Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - GPS Brushless FPV Ready


Kepopuleran DJI Mavic Pro memang membuat produsen drone lainnya langsung memanfaatkan situasi dengan berusaha membuat drone yang menyerupai sehingga harapannya adalah mendapatkan pembeli tentunya. Nah, dulu sebenarnya kita juga sudah banyak membahas tentang drone – drone yang dari sisi desain menyerupai DJI Mavic Pro, seperti misalnya Visuo XS809 Series, ada juga Eachine E48, dan ada juga si 8807W di sektor drone mainan. Bahkan di sektor drone semi professional pun juga ada yang menyerupai DJI Mavic Pro, seperti C-Fly Obtain misalnya. Selain alasan kepopuleran DJI Mavic Pro, mungkin bisa juga dengan alasan portable dan simple menjadi salah satu factor mengapa model drone Mavic Pro banyak ditiru oleh produsen – produsen drone yang lain.



Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - OmahDrones


Dan sekarang, yang akan coba kita bahas adalah sebuah drone yang bentuknya pun bisa dibilang mirip dengan DJI Mavic Pro juga. drone ini adalah buatannya AOSENMA. Kalau anda pernah membaca salah satu postingan di omahdrones, dulu kita juga pernah membahas drone buatan mereka yang disandang memiliki double GPS, di masa kejayaannya brushless drone sekelas bayangtoys X16, dan sekarang seiring sudah terkenalnya si Mavic, ternyata Aosenma juga tidak ketinggalan membuat drone yang juga mirip dengan Si Mavic, dengan nama Aosenma CG033, memang seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas, bentuknya mirip seperti DJI mavic, namun tentu spesifikasinya berbeda, melihat Aosenma juga sebenarnya tidak bergerak di Drone professional dengan tugas berat, AOSENMA CG033 lebih difokuskan untuk drone mainan namun dengan teknologi tinggi.




AOSENMA CG033 juga menawarkan banyak fitur yang bisa anda lihat dibawah ini:
- WIFI camera version come with 1080P HD Gimbal camera.
- Uses environmental protection ABS materials and 1900KV 1406 brushless motors to make the flight even more powerful.
- The use of high-pass two-layer chip lens Sony 6 glass, so that pictures and videos more clearly.
- With double GPS, one in the drone and the other in the transmitter, it can set height and achieve "Follow me function".
- With smart orbit shooting mode, one key 360° orbits mode allows you to take a perfect selfie video around yourself.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying.
- One key to return function makes it easily to find the way home. Failsafe Return to home.
- With low power alarm, transmitter will emit "di-di-" sound when the drone lack of power.
- With auto return function, drone will return to the location where the transmitter is when lost connection to the transmitter.
- With Follow me function, aircraft follower remote controller, arbitrary and easy manipulation. Telemetry and mission planner by default.
- With 2.4G Transmitter/ Easy Adjust Frequency
- 6 axis gyro fly system makes more stable and flexible flight.


Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - OmahDrones


Spesifikasi dari AOSENMA CG033 dapat anda simak dibawah ini:
Brand Name: AOSENMA
Item Name: CG033
Material: ABS
Color: Black, White, Red, Blue (Optional)
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
FPV: WiFi
WiFi Camera: 1080P 2.0MP
Motor Type: 1406 Brushless Motor, 2900KV
Quadcopter Battery: 11.1V 1500mAh Lipo Battery (Included)
Transmitter Battery: 300mAh Lipo Battery (Not Included)
Flight Time: about 20mins
Charging Time: 180mins
Remote Control Distance: 500m
FPV Distance: 1KM
Remote Control Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Quadcopter Size: 39*39*7cm
Quadcopter Weight: 350g
Package Size: 24.5*17.5*8cm
Package Weight: 620g



Seperti yang tertera di daftar fitur diatas, AOSENMA CG033 memiliki double GPS juga, satu di unit drone, dan satunya di bagian remote, sehingga anda bisa melakukan fungsi follow me tanpa harus menggunakan GPS dari smartphone. Di bagian mesin, AOSENMA CG033 sudah menggunakan motor brushless, sehingga dalam menghasilkan power dia akan lebih efisien, selain itu untuk perawatannya juga lebih mudah, karena anda tidak perlu membersihkan gearbox, karena dengan motor brushless anda memang tidak pakai gearbox lagi. Drone ini juga dalam iklannya mencantumkan bahwa ia menggunakan lensa dari Sony, sehingga mereka mengemukakan dengan kamera pada AOSENMA CG033, anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus daripada drone sekelasnya.



