Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S


Dulu anda pasti juga sudah mengetahui soal drone JD-20 kan? Drone yang mungkin terkenal di Indonesia karena bentuknya mirip dengan DJI Spark, namun bentuk nya lebih besar sedikit serta JD-20 memiliki Foldable Arm, sehingga akan lebih mudah untuk dibawa – bawa. Drone radi Jingdatoys ini mungkin menjadi drone yang sangat berarti bagi Jingdatoys, maka dari itu mereka melakukan beberapa upgrade untuk drone JD-20 dan pada akhirnya, satu versi muncul lagi sebagai pembaruan dari JD-20 yang memiliki spesifikasi lebih bagus daripada JD-20. Seperti yang bisa dilihat kalau utamanya pada saat artikel ini ditulis, gejolak folding drone juga masih sangat diminati oleh banyak pilot di seluruh dunia, sebagai salah satu opsi drone yang mudah dibawa ketika anda pergi.


Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Dengan nama baru yakni JD-20S. dia hadir dengan bentuk yang baru, utamanya di bagian badan drone, sedangkan di bagian lengannya, masih terlihat sama dengan versi sebelumnya. JD-20S justru dibuat dengan bentuk badan yang lebih “garang” lagi, dengan ditambah efek LED di bagian atas yang akan kelihatan ketika malam hari dan membuat JD-20S lebih keren ketika night flight. Lalu di bagian depan drone juga diberi 2 buah LED putih, menjadi mirip seperti Eachine E58 sehingga kalau night flight pun anda juga mendapatkan headlamp yang dapat membantu anda mengetahui dimana arah depan drone. JD-20S juga memiliki rear lamp berwarna merah yang terdapat di bagian belakang, seperti versi sebelumnya.



Untuk fitur dari JD-20S, selengkapnya anda dapat membacanya dibawah ini:
- Foldable design, easy to control
- 720P WiFi camera provides clear videos in real-time
- 120FOV camera for a wider view
- Altitude hold: make the UAV fly stably and help to shoot clear photos
- Waypoints: draw a flight path for the drone
- G-sensor control: control the fly direction by tilting the mobile phone
- 3D stunt for a cool flight
- Headless mode: needn’t judge the head position
- One key takeoff / landing: easy to control, friendly for new players
- APP download: QR code on the manual
- Size: 30 X 30 X 6.5cm ( unfolded ), 15 X 11 X 6cm ( folded )


Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi lengkap dari JD-20S, dapat anda simak dibawah ini:
Type: Quadcopter
Functions: 3D stunt,Air Press Altitude Hold,Camera,Forward/backward,FPV,Gravity Sense Control,Headless Mode,One Key Landing,One Key Taking Off,Turn left/right,Up/down,Waypoints,WiFi Connection
Size: Medium
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: 80~100m
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Distance: about 50m
Transmitter Power: 3 x 1.5V AA battery(not included)
Battery: 3.7V 1800mAh LiPo
Flying Time: 16 - 18mins
Charging Time.: 120 - 150mins
Product weight: 0.1740 kg
Package weight: 0.4800 kg
Package size (L x W x H): 20.50 x 17.00 x 9.00 cm / 8.07 x 6.69 x 3.54 inches



Salah satu komponen yang di upgrade adalah baterai. JD-20S memiliki baterai yang kapasitasnya cukup besar untuk sebuah drone kelas mainan. Karena dia dibekali baterai bawaan bertegangan 3.7Volt dan kapasitasnya sebesar 1800mAh. memang besar, dan dengan baterai ini anda bisa terbang antara 16 – 18 menit sekali terbang. Kalau admin sih, lebih baik satu baterai untuk 2 atau 3 kali terbang saja. mengingat JD-20S masih menggunakan motor brushed, dan pasti akan cepat panas kalau digunakan apa lagi lebih dari 10 menit. Musuh utama motor brushed memanglah panas, kalau kepanasan, bisa aus, melemah, bahkan bisa mati total, sehingga anda harus menggantinya dengan motor yang baru. Disamping itu, baterainya juga harus dirawat dengan baik, seperti ketika ingin melakukan recharge, selalu pastikan suhu baterainya normal dulu, baru anda bisa recharge seperti biasa menggunakan kabel micro USB seperti versi JD-20.

Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Di bagian transmtternya, JD-20S menggunakan model transmitter yang terlihat sama dengan JD-20. Baik desain dan peletakan tombolnya pun terlihat sama. Dengan model remote ini yang antenna nya adalah antenna palsu atau Cuma untuk hiasan saja, anda bisa terbang hingga 100 meter. Dengan remote ini pula anda bisa mengaktifkan beberapa fitur bawaan drone, seperti headless mode, one key return, auto take off atau landing, dan fitur bawaan lainnya. Transmitter ini menggunakan 3 buah baterai ukuran AA, jadi meski ukurannya kecil, nanti akan terasa agak berat juga, jadi enak ketika dipegang kalau menurut admin. Seperti transmitter lainnya yang modelnya seperti gambar di atas, di bagian bawahnya dapat anda tarik untuk menjadi phone holder yang akan dapat anda gunakan untuk meletakkan smartphone anda.

Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Untuk kameranya, dia juga mendapatkan upgrade. JD-20S memiliki kamera wide angle, yang dapat anda gunakan untuk mengambil foto, atau video dengan resolusi 720p. foto dan video yang diambil akan langsung tersimpan ke microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di bagian belakang kamera drone nya. Sehingga dengan begini, anda akan mendapatkan video ori yang terbebas dari frame dropping, freezing dan lag, seperti ketika anda merekam langsung ke smartphone. dengan kamera ini anda juga dapat melakukan Wifi-FPV dengan smartphone anda sebagai monitor FPV nya, dan untuk jaraknya, itu tergantung situasi dan kondisi serta dimana anda sedang terbang. Karena jarak FPV juga tergantung dari kekuatan sinyal Wifi smartphone anda.

Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian drone JD-20S anda akan mendapatkan item:
1 x JDRC JD-20S RC Quadcopter ( with 2 Megapixel Camera),
1 x Transmitter,
1 x 3.7V 1800mAh Li-ion Battery,
1 x USB Cable,
1 x Set of Propellers,
1 x Set of Protective Cover,
1 x Screwdriver,
1 x English Instruction Manual



Kesimpulan yang mungkin bisa admin tulis disini, jelas kalau dibandingkan dengan versi sebelumnya, JD-20S memiliki spesifikasi yang lebih bagus, jadi apabila anda ingin membeli JD-20, mengapa anda tidak beli JD-20S saja, meski harganya lebih mahal dikit, namun anda akan mendapatkan spesifikasi yang lebih bagus. Sebagai drone kelas mainan, dia juga cocok bagi anda yang ingin belajar menerbangkan drone, sebab dia memang mudah diterbangkan, apalagi didalam ruangan. Cuma ukurannya yang terlalu besar untuk terbang indoor yang membuatnya lebih disarankan untuk terbang outdoor, dan night flight karena memiliki lampu LED cantik.

Spesifikasi Drone Jingdatoys JD-20S - OmahDrones


Untuk harganya, JD-20S ini di beberapa onlineshop dan online international marketplace yang popular, dibandrol sebesar 61USD, atau setara dengan 900ribuan. Sebagai folding drone, dan memiliki kamera yang sudah dapat record di 720p, JD-20S juga termasuk ke dalam drone dibawah satu juta, mungkin drone yang satu ini bisa anda masukkan ke refrensi anda ketika mencari drone dibawah satu juta.