Speifikasi Drone F196 - Selfie Gesture


Masih ingat dengan fiturnya DJI Spark? Yang dimana kita dapat memerintah Drone hanya dengan gesture tangan kita? Yah, dengan motion gesture kita bisa mengendalikan DJI Spark untuk melakukan hal tertentu, seperti mengatur ketinggian drone, lalu memerintahnya untuk mengambil foto atau video. Namun untuk mendapatkan DJI Spark anda perlu uang yang dirasa banyak, karena DJI Spark adalah drone selfie advanced yang memiliki teknologi terbaik dan didesain sekecil mungkin. Semua komponen berkualitas baik dan tidak seperti komponen pada drone kelas toys yang memang didesain untuk mainan. Tapi bagi anda yang ingin mendapatkan fitur gesture control dengan drone yang harganya relative murah, sekarang ini ada perusahaan yang menambahkan fitur gesture control pada drone kelas toys.



Speifikasi Drone F196 - OmahDrones

Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga termasuk ke dalam drone foldable, dengan lengan yang dapat dilipat, tentu model ini sekarang, utamanya ketika admin menulis artikel ini sedang sangat diminati oleh banyak orang. Karena dengan model foldable ini, setidaknya dapat mempermudah penggunanya ketika ingin menyimpan atau membawa drone ini ke dalam tas, tanpa takut akan terjadi hal yang tidak di inginkan seperti misalnya lengan yang patah. Sebelum membahas lebih jauh, Drone yang memiliki nama F196 ini masih menggunakan motor brushed dan tentu saja dia membutuhkan gearbox supaya tenaga yang dihasilkan menjadi lebih efisien. Meski dia memiliki lengan foldable, sayangnya dia masih menggunakan jenis propeller standar, mungkin ukurannya sama dengan drone Syma X5HW. Sebelumnya ada juga memang drone yang menggunakan propeller standar untuk foldable arm, seperti Visuo XS809 series misalnya.



Drone F196 ini memiliki beberapa fitur seperti yang dapat anda lihat dibawah ini:
  • Optical flow: make the drone fly steadily and achieve a smooth control (only for the optical flow version)
  • Altitude hold positioning system provides a good stability
  • 2MP WiFi camera transmits videos in real-time for a FPV flight (only for the version with camera)
  • Gesture selfie: make a V gesture to shoot, hand palm to record (only for the version with camera)
  • Smart follow me mode: recognize the human and automatically follow the figure, continually capture their actions and activities
  • Headless mode: fly the drone easily without knowing the head position
  • One key return: just press one key to recall your RC drone
  • High / low two speed levels to meet different needs
  • APP download: QR code on the manual (only for the version with camera)


Speifikasi Drone F196 - OmahDrones


Untuk spesifikasi lengkapnya, anda dapat melihatnya dibawah ini:
Type: Quadcopter
Features: Camera,WiFi APP Control,WiFi FPV
Functions: Aerial Photography,Air Press Altitude Hold,Camera,Forward/backward,FPV,Headless Mode,One Key Automatic Return,One Key Follow,Optical Flow Positioning,Selfie,Sideward flight,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection
Size: Medium
Sensor: Barometer, Gyroscope, Optical Flow
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control, WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: 80M
Compatible with Additional Gimbal: No
Battery: 3.7V 2200mAh LiPo of the drone, 3.7V 390mAh LiPo of the remote control
Product weight: 0.1300 kg
Package weight: 0.7400 kg
Product size (L x W x H): 29.00 x 29.00 x 4.00 cm / 11.42 x 11.42 x 1.57 inches
Package size (L x W x H): 29.00 x 20.80 x 10.50 cm / 11.42 x 8.19 x 4.13 inches



Yang membuat drone ini menjadi memiliki nilai lebih dari beberapa drone sekelasnya selain Gesture control yang sudah admin singgung tadi, adalah baterainya. Karena baterai Drone F196 ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Untuk tegangannya memang masih 1S yakni 3.7Volt, namun kapasitasnya mencapai 2200 mAh. jarang – jarang ada drone kelas mainan yang memiliki baterai sebesar ini. sehingga dengan baterai ini pula anda bisa terbang selama maksimal 18menit. Tapi, mengingat kalau Drone F196 ini masih menggunakan motor brushed, maka admin rasa kurang cocok. Sebab drone dengan motor brushed seharusnya didesain untuk tidak terbang terlalu lama. Mungkin 10 menit saja sudah termasuk waktu terbany yang lama untuk drone brushed. Sebab motor brushed itu cepat panas. Dan kalau sampai terlalu panas, bisa jadi cepat melemah atau bahkan aus, dan lebih parah lagi bisa langsung mati total. Sehingga anda harus mengganti motornya untuk dapat terbang kembali.


Speifikasi Drone F196 - OmahDrones


Di bagian remote controlnya. Drone F196 memiliki desain remote control yang mungkin beda dari lainnya karena admin baru melihat remote yang desainnya seperti ini. desain nya secara sekilas mirip replika controller DJI Mavic, namun bedanya disini holder untuk smartphonenya berada diatas. Peletakan tombolnya juga simple, sehingga anda bisa dengan mudah menghafal tiap fungsinya. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan Drone F196 hingga 80 meter. Sama seperti drone kelas mainan lainnya. Karena sejatinya drone kelas mainan juga tidak digunakan untuk terbang jauh – jauh. Untuk sumber tenaganya, remote ini juga sudah menggunakan baterai Li-Po bertegangan 3.7Volt dan berkapasitas 390mah. sehingga kalau baterainya habis, anda hanya perlu melakukan pengisian ulang seperti baterai dronenya. Anda secara tidak langsung juga melakukan GoGreen karena mengurangi pembelian baterai habis buang.



Drone F196 juga memiliki Optical Flow sensor yang dapat membuatnya tetap tenang dan stabil ketika terbang dalam jarak maksimal 4 meter. Dengan optical sensor yang ada dibagian bawah drone, menangkap citra permukaan dibawahnya secara realtime berusaha tidak keluar dari jalur kecuali anda mengendalikan dari remote. Drone seperti ini lebih mudah dikendalikan karena tidak mudah terbawa angin seperti drone mainan lainnya yang belum memiliki optical flow sensor.

Speifikasi Drone F196 - OmahDrones


Nah dibagian kameranya, Drone F196 sudah dilengkapi dengan kamera 2MP yang dapat anda gunakan untuk mengambil foto atau video. Dalam drone ini tidak tersedia DVR dan slot microSD, sehingga gambar dan video yang anda ambil, akan langsung tersimpan pada memory di smartphone dengan koneksi FPV. Koneksi FPV nya sendiri masih menggunakan frekuensi Wifi 2.4GHz, yang artinya itu adalah frekuensi yang sama dengan remote controlnya. Seperti drone Wifi-FPV lainnya, kemungkinan terjadi lag, frame drop dan frame freeze masih dapat anda alami menggunakan Drone F196 ini. maka dari itu untuk mencegahnya, jangan terbang terlalu jauh. Kamera yang ada di Drone F196 ini juga bisa anda atur tiltnya mau kebawah atau ke atas, namun secara manual.



Fitur yang lain daripada drone sekelasnya adalah motion gesture, disini anda bisa menyuruh drone untuk mengambil foto dengan gesture tangan yang membentuk V alias piss. Ketika piss nanti akan muncul hitungan mundur dan drone akan mengambil foto anda.



Umumnya ketika membeli Drone F196, anda akan mendapatkan item:
1 x Drone Battery Included)
1 x Remote Control (Battery Included)
2 x Propeller
1 x Screwdriver
1 x English Manual
1 x USB Cable



Kesimpulan yang mungkin bisa admin ambil untuk Drone F196, adalah apabila anda ingin drone yang memiliki kelebihan berbeda daripada drone lain, Drone F196 bisa menjadi refrensi drone yang bisa anda beli. Dengan baterai yang super besar, sebenarya anda bisa gunakan untuk terbang beberapa kali, dengan waktu sekali terbang kurang lebih 5 menit, maka anda dalam sehari mungkin bisa terbang hingga 3 kali. Selain tidak perlu sering recharge, motor drone juga bisa lebih awet karena tidak bekerja terlalu lama tiap sekali terbang. Selain itu, berkat ada optical flow sensor, Drone F196 juga tidak mudah terbang terhembus angin walau diterbangkan oleh seorang pemula.


Untuk mendapatkan Drone F196 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone F196 

Link mati? bisa Lapor Disini


Speifikasi Drone F196 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, di beberapa sumber yang menjual Drone F196, dia dibandrol sebesar 53USD, atau kalau diubah ke rupiah sesuai kurs yang admin lihat pada saat menulis artikel ini, setara dengan 790ribuan. Tentu lebih murah kalau dibandingkan dengan drone bermerk seperti DJI Spark misalnya, tidak sebanding memang, namun untuk drone kelas mainan, memiliki baterai besar, optical flow sensor, dan juga selfie gesture, harga untuk Drone F196 sudah termasuk sepadan dengan apa yang didapatkan.