Untuk sumber tenaganya sendiri, AOSENMA CG033 menggunakan baterai bertegangan 11.1Volt dengan kapasitas sebesar 1500 mAh, dengan jenis baterai Li-Po bawaan ini, Aosenma mengeklaim bahwa drone mereka yang satu ini bisa terbang hingga 20 menit. Nah, kalau memang benar bisa terbang selama itu, tetap anda juga harus melihat status baterai di Telemetri display pada smartphone anda, kalau baterai sudah tinggal 30%. Lebih baik langsung return to home, dan untuk melakukan pengisian ulang baterai, tetap lebih baik menggunakan metode seperti biasa, yakni dengan menunggu dulu hingga suhu baterai menjadi normal, baru anda bisa melakukan pengisian ulang baterai dengan charger bawaan atau dengan balance charger favorit anda.

Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - OmahDrones


Di bagian transmitternya pun AOSENMA CG033 memiliki bentuk transmitter yang mirip seperti transmitternya DJI Mavic Pro. Memang banyak juga yang menjiplak desain model transmitter seperti ini, dan kalau dilihat memang antenna pada transmitter AOSENMA CG033 memang fake. Dengan kata lain AOSENMA CG033 masih meggunakan antenna internal seperti kebanyakan drone kelas mainan. Meski begitu, AOSENMA mengemukakan kalau drone nya yang satu ini bisa anda terbangkan hingga 500 meter. Memiliki GPS juga jangan dijadikan patokan “kalau out of range bakal balik sendiri”, karena ada beberapa drone yang juga sudah memiliki GPS, ketika out of range dia malah fly away, dan jatuh entah dimana. Namanya teknologi tidak ada yang sempurna, mungkin itu yang harus tetap jadi perhatian.



Di bagian bawah transmitter dapat anda tarik seperti model remote replika mavic lainnya, dan tentu ini digunakan untuk meletakkan smartphone anda yang nantinya akan dijadikan monitor FPV. Untuk FPV nya sendiri AOSENMA CG033 masih menggunakan Wifi-FPV, sehingga jarak FPV nya biasanya maksimal 100 meter kalau menggunakan wifi 2.4GHz, namun entah ini salah ketik atau bagaimana, AOSENMA menulis kalau FPV distance nya bisa hingga 1KM. secara koneksi Wifi tentu terbatas karena menggunakan transmitter dan receiver yang kecil.



Untuk kameranya, seperti yang sudah admin singgung tadi, Aosenma berkata kalau mereka menggunakan lensa dari sony. Meski masih tercatat menggunakan lensa ber resolusi 2MP, namun untuk mengambil video anda bisa mendapatkan video ber resolusi 1080p. di bagian kamera ini juga terdapat Servo Gimbal bagi yang versi full, karena untuk AOSENMA CG033 memang memiliki beberapa versi, ada versi basic, versi gimbal, dan versi kamera. Paling mahal adalah versi gimbal karena selain memiliki kamera, anda juga sudah diberi servo gimbal. Kok servo gimbal? Untuk drone sekelasnya, memang kebanyakan belum ada gimbal nya, mungkin ada EIS (electronic image stabilizer), namun pada AOSENMA CG033 anda bisa membeli Gimbal version sehingga ada akan mendapatkan gimbal Servo.

Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - OmahDrones


Umumnya tiap pembelian AOSENMA CG033 anda akan mendapatkan:
1 x CG033 Quadcopter
1 x WiFi Camera (The Basic Version NOT Included)
1 x Transmitter
1 x 11.1V 1500mAh Lipo Battery
4 x Propeller
1 x Balance Charger
1 x Charging Cable
1 x Mobile Phone Holder (The Basic Version NOT Included)
1 x Gimbal (The Basic Version NOT Included)
1 x Screwdriver
1 x Manual




Kesimpulan admin untuk AOSENMA CG033, mungkin disini kalau anda mencari drone lipat yang harganya tidak terlalu mahal, namun sudah dilengkapi dengan GPS serta kamera yang sudah bisa merekam 1080p. AOSENMA CG033 bisa menjadi pilihan anda. Terlebih kalau anda beli yang sudah Gimbal version, anda akan mendapatkan gimbal servo yang tidak semua drone sejenis memilikinya. Tentu anda akan mendapatkan lebih kalau dibandingkan dengan drone sekelasnya.

Spesifikasi Drone AOSENMA CG033 - OmahDrones


Untuk range harganya atau harga kisarannya, AOSENMA CG033 dengan gimbal, dia di toko – toko online dan di marketplace internasional dibandrol dengan harga sebesar 170 USD atau setara juga dengan 2.6 Jutaan kalau di rupiahkan dengan kurs saat artikel ini dibuat. Kalau kurs dolar makin naik, tentu harga dronenya juga makin naik,