di omahdrones, karena kami belum pernah membahas tentang drone dengan brand W-RC. Dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah W-RC122CH. Drone ini adalah drone kelas mainan, yang tentunya ringan, dengan model Quad-Copter yang masih menggunakan motor brushed ditambah gearbox untuk mendapatkan tenaga yang maksimal untuk terbang. Drone ini juga sudah altitude hold, dimana ia dapat mempertahankan ketinggiannya ketika terbang dan key feature yang unik dari drone ini adalah kemampuan follow me nya. Jarang – jarang ada drone kelas mainan yang sudah bisa follow me. Nah di W-RC122CH, anda bisa melakukan follow me dengan cara yang berbeda. Yakni dengan menggunakan infrared sensor.

Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones


Prinsip sederhananya adalah infrared yang ada di drone, akan mencari IR Receiver yang itu ada di bagian atas remote. Ketika infrared sudah diterima oleh receiver, maka drone akan menghadap ke receiver lalu anda bisa berjalan dengan remote yang diarahkan ke drone nya. Maka drone akan mengikuti anda. Namun kelemahannya adalah fitur follow me ini akan berfungsi dengan baik apabila digunakan terbang indoor karena kalau digunakan ketika terbang outdoor. Cahaya infrared akan kalah dengan cahaya matahari, sehingga posisi drone dan remote harus sangat dekat supaya drone dapat mengikuti transmitternya. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
  • Functions: Sideward flight, turn left/right, up/down, forward/backward, 3D flip, altitude hold, infrared follow, headless mode, one key return
  • H/L speed mode and 3D flip function for you to experience cool flying play.
  • 0.3MP camera can capture and record every beautiful and unforgettable moment.
  • With attractive headless mode, completely solving pilot loss-of-orientation problems.
  • Altitude hold mode makes it easier to control the drone for beginner and more stable for aerial photography.
  • Infrared follow function will let the drone go along with the transmitter as the operator moves.



Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones



Sedangkan untuk spesifikasi ringkas dari drone W-RC122CH dapat anda lihat dibawah ini:
Item name: W-RC122CH RC Drone
Remote controller: 2.4G Remote Control
Camera: 0.3MP
Control distance: About 60m
Drone battery: 3.7V 380mAh lipo battery (about 16g)
Remote controller battery: 4 * AAA battery(not included)
Flying time: about 6-8mins
Charging time: About 60mins
Product size: 290 * 290 * 90mm
Product weight(including battery): 100g
Package size: 40.5 * 33 * 9cm / 16 * 13 * 3.5in
Package weight: 688g / 1.5lb




W-RC122CH memiliki baterai yang bentuknya proprietary, artinya baterai ini dibuat khusus untuk W-RC122CH dengan menambahkan “wadah baterai” sehingga kalau untuk mencari cadangannya, kemungkinan akan sulit, terlebih ketika penjual drone W-RC122CH juga sedikit. Baterai ini memilliki tegangan 3.7 Volt dan kapasitasnya juga tidak terlalu besar yakni hanya 380mAh saja. untuk ukuran drone kelas mainan dengan fitur yang tidak terlalu banyak, admin rasa baterai ini sudah cukup sebab untuk sekali charge, anda bisa menerbangkan W-RC122CH hingga 6 menit. Ketika sudah terbang dan baterai habis, ketika suhu baterai masih panas, jangan langsung di charge, tunggu dulu hingga baterainya bersuhu normal, baru anda bisa melakukan pengisian ulang baterai.

Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones


Di bagian transmitternya, W-RC122CH memiliki transmitter yang bentuknya mirip dengan transmitter drone kelas toys yang termasuk “murah”. Tapi disini ada yang unik terutama di bagian analog untuk throttle dan directionnya. Penempatan analog tidak sejajar, sehingga tentu ini berbeda dari desain transmitter yang sudah biasa dikenal. Mungkin ini adalah inovasi baru dari W-RC, apakah mempengaruhi “kemudahan” saat terbang atau tidak. Untuk jaraknya, transmitter ini termasuk memiliki jangkauan yang pendek, seperti halnya mini drone, di spesifikasi dia dapat dikendalikan hingga 60 meter, namun beberapa pilot hanya dapat jarak maksimal 30 meter, memang jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda menerbangkan drone juga.



W-RC122CH ini ternyata juga sudah dilengkapi dengan sebuah kamera. Meski kamera ini belum dapat melakukan Wifi-FPV, namun dengan kamera ini, anda sudah bisa mengambil gambar dan video, serta menyimpannya langsung ke microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di belakang kamera. Kamera ini memiliki resolusi 0.3MP, sehingga jangan berharap mendapatkan gambar yang jernih dan HD, karena dia masih merecord di 640 x 480p. disamping itu, sebagai drone kelas mainan, dengan memiliki sebuah kamera pun sebenarnya sudah menjadi fitur yang bagus untuk drone ini sehingga si pilot bisa bermain – main juga dengan kamera ketika terbang dengan W-RC122CH.

Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian anda akan mendapatkan item:
1 * W-RC122CH RC Drone
1 * Remote Controller(mode 2)
1 * 3.7V 380mAh Lipo Battery
4 * Spare Propeller
1 * USB charger
1 * Screwdriver and Screws set
1 * User Manual



Kesimpulan admin untuk W-RC122CH, mungkin W-RC122CH ini di desain untuk pemula, entah dia cocok untuk pemula atau tidak, namun dengan interface transmitter yang berbeda, mungkin saja ada pilot yang lebih suka daripada interface transmitter standar dimana analog nya bersebelahan. Serta untuk infrared sensor yang digunakan untuk follow me, memang bekerja dengan baik ketika terbang indoor, sehingga kalau mau main drone ini outdoor dan anda ingin follow me, pastikan cuacanya sedang tidak terik, justru ketika pagi hari, sore hari atau pada waktu mendung, disaat sinar matahari tidak banyak jatuh, disitu anda bisa melakukan follow me dengan lebih mudah.

Spesifikasi Drone W-RC122CH - OmahDrones


Untuk harganya, di beberapa sumber yang menjual W-RC122CH secara internasional, dia dibandrol sebesar 36USD saja, atau setara dengan 500ribuan apabila diubah ke rupiah dengan kurs pada saat artikel ini ditulis, sehingga W-RC122CH bisa dikatakan cocok untuk pemula dan ternyata ia juga termasuk drone dibawah satu juta. Apa anda tertarik mencoba follow me dengan infrared sensor? Kalau tertarik mungkin anda harus memasukkan W-RC122CH dalam refrensi drone anda